Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Program Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat, Tambah Pengalaman!

 

5 Program Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat, Tambah Pengalaman!

Mumpung masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, enggak ada salahnya menambah pengalaman dengan ikut program pertukaran pelajar. Nah, salah satu negara yang bisa jadi pilihanmu adalah Amerika Serikat.

Yap, negara ini terkenal dengan kualitas pendidikan terbaiknya. Kamu bisa mencoba menimba ilmu selama satu tahun di Amerika, sambil mempelajari budaya dan tradisinya.

Tertarik ikut program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat? Intip program-programnya di artikel ini, yuk!

Program Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

1. Global Undergraduate Exchange Program

Kamu mahasiswa S1 dan ingin ikut pertukaran pelajar ke Amerika Serikat? Global Undergraduate Exchange Program, atau Global UGRAD cocok, nih, buat kamu!

Program ini memungkinkan kamu belajar selama satu semester di Amerika Serikat. Syaratnya, kamu harus sudah menyelesaikan setidaknya satu semester studi di kampus asal dan belum lulus saat memulai program.

Enggak perlu khawatir soal biaya! Segala kebutuhan akan ditanggung, mulai dari biaya kuliah, biaya perjalanan, akomodasi, tunjangan bulanan, tunjangan buku, dan asuransi.

2. Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (KL-YES)

Kalau masih SMA, kamu bisa ikut program KL-YES. Program ini diprakarsai Departemen Luar Negeri Amerika dan menawarkan kesempatan belajar di Amerika selama setahun, lho!

Selama satu tahun, kamu akan tinggal bersama keluarga angkat, sekolah di SMA Amerika, belajar kebudayaan Amerika, dan mengenalkan budaya Indonesia ke masyarakat Amerika.

Soal biaya, program ini mencakup tiket pesawat, akomodasi, dan pengeluaran sehari-hari.

3. Study of the U.S. Institutes (SUSIs) for Student Leaders

Tertarik belajar kepemimpinan di Amerika? Ikut program SUSIs for Student Leaders aja!

Program ini diselenggarakan oleh Bureau of Educational and Cultural Affairs (ECA) Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. 

Program berlangsung selama 3–4 minggu. Kamu akan tinggal bersama keluarga angkat dan mengikuti workshop dan seminar. 

Kamu akan mendapatkan pembelajaran dalam berbagai bidang, seperti kewirausahaan, jurnalisme, demokrasi, kebebasan beragama, pembuatan kebijakan publik, dan kepemimpinan perempuan.

Program mencakup biaya kegiatan, tiket pesawat, visa, dan asuransi kesehatan.

4. Hansen Leadership Institute

Hansen Leadership Institute Summer Exchange digelar selama tiga minggu di University of San Diego, California. 

Melalui program ini, kamu akan belajar tentang kepemimpinan dan cara mengatasi isu-isu besar terkait konflik dunia. 

Kamu juga akan dibawa jalan-jalan ke tempat bersejarah dan ikut acara-acara keren di San Diego, California. Seru banget, kan?

Program mencakup biaya kegiatan, tiket pesawat, akomodasi, dan pengurusan visa.

5. Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI)

YSEALI ditawarkan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk para pemuda dari negara Asia Tenggara mengikuti program pertukaran pelajar, antara lain:

  • Short-term academic exchanges (Academic Fellowship);
  • Professional development exchanges program (Professional Program);
  • Workshop (Regional Workshop).

Program berlangsung selama 5–6 minggu. Kamu akan menjalani sejumlah kegiatan, seperti kuliah di universitas AS, diskusi kelompok, aktivitas interaktif, proyek komunitas, dan presentasi budaya.

YSEALI terbuka untuk pemuda usia 18-35 tahun dari negara-negara Asia Tenggara. Mahasiswa dari tingkatan semester atau bahkan lulusan baru boleh mengikuti program ini.

Program mencakup biaya kegiatan, uang saku, tiket pesawat, akomodasi, asuransi kesehatan, dan visa

Nah, itu dia program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat yang bisa kamu coba untuk menambah pengalaman.

Tertarik study abroad tapi masih bingung mulai dari mana? Kamu bisa mengunjungi laman resmi atau media sosial Kobi Education, lho!

Kobi Education menyediakan program mentoring, kelas IELTS, proofreading, dan berbagai informasi gratis tentang beasiswa luar negeri.

Yuk, raih impianmu belajar di luar negeri dari sekarang!


Tri Ayu @triayunst
Tri Ayu @triayunst Hello, I am writer of the Pojokata site. My name is Tri Ayu (Instagram @triayunst). I am a writer who has produced 6 books such as scholarship books, poetry, and novels. I am also an SEO Writer who has experience in displaying dozens of articles on the main page of the Google search engine. I love photography, videography, product reviews, beauty & lifestyle, cooking, finance, technology, etc. I am also an Content Creator and Blogger with experience in creating content. You can collaborate with me by contacting my Instagram or email triayunst.id@gmail.com. Come on, build partnership and let's be friends with me!

Posting Komentar untuk "5 Program Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat, Tambah Pengalaman!"