Cara Membuat Blog Gratis Terbaru untuk Pemula Paling Mudah

Belakangan ini, Blogger.com baru saja memperbarui fitur dan tampilannya. Sehingga, ada banyak perubahan yang terjadi. Dari sana, ada banyak orang yang kebingungan ketika ingin mendaftar di Blog karena tidak menemukan cara buat Blog terbaru. Tapi tenang saja, kamu tidak perlu bingung lagi. Pojokata akan menjelaskan terkait Cara Membuat Blog Gratis Terbaru untuk Pemula Paling Mudah. Buat pemula dan semua orang yang ingin membuat Blog wajib membaca ini karena caranya benar-benar terbaru. Biar kamu engga salah dalam mendaftar.

Blog adalah situs web tempat menulis, berbagi tulisan, postingan, dan gambar. Blog menjadi wadah yang bukan hanya bagi penulis saja, namun juga menjadi wadah bagi para pembaca. Isinya berupa informasi, konten, dan pesan yang dikemas dengan tampilan beragam. Mulai dari ragam kata, bahasa, dan foto pendukung.

Ada banyak jenis blog, namun kali ini Pojokata hanya menerangkan Blogger.com saja. Blogger adalah  layanan penerbitan blog yang diakses dengan cara membuka blogger.com di search engine google dengan subdomain "blogspot.com". Blogger didirikan oleh Google pada 23 Agustus 1999 lalu.

Kamu bisa mendaftarkan akun di blogger ini secara gratis, semuanya gratis, bahkan dari yang gratis ini kamu bisa mendapatkan uang. Alhamdulillah, salah satu kerabat Pojokata sudah menggunakan Blog ini dan hasilnya sudah bisa mendapatkan uang juta-an tanpa modal sedikitpun. Kerjanya juga hanya dari rumah saja. So, kamu juga wajib coba buat blog. Semoga rezekinya juga bisa ngalir dari sini ya.

Jika kamu konsisten menulis di Blog ini, kamu bisa menghasilkan uang bahkan mencapai puluhan juta dalam sebulan tanpa modal. Cukup andalkan laptop/PC, atau kamu bisa mengandalkan handphone kamu untuk menulis. Jika sudah pas, kamu bisa mendaftarkan Blogmu ke Google Adsense, dan kamu bisa menarik penghasilanmu minimal 1,3 juta dalam sebulan. Gimana sudah tertarik? Eits, kita bahas manfaatnya dulu yuk.

Manfaat Membuat Blog

Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu mendaftar blog dan rutin menulis. Selain mendapatkan penghasilan dari Google Adsense, kamu juga bisa mendapatkan uang dari iklan yang orang lain pasang di Blogmu. Penghasilan lainnya bisa kamu dapat lewat backlink atau content placement yang orang lain bayar ke kamu.

Selain itu, kamu juga bisa branding diri kamu lewat tulisan dan foto-foto yang kamu publis. Kamu juga bisa mempromosikan usahamu, atau bisnis orang lain. Apalagi, di zaman modern sekarang ini banyak orang yang butuh branding atau pencitraan diri. Tentu, semakin baik Blog tersebut kamu kelola, maka akan ada banyak orang yang melirik Blog kamu dan ujung-ujungnya pasti kamu akan mendapatkan penghasilan.

Suka menulis tapi sering merasa gak PD sama tulisan sendiri? kamu wajib banget menantang dirimu dengan publis tulisan ke Blog. Sayang banget deh kalau tulisan yang sudah dibuat hanya jadi pajangan saja. Mending, buat blog dan publis karyamu di Blog. Lewat Blog, tulisanmu bisa dibaca banyak orang. Bukan hanya kamu saja, ada banyak penduduk di Bumi ini yang bisa menikmati karyamu.

Gak PD? wah, tenang saja, kamu bisa menyamarkan namamu. Blog gak maksa kamu buat naruh nama asli, kok. Kamu masih bisa menggunakan nama pena, nama samaran, atau nama-nama lainnya sesuai dengan keinginanmu. Anggap saja ini usaha awal untuk menarik dirimu berkarya ke lingkup yang lebih luas lagi.

Eits, tapi tenang saja kalau kamu merasa engga jago dalam hal tulis-menulis. Blog bukan diperuntukan untuk orang-orang yang jago menulis saja, bukan. Tapi, Blog juga diperuntukan untuk orang-orang yang rajin dan konsisten dalam memublis karya-karyanya. Semakin sering dipublis, tentu semakin banyak yang melihat. 

Kalau yang kamu sampaikan tidak dirangkai dengan kata-kata yang kamu rasa belu menarik, kamu masih punya kesempatan besar kok agar Blogmu bisa dikunjungi banyak orang. Menjadi yang menarik, unik, beda dari yang lain serta menjawab kebutuhan orang banyak bahkan menjadi kunci utama dalam mengelola Blog. Buat dulu yuk, jangan langsung pesimis.


Jenis-jenis Blog

Pojokata membagi Blogger ke dalam dua jenis, untuk pribadi dan untuk bisnis. Sebelum melihat cara membuatnya, ada baiknya kamu tahu jenis-jenis Blog dan apa-apa saja yang membedakan antara Blog untuk pribadi dan Blog untuk bisnis. Berikut jenis-jenis Blog:

1. Blog untuk Pribadi

Blog untuk pribadi adalah blog yang dirancang khusus untuk orang-orang yang ingin berkarya lewat tulisan atau gambar. Pembuatnya berasal dari kalangan pribadi. Artinya, kamu bisa membuat Blog untuk diri kamu sendiri bukan untuk bisnis.

Sebenarnya tidak menjadi masalah jika Blog pribadi digunakan untuk bisnis. Namun, alangkah baiknya digunakan sesuai nama dan fungsinya. Maksudnya begini, coba kalau kamu buat bisnis dan tujuannya untuk menjualkan usaha kamu. Wah, saya sekali. Pasti fitur dan tools yang disediakan tentu terbatas. Kamu gak bisa leluasa menjualkan daganganmu.

Tapi, coba kamu jualkan bisnismu di Blog untuk bisnis, pasti cara kamu menjualkannya akan semakin mudah. Karena, tampilan, menu, fitur, dan tools yang disedikan bisa membantu kamu menjualkan produk. Proses penjualan kamu tentu akan semakin dipermudah dengan fasilitas yang ada.

Kembali lagi ke kata pertama, jika Blog untuk pribadi kamu gunakan sebagaimana mestinya, fungsi yang kamu dapatkan juga akan kembali ke diri kamu. Tapi, tidak menjadi masalah jika Blog untuk pribadi kamu gunakan sebagai ajang promosi bisnis kamu. Jika Blog kamu semakin berkembang, usaha orang lain bahkan bisnis perusahaan besar sekalipun bisa kamu jadikan ladang bisnis di Blogmu.

2. Blog untuk Bisnis

Blog untuk bisnis adalah Blog yang dirancang khusus untuk orang-orang yang ingin berkarya lewat tulisan atau gambar. Blog ini dperuntukan untuk pelaku usaha, pebisnis, atau orang-orang yang ingin menjualkan dagangannya.

Fitur, tools, menu, dan tampilan yang disediakan untuk mempermudah para pelaku usaha untuk menjualkan barang dagangannya. Bisa juga untuk ajang promosi karena Blogger menyediakan tempat yang bisa kamu isi dengan keterangan nomor HP, Lokasi dan alamat rumah, bidang bisnis, dan lain sebagainya.

Hal ini bisa semakin mempermudah para pelaku usaha memberikan informasi secara keseluruhan untuk kalangan umum tanpa harus berbicara face to face dan menjawab pertanyaan konsumen secara langsung. Kemudahan yang diberikan bisa membuat bisnis semakin dikenal luas dan banyak yang membeli.

Tampilannya sangat jauh berbeda dengan Blog untuk pribadi. Jika mendaftarkan akun Blog untuk pribadi dan Blog untuk bisnis sama-sama di Blogger.com, cara log in nya sangat jauh berbeda. Blog untuk pribadi memang harus log in di Blogger.com tapi untuk bisnis, kamu harus log in di https://business.google.com.

Jika kamu sudah paham mengenai apa itu Blog, manfaat, dan jenis-jenisnya, kamu sudah bisa langsung membuat Blog. Sebelum itu, kamu sudah menentukan mau buat Blog untuk pribadi atau Blog untuk bisnis kan? Jika sudah, mari kita bahasa caranya satu-persatu di bawah ini ya. Tapi jika belum, kamu bisa menanyakannya di kolom komentar atau request mau buat tulisan apa selanjutnya, okey.

Buat kamu para pemula yang belum pernah sama sekali membuat blog, belum pernah menggunakan laptop, atau belum pernah menggunakan HP. Atau bahkan baru tahu blog setelah membaca tulisan ini. Kemudian, dipenuhi dengan tanda-tanya ini itu, ketidakyakinan terhadap hasil yang bisa didapatkan setelah ngeblog, atau tidak yakin bisa membuat Blog?

Tenang saja sobat Pojokata. Seperti prinsip yang selalu dipegang oleh Pojokata bahwa Pojokata ingin terus mendukung orang-orang yang tidak percaya diri untuk selalu percaya diri. Mendukung siapa saja yang ingin belajar dan punya keinginan mengubah dirinya tentu Pojokata selalu membuat tutorial, cara-cara, langkah-langkah, dan proses membuat sesuatu lewat cara-cara yang sangat mudah.

Sehingga, lewat cara-cara yang Pojokata bagikan bisa membuat siapa saja mendapatkan kemudahan melalui langkah-langkah mudah di sini. Cara-caranya dibuat dari 0 atau dasar. Siapa saja bisa membuat Blog, siapa saja berhak mendapatkan uang lewat Blog, siapa saja bisa ngeblog! Jadi, jangan pernah merasa tidak bisa ya sobat Pojokata.


Kamu cukup membaca semua informasi yang Pojokata bagikan dari atas hingga bawah nanti tanpa memotong kata-katanya satu persatu. Kalau kamu skip-skip, kamu bisa kebingungan, sulit paham, atau salah dalam memahami Blog ini. Apalagi, para pemula wajib banget dong tahu hal-hal penting seputar Blog yakan? :)

Jadi intinya, baca semua yang Pojokata berikan. Jangan pernah, mengelang atau melangkah-langkah, atau bahasa bakunya 'lompat-lompat baca secara tidak berurutan'. Pokoknya, baa secara keseuruhan ya sobat Pojokata. InsyaAllah, kamu bisa buat Blog dan menghasilkan uang juta-an lewat Blog. Nah, ini langkah-langkahnya. Yuk disimak!

Cara Membuat Blog Gratis Terbaru untuk Pemula Paling Mudah

Cara Membuat Blog untuk Pribadi

1. Buka Google Chrome, Mozilla atau mesin pencari yang ada di Laptop

Buka Google Chrome atau Mozilla yang ada di PC/Laptop. Kamu juga bisa buka di mesin pencari yang ada di Laptop kamu. Sebenarnya, kamu juga bisa buka di HP kamu. Tapi, alangkah lebih baiknya kamu buka di Laptop/PC agar semakin memudahkan kamu untuk daftar Blog.

2. Search www.blogger.com dan klik 'creat new account'

Ketik www.blogger.com di Google Chrome, Mozilla atau mesin pencari lainnya. Kemudian, klik 'creat new account' seperti pada lingkaran hitam.


3. Creat Account

Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini, klik 'creat account'.

4. Klik For Myself

Akan ada dua pilihan yaitu 'for myself atau to manage my business'. Pilih 'for myself'.

5. Tulis nama blog dan klik berikutnya

Pikirkan apa nama Blog kamu, jika sudah menemukannya silakan tulis nama Blog kamu. Nama ini akan menjadi judul dan ditampilkan di bagian atas Blogmu. Sebagai contoh, Pojokata membuat nama Blog dengan 'Impresi Kata'. Setelah isi judul, lalu klik berikutnya.

6. Pilih URL untuk blog 

Tulisa alamat blog kamu. Nanti secara otomatis di akhir alamat akan ditambahkan '.blogspot.com'. Jika nama yang ingin kamu tulis sudah ada, maka tidak bisa. Teruslah mencari nama yang belum pernah dibuat orang lain karena sistemnya mewajibkan setiap satu akun Blog punya nama yang berbeda-beda. alamat blog ini nantinya bisa memudahkan orang lain untuk mencari dan bisa membaca postingan pada akun blog kamu dengan mudah. Jika sudah, klik berikutnya.


7. Konfirmasi nama tampilan Blog

Tulis nama yang ingin kamu tampilkan sekali lagi. Pihak Blog minta konfirmasi ulang nama tampilan Blog kamu. Tulislah namanya sesuai dengan nama kamu di atas tadi. Batasa maksimal kata untuk nama adalah 200 kata. Tulislah nama sesingkat mungkin dan jangan melebihi batas yang telah ditentukan. Jika sudah, klik selesai.

8. Blog telah selesai dibuat, klik postingan jika ingin langsung membuat postingan

Kamu akan langsung dihadapkan pada akun Blog milikmu. Ada banyak tools yang tersedia. Kamu bisa mengatur Blog kamu di sini. Selain itu, kamu bisa langsung posting tulisanmu dengan cara klik 'postingan baru'. 

Nanti, kamu bisa mulai menulis. Ada pilihan font, ukuran huruf, dan beraga pilihan penulisan lainnya yang bisa kamu atur sendiri. Kamu juga bisa menambahkan foto agar postinganmu lebih menarik. Untuk pembahasan ini, Pojokata akan jelaskan pada postingan selanjutnya ya. Siap ditunggu!

9. Klik menu tema dan ganti tema sesuai tema yang kamu inginkan

Silakan ganti tema Blog sesuai desain yang kamu mau. Ada beberapa pilihan mulai dari style dan warna. Caranya, klik tema yang mana yang diinginkan, lalu klik terapkan. 

Kamu bisa mengganti tema Blog dengan desain-desain lain yang lebih kekinian. Ada banyak template yang bisa kamu dapatkan di Google.Cara gantinya berbeda dengan cara yang Pojokata bagikan di atas. Untuk lebih jelasnya, baca postingan selanjutnya yang ada di Pojokata ya.


10. Klik lihat blog untuk melihat tampilan blog

Kamu bisa melihat halaman Blog dengan cara klik 'lihat blog' dan secara otomatis kamu akan dihadapkan pada halaman utama blog.

Kamu bisa membuat kolom atau label dengan nama-nama yang kamu butuhkan, misal: Technology, Tutorial, Lowongan Kerja, Beauty, dan lain sebagainya sesuai kebutuhanmu. Kamu bisa lihat referensi pada halaman Pojokata.com. Cara menambahkan labelnya, nanti akan Pojokata jelaskan selanjutnya ya.

Nah, ini tampilan blog yang telah dibuka. 

Cara Membuat Blog untuk Bisnis atau usaha

1. Ikuti langkah 1, 2, dan 3 pada Cara Membuat Blog untuk Pribadi

Coba lihat langkah 1 pada Cara Membuat Blog untuk Pribadi seperti di atas, ikuti langkah-langkah 1, 2, dan 3. Caranya sama persis. Coba scroll ke atas ya sobat Pojokata. Jika sudah selesai mengerjakan langkah 1, 2, dan 3 silakan lanjut ke step kedua di bawah ini.

2. Klik To Manage My Bussiness

Jika sebelumnya untuk akun pribadi kamu klik yang 'for myself', untuk yang bisnis kamu cukup klik 'To manage my business'. Jika sudah, klik next.


3. Ubah Bahasa, isi data bisnis dan klik berikutnya

Sebelum lanjut, ubahlah terlebih dahulu bahasa yang digunakan. Sebelumnya berbahasa Afrika seperti pada lingkaran merah di kiri bawah. Cara mengubahnya, klik saja tulisan Afrika tersebut dan ganti dengan Bahasa Indonesia agar lebih memudahkan kamu ke tahap selanjutnya.

Isi nama depan dan nama belakang bisnismu. Isi juga nama pengguna. Gunakan nama pengguna yang belum digunakan oleh orang lain karena nama pengguna haruslah unik atau tidak memiliki kesamaan antara orang lain.

Jangan lupa, isi sandi (password) dan ulangi sandi pertama tadi. Coba baca sekali lagi apakah sudah sesuai dengan nama dan pasword yang kamu mau. Lalu, klik berikutnya.

4. Isi Nomor Telepon dan alamat email pemulihan serta data kamu lalu klik berikutnya

Isi nomor telepon yang aktif karena nanti pihak Google akan mengirimkan kamu pesan. Jadi, berikan nomor HP kamu yang aktif dan dekatkan denganmu agar lebih memudahkan saat memasukkan kode OTPnya.

Jika sebelumnya kamu memiliki alamat email aktif, silakan isi. Namun, jika tidak punya juga tidak apa-apa. Kosongkan saja. Lalu, isi tanggal lahir kamu, bulan, dan tahunnya juga. Tanggal lahir kamu ya bukan tanggal lahir perusahaan.

Pilih gender sesuai jenis kelamin kamu. Caranya klik saja di bagian gender tersebut dan pilih jenisnya. Jika sudah sesuai dengan data-data milikmu seperti pada kotak hijau, silakan klik berikutnya.

5. Cek Nomor HP dan kirim kode verifikasi dengan cara klik kirim

Verifikasi nomor HP kamu dengan klik kirim. Nantinya, Google akan mengirimkan kode OTP melalui SMS ke nomor kamu. Klik kirim.

6. Tulis kode verifikasi no telepon dengan digit kode yang dikirim lewat SMS

Setelah kamu klik kirim tadi, maka akan muncul sebuah pesan yang dikirimkan oleh Google ke SMS yang ada di HPmu. Masukkan kode verifikasinya di sini. Kode verifikasinya yang ada berhuruf depannya 'G'. Jika sudah, klik verifikasi.

7. Klik 'Ya, saya ikut'

Baca ketentuan seperti pada gambar di bawah ini. Jika kamu mau menambahkan nomor telepon ke akun bisnis untuk dipergunakan di berbagai layanan Google seperti panggilan dan pesan, kamu bisa klik 'Ya, Saya Ikut'.

8. Baca syarat dan ketentuan, lalu klik berikutnya


Baca syarat dan ketentuan yang disampaikan oleh Google, jika sudah sesuai kamu bisa klik berikutnya seperti pada gambar yang diberi lingkaran merah di bawah ini.

9. Klik lanjutkan

Akun Google kamu sudah siap, selanjutnya kamu bisa menambahkan profil. Kamu bisa buat profil bisnis secara gratis dan menampilkan bisnismu kepada konsumen di Google penelusuran maupun maps.


10. Masukkan nama bisnis

Pikirkan nama bisnis apa yang mau kamu gunakan. Jika sudah, masukkan nama bisnismu ke kolom tertera seperti di bawah ini.

11. Tulis nama bisnis dan klik berikutnya

Tuis nama bisnismu dan klik berikutnya.

12. Pilih kategori yang sesuai dengan pilihan kategori yang ada

Ada berbagai pilihan kategori yang telah disediakan oleh Google. Klik saja sesuai bisis kamu, jika ada maka kamu akan diarahkan kepada kata yang sesuai. Namun, jika kategori bisnismu tidak ada di pilihan kategori, silakan pilih kategori bisnis yang sedikit berhubungan dengan kategori bisnismu. Misal, Pojokata buat jasa ketik untuk nama akun Impresi Kata.


13. Pilih ya tau tidak untuk penambahan lokasi, kemudian klik berikutnya

Jika kamu ingin lokasi tokomu terlihat dan ditampilkan di Google Maps dan penelusuran saat pelanggan mencara bisnismu, silakan klik Ya. Namun, jika kamu tidak ingin menggunakannya silakan klik Tidak. Jika sudah, klik berikutnya.

14. Pilih area kamu kemudian klik berikutnya

Pilih area tempat bisnis kamu dikelola. Kamu bisa pilih nama Negara, Kota, Provinsi, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan pilihan area ya sobat Pojokata. Pojokata membuat area Indonesia. Jika sudah, klik selanjutnya.


15. Jika kamu tidak mau isi nomor hp yang ingin diperlihatkan pada pelanggan, kamu bisa mengisi alamat situs, lalu klik selanjutnya

Kamu bisa mengisi nomor telepon kontak yang bisa dihubunig pelanggan nantinya. Nomor ini akan muncul pada keterangan info di Blog bisnismu. Tapi, jika kamu tidak ingin memunculkannya, kamu wajib mengisi alamat situs. Tulis alamat situs kamu, misal: www.pojokata.com atau www.lowongankerjah.com.

Namun, jika kamu tidak punya situs, kamu bisa mengisi kolom nomor Hp atau telepon kontak. Kamu wajib memilih salah satu diantara kedua pilihan agar bisa melanjutkan prosesnya. Jika sudah, klik berikutnya.


16. Isi nomor hp, klik saya tidak butuh situs, lalu klik berikutnya

Jika kamu tidak mau menuliskan situs, silakan klik saya tidak butuh situs. Lalu klik berikutnya.

17. Pilih Ya, lalu klik berikutnya


18. Klik selesai

19. Tulis alamat, lalu klik berikutnya

Tulislah alamat, Kota, Provinsi, dan kode pos tempat tinggalmu. Isi sesuai dengan lokasi tempat tinggal kamu saat ini atau lokasi bisnis maupun perusahaanmu. Jangan sampai salah ya sobat Pojokata biar kodenya sampai sesuai dengan alamat rumahmu dan akun kamu tentunya semakin cepat terverifikasi.

Ini adalah alamat surat untuk memverifikasi akunmu. Jadi, akunmu harus diverifikasi terlebih dahulu agar dianggap sah oleh pihak Google. Google mengirimkan sebuah kode OTP lewat Kantor Pos. 
Nantinya, pihak pos akan mengantarkan kode verifikasi tersebut ke rumahmu dan ketika kamu sudah menemukan kode verifikasinya, nati kode itu akan kamu masukkan ke akunmu dan akhirnya akunmu sah terverifikasi.

Kode verifikasi yang dikirim oleh pihak Google dengan surat lewat kantor pos ke alamat rumah kamu ini adalah gratis. Alias tidak ada nominal yang harus kamu bayar sama sekali. Kamu tidak perlu khawatir ya, karena Google sudah menanggung semua biayanya.

Kamu tidak bayar sama sekali. Jadi, kamu tidak perlu takut untuk verifikasi akun Google atau Blog bisnis milikmu. Google sudah menggratiskan semuanya. Kata Google, kode ini akan sampai sekitar 4 hari ke rumah Pojokata. Namun, jika beberapa minggu belum sampai juga, kamu bisa mengirimkan kodenya kembali.

20. Isi nama penerima surat, lalu klik kirim

Isilah nama kamu di sini karena nantinya kamu yang menerima surat dari Google tersebut. Jadi, isilah nama lengkap kamu atau nama panggilan rumahmu biar pak pos engga salah alamat dan nama.



21. Blog selesai dibuat dan siap digunakan, buka blog kamu dengan search https://business.google.com

Blog bisnis sudah selesai dibuat. Kamu sudah bisa langsung menggunakan Blog kamu. Sudah siap meningkatkan pengunjung dan jumlah penjualan secara signifikan? coba rajin-rajinlag berpromosi di Blog ini biar usahamu semakin berkembang dan bisnismu semakin lancar. Buka di https://business.google.com ya.


22. Verifikasi Blog jika kode verifikasi sudah sampai ke rumah

Jika kode verifikasi sudah sampai ke rumah, buka blog dan pilih tools verifikasi lokasi, lalu masukkan kode, kemudian klik verifikasi

Nah, kembali lagi ke pesan dari kantor pos mengenai pemberian kode OTP untuk verifikasi akun Blog tadi. Jika pesan tersebut sudah sampai ke rumahmu, silakan buka dan lihat kode OTPnya. Taruhla di kolom 'masukkan kode'. Kemudian, klik verifikasi.


23. Tampilan Blog sempurna, silakan posting jualan kamu sepuasnya di Blog

Selesai, Blog bisnismu sudah berhasil dibuat. Mudah banget kan? Ada banyak fitur atau tools yang bisa kamu gunakan untuk memperkenalkan bisnismu ke banyak orang. Buatlah desain, tulisan, gambar, maupun kata-kata semenarik mungkin demi meningkatkan jumlah pengunjung, menaikkan pelanggan secara drastis, dan berbagai manfaat lainnya untuk bisnismu.




Wah, wah. Mudah banget kan cara-caranya? selain itu, Pojokata sudah merangkumnya dengan penjelasan padat biar kamu makin mudah dan cepat paham. Kamu tim mana nih sobat Pojokata? Blog pribadi atau bisnis? Oh iya, apa nih nama Blog kamu? Sampaikan di kolom komentar yuk biar kita sama-sama saling follow dan support! :)

Semoga Cara Membuat Blog Gratis Terbaru untuk Pemula Paling Mudah di atas bermanfaat buat kamu ya. Engga terasa udah selesai aja nih seluruh tahapannya. Gimana nih cara-caranya sobat Pojokata? mudah bukan? Yuk, kembangkan bisnismu dengan Blogger dan raih kesuksesannya! Jangan lupa, berikan kesanmu di kolom komentar ya. 

Ditunggu loh sobat Pojokata! Terima kasih :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Blog Gratis Terbaru untuk Pemula Paling Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel