Cuma 1 Menit! Cara Tercepat, Bagus Dan Mudah Buat Daftar Riwayat Hidup (CV)


Daftar riwayat hidup atau yang akrab disebut CV (Curiculum Vitae) adalah data-data diri pribadi dari seseorang yang dibentuk sedemikian rupa menarik, bagus, dan singkat menjadi bentuk daftar. CV berisi riwayat hidup dan gambaran-gambaran diri seseorang. Yang artinya, di dalam CV terdapat keterangan-keterangan tentang perjalanan hidup seseorang dari mulai tanggal lahir, alamat, nomor telepon, alamat gmail, latar belakang pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, prestasi, keahlian dan keterampilan yang dimiliki, perjalanan karir di event, dan lain sebagainya. Keterangan-keterangan tersebut digunakan sebagai penjelas, pemberi keterangan, dan data menarik dalam mempengaruhi pembaca sebelum berjumpa dengan pemilik CV.

CV yang bagus dan menarik akan membuat pembaca penasaran dan tertarik untuk kenal lebih jauh dengan kita. CV yang baik bukan hanya sekadar terlihat bagus dari tulisan dan data-data yang diberikan namun juga disempurnakan oleh desain CV. Sebaiknya CV dibuat dengan warna dan icon serta pendukung yang bagus agar pembaca melihat bahwa kita sungguh-sungguh dalam mengerjakannya. Apalagi untuk masuk ke dunia yang ingin kita tuju tersebut.

CV biasanya dibuat sebagai pelengkap ketika akan melamar kerja, seleksi beasiswa, seleksi komunitas atau organisasi, bahkan CV juga digunakan sebagai daya tarik dan pembuktian kebenaran dari sebuah usaha yang dibangun seperti seorang IT, Trainer, Motivator, Pembicara, Pemateri, Guru, Dosen, dan lain sebagainya.

Hampir setiap orang membutuhkan CV. Jika tidak dibutuhkan sekarang bisa jadi akan dibutuhkan ketika melamar kerja nantinya. Sehingga, ada baiknya mempersiapkan CV dari sekarang agar tidak terburu-buru kemudian. Hasilnya juga bisa lebih bagus karena dibuat dengan perlahan-lahan. Namun, tidak menutup kemungkinan jika dibuat dengan terburu-buru, hasil CV juga bisa bagus jika mengetahui cara-cara cepat membuatnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam membuat CV. Di sini Pojokata akan menampilkan cara termudah membuat daftar riwayat hidup / CV (Curiculum Vitae) dengan aplikasi Canva yang bisa di download di Handphone Android atau melalui pencarian Google dari Laptop / PC. Cara ini sangatlah mudah bahkan bagi pemula sekalipun karena Canva sudah menyediakan beragam template CV yang bagus, cantik, dan menarik. Kamu tinggal memilih template mana yang paling kamu suka. Jika sudah, langsung saja edit sesukamu hingga CV idamanmu selesai. Langsung saja simak ulasan Pojokata mengenai CV berikut ini. Cuma 1 Menit! Cara Tercepat, Bagus dan Mudah Buat Daftar Riwayat Hidup (CV). Langsung buka Canva di Laptop / PC atau handphone kamu ya.

Berikut ini cara cepat dan mudah membuat daftar riwayat hidup / curiculum vitae (CV):

1. Buka Aplikasi Canva

Buka Aplikasi Canva di Browser Laptop atau PC. Buka Google lalu ketik "www.canva.com" maka kamu akan langsung diarahkan pada halaman website Canva.


2. Tulis CV Di Pencarian Canva

Jika halaman Canva sudah tampil, langsung saja tulis "CV" di kolom pencarian pada Canva seperti gambar berikut ini.


3. Pilih Desain CV Sesuai Seleramu

Akan muncul beberapa pilihan CV. Semua dalam bentuk template daftar riwayat hidup (CV) yang sudah dibuat sedemikian rupa. Kamu bisa memilih CV mana yang kamu suka sesuai seleramu.


4. Buka CV Pilihanmu

Buka CV yang kamu suka dan perhatikan apakah CV tersebut sudah benar-benar sesuai dengan CV yang kamu butuhkan.


5. Perbesar CV

Klik Ctrl + Scroll di keyboard dan mouse laptop / PC secara bersamaan atau ubah persentase angka agar CV berukuran besar. Cara ini dapat membuat huruf-huruf yang ada di CV terlihat besar sehingga akan mempermudah kamu dalam mengedit tulisan CV.


6. Edit CV


Ubah template CV dengan mengganti keterangan yang tertera di CV. Ganti dengan keterangan yang kamu butuhkan seperti nama, profesi, nomor handphone atau alamat telepon, alamat email, dan alamat rumah.

Jika ingin melihat sambungan CV yang sudah diperbesar kamu dapat menurunkan pointer di halaman Canva kamu. Penggunaan toolsnya mungkin kamu sudah tau karena familiar di laptop atau PC bahkan tidak jauh berbeda dengan penggunaan aplikasi microsoft word.

Selanjutnya dibagian pendidikan, ubah sesuai dengan latar belakang pendidikan yang pernah ditempuh. Begitu juga dengan pengalaman, ubah sesuai dengan pengalaman kerja yang sudah dijalani. Pada bagian prestasi, ubah sesuai dengan pencapaian prestasi yang sudah diperoleh. Entah itu mendapatkan prestasi sebagai juara atau menjadi mahasiswa maupun penghargaan di bidang menulis, menggambar, olahraga, memasak, menari, fotografi, videografi, dan lain sebagainya.

Kemudian, pada bagian keahlian. Ubah sesuai dengan keahlian yang kamu miliki di bidang-bidang tertentu. Entah itu bisa mengolah Microsoft Office seperti Microsoft Word, Excel, Powerpoint, dan lain sebagainya. Isi sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Terakhir pada bagian perangkat lunak, ubah sesuai dengan kemampuan mengoperasikan perangkat lunak yang kamu miliki. Entah itu Adobe Photoshop, Premiere Pro, Illustrator, Lightroom, dan lain sebagainya. Jika kamu belum memiliki kemampuan tersebut, kamu dapat menggantinya dengan pengalaman organisasi, pengalaman mengelola acara / event, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan preferensi pengalaman yang pernah kamu peroleh agar CV terlihat lebih menonjolkan kemampuan diri kamu.

7. Rapihkan Susunan CV


Jika font size atau ukuran huruf terlalu besar makan kamu bisa menandai huruf-huruf mana yang ingin kamu ubah dan pilih ukuran huruf yang kamu mau di bagian kiri atas. Jika kamu tidak ingin menggunakan jenis huruf bawaan template, kamu bisa mengubahnya sesuai dengan seleramu. Ada banyak pilihan seperti Arimo, Trocchi, Alegreya, Alice, dan lain sebagainya. Ada juga bold, italic, underline. Pilihannya ada di bagian atas sebelah kiri layar Canva. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan penggunaan Microsoft Word sehingga kamu akan dengan mudah menggunakan pilihan format yang sudah tersedia.

8. Ganti Foto CV

Ubah foto bawaan yang ada di tempate CV dengan fotomu sendiri, caranya cukup mudah kok.

1) Klik Foto Bawaan Yang Ada Pada CV



Klik bagian foto, nanti akan terlihat garis biru berwarna kotak seperti yang tertera pada gambar.

2) Klik Unggah Gambar Atau Video


Tools ini ada di bagian kiri di kotak berwarna biru. Langsung klik saja dan kamu akan diarahkan pada penyimpanan yang ada di laptop / PC, langsung pilih saja foto mana yang ingin kamu gunakan pada CV kamu. Jika sudah klik ok dan foto akan muncul di layar Canva.

3) Arahkan foto milikmu ke bagian foto bawaan template CV

Tahan dan drag foto ke arah foto bawaan template CV dan sesuaikan dengan posisi foto yang kamu inginkan. Bagaimanapun bentuk foto yang kamu punya tidak akan menjadi masalah. Kamu tidak membutuhkan background transparan agar foto milikmu bisa berbentuk bulat seperti pada template. Tidak seperti itu karena template yang disediakan oleh Canva didesain semudah mungkin sehingga ketika kamu menarik foto milikmu ke bagian foto bawaan template maka foto akan secara langsung menyesuaikan dan membentuk lingkaran meskipun foto milikmu tadi berbentuk petak.

4) Foto Sudah Selesai


Jika sudah selesai, tampilan foto pada template menjadi seperti ini. Ini sudah terlihat rapih dan template sudah bisa digunakan.

9. Lihat Tampilan CV Secara Keseluruhan


Jika ingin melihat tampilan template secara keseluruhan, kamu bisa mengubah ukuran halaman dengan klik bagian angka di sebelah kanan bawah. Perbesar halaman tampilan Canva. Dari 110 bisa kamu ubah menjadi 50% agar tempate dapat terlihat secara keseluruhan. Selain itu, kamu juga bisa klik tampilkan layar secara penuh di sebelah pilihan 50% tadi. Dengan klik tools tersebut atau tekan tombol Ctrl + Alt + P yang ada di keyboard kamu.

10. CV Sudah Selesai


CV sudah selesai diedit dan dibuat. Semua format sudah diisi dengan baik sesuai kebutuhan kamu. Hasil akhirnya seperti ini. Bagus banget kan. CV ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melamar kerja namun  harus membuat CV secara cepat.

11. Simpan CV


Jika CV sudah selesai, simpan dengan cara klik tools bergambar save dan unduh file yang ada di Canva.


Akan muncul tampilan seperti ini. Pilih bentuk file yang akan kamu simpan. Apakah berbentuk PNG, JPG, PDF Standar, Cetak PDF, Video, ataupun GIF. Biasanya format untuk CV adalah PDF, namun tidak menutup kemungkinan jika tempat melamar kerja atau kebutuhan tempat kamu mengirim CV yakni dalam bentuk JPG. Langsung klik saja. Jika sudah maka file akan terunduh secara otomatis di laptop atau PC kamu. Kamu sudah bisa melihat file CV di laptop / PC.

Oh iya, jika kamu belum puas dengan file ukuran CV yang sudah kamu unduh tadi, kamu bisa mengubahnya dengan ukuran / size yang lebih besar agar file CV milikmu ketika dibuka, gambar dan huruf-hurufnya tidak pecah. Kamu bisa mencoba Cara Menyimpan File Ukuran Besar Gambar, Foto, Dan PDF DI Canva yang sudah diulas oleh Pojokata. Dengan begitu, foto, gambar, dan PDF maupun file-file yang kamu simpan dari Canva terlihat bagus dengan kualitas  ukuran / size yang tinggi.

CV sudah siap dan bisa langsung kamu gunakan sebagai pelengkap syarat kamu dalam mencapai impianmu. Cara ini benar-benar cepat dan mudah. Dan yang tak kalah penting, hasilnya juga memuaskan karena desain-desain CV yang disediakan oleh Canva sangat menarik bahkan template yang diberikan membuat kita semakin mudah meskipun CV dibuat oleh seorang pemula. Mudah bukan?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cuma 1 Menit! Cara Tercepat, Bagus Dan Mudah Buat Daftar Riwayat Hidup (CV)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel