Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Buah Nipah Bagi Kesehatan


 
Oleh :  Divisi Penulisan Artikel Kelompok 31 KKN-DR UINSU

 

Buah nipah merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh nipah atau disebut juga dengan Nypa fruticans wurmb. Belum ada data akurat yang menunjukkan potensi nipah dan buah yang dihasilkannya. Kita bisa melihat dan menemukan nipah di belakang formasi hutan mangrove sepanjang sungai muara karena biasanya nipah tumbuh di sana.

Tempat tersebut menyimpan banyak endapan tanah yang berasal dari hulu sungain, sehingga habitat sungai menjadi subur dan berlumpur. Keadaaan airnya juga relatif baik dibandingkan hulu sungai, tumbuhan nipah bnyak tumbuh di kawasan Indonesia diantaranya, Irian jaya (Papua), Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan Sumatera.

Hal lainnya yang menyebabkan nipah bisa tumbuh subur di sana yaitu keadaan air yang juga relatif baik dibandingkan dengan hulu sungai. Tumbuhan ini banyak tumbuh di kawasan Indonesia dan tersebar dibeberapa Provinsi yang ada di Indonesia seperti Sumatera, Sulawesi, Irian jaya, Jawa, dan Kalimantan (Papua). Sebagian orang menganggap bahwa nipah masih dianggap tanaman liar namun di zaman moderen sekarang yang diberkahi dengan ilmu dan pengetahuan pesat, kita harus terus berupaya berfikir kreatif dan inovatif sehingga mampu mengolah produk dari nipah.

Manfaat Buah Nipah

Buah nipah memiliki banyak manfaat salah sebagai sumber alternatif pengobatan tradisional karena di dalam buah nipah banyak mengandung Antioksidan yang tinggi. Manfaat Antioksidan pada buah nipah untuk pencegah sel kanker. Terdapat dua jenis antioksidan yang dihasilkan dari makanan diantaranya :

Antioksidan alami merupakan sejenis zat alami yang terdapat pada tumbuhan atau buahan yang berguna untuk menangkal radikal bebas, mencegah, mengurangi atau memperlambat suatu gejala penyakit yang terdapat di dalam tubuh, dan manfaat lainnya untuk membunuh racun berbahaya yang tidak dapat dikonsumsi.

Antioksidan Sintetis merupakan antioksidan yang diciptakan dari berbagai reaksi kimia. Antioksidan sintetis ini tidak baik digunakan atau dikonsumsi oleh tubuh kita, maka pilihan terbaik adalah mengonsumsi buahan yang memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan alami.

Selain memiliki antioksidan yang tinggi sebagai zat anti kanker alami. Buah nipah juga dapat mengobati penyakit hati, mengobati gondok serta penyakit tenggorokan, penawar racun, menjadi obat penenang syaraf alami, mengobati diabetes, mengobati pengumpalan darah serta mengobati sinusitis. Selain itu, ekstrak tumbuhan nipah mampu menghambat berbagai penyakit diantaranya penyakit tuberkolosis, sakit tenggorokan, masuk angin, penawar racun maupun sebagai obat penenang.

Kandungan zat penghambat peroksida lipid pada nipah dapat menunjukkan efektifitas yang kuat terhadap penyakit tersebut. Buah nipah memang salah satu buah yang memiliki kadar zat antioksidan yang sangat tinggi, kandungan antioksidan di dalam buah nipah lebih tinggi dari kandungan standar antioksidan pada vitamin C dan vitamin A yang terdapat pada buahan lain. Sebenarnya masih banyak manfaat dari Nipah ini bagi kehidupan, selain bisa dijadikan sebagai ramuan obat-obatan tradisional, Nipah ini juga bisa digunakan untuk hal lainnya.

Contoh dari Manfaat Nipah Bagi Kehidupan

1. Sumber Pangan

Buah nipah yang satu ini memiliki manfaat bagi kehidupan. Manfaat nipah sebagai sumber pangan belum banyak diketahui oleh masyarakat. Selain bisa menghasilkan nira, Tunas nipah bisa juga digunakan sebagai bahan makanan, tetapi bagian ini harus melalui proses yang panjang.

2. Bahan Bangunan

Buah nipah yang satu ini memiliki manfaat bagi kehidupan. Masyarakat pesisir banyak menggunakan bahan bangunan dari daun nipah untuk dijadikan anyaman hingga membentuk atap.

3. Penghasil Tepung

Buah nipah yang satu ini memiliki manfaat bagi kehidupan. Bagian ini juga membutuhkan proses yang panjang, tentuh bagian yang dibutuhkan ialahbuahnya.

4. Wisata Pendidikan

Buah nipah yang satu ini memiliki manfaat bagi kehidupan. Secara tersirat, manfaat nipah sebagai objek wisata telah dilakukan secara turun temurun, bukan hanya masyarakat setempat, bahkan pelajar maupun mahasiswa memilih kawasan mangrove khususnya daerah nipah sebagai objek wisata. Selain menikmati indahnya komponen nipah yang berjajar di sepanjang sungai, edukasi juga menjadi tambahan karena tumbuhan ini banyak memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup.

Cara Pengelolaan Buah Nipah Menjadi Gula dan Garam

Selain manfaat yang telah dijelaskan diatas buah nipah ternyata bisa untuk gula dan garam. Adapun cara pengolahannya, gula nipah diperoleh melalui pengolahan nira yakni cairan manis yang diperoleh dari tandan bunga sebelum mekar. Kemudian, garam nipah diperoleh dari daging pelepah yang tua. Nipah ternyata berpotensi sebagai bahan baku penghasil energi. Hal ini disebabkan karena nipah dapat menghasilkan alkohol 11.000 l/ha/tahun, lebih besar dari yang dihasilkan oleh gula tebu (5.500 liter) dan ketela pohon (1.350 liter).

Nipah juga berpotensi sebagai pengganti makanan pokok (beras, jagung, dan sagu) atau sebagai substitusi dan diversifikasi pangan karena nipah memiliki kandungan karbohidrat, kadar gula, dan kadar protein yang tinggi. Total kandungan gulanya mencapai 27,2 g/100 g dan kadar karbohidrat 56,4 g/100 g (cukup tinggi). Buah nipah muda tidak mengandung vitamin E, tetapi mengandung vitamin C sebesar 0,60 g/100 g sehingga membuat segar rasa buah muda atau kolang kalingnya.

Nipah juga bisa dijadikan tepung. Tepung nipah dapat dihasilkan dengan cara mengolah buah nipah yang sudah tua. Tepung nipah dapat dibuat dari daging buah nipah tua. Proses pembuatan tepung nipah meliputi pemisahan daging dari tempurung, pembersihan kulit ari, dan selanjutnya ditumbuk atau diblender, setelah proses ini selesai kemudian dijemur/dikeringkan dan diayak. Rendamen tepung nipah diperoleh melalui pembuatan tepung dari setiap 100 daging buah nipah yang tua. Bobot 100 daging buah nipah rata-rata 3.613 g. Dari pembuatan setiap 100 daging buah nipah diperoleh 46,8% tepung nipah. Dengan demikian, berdasarkan rata-rata rendemen tepung nipah, maka dalam 1 hektar tegakan nipah akan dihasilkan tepung nipah sebanyak 3,27 t/ha. Tepung nipah memiliki kadar lemak (nabati) kasar yang paling rendah 0,08 % bila dibandingkan dengan jagung, beras dan lainnya. Serat kasar yang terkandung dalam buah nipah setara dengan bungkil kelapa.

Nipah memiliki kandungan protein, beta-N, kalsium (Ca), posfor (P), dan karbohidrat yang cukup baik. Tepung nipah berpotensi untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet karena memiliki kandungan serat yang tinggi, kandungan lemak rendah dan kalori yang rendah. Pengembangan nipah sebagai bahan pangan di Indonesia mungkin dapat terlaksana dengan baik jika dapat dilindungi dan dijaga, mengingat hutan ini termasuk dalam hutan bakau yang sering dijadikan manusia sebagai tambak ikan atau udang.

Populasinya yang masih banyak dan belum terlalu dikenal oleh banyak orang menjadikan nipah sebagai bahan pangan yang berpotensi untuk dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Nipah merupakan tanaman potensial yang memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan menjadi produk produk yang bermanfaat bagi manusia.

Buah nipah sangat potensial untuk dikembangkan menjadi bahan pangan seperti tepung nipah, nata, manisan, makanan kaleng, minuman es buah nipah, kolak buah nipah, dan bahan pangan lainnya. Dalam rangka mengotimalkan buah nipah ini, peran pemerintah masih sangat diperlukan.

Pemaparan di atas merupakan sejumlah ulasan terkait nipah. Terutama, penjelasan tentang manfaat buah nipah bagi kesehatan dan kehidupan. Semoga artikel dalam ulasan ini dapat memberikan sedikit informasi dan pengetahuan kepada kita semua.

 

*Penulis merupakan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang sedang melaksanakan KKN DR UIN-SU, Kelompok 31 Divisi Penulisan Artikel (Uswatun Hasanah, Fauziah Nur, Asmaul Husna, Filza Syahira Natatyas, Muhammad Nabil Aswat, Rika Sulastri, Satria Agung Wicaksono)

Tri Ayu @triayunst
Tri Ayu @triayunst Hello, I am writer of the Pojokata site. My name is Tri Ayu (Instagram @triayunst). I am a writer who has produced 6 books such as scholarship books, poetry, and novels. I am also an SEO Writer who has experience in displaying dozens of articles on the main page of the Google search engine. I love photography, videography, product reviews, beauty & lifestyle, cooking, finance, technology, etc. I am also an Content Creator and Blogger with experience in creating content. You can collaborate with me by contacting my Instagram or email triayunst.id@gmail.com. Come on, build partnership and let's be friends with me!

Posting Komentar untuk "Khasiat Buah Nipah Bagi Kesehatan"