Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Pernyataan Orisinalitas Karya

Sumber: Freepik

Ketika akan mengikuti lomba, penyelenggara lomba sering mewajibkan karya yang dikirimkan harus bersifat orisinal. Tidak ada yang plagiat. Keaslian karya itu pun harus diikuti dengan surat pernyataan yang menunjukkan bahwa karya peserta asli atau orisinal dibuktikan dengan Contoh Surat Pernyataan Orisinalitas Karya.

Ada banyak jenis dan bentuk surat pernyataan orisinalitas atau keaslian karya. Kamu bisa menggunakan yang mana saja, tidak ada batasan. Hal yang paling penting hanya isi surat tersebut. Tidak ada yang baku mengenahi hal ini. Jadi, kamu bebas pilih surat dengan bentuk mana saja.

Tapi, kalau kamu masih kebingungan dengan bentuk Surat Pernyataan Orisinalitas Karya, Pojokata akan membagikan contoh suratnya kepada kamu. Contoh ini bisa jadi referensi buat kamu ketika akan mengikuti lomba dan pihak penyelenggara lomba meminta kamu untuk melampirkan surat tersebut.


Baca juga: Cara Mengetahui Tugas Hasil Contekan dan Copy-Paste File di Microsoft Word


Surat di bawah ini sudah Pojokata buat ketika mengikuti lomba, salah satunya lomba dari Bank Indonesia dan strukturnya Pojokata ikuti dari template yang Bank Indonesia (BI) bagikan. Namun, BI sendiri juga menyatakan kalau peserta bebas membuat surat dengan berbagai bentuk.

Intinya, dalam surat tersebut ada nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor HP, Akun media sosial, judul karya, dan jenis lomba yang diikuti. Selain itu, bubuhkan kota dan tanggal pembuatan surat, serta tanda tangan dan nama peserta lomba. Bagaimana contoh suratnya? Nah, simak di bawah ini.


Contoh Surat Pernyataan Orisinalitas Karya


 Pernyataan Orisinalitas Karya



Yang bertanda tangan di bawah ini :


Nama : .........................................................

Tempat, Tanggal Lahir         : .........................................................

Alamat Lengkap : .........................................................

No. Hp : .........................................................

Akun Media Sosial         : .........................................................

Judul Karya                                         : .........................................................

Jenis Lomba yang Diikuti : .........................................................

Dengan ini menyatakan bahwa tulisan/naskah/karya yang saya sertakan dalam lomba .......... adalah benar-benar hasil karya saya sendiri, bukan jiplakan karya orang lain dan belum pernah diikutsertakan dalam segala bentuk perlombaan serta belum pernah dimuat di media manapun. 

Apabila di kemudian hari ternyata tulisan/naskah/karya saya tidak sesuai dengan pernyataan ini, maka secara otomatis tulisan/naskah/karya saya dianggap gugur. Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya.



                                                                                                                          Medan, 27 November 2020

                                                                                                                          Yang menyatakan,



                                                                                                                      [Nama Peserta Lomba]

   

Semoga Contoh Surat Pernyataan Orisinalitas Karya bisa membantu kamu dalam membuat surat untuk lomba. Kalau kamu ingin file dalam bentuk doc/word, komen di bawah ya sobat Pojokata. Nanti akan Pojokata bagikan. Semoga kamu menang ya dalam lomba yang kamu ikuti. Good Luck!
Tri Ayu @triayunst
Tri Ayu @triayunst Hello, I am writer of the Pojokata site. My name is Tri Ayu (Instagram @triayunst). I am a writer who has produced 6 books such as scholarship books, poetry, and novels. I am also an SEO Writer who has experience in displaying dozens of articles on the main page of the Google search engine. I love photography, videography, product reviews, beauty & lifestyle, cooking, finance, technology, etc. I am also an Content Creator and Blogger with experience in creating content. You can collaborate with me by contacting my Instagram or email triayunst.id@gmail.com. Come on, build partnership and let's be friends with me!

8 komentar untuk "Contoh Surat Pernyataan Orisinalitas Karya"

  1. Terima kasih formatnya kak, cukup membantu sekali apalagi bisa dapat file word-nya. Thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saama-sama sobat Pojokata. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
    2. selamat sore kak boleh minta file wordnya kak untuk surat pernyataan keaslian karya. terimakasih novi.nurinds@gmail.com

      Hapus
  2. Balasan
    1. Silakan kirim alamat email kamu ya. Biar Pojokata kirim via email.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Silakan kirim alamat email kamu ya. Biar Pojokata kirim via email.

      Hapus
  4. kak saya mau filenya dong, email saya m.ilhammaulana441122@gmail.com

    BalasHapus