Menyorot Perbedaan BPI dan BKI

 

Oleh : Ikhwanul Haris 

Pada tingkat perguruan tinggi, ilmu yang dipelajari seorang mahasiswa akan jauh lebih spesifik dibanding level pendidikan yang ditempuh seseorang sebelumnya. Di mana ketika menjadi mahasiswa, mahasiswa itu akan mendalami jurusan yang diambilnya. Sebagai contoh di perguruan tinggi terdapat jurusan bimbingan konseling islam dan bimbingan penyuluhan islam. Kalau dilihat sekilas keduanya hampir-hampir mirip. Meskipun begitu kedua jurusan ini ada perbedaanya. Bimbingan konseling islam berada di naungan fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan sedangkan untuk jurusan bimbingan penyuluhan islam sendiri berada di naungan fakultas dakwah. Berdasarkan hal ini seorang mahasiswa/mahasiswi baik itu mereka yang berasal dari jurusan bimbingan konseling islam maupun bimbingan penyuluhan islam harus tahu istilah-istilah penting ini. Berikut istilah-istilah penting yang harus mahasiswa BPI ketahui. Insyallah setelah membaca istilah-istilah ini mahasiswa tidak salah lagi dalam mengartikan bimbingan konseling islam dengan bimbingan penyuluhan islam.

Pengertian Bimbingan

Bimbingan dapat diartikan di dalam bahasa Inggris sebagai Guidance. Melansir dari situs dkampus.com bimbingan sendiri dapat diartikan sebagai bantuan maupun pertolongan yang orang lain berikan kepada seorang individu untuk mengatasi kesulitan hidup. Hal ini juga relevan dengan salah satu pendapat ahli, Partowisastro dalam mengartikan bimbingan.Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan oleh seseorang kepada orang yang membutuhkan untuk menumbuhkan segala potensi-potensi yang orang itu miliki, baik itu dapat membantunya untuk lebih mengenal dirinya sendiri, mengatasi masalah-masalah ataupun persoalan hidup sehingga dapat mengatasi masalahnya sendiri dan dapat menentukan sendiri jalan hidupnya secara bertanggung jawab tanpa harus bergantung pada orang lain. Dengan demikian dapat kita simpulkan bimbingan ialah proses bantuan yang seseorang ahli  lakukan untuk orang lain berupa bentuk pemberian bantuan kepada seorang individu untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki seseorang itu sehingga dapat mengenal dirinya sendiri serta dapat tumbuh menjadi orang yang memiliki tanggung jawab.

Pengertian Konseling Islam

Melansir dari situs indonesiastudents.com terdapat sejumlah pengertian konseling menurut para ahli. Diantaranya menurut Shertzer dan Stone, kedua tokoh tersebut mengartikan konseling adalah suatu proses penanganan yang diberikan oleh individu kepada seseorang individu yang sedang mengalami masalah agar individu yang bermasalah tersebut agar merasa lebih tenang melalui interaksi yang terjadi antara konselor maupun individu tersebut. Berdasarkan pendapat ahli diatas dapat disimpulkan bahwasanya konseling adalah usaha seseorang ahli konselor untuk membantu seorang individu atau kliennya melalui interaksi yang terjalin antara kedua belah pihak tujuannya untuk memberikan bantuan kepada klien agar klien tersebut dapat merasa tenang dalam menghadapi masalahnya. Atau bisa dibilang bantuan khusus yang diberikan oleh seseorang konselor untuk mengatasi persoalan atau masalah khusus individu dengan maksud untuk mengatasi masalah yang akan dihadapi oleh klien itu tersebut.

Berdasarkan pengertian konseling diatas maka bisa disimpulkan konseling Islam adalah usaha seorang ahli konselor untuk membantu seorang individu dengan tujuan untuk memberikan bantuan kepada kliennya sehingga klien tersebut dapat sadar perannya sebagai khalifah atau pemimpin yang memiliki kewajiban untuk menyembah hanya kepada Allah SWT sehingga klien tersebut kembali menyadari hubungannya dengan Allah sangat dekat.

Pengertian Bimbingan Konseling Islam

Bimbingan konseling Islam dapat diartikan sebagai proses usaha memberikan bantuan oleh seorang konselor terhadap individu dengan tujuannya agar klien tersebut dapat menumbuhkan potensi ataupun fitrah beragama yang dimiliki si klien tersebut secara maksimal melalui cara mengamalkan nilai-nila ataupun pesan-pesan yang terkandung baik di dalam Al-Quran maupun Hadis di dalam hidupnya sehingga klien tersebut dapat hidup seimbang dan sesuai dengan tuntuna hidup yakni Al-Quran dan Hadist. Meskipun begitu baik bimbingan konseling Islam dengan bimbingan dan konseling tetap memiliki perbedaan. Perbedaan itu didasarkan pada acuan maupun pandangan dalam menjalankan kegiatan bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling Islam lebih  merujuk pada penggunaan dasar Al-Quran dan Hadist setiap menjalankan kegiatan bimbingan dan konseling yang dilakukan konselor sehingga apapun bantuan yang diberikan konselor selalu berdasarkan ajaran Islam ketika memecahkan masalah klien.

Pengertian Penyuluhan Islam

Melansir dari situs dkampus.com penyuluhan dapat diartikan sebagai bantuan yang seorang individu yang ahli berikan untuk mengatasi masalah kehidupan klien melalui interaksi secara face to face, dengan metode-metode yang tepat dan sesuai dengan keadaan individu. Kemudian lebih detailnya penyuluhan Islam dapat dirtikan sebagai pemberian bantuan kepada seorang individu yang ahli untuk mengatasi segala masalah klien berdasarkan dengan landasan ajaran Islam dimana pelaksanaan bantuan yang diberikan menerapkan landasan Al-Qur’an dan Hadits sebagai acuan.

Perngertian Bimbingan Penyuluhan Islam

Sejalan dengan pengertian penyuluhan Islam diatas maka dapat disimpulkan bimbingan penyuluhan Islam ialah pemberi bantuan yang diberikan kepada individu yang membutuhkan atau klien yang dilakukan secara face to face kepada klien yang sedang mengalami masalah baik klien yang individu maupun berkelompok agar ia mampu mengatasi masalah atau persoalan hidupnya di mana proses bantuan yang diberikan seorang ahli penyuluhan berdasarkan ajaran Islam.

Perbedaan Bimbingan Konseling Islam Dengan Bimbingan Penyuluhan Islam

Bimbingan konseling Islam lebih menititikberatkan pada proses bantuan yang diberikan oleh guru BK atau konselor untuk membantu menangani masalah siswa sedangkan bimbingan penyuluhan Islam lebih menitikberatkan pada pemberian bantuan yang dilakukan seorang ahli penyuluh kepada masyarakat dalam mengatasi berbagai persoalan. Maka dari itu bisa disimpulkan bimbingan penyuluhan Islam lebih menekankan pada pemberian bantuan bisa ke bidang pertanian, agama, kesehatan dimana sasarannya lebih umum dalam artian bisa ke masyarakat sedangkan bimbingan konseling Islam lebih menekankan pada pemberian bantuan di bidang pendidikan khususnya untuk menangani masalah-masalah siswa. Sehingga bisa dikatakan bimbingan konseling Islam lebih bersifat akademis. Oleh sebab itu jika diperhatikan di berbagai sekolah akan kita temui ruangan BK (Bimbingan Konseling).


*Penulis merupakan mahasiswa program studi Bimbingan Penyuluhan Islam yang sedang melaksanakan KKN DR UIN-SU, Kelompok 50

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menyorot Perbedaan BPI dan BKI "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel