Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Lengkap dan Mudah Memasukkan Foto ke Dalam Lingkaran Twibbon

Desain Twibbon Generasi Baru Indonesia (GenBI) 6.0 Sumatera Utara 2019

Twibbon adalah sebuah bingkai yang didesain semenarik mungkin kemudian diberi ruang kosong di bagian tengah. Ada yang berbentuk lingkaran, ada juga yang berbentuk segitiga, dan ada juga yang berbentuk kotak. Semua tergantung selera pendesain. Twibbon biasanya digunakan untuk meramaikan sosial media ketika akan diadakannya sebuah acara atau sebagai keperluan pendukung sosial media Komunitas maupun Organisasi. 

Twibbon sengaja didesain menarik dengan bentuk bulatan tengah dari beragam style sebuah kotak yang dikosongkan. Sehingga, akan tampak banyak orang yang membagikan desain foto twibbon yang sama namun dengan foto yang berbeda di setiap lingkaran.


Belakangan ini, twibbon sedang hits di kalangan anak-anak muda yang sedang menjadi Mahasiswa Baru (MABA) di sebuah Universitas, seseorang yang akan menjadi anggota Komunitas maupun Organisasi, memeriahkan sebuah acara besar, dan berbagai keperluan menarik lainnya.

Meskipun terlihat sederhana melalui tampilannya, memasukkan foto ke dalam bingkai twibbon ternyata tak semudah yang dibayangkan. Ada beragam teknik dan cara yang digunakan melalui berbagai aplikasi.

Sekilas memang terlihat mudah. Namun memasukkan foto dengan cara memotong atau crop foto menjadi lingkaran ternyata membuat foto terkadang tidak sesuai dengan pola atau bentuk yang sudah di desain khusus dan bahkan tidak rapih.

Sebelum membuat Twibbon, kamu harus sudah mengetahui nih kata-kata apa yang akan kamu gunakan dalam Twibbon. Tak perlu bingung, kalau kamu belum memikirkan kata-kata apa yang akan kamu masukkan di Twibbon, Pojokata sudah menuliskannya pada artikel sebelumnya yaitu 50 Referensi Kata-kata dalam Twibbon.

Namun, kali ini pojokata.com akan berbagi tips mudah yang di ulas dengan sangat lengkap bagi para pemula yang ingin memasukkan foto ke dalam twibbon. Dan tentu, hasilnya juga akan sangat rapih. Nantinya kita akan menggunakan aplikasi PicsArt dan Canva yang bisa kalian unduh secara gratis di Playstore.

Eits, jangan khawatir! Kita akan berikan tutorialnya melalui cara-cara simple yang pastinya mudah buat para pemula yang baru pertama kali memasang foto ke dalam twibbon, pemula yang baru pertama kali menggunakan aplikasi PictsArt, dan bahkan pemula yang bener-bener baru pertama kali menggunakan Gadget loh...

Sebelum mulai memasukkan foto ke dalam twibbon, kalian bisa unduh aplikasi PicsArtnya dulu ya di Playstore. Kalau udah, tinggal install deh ke handphone android kamu. Kalau kamu ingin membuat twibbon dari aplikasi Canva, kamu bisa klik langsung di sini ya Cara Pasang Foto ke Twibbon Pakai Aplikasi Canva. Ikuti langkah-langkahnya dengan cara klik tulisan berwarna biru tersebut. Nantinya sobat Pojokata bisa langsung membuat twibbonnya dengan mudah.

Namun, jika sobat Pojokata ingin membuat twibbon melalui aplikasi PicsArt, kamu bisa langsung baca dan ikuti tutorial di bawah ini. Nah, ini dia nih cara mudahnya.  Selamat mencoba yah, Semoga Berhasil!


Berikut ini langkah-langkah memasukkan foto ke dalam twibbon:

1. Buka File Twibbon di Whatsapp


Kalau kamu belum memiliki file desain Twibbon, kamu bisa membuatnya sendiri kok, Sobat Pojokata. Cara membuatnya juga mudah karena Pojokata sudah mengulasnya lewat cara-cara yang mudah dan gampang yakni dengan Cara Termudah Buat Twibbon dari Handphone untuk Pemula. Jadi, kamu bisa membuatnya kapan dan di mana saja. Bahkan, kamu hanya perlu Handphone untuk bisa membuatnya menjadi sebuah Twibbon yang keren dan unik.

2. Pastikan File Foto Twibbon Menggunakan Format PNG

Format PNG nya bisa kamu lihat di bawah file foto seperti yang dilingkari garis merah.



3. Buka File Foto Menggunakan Aplikasi PicsArt

Klik File Poto kemudian Buka dengan PicsArt

4. Kemudian, File Foto Secara Otomatis Akan Terbuka di Aplikasi PicsArt

Tampilannya seperti ini


5. Geser Pointer Ke Arah Kanan

Akan muncul tampilan seperti ini


6. Klik Gambar

Klik Icon Gambar yang diberi lingkaran berwarna merah kemudian klik Icon gambar yang diberi lingkaran berwarna kuning.


7.  Akan Muncul Tampilan Seperti Ini



8. Klik Icon Bagian Sudut Kanan Bawah


9. Klik Gambar Berikut


10. Klik Lapisan Foto


11. Pilih Salah Satu Foto yang Akan Masuk Ke dalam Lingkaran Twibbon

Setelah dapat foto yang diinginkan, klik Ok



12. Muncul Tampilan Seperti ini

Tampilan yang akan tampak adalah tampilan bebas. Atur ukuran yang kamu inginkan untuk foto yang berada di dalam lingkaran twibbonmu. Namun, sangat disarankan untuk mengatur ukuran foto ke dalam persegi yaitu 853 X 853.


13. Klik Icon Persegi 853 X 853

Ukuran ini akan memudahkanmu untuk menyesuaikan ke dalam ukuran twibbon nantinya. Rata-rata ukuran kotak twibbon cocok untuk ukuran persegi yaitu 853 X 853. Kamu bisa mengarahkan fotomu ke atas ataupun ke bawah. Atur arah foto sesuai seleramu. Jika sudah, klik tanda ceklis dibagian sudut kanan atas.


14. Muncul Tampilan Seperti Berikut


15. Tarik Fotomu Ke Arah Paling Bawah

Setelah kamu tarik ke arah paling bawah tepatnya di bawah twibbon, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Baca juga: Cara Membuat Twibbon di HP Menggunakan Canva


16. Klik Icon yang Berada di Sudut Bawah


17. Akan Muncul Tampilan Seperti Berikut Ini

Kamu bisa memperhatikan terlebih dahulu apakah foto yang kamu inginkan sudah sesuai dan terpasang dengan ukuran yang tepat. Jika merasa belum sesuai, kamu bisa mengatur ulang ukuran yang sesuai dengan cara kembali ke Icon persegi dan mengatur ukuran ataupun sisi foto mana yang ingin kamu ambil.




18. Jika Sudah Foto yang kamu Inginkan Sudah Sesuai, Klik tanda Ceklis


19. Klik Icon Yang Berada di Sudut Kanan Atas



20. Tulis Nama File dan Klik Simpan. Setelah Itu, Akan Muncul Seperti Tampilan yang Berada di Bawah ini. Klik Simpan Sekali Lagi.




21. Foto Sudah Selesai, Buka Galeri dan Lihat File dalam Folder PicsArt




Ini hasil foto twibbon yang sudah dibagikan ke media sosial Instagram, kamu bisa cek di akun Instagram @triayunst



Wah wah...
Udah selesai aja nih tutorialnya. Gimana sobat pojokata.com, bisa dong pastinya?
mudah kan?

Kalau berhasil, boleh dong tinggalkan komentarnya di kolom komentar yang ada di bawah ya. pojokata.com juga pengen tau nih berapa menit kalian menyelesaikan tutorial memasukkan foto ke dalam twibbon ini.

Buat yang belum berhasil, boleh dong komentar juga di kolom komentar yang ada di bawah ya. Kalian kesulitan di bagian mana, entar biar di bantu.

Terimakasih sudah berkunjung!







Tri Ayu @triayunst
Tri Ayu @triayunst Hello, I am writer of the Pojokata site. My name is Tri Ayu (Instagram @triayunst). I am a writer who has produced 6 books such as scholarship books, poetry, and novels. I am also an SEO Writer who has experience in displaying dozens of articles on the main page of the Google search engine. I love photography, videography, product reviews, beauty & lifestyle, cooking, finance, technology, etc. I am also an Content Creator and Blogger with experience in creating content. You can collaborate with me by contacting my Instagram or email triayunst.id@gmail.com. Come on, build partnership and let's be friends with me!

32 komentar untuk "Tutorial Lengkap dan Mudah Memasukkan Foto ke Dalam Lingkaran Twibbon"

  1. Sangat bermanfaat. Terima kasih tutorialnya kak. Sukses selalu.

    BalasHapus
  2. Wah, cara-caranya beneran mudah buat aku yang bener-bener pemula. Padahal aku gaptek tapi bisa setelah melihat tutorial ini. Cuma website ini yang bikin aku paham, di tempat lain aku gak ngerti. Thanks Pojokata, tutorialnya bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  3. Ucapan dan Quotes Selamat Hari Guru Nasional Terbaru, Cocok untuk Caption
    https://www.pojokata.com/2020/11/ucapan-dan-quotes-selamat-hari-guru.html

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas bantuannya kak..semoga allah balas setiap kebaikan2 nya kak

    BalasHapus
  5. aku yg masih gaptek, akhirnya paham liat tutor mudah ini wkwkwkwk. makasih looooooh

    BalasHapus
  6. Bentar lagi hari guru nasional, pasti banyak twibbon yang untuk para guru nih. Nanti dicobalah tutorialnya. Terima kasim

    BalasHapus
  7. Artikelnya sangat membantu dan mudah dipahami untuk orang yang belum tau cara memasukan foto ke twibbon menggunakan PicsArt

    BalasHapus
  8. Wah gampang ya ternyata, kirain ribet bikin twibbon. Kapan-kapan bisa dicoba nih kalau ada momennya.

    BalasHapus
  9. Heri Joko Said: Kalo saya belum pernah menggunakan twibbon tapi artikel ini bagus buat nambah ilmu desain dengan menggunakan layer. soalnya saya terbiasa pake aplikasi Pixelab.

    BalasHapus
  10. yang paling bikin sebel itu kalau pakai twiboon otomatis kak, yg buat ganti foto profi seperti fb, kan kita nggak bisa edit tuh..

    jadi kadang lingkarannya nggak pas ke wajah ...

    BalasHapus
  11. BRu beberapa kali nyobain twibon, belum pernah gagal sih sejauh ini. Makasih ya kak tutorialnya, sangat membantu.

    BalasHapus
  12. Aku nggak pernah pake twibbon karena nggak tahu caranya. pengen nyoba sekali-kali setelah baca ini.. 🤭

    BalasHapus
  13. Lengkap banget tutorialnya sampe di SS in step by step nya. Makasih sharingnya kak

    BalasHapus
  14. bagus informasinya kak, membantu para maba untuk membuat twibbon, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  15. Sekarang semua-semua harus pake twibbon sih yah, jadi kita juga harus bisa memasangnya. Ternyata mudah banget yah memasangnya hehe.

    BalasHapus
  16. Hyaaa telaten banget bikin tutorial ini kak. Saluuutt. Semoga makin banyak yang terbantu nih sama artikel ini yah :)

    BalasHapus
  17. Makasih banyak informasinya Kak, sangat bermanfaat. Picsart emang jadi salah satu andalanku juga nih

    BalasHapus
  18. wah pas banget lagi mau bikin twibbon untuk acara kantor. Langsung dipraktikkan ah

    BalasHapus
  19. Keren kak. Kalau saya jarang menggunakan Aplikasi PicsArt. Langsung aja buka twibbonize.com langsung upload, dan bisa disebarluaskan.

    BalasHapus
  20. Terima kasih untuk artikelnya kak membantu saya. Kebetulin saya lagi kesulitan dalam hal ini. Nice post. sukses terus.

    BalasHapus
  21. Kalau masukin twibbonnya udah bisa kak. Tapi kalau bikin twibbonnya itu loh yang gak tahu. Masih bingung. Ajarin dong

    BalasHapus
  22. Makasih tulisannya kak. Twibbon ini cukup populer juga ya, apalagi kalo lagi ada hari besar gitu. Tapi ya saya jarang pake sayangnya 😅

    BalasHapus