Disiplinkan Diri untuk Efektifitas Belajar

Oleh : Muhammad Ali akbar

 Nama dosen : Drs. Abu Syahrin M.Ag


            Wabah virus covid-19 masih menjadi permasalahan yang diutamakan untuk bisa ditangani pada saat sekarang ini. Tidak dipungkiri permasalahan ini mampu menyita banyak perhatian bukan hanya oleh negara kita, tetapi juga bagi banyak negara lainnya. Permasalahan tentang wabah virus covid-19 ini sudah menjadi problematika global yang secepatnya harus kita selesaikan mengingat sudah terlalu banyak menelan korban. Berada di tengah wabah virus covid-19 memaksa kita untuk tetap berada di rumah, melakukan segala pekerjaan dari begitu pula dengan sektor pendidikan. Sejak kemunculannya di tanah air pada awal maret lalu, kegiatan belajar mengajar terpaksa harus dilakukan melalui Daring (Dalam Jaringan) atau online, Pemerintah mengambil kebijakan melakukan pembelajaran dari jarak jauh, bahkan dibeberapa wilayah guru harus mendatangi peserta didik ke rumah dikarenakan wilayah nya tidak bisa mengakses jaringan internet. Biasanya terjadi pada wilayah pelosok atau pedesaan. walau seperti itu psoses belajar mengajar tetap harus dilaksanakan walau tidak secara tatap muka langsung. Dalam melakukan pembelajaran daring tidak akan bisa seefektif belajar di sekolah atau perkuliahan sering kali kita merasa acuh tak acuh dalam mengikuti proses pembelajaran secara daring, beberapa orang bahkan  tidak berperan langsung dalam proses pembelajaran tetapi hanya sekedar untuk mengisi kehadiran. Maka dari itu mengatur dan menerapkan kedisiplinan pada diri sendiri sangatlah penting dalam kondisi seperti sekarang ini. Bermain-main dalam menerima materi pembelajaran yang dilakukan secara daring akan merugikan diri kita sendiri nantinya maka dari itu pembenahan diri sudah bisa diterapkan mulai saat ini. 

Bagaimana cara mendisiplinkan diri?

Dalam mendisiplinkan diri agar mau dan mampu belajar secara efektif selama di rumah kita bisa menerapkan beberapa hal berikut:

1. Mencoba memahami situasi.

Peran orang tua dalam memberikan pemahaman sangat penting  orang tua diharapkan mampu menjelaskan situasi yang terjadi pada saat ini mengenai social distancing yang mengharuskan kita untuk tetap berada dirumah.

2. Membuat jadwal

Belajar di rumah bukan berarti liburan. Ingat, bahwa kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung hanya di pindahkan dari yang awalnya dilaksanakan di sekolah sekarang di laksanakan dirumah. Maka dari itu perlunya membuat jadwal yang teratur sebagaimana kegiatan disekolah  hanya saja lebih fleksibel. Misalnya, menjadwalkan kegiatan harian mulai dari kegiatan pagi hari hingga ke malam  malam hari, jadwalkan menurut waktu yang ditentukan dan disiplin dalam melakukan semua jadwal yang sudah disusun.

3. Ciptakan suasana yang nyaman

Ciptakan suasana yang nyaman untuk belajar, beraktifitas dirumah kita dibebaskan untuk bereksplorasi. Cari tempat belajar yang nyman menurut kita entah itu di kamar, di ruang tamu atau ditaman untuk mendapatkan udara yang segar. Meyiapkan bantal dan cemilan juga bisa menjadi tambahan agar kita mendapat posisi yang nyaman dan betah belajar.

4. Selingi dengan aktivitas yang menyenagkan

Agar tidak merasa bosan, sesekali kita bisa selingi dengan melakukan kegiatan yang bersifat menghibur dan menyenangkan. Seperti melakukan hobi, bisa itu memasak, berolah raga atau hal lain nya yang kita sukai selama dirumah.

Kegiatan- kegiatan diatas bisa diterapkan dalam mendisiplinkan diri agar bisa mengikuti proses pembelajaran daring, sehingga kita bisa mengikuti proses belajar dengan baik sebagaimana yang diharapkan. Belajar daring di harapkan mampu menjadi alternatif yang cukup efesien bagi sektor pendidikan pada saat kondisi wabah covid-19 seperti sekarang ini dan semoga kita bisa memetik hikmah dari kejadian ini, tanpa di sadari sistem pembelajaran jarak jauh yang artinya peserta didik banyak melakukan kegiatan di rumah sehingga orang tua dapat mengawasi secara langsung bagaimana proses belajar anak dan bagaimana perkembangan belajarnya. Kita juga mau tidak mau di tuntut untuk belajar secara kreatif seperti tenaga pedidik ada yang membuat materi pembelajaran dengan video-video edukasi agar menarik minat belajar peserta didik. Semoga semua permasalahan ini cepat terselesaikan sehingga keadaan embali normal seperti dulu lagi.


*Penulis merupakan mahasiswa program studi Manejemen pendidikan Islam yang sedang melaksanakan KKN DR UIN-SU, Kelompok 154

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Disiplinkan Diri untuk Efektifitas Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel