11 Cara Mengobati Patah Hati dengan Cepat

Patah hati adalah rasa sakit yang dialami saat putus cinta, cinta yang bertepuk sebelah tangan, ataupun karena dikhianati. Patah hati bisa dialami siapa saja, entah itu perempuan atau laki-laki. Rasa sakit yang dialami membuat sebagian orang tidak semangat dan berlarut-larut meratapi kesedihan. Padahal, patah hati bisa disembuhkan dengan cepat asal tahu cara menyembuhkannya. Pojokata akan membagikan 11 Cara Mengobati Patah Hati dengan Cepat.

Sebagian orang beranggapan kalau patah hati sulit sekali disembuhkan, apalagi jika perasaan itu sudah terlalu melekat di hati. Tapi, tahukah kamu jika patah hati bisa diobati dengan cepat? Tentu saja bisa asalkan kamu yakin dan percaya bahwa semuanya bisa diobati dengan cepat.

Jangan berkata tidak mungkin sebelum kamu mencobanya. Jangan berkata tidak bisa kalau kamu sendiri selalu menolak semua cara-cara mengobati patah hati yang akan Pojokata bagikan. Kamu hanya perlu melakukan cara-cara di bawah ini dan yakinlah cara ini berhasil. Yuk, Coba Cara Mengobati Patah Hati dengan Cepat, berikut ini.


11 Cara Mengobati Patah Hati dengan Cepat

Ada 11 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati patah hati. Cara ini dijamin ampuh dan cepat. Apa saja langkah-langkahnya? Yuk, simak kesebelas cara mengobati patah hati dengan cepat di sini:

1. Tenangkan Dirimu Sejenak

Ketika sedang patah hati, seseorang akan merasakan perasaan sedih yang mendalam. Perasaan sedih muncul karena kekecewaan yang hadir di lubuk hati. Merasa tidak menyangka bahwa kisah yang sudah lama dirajut, perasaan yang sudah lama dipendam, maupun penghianatan yang terjadi membuat seseorang tersebut merasa terkejut.

Saat semua hal buruk akibat patah hati tengah kamu alami, ada baiknya langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menenangkan diri. Tenangkan dirimu sejanak. Cari tempat sepi, luapkan tangismu di sana, dan menjeritlah sepuasnya. Keluarkan semua emosi yang tertahan di dirimu. Emosi yang keluar akan membuatmu merasa lega.

Jika tak ada tempat untuk melepaskan semuanya, coba berdiam diri di kamar dalam beberapa saat. Beberapa jam saja sudah cukup. Silakan intropeksi diri atas semua hal yang telah terjadi. Luapkan rasa sedihmu lewat tangis. Cari waktu sepi saat di rumah. Setelah semuanya kamu tumpahkan seharian, lakukan langkah kedua.


2. Dekatkan Diri dengan Tuhan

Manusia tidak bisa terlepas dari keberadaan Tuhan. Di mana pun kamu berada, Tuhan pasti ada bersamamu. Tuhan tidak pernah tidur. Maka, Tuhan tahu rasa sedihmu. Untuk itu, kamu tak boleh sedih berlama-lama. Jangan terlalu larut dalam kesedihan karena hal tersebut tidak baik. Bisa memunculkan dampak negatif bagi kesehatan, mental, dan terutama diri kamu.

Dekatkan diri dengan Tuhan. Jika kamu seorang muslim/muslimah, silakan ambil wudhu dan salat. Jika belum masuk waktu salat, kamu bisa beristighfar dan membaca quran terlebih dahulu sembari menunggu adzan. Perbanyak istighfar dan shalawat jauh lebih baik daripada kamu harus meratapi patah hati berlama-lama. Setelah salat, berdoalah sebanyak-banyaknya.

Berdoalah pada Tuhan dengan memohon ampunan dan meminta disembuhkan atas patah hati yang tengah terjadi pada dirimu. Minta kekuatan agar segera bisa menyembuhkan luka patah hati. Bermohonlah pada-Nya agar kamu bisa melupakannya dengan cepat.

Semoga kesedihan segera berakhir dan kamu diberikan pengganti yang jauh lebih baik. Dekat dengan Tuhan akan membuat perasaanmu lebih lega, tenang, dan diberikan jalan. Asal kamu memintanya dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh. InsyaAllah ia akan memberikan kemudahan.


3. Curhat dengan Seseorang yang Dipercaya

Terkadang menyendiri terlalu lama membuat seseorang berstigma, menyimpulkan sendiri, dan mengambil langkah atas apa yang ada dipikirannya sendiri. Kadang, pikiran positif bisa memunculkan jalan keluar yang baik.

Tapi, ada banyak orang yang tak bisa melakukannya. Perasaan patah hati sering membuatnya kacau dan memunculkan pikiran yang tidak jernih. Di sini lah fungsi seseorang yang dapat dipercaya. Silakan curhat dengan seseorang yang dipercaya.

Orang yang kamu percaya bisa membantumu menemukan jalan keluar. Bisa sama teman, orang tua, kakak, adik, atau orang yang kamu temui di media sosial kamu. Meskipun kamu tidak pernah berjumpa dengannya, kamu bisa coba curhat dengan orang-orang yang kamu kenal meskipun tidak terlalu dekat.

Curhatkan semua perasaan patah hati yang sedang kamu alami. Curhat bisa membuat perasaanmu jauh lebih lega. Perasaan penat itu bisa terbagi. Kamu juga bisa menemukan perasaan lega karena masalah itu tidak dipendam sendiri. Walaupun tidak menemukan solusi di sana, setidaknya rasa ramai tidak memunculkan pikiran-pikiran negatif dari kepalamu sendiri.


4. Ikhlaskan Dia yang Telah Pergi

Mengikhlaskan adalah salah satu cara dalam mengobati patah hati, mengikhlaskan atau merelakan artinya menyerahkan semuanya ke pada Allah SWT. Karena dengan cara ini kita akan banyak belajar dalam menahan segala amarah dan emosi yang sifat nya sesaat tapi berdampak jangka panjang.

Mengikhlaskan atau menyerahkan semuanya kepada Allah juga diajarkan dalam agama untuk menyelesaikan berbagai macam masalah, salah satunya masalah patah hati. Dengan mengikhlaskan sama saja kita menyerahkan masalah sakit pata hati kita kepada Allah.

Percayalah Allah akan mengobati rasa patah hatimu dengan cara terbaik-Nya. Salah satunya mungkin dengan mendatangkan jodoh yang terbaik menurut Allah. Sebab, Allah maha tahu mana yang terbaik untukmu. Percayakan pada-Nya.

Ikhlaskan dia yang telah pergi. Kalau nanti kamu dijauhkan dengan dia yang membuatmu patah hati, artinya doa-doa yang kamu langitkan sedang bekerja. Namun, jika akhirnya kamu malah didekatkan kembali dengannya, artinya dia lah yang terbaik untukmu.


4. Sibukkan Dirimu

Jika rutinitasmu selama ini berhubungan dengannya, seperti chat-an, sms-an, telpon-an, video call, komunikasi, kerja bareng, atau sering jumpa, sekarang saatnya kamu melupakan semuanya dengan menyibukkan diri.

Sibukkan dirimu dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti menulis, membaca, menonton film, dan lain sebagainya. Untuk kondisi patah hati yang rasanya sedang bersedih, kamu bisa membaca dan menonton film dengan genre-genre yang menyenangkan seperti komedi.

Kamu akan terhanyut dalam cerita di film atau buku, seketika kamu akan lupa dengan perasaan patah hati yang sedang dialami. Jika kamu sudah cukup merasa bosan karena telah mengulangi rutinitas atau kesibukan tersebut berkali-kali, silakan coba langkah kelima.

Oh ya, jika saat kamu sedang menyibukkan diri dan kamu masih mengingatnya, biarkan saja perasaan itu muncul. Orang yang baru saja patah hati, tentu masih mengingat tentang hal-hal yang telah membuatnya patah hati. Tapi tenang saja, kamu pasti bisa mengobatinya. Yakinkan dirimu bahwa kamu bisa tanpanya lewat cara-cara yang Pojokata bagikan ini.


5. Dekatkan Dirimu dengan Keramaian

Jangan biarkan kesepian mengambil waktumu. Hindari sendiri dengan berada di keramaian. Dekatkan Dirimu dengan Keramaian. Caranya, ajak teman-temanmu ngumpul, ketemuan, atau melakukan agenda bersama-sama.

Jika teman-temanmu sedang sibuk, ajak keluarga atau orang-orang yang bisa kamu ajak ngumpul. Intinya, ajak ketemu dan lakukan kegiatan yang seru bersama-sama. Kamu bisa meluapkan emosi kesedihan kamu lewat karaoke, main timezone, makan ice cream, coklat, permen, dan makanan manis lainnya. Tak apa, kalau sesekali asal kamu bahagia.


6. Berjalan Keluar Rumah

Kamu merasa gak ada orang yang dapat dipercaya? kamu orang yang lebih senang sendiri daripada ngumpul bersama teman-teman? tenang. Kamu tetap bisa berada di keramaian, kok sobat Pojokata. Kamu masih bisa melakukannya di keramaian meskipun sendiri.

Coba tantang dirimu agar tetap berani di keramaian meskipun sendiri. Anggap ini adalah kesempatan berharga untuk dirimu. "Me Time", ya kamu sesekali butuh waktu sendiri dalam memanjakan dirimu. Kamu bisa ke salon, makan ke kafe, dan jalan-jalan walaupun sendirian.

Kalau kamu tidak ingin menghabiskan uang yang cukup banyak, kamu tetap bisa kok berada di keramaian. Coba keluar rumah, berjalan lah sendirian atau kamu juga bisa naik kendaraan. Berjalanlan ke tengah perempatan, pinggir-pinggir jalan, dan berkeliling.

Lihatlah kondisi sekitar yang ada di sekelilingmu. Lihat bagaimana orang-orang berjuang untuk hidupnya. Perhatikan bagaimana kuatnya mereka melawan keadaan untuk hidupnya. (Maaf) mungkin ada yang sedang berjualan di lampu merah, berjoget dibalik boneka agar orang lain terhibur, berjalan dengan kondisi tubuh yang dilumuri oleh cat silver.

Ada banyak usaha yang orang lain lakukan untuk tetap bertahan. Ada pula yang menyemir sepatu-sepatu orang kantor di depan ruko, ada yang bernyanyi dengan gitar, dan ada pula yang bekerja panas-panasan di bawah terik matahari.

Semua punya usahanya masing-masing. Bagaimana perasaanmu setelah melihatnya? tidak kah kamu tersentuh dengan mereka? lalu, bagaimana denganmu? Kalau kamu punya sedikit rezeki, silakan berikan beberapa uang yang kamu punya kepada mereka.

Kamu akan menemukan perasaan syukur dan jauh lebih menghargai atas apa yang kamu miliki saat ini. Artinya, kepergiannya bukanlah akhir dari segalanya. Kamu berhak bahagia meski tanpanya. Kamu pantas melanjutkan hidupmu sendiri. Sebab, masih banyak hal lain yang lebih pantas kamu pikirkan daripada dia yang telah membuatmu patah hati.


7. Jadikan Patah Hati sebagai Motivasi

Jadikan patah hati sebagai motivasi dengan cara yang cukup keren dan dewasa dalam menyikapinya. Caranya, buat dia terkagum dengan apa yang akan terjadi padamu di masa depan. Walaupun masa depan tidak ada yang tahu, tapi kamu bisa coba untuk merancangnya mulai hari ini.

Perbaiki dirimu, tinggalkan semua yang buruk, dan lakukan hal-hal yang lebih bermanfaat lagi. Motivasi dirimu bahwa setelah tidak dengannya atau setelah berhenti menjalin komunikasi dengannya, kamu bisa menjadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Karena dengan cara ini kita buktikan pada orang yang buat kita patah hati agar menyesal telah melukai hatimu. Beberapa penyebab patah hati mungkin disebabkan oleh perselingkuhan dengan seseorang yang lebih cantik atau tampan maupun kaya. Bisa pula karena ketidakcocokan atau mungkin masalah lainnya. Jadikan hal tersebut sebagai motivasi bahwa kamu bisa jauh lebih baik dari dia.


8. Lakukan Hobimu

Setelah patah hati, energimu banyak terkuras karena telah memikirkannya. Dia tak pantas lagi berlama-lama di pikiranmu. Perlahan-lahan, coba lupakan ingatan tentangnya dengan aktivitas-aktivitas positif. Kamu bisa melakukan hobi yang selama ini kamu lupakan.

Mungkin saat bersamanya, kamu sering tidak punya waktu untuk melakukan hobimu. Tentu, ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikannya. Kamu mestinya bersyukur bahwa akhirnya kamu bisa melakukan aktivitas itu kembali.

Jika kamu senang berolahraga, kamu bisa mulai rutin berolahraga. Jika malas berolahraga, kamu bisa menggantinya dengan senam di rumah. Ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan setelah berolahraga. Selain fisik yang bugar, pikiranmu pun akan semakin jernih dan tenang. 

Kalau hobimu bernyanyi, kamu bisa bernyanyi di rumah sesukanya. Lakukan semua hobimu sampai perasaan senang itu muncul kembali. Lakukan semuanya sesering mungkin sampai tentangnya sudah tak ada lagi diingatanmu. 


9. Jauhi Ponsel dan Media Sosial


10. Buang Barang-barang yang Memiliki Kenangan


11. Coba Buka Hati Kembali

Cara terakhir ini merupakan tahap kesebelas setelah kamu coba mengikhlaskan patah hati. Dengan cara ini kamu bisa mencoba untuk mencari kembali pasangan yang terbaik. Belajarlah dari pengalaman sebelumnya agar kamu tidak patah hati untuk kedua kalinya.

Membuka hati kembali juga merupakan cara paling efektif untuk mengobati patah hati. Setelah bisa move on darinya, buka lah hatimu untuk orang lain. Namun, jangan jadikan orang baru tersebut sebagai pelarianmu saja. Pastikan dulu bahwa hatimu benar-benar sudah lupa darinya. Lakukan cara ini dengan baik sehingga kamu tidak akan mematahkan hati orang lain dengan cara membuat dia sebagai pelarian saja.

    

Setelah melakukan 11 Cara Mengobati Patah Hati dengan Cepat di atas, kamu engga akan merasakan patah hati yang berkepanjangan. Kamu harus yakin bahwa kamu bisa melupakan si dia dengan cara-cara yang Pojokata bagikan. Kalau kamu, gimana cerita kamu sembuh dari patah hati? Bagikan pengalaman kamu mengenai cara mengobati patah hati di kolom komentar yuk! 



Penulis:

Tri Ayu Andani Nasution dan Alpiansyah


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "11 Cara Mengobati Patah Hati dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel