Contoh Motivation Letter Beasiswa Bank Indonesia Yang Benar



Motivation Letter biasanya menjadi salah satu syarat dalam mendaftar beasiswa, salah satunya beasiswa Bank Indonesia. Saya adalah penerima beasiswa Bank Indonesia dan motivation letter ini saya gunakan untuk mendaftar beasiswa Bank Indonesia di 2 tahun seleksi dan alhamdulillah saya sudah lulus. Saya sudah menjadi penerima beasiswa Bank Indonesia. Motivation letter ini bisa digunakan sebagai contoh atau acuan dalam membuat motivation letter beasiswa.

Berikut ini contoh motivation letter beasiswa Bank Indonesia.


Baca juga: Buku Beasiswa: Mahasiswa Wajib Baca! Buku Sakti Penembus Beasiswa


Yth.
Panitia pelaksana seleksi penerimaan Beasiswa Bank Indonesia (BI)

Motivation Letter ini saya tulis untuk menunjukkan antusias dan minat besar saya mendaftar Beasiswa BI. Setelah melihat kriteria umum penerima Beasiswa BI untuk Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara, saya yakin bahwa saya adalah orang yang pantas untuk mencoba mendaftar.

Dasar utama ketertarikan saya untuk mendaftar karena latar belakang pendidikan yang saya tempuh yakni Ilmu Komunikasi sangat dibutuhkan di dunia kerja dan dibutuhkan juga oleh masyarakat kedepannya. Namun menyelesaikan studi, saya memerlukan bantuan Beasiswa BI sebagai penunjang agar dapat menyelesaikan kuliah. Selain itu, hidup dalam keterbatasan perekonomian keluarga yang terbilang kurang mampu membuat saya membutuhkan biaya yang cukup besar untuk menyelesaikan studi saya ini. Selain tidak ingin merepotkan orangtua, saya juga ingin hidup mandiri. Dengan beasiswa BI, saya percaya mampu mengurangi beban orangtua dalam menyelesaikan studi.

Selama kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi, ada banyak mata kuliah yang telah saya pelajari dan tentunya menjadi pondasi yang kuat bagi saya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan kemampuan dan alat karena saya ingin membuka Studio gratis bagi masyarakat yang mau belajar Perfilman, Public Speaking dan menjadi seorang Wartawan yang membuat tayangan mendidik di stasiun TV karena prinsip saya adalah sebaik-baiknya manusia ialah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Saya berharap mampu memberikan sumbangsih yang besar kepada masyarakat. Melalui Beasiswa BI, saya yakin mampu mencapai harapan saya.

Sebagai mahasiswa yang juga bergelut di dunia organisasi internal dan eksternal kampus yakni menjadi bagian inti dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Anggota dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan pengalaman menjadi seorang wartawan di sebuah media cetak serta aktif dalam dunia tulis-menulis, telah memenangkan beberapa perlombaan dan telah menerbitkan beberapa buku yang salah satu bukunya mengenai kepedulian terhadap kehidupan sosial, saya percaya bahwa saya adalah orang yang pekerja keras dan mampu bekerja secara tim untuk mengembangkan dan menjalankan komunitas Generasi BI (GenBI). Pengalaman organisasi sejak saya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas hingga kuliah, menjadi suatu hal yang patut dipertimbangkan bahwa saya akan berperan aktif dalam komunitas GenBI.

Karena salah satu tujuan Negara Indonesia adalah menciptakan kesejahteraan sosial, maka besar harapan saya untuk bisa lolos seleksi dan diberi bantuan beasiswa oleh Bank Indonesia karena tekad saya sejalan dengan tujuan Negara.


Hormat saya

Tri Ayu Andani Nasution


Pada seleksi beasiswa Bank Indonesia tahun 2018, saya menggunakan motivation letter di atas. Namun, pada tahun 2019 saya sudah menyempurnakan motivation letter yang saya buat ke dalam kalimat-kalimat yang lebih bagus lagi. Berhubung beasiswa yang kedua itu saya ajukan saat saya sudah menjadi anggota GenBI dan pengalaman-pengalaman serta prestasi saya bertambah, saya pun membuat motivation letter terbaru. Contoh motivation letternya bisa kamu baca selengkapnya dalam buku beasiswa "Mahasiswa Wajib Baca! Buku Sakti Penembus Beasiswa".

Kalian juga bisa melihat berbagai tips dan contoh serta berbagi pengalaman mengenai beasiswa salah satunya beasiswa Bank Indonesia di web Pojokata . Pojokata juga memberikan informasi seputar pengalaman selama menjadi Anggota GenBI (Generasi Baru Indonesia). GenBI merupakan komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia.

Jika ingin mendapatkan softcopy file dalam bentuk Microsoft Word, kamu bisa chat penulis di sosial media Instagram @triayunst. Kamu juga wajib baca Contoh Curriculum Vitae (CV) Beasiswa Bank Indonesia 2021 Terbaru ini biar tidak salah dalam melengkapi berkas-berkas persyaratan beasiswa. Semoga berhasil!


Penulis : Tri Ayu Andani Nasution



Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Contoh Motivation Letter Beasiswa Bank Indonesia Yang Benar"

  1. Terimakasih mbak. Tapi untuk resume pribadi itu gmna ya mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. resume pribadi sama dengan CV ya kak. Tapi berbeda dengan motivation letter.

      Hapus
    2. Hai kak! untuk resume pribadi/ cv berarti dalam bentuk jpg atau png ya kak ? Mohon maaf sebelumnya

      Hapus
  2. artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih penjelasannya
    Visit UMA
    Visit P2MAL

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel