Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ASUS Vivobook Go 14, Performa yang Impresif untuk Laptop Entry-level

ASUS Vivobook Go 14, Performa yang Impresif untuk Laptop Entry-level


Salah satu laptop yang sangat recommended saat ini adalah Laptop Pelajar keluaran dari ASUS yakni Vivobook Go 14. Laptop ini resmi rilis di Indonesia pada tanggal 20 Oktober 2023 dan tersedia dalam dua varian. Yaitu varian dengan prosesor AMD Ryzen™ 3 7320U dan varian dengan prosesor AMD Ryzen™ 5 7520U. 

Seperti apakah spesifikasi lengkap ASUS Vivobook Go 14 dan bagaimana hasil benchmark laptop tersebut, simak ini hingga selesai. 

Spesifikasi Laptop ASUS Vivobook Go 14

Laptop ASUS Vivobook Go 14 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 3 7320U atau AMD Ryzen™ 5 7520U. Kedua prosesor tersebut merupakan prosesor quad-core dengan kecepatan clock dasar 2,4 GHz dan kecepatan clock boost hingga 4,3 GHz.

Prosesor AMD Ryzen™ 3 7320U memiliki performa yang cukup mumpuni untuk menjalankan berbagai tugas sehari-hari. Seperti halnya browsing, mengetik, menonton video, dan editing foto. Prosesor ini juga dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa lag.

Sementara prosesor AMD Ryzen™ 5 7520U performanya lebih tinggi dari AMD Ryzen™ 3 7320U dan dapat digunakan untuk menjalankan tugas-tugas yang lebih berat. Sebut saja editing video, rendering 3D, hingga bermain game.

ASUS Vivobook Go 14 juga dilengkapi dengan RAM DDR4 8 GB yang dapat diupgrade hingga 16 GB. Selain itu, ASUS Vivobook Go 14 juga dilengkapi dengan penyimpanan SSD PCIe® 3.0 dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Dengan RAM yang besar dan penyimpanan SSD seperti ini sudah pasti dapat membantu performa laptop jadi lebih kuat dan meningkat. Utamanya saat membuka file serta menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.


Nah, untuk lebih jelasnya berikut adalah spesifikasi dari laptop ASUS Vivobook Go 14, yakni:

1. Prosesor: AMD Ryzen™ 3 7320U atau AMD Ryzen™ 5 7520U

2. RAM: DDR4 8 GB, dapat diupgrade hingga 16 GB

3. Penyimpanan: SSD PCIe® 3.0 256 GB atau 512 GB

4. Layar: 14 inci, Full HD (1920 x 1080), anti-glare

5. Sistem operasi: Windows 11 Home

6. Konektivitas: Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.3, USB Type-A, USB Type-C, HDMI, microSD card reader

7. Dimensi: 32,5 x 22,8 x 1,79 cm

8. Berat: 1,3 kg

9. Backlit Chiclet Keyboard, Touchpad

10. Kamera: 720p HD camera

11. Baterai: 42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

12. Network and Communication: Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 1*1 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card

13. Warna: Transparent Silver, Mixed Black, Green Grey

Hasil Benchmark ASUS Vivobook Go 14 dengan prosesor AMD Ryzen™ 3 7320U dan atau AMD Ryzen™ 5 7520U

Benchmark adalah proses mengukur dan membandingkan performa suatu sistem atau komponen komputer dengan sistem atau komponen lain yang sejenis. Dalam dunia komputer, ini bisa digunakan untuk mengukur berbagai aspek performa, seperti:

1. CPU: Kecepatan pemrosesan data dari central processing unit (CPU), yang merupakan otak komputer.

2. GPU: Kecepatan rendering grafis dari graphics processing unit (GPU), yang menangani tampilan grafis.

3. RAM: Kecepatan membaca dan menulis data dari random access memory (RAM), yang menyimpan data yang sedang digunakan.

4. Storage: Kecepatan membaca dan menulis data dari storage, seperti hard disk drive (HDD) atau solid-state drive (SSD).

5. Gaming: Kecepatan frame rate dan keseluruhan pengalaman bermain game pada pengaturan tertentu.

Hasil benchmark biasanya disajikan dalam bentuk skor atau angka, yang bisa dibandingkan dengan skor/angka benchmark dari sistem atau komponen lain yang sejenis. Lalu bagaimana dengan hasil benchmark ASUS Vivobook Go 14, berikut adalah hasilnya:

6. Cinebench R23

Cinebench R23 adalah benchmark yang mengukur performa CPU dalam melakukan rendering gambar 3D. Hasil benchmark ASUS Vivobook Go 14 dengan prosesor AMD Ryzen™ 5 7520U adalah 7.059 poin. Hasil ini menunjukkan bahwa performa CPU laptop ini cukup baik untuk menjalankan tugas-tugas yang membutuhkan performa grafis, seperti editing video dan rendering 3D.

7. Geekbench 5

Adalah benchmark yang mengukur performa CPU dalam melakukan tugas-tugas komputasi umum. Untuk ASUS Vivobook Go 14 dengan prosesor AMD Ryzen™ 5 7520U hasilnya adalah 4.262 poin (single-core) dan 18.182 poin (multi-core). Artinya performa CPU laptop ini cukup baik untuk menjalankan berbagai tugas sehari-hari, termasuk browsing, mengetik, dan editing foto.

8. PCMark 10

Merupakan benchmark yang mengukur performa keseluruhan laptop dalam menjalankan berbagai tugas. Berdasarkan hasil benchmark, ASUS Vivobook Go 14 dengan prosesor AMD Ryzen™ 5 7520U mendapatkan skor 5.083 poin. 

9. 3DMark Time Spy

3DMark Time Spy adalah benchmark yang mengukur performa GPU dalam melakukan rendering grafis 3D. Laptop ASUS Vivobook Go 14 dengan prosesor AMD Ryzen™ 5 7520U mendapatkan skor 1.658 poin dari benchmark ini. Dari sini terlihat bahwa performa GPU laptop ini cukup baik untuk menjalankan game-game ringan. Namun, tidak disarankan untuk digunakan untuk bermain game AAA yang membutuhkan performa lebih tinggi.

Demikianlah spesifikasi ASUS Vivobook Go 14 serta hasil benchmark-nya. Secara umum bisa disimpulkan bahwa laptop ini memiliki performa yang baik untuk menjalankan berbagai tugas sehari-hari, termasuk editing foto dan video. Jadi sangat cocok dan recommended untuk para pelajar. Lebih menarik lagi, harga laptop ini cukup terjangkau sehingga tak akan menguras kantong para pelajar yang ingin memilikinya.  
Tri Ayu @triayunst
Tri Ayu @triayunst Hello, I am writer of the Pojokata site. My name is Tri Ayu (Instagram @triayunst). I am a writer who has produced 6 books such as scholarship books, poetry, and novels. I am also an SEO Writer who has experience in displaying dozens of articles on the main page of the Google search engine. I love photography, videography, product reviews, beauty & lifestyle, cooking, finance, technology, etc. I am also an Content Creator and Blogger with experience in creating content. You can collaborate with me by contacting my Instagram or email triayunst.id@gmail.com. Come on, build partnership and let's be friends with me!

Posting Komentar untuk "ASUS Vivobook Go 14, Performa yang Impresif untuk Laptop Entry-level"