Stockbit, Platform Investasi Saham yang Recommended

Stockbit, Platform Investasi Saham yang Recommended

Perkembangan dunia digital membuat siapa saja bisa mendapatkan income dengan mudah lewat berbagai cara. Salah satunya melalui investasi saham. Informasi seputar Stockbit, Platform Investasi Saham yang Recommended ini akan membantu Anda dalam berinvestasi saham terutama sebagai pemula.

Yuk, simak penjelasan-penjelasan di bawah ini biar Anda jadi semakin paham dan bisa langsung terjun ke dunia investasi saham hari ini juga!

Alasan Penting Perlunya Investasi

Investasi adalah suatu kegiatan menaruh sejumlah dana dengan harapan bahwa dana yang ditanamkan tersebut mampu menghasilkan keuntungan, bisa berupa uang dalam jumlah yang lebih besar atau berupa peningkatan nilai investasi pada satu periode tertentu di kemudian hari.

Investasi bisa juga dikatakan sebagai sebuah kegiatan berupa penanaman aset atau dana yang bisa dijalankan oleh perorangan maupun suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan agar dapat memperoleh impact yang lebih besar di masa mendatang.

Tujuan investasi yaitu untuk memperoleh keuntungan atau penghasilan yang lebih besar dari dana yang ditanam di kemudian hari. Pada dasarnya, tujuan investasi bukan hanya untuk mendapatkan untung semata, melainkan juga untuk meningkatkan harta kekayaan dan berfungsi untuk melindungi kekayaan atau aset tersebut.

Namun, investasi juga mampu meminimalkan risiko pada saat kondisi keuangan sedang menurun. Sering kita lihat bahwa ada banyak orang yang melakukan investasi dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan tetap, mempertahankan keberlangsungan bisnis, sebagai upaya untuk mengembangkan usaha, hingga untuk tabungan masa depan.

Investasi itu ibarat sebuah perjalanan. Ketika Anda akan pergi ke suatu tempat, misalnya dari rumah menuju pulau nan indah, pasti ada jarak yang akan Anda tempuh untuk dapat ke sana. Anda pasti membutuhkan kendaraan agar bisa menuju ke pulau tersebut. 

Ada berbagai jenis kendaraan yang bisa Anda gunakan, misalnya pesawat, kereta api, mobil, bus, dan lain-lain. Hingga akhirnya, kendaraan tersebut dapat mengantarkan Anda ke tempat tujuan.

Nah, kendaraan yang Anda gunakan ini diibaratkan sebagai jenis investasi. Sedangkan jarak diibaratkan sebagai jangka waktu Anda dalam berinvestasi. Setelah jenis investasi sudah Anda pilih, Anda akan menghabiskan beberapa waktu hingga akhirnya memperoleh keuntungan dari berinvestasi.

Tipe Umum Investasi

Ada beberapa tipe umum investasi, pembahasan secara rinci bisa Anda baca di website Pojokata pada bagian menu finance. Nah, ini tipe-tipenya secara umum.
  1. Deposito
  2. Properti
  3. Emas
  4. Reksadana
  5. Obligasi
  6. Saham
  7. Lainnya (P2P, Crypto, properti)

Alasan Kenapa Harus Investasi Saham Sejak Dini

Ada lima alasan kenapa Anda harus berinvestasi di Saham, diantaranya:
  1. Legalitas
  2. Return dan Risikonya
  3. Jangka waktu
  4. Likuiditas
  5. Keahlian dan Waktunya
Kelima poin di atas akan dibahas lewat artikel selanjutnya. So, pantengin terus website Pojokata ya, Sobat. Nah, ada baiknya coba kita perhatikan penjelasan di bawah ini biar kita makin paham seputar saham.

Coba kita asumsikan jika return tiap tahun sebesar 10%. Misalnya, Andi mulai berinvestasi saham di usia 25 tahun, dimulai dengan Rp. 1 juta per bulan selama 15 tahun. Maka, ia akan berhenti menabung di usia 40 tahun. Coba bandingkan dengan Budi yang mulai berinvestasi saham di usia 35 tahun dengan Rp. 1 juta per bulan selama 25 tahun. Maka, ia akan berhenti menabung di usia 60 tahun.

Jika dilihat perbandingan dari keduanya, maka jelas diketahui bahwa orang yang memulai berinvestasi saham sejak dini maka akan memperoleh uang yang lebih banyak pada saat usianya menginjak 60 tahun.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Budi akan berhenti menabung di usianya yang ke 50 tahun. Hal ini terjadi apabila ia memulai dengan Rp. 2 juta per bulan selama 15 tahun.

Pengertian Saham

Saham adalah sebuah tanda bukti kepemilikan nilai atas suatu perusahaan. Saham ini jadi salah satu instrumen investasi. Pemilik saham juga mempunya hak untuk memperoleh dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya. 

Ada beberapa tujuan ketika menanamkan modal pada perusahaan dan biasanya alasannya berbeda-beda karena menyesuaikan dengan target yang ingin dicapai dari masing-masing orang. Seperti untuk mencari penghasilan jangka panjang, mengembangkan aset, modal pengembangan usaha, hingga untuk menyiapkan dana di masa depan.

Cara menjalankan ivestasi saham yaitu dengan menggunakan paltform yang sudah memperoleh izin dari OJK seperti melalui aplikasi Stockbit. Platform investasi saham Stockbit jadi aplikasi yang recommended dengan berbagai keunggulannya.

Tentang Stockbit

Stockbit adalah sebuah aplikasi investasi saham terpercaya yang diperuntukan untuk Anda yang ingin berdiskusi, melakukan analisis, dan bisa melakukan investasi saham secara bersamaan. Fitur virtual trading yang terdapat dalam aplikasi Stockbit bisa mempermudah Anda untuk belajar dan jual beli saham. Itu artinya, dalam satu aplikasi, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk banyak hal.

Stockbit Cocok Banget untuk Pemula

Aplikasi Stockbit ini cocok banget untuk pemula karena tampilan desainnya memudahkan para pemula yang baru saja ingin memulai investasi saham untuk jual beli saham, belajar, dan berdiskusi apapun di platform tersebut.

Pada fitur awal (Watchlist), terdapat menu "All Watchlist" yang bisa digunakan untuk melihat saham favorit atau mengkategorikan saham yang ingin dipantau. Anda bisa menambahkan saham pilihan Anda agar dapat Anda pantau terus. Caranya, klik "Add Stocks", Anda bisa mencari symbol atau mencari nama perusahaan.

Stockbit, Platform Investasi Saham yang Recommended

Melalui fitur Sector yang ada bisa memudahkan pemula untuk mengetahui saham apa saja yang ada di berbagai sektor teresebut seperti di sektor finance, health, industrial, property, technology, transportasi, dan lain sebagainya.

Stockbit, Platform Investasi Saham yang Recommended


Selanjutnya, ada fitur Stream. Stream merupakan fitur yang bisa digunakan untuk diskusi dan berbagi informasi dengan orang lain. Anda bisa memosting sebuah tulisan dan dibagikan di sana. Anda juga bisa melihat postingan-postingan orang lain, dan berdiskusi di kolom komentar. Kira-kira tampilannya seperti media sosial yang akrab dengan keseharian kita.

Anda bisa membaca berita perkembangan terbaru seputar saham dan hal-hal yang sedang berkembang. Fitur Report menampilkan laporan-laporan keuangan dan pemberitaan tentang laporan saham.

Lalu, terdapat fitur Predictions yang berisi kumpulan pendapat orang-orang yang menuliskan prediksinya seputar saham. Anda bisa memilih setuju atau tidak setuju dengan pendapat orang-orang tersebut, hingga melakukan komen dan like postingan tersebut.

Fitu Polling berguna untuk melakukan polling atau vote lewat forum yang dibuat oleh investor-investor atau bisa dilakukan oleh Anda sendiri. Misalnya, ketika orang lain memperkirakan saham, Anda bisa ikut meramaikan polling dengan memilih salah satu opsi yang ditampilkan. 

Atau ketika Anda ingin melihat seberapa banyak orang yang setuju dengan pendapat Anda seputar saham, Anda bisa melakukan Polling dan mengetahui jumlah orang yang votes di sana.

Selain itu, ada fitu charts yang menampilkan grafik-grafik dari analisa orang lain dan Anda juga bisa ikut update informasi charts di sana. Dan terakhir, ada fitur Insiders. Insiders ini merupakan fitur yang digunakan untuk melihat transaksi yang dilakukan oleh pemegang saham terbesar atau investor terbesar (>5%) di sebuah emiten tiap harinya.

Satu hal menarik lainnya yang bikin para pemula cocok dengan aplikasi Stokbit ini yaitu fitur Stockbit Academy. Melalui Stockbit Academy, Anda bisa belajar investasi saham dari 0 dan kerennya semua ini bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma alias gratis.

Stockbit Academy menyediakan berbagai modul yang berisi video materi seputar investasi saham. Semuanya dikemas dalam berbagai chapter dan disampaikan oleh orang-orang yang sudah ekspert di bidangnya. 

Tentunya, fitur ini bisa memudahkan para pemula yang baru mau memulai investasi saham karena dengan ilmu yang diperoleh di Stockbit Academy ini, semua orang jadi bisa berinvestasi saham.

Stockbit, Platform Investasi Saham yang Recommended

Selain itu, ada fitur Virtual Trading. Di saat Anda akan log in akun asli, Anda bisa mencoba virtual trading terlebih dahulu sebelum Anda melakukan pengisian saldo rekening dana nasabah Anda.

Virtual trading adalah fitur yang bisa Anda gunakan untuk belajar. Ada saldo virtual senilai 100 juta yang bisa Anda gunakan untuk membeli semacam emiten saham yang ada di bursa efek. Tentunya, melalui fitur ini Anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa di saat Anda menggunakan saldo virtual ini.

Anda tidak perlu khawatir jika Anda menemukan kendala saat menggunakan aplikasi Stockbit karena fitur Chat akan membantu Anda dalam menangani masalah tersebut. Jika ada yang belum Anda pahami, misalnya seputar saat mengisi data-data atau ketika akan melakukan log in akun, CS Stockbit akan membantu Anda.

Sebelumnya, saya sudah pernah mencoba chat CS, hebatnya CS nya cepat tanggap dan lekas membalas pesan saya. Alhamdulillah, kebingungan saya mengenai log in sudah teratasi dengan cepat.

Anda bisa menikmati biaya broker kompetitif pada saat berinvestasi dengan Stockbit karena Anda hanye perlu membayar biaya bursa sebesar 0,043% untuk biaya beli dan 0,143% untuk biaya jual dan tidak ada biaya tambahan lainnya.

Pada saat melakukan transaksi jual beli, Stockbit sangat mudah digunakan terutama bagi pemula. Dengan semua fitur-fitur menarik yang bisa diperoleh dan bisa digunakan dengan mudah, tentunya aplikasi ini sangat recommended untuk pemula. Dalam satu aplikasi, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Duh, keren banget ya Sttockbit!


Penulis: Tri Ayu Andani Nasution S.I.Kom (SEO Content Writer & Blogger)

















Berlangganan update artikel terbaru via email:

13 Responses to "Stockbit, Platform Investasi Saham yang Recommended"

  1. Semakin bertambah ya aplikasi untuk investasi saham ini, kerennya Stockbit punya fitur virtual trading, jadi bisa belajar trading dulu sebelum trading beneran :), oiya untuk pembukaan akun saham apakah dibedakan bagi nasabah syariah dan non syariah?

    BalasHapus
  2. baru punya akun aja di stockbit, belum isi saldo RDN nya. pengen analisis pergerakan pasar dulu

    BalasHapus
  3. wah kebetulan banget deh saya juga sedang belajar tentang investasi, baca ini makin semangat belajar investasi dan dapat rekomendasi tentang Stockbit ini

    BalasHapus
  4. ilmu yang sangat bermanfaat banget nih. cocok banget buat aku yang masih belajar tentang investasi.

    BalasHapus
  5. Saya juga pakai Stockbit ini, gampang banget pakainya. Udah gitu banyak fitur yg bisa bantu buat belajar saham lebih dalam lagi

    BalasHapus
  6. Saat ini makin banyak ya aplikasi juga informasi tentang investasi. Mulai dari aplikasi untuk pemula hingga yang udah profesional. Kalau stockbit ini fiturnya juga lumayan lengkap untuk pemula agar tak salah langkah ya

    BalasHapus
  7. bisa dicoba nih untuk yang baru memulai investasi, stockbit menjadi solusi.

    BalasHapus
  8. Woooh, mantul ini kalau stockbit bisa buka rekening. Setahuku cuma buat diskusi emiten aja :D

    BalasHapus
  9. Selama ini baru belajar investasi dalam bentuk deposito saja. Next, ingin belajar investasi dalam bentuk lain seperti reksadana, saham, dan lain-lainnya.
    Dapat pencerahan di sini tentang stockbit yang bisa menjadi tempat aman untuk berinvestasi

    BalasHapus
  10. Wah semakin banyaknya sekarang aplikasi investasi kayak stockbit ini. Dan memang zaman sekarang ini harus melek investasi sih demi masa depan

    BalasHapus
  11. Aku sering tahu tentang stockbit ini. Menarik jg ternyata ya, boleh juga kalo dikepoin kapan-kapan

    BalasHapus
  12. Wah, interface nya kelihatan beginner-friendly! Agak menggiurkan sih yg Stockbit Academy. Ditunggu review perbandingan sama app sejenis kakak!

    BalasHapus
  13. Sebelum berinvestasi ada baiknya kita pastikan dulu alat investasinya itu aman. Diawasi OJK dan SWI.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel