Contoh Form Biodata Beasiswa Bank Indonesia



Biodata diri biasanya menjadi salah satu syarat dalam mendaftar beasiswa, salah satunya beasiswa Bank Indonesia. Saya adalah penerima beasiswa Bank Indonesia dan form biodata ini saya gunakan untuk mendaftar beasiswa Bank Indonesia di 2 tahun seleksi dan alhamdulillah saya sudah lulus. Saya sudah menjadi penerima beasiswa Bank Indonesia. Form biodata beasiswa Bank Indonesia ini biasanya diberikan oleh pihak fakultas yang ada di kampus atau Universitas.

Ketika mendaftar beasiswa, setelah mendapatkan informasi mengenai persyaratan beasiswa saya meminta form beasiswa Bank Indonesia ini ke akademik fakultas dan kemudian diberikan secara hard copy seperti di bawah ini. Pada waktu itu, sistem seleksi yang dilakukan masih secara offline atau secara langsung. Namun di masa wabah Covid-19 atau Corona ini membuat kita tetap di rumah dan berbagai kampus serta instansi juga tutup sehingga membuat berbagai seleksi dilakukan secara online. Di tahun ini, seleksi Penerimaan Beasiswa Bank Indonesia Sumatera Utara khususnya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dilakukan secara online.

Bila dibaca dan ditelaah secara cermat, kita akan menemukan keterangan untuk tahun yaitu tahun 2015. Seperti form tersebut digunakan untuk berkas seleksi tahun 2015. Meskipun sekarang sudah berbeda jauh dengan tahun tertera. Namun, bukan berarti seperti itu. Form ini tetap bisa digunakan untuk berkas seleksi Penerimaan Beasiswa Bank Indonesia Sumatera Utara khususnya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Berikut ini contoh motivation letter beasiswa Bank Indonesia.







Setelah mendapatkan file di atas dalam bentuk PDF, kalian bisa mencetak atau print file dan mengisi berbagai keterangan pribadi secara manual di kertas dengan pulpen. Usahakan ditulis dengan tinta air ya agar lebih rapih, sekedar saran. Setelah semuanya terisi, jangan lupa tambahkan materai 6000 dan bubuhi dengan tanda tangan. Periksa kembali seluruh isi data form beasiswa Bank Indonesia yang sudah kalian tuliskan sehingga tidak ada kesalahan kata atau typo dalam menulis. Selajutnya, scan kembali kertas form beasiswa Bank Indonesia yang sudah kalian isi data-datanya tadi.

Cara lainnya dapat dilakukan dengan membuat sendiri kotak-kotak sesuai format seperti yang tertera pada gambar. Bisa dilakukan dengan cara manual yakni tulisan tangan. Cara selanjutnya juga dapat ditulis melalui aplikasi Photoshop. Setelah itu scan lagi jika mau dikirim via online ke fakultas. Beberapa cara di atas bisa dipilih sesuai dengan kemampuan masing-masing calon penerima beasiswa.

Jika mengalami kesulitan dalam scan, kalian bisa gunakan aplikasi scan yang dapat diunduh di playstore yang ada di handphone. Bisa melalui aplikasi camscanner, camera scanner to pdf, tiny scanner, dan lain sebagainya. Jangan lupa scan kembali ke dalam format PDF ya. Form beasiswa Bank Indonesia sudah selesai dan dapat langsung dikirim bersama file-file lainnya ke fakultas masing-masing.

Perihal metode pengirimannya, kalian bisa tanyakan ke pihak-pihak berwenang dalam proses penyelenggaraan ini. Karena setiap fakultas mempunyai persyaratannya masing-masing. Seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara misalnya. Fakultas ini menerapkan kebijakan bahwa dalam pendaftaran dilakukan secara online melalui email masing-masing jurusan yang ada di fakultas tersebut.

Informasi Mengenai Email Pendaftaran Beasiswa BI di FEBI


Kalian juga bisa melihat berbagai tips dan contoh serta berbagi pengalaman mengenai beasiswa salah satunya beasiswa Bank Indonesia di web Pojokata. Pojokata juga memberikan informasi seputar pengalaman selama menjadi Anggota GenBI (Generasi Baru Indonesia). GenBI merupakan komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia. Jika ingin mendapatkan soft copy file dalam bentuk PDF, kalian bisa chat penulis di sosial media Instagram @triayunst.


Penulis: Tri Ayu Andani Nasution

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Form Biodata Beasiswa Bank Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel