Contoh Script Atau Naskah Skenario Vlog



Vlog adalah sebuah gabungan antara blog dengan video sehingga seseorang bisa dengan mudah menjadikan blog miliknya menjadi sebuah vlog dengan cara mengubah isi blog ke dalam bentuk video kemudian hasil video tersebut di publikasikan ke umum seperti misalnya sosial media. Biasanya vlog di upload ke Youtube atau Instagram. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk dibagikan ke bentuk media sosail lainnya.

Video merupakan salah satu jenis media yang paling menarik dan lebih dinikmati banyak orang. Alasannya karena hasil dari karya yang sudah diubah menjadi bentuk video membuat banyak orang bisa melihatnya dengan mudah sehingga dapat langsung dipahami. Ada gerak, gesture, mimik, suara dan berbagai penjelasan lain yang diulas dengan bahasa blog. 

Kita tahu bahwa bahasa blog mudah dipahami karena bahasa yang digunakan lebih kepada bahasa sehari-hari dan dapat dicerna oleh berbagai usia. Materi yang disampaikan dalam vlog juga menarik karena disertai dengan penjelasan dalam bentuk gambar dan kata pendukung bahkan terkadang bisa disertai dengan animasi sehingga pesan akan lebih mudah tersampaikan.

Script atau skenario adalah naskah dari cerita yang menjelaskan berbagai urutan adegan, lokasi, situasi, dan dialog. Beberapa hal ini disusun menjadi struktur yang dramatik. Seorang penulis skenario harus mampu menerjemahkan setiap kalimat dalam naskah yang sudah dibuat menjadi sebuah gambaran imajinasi visual. Artinya, penulis skenario harus bisa membuat cerita yang akan dijadikan film atau video nantinya ke dalam visual yang tepat. Sehingga, dialog yang tercipta akan menghasilkan adegan yang bagus.

Script yang saya contohkan di sini adalah script vlog tentang QRIS atau Quick Respons Indonesia Standard yakni standarisasi pembayaran menggunakan QR Code yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Di sini saya memberi contoh script singkat, cara membuatnya juga cepat. Saya sebagai penulis script dan juga sebagai pemeran utama dari cerita ini sehingga tidak perlu terlalu banyak struktur penulisan sehingga script bisa ditulis dengan cepat dan vlog segera bisa dibuat. Jika ingin menulis script dengan cepat bisa melihat contoh script yang saya buat ini.



Script Vlog QRIS Bank Indonesia

By Tri Ayu Andani Nasution


Judul:
QRIS, Satu QR Code Untuk Semua Pembayaran

VLOG QRIS BANK INDONESIA

Lokasi:
Cafe 1

Hai,
Saya Tri Ayu Andani Nasution.

Dulu, saat kita pesan kopi di café terus mau bayar pakai uang nominal besar. Pasti ceritanya bakal kayak gini.


Maaf kak, uangnya gak ada uang pas aja?“.


Oh, sebentar"
Ada nih kak”


“Terimakasih. Atas nama siapa?”


“Ayu, kak.”


“Ayu, ya. Kak ayu, ini nomor antrian nanti letak di meja aja. Ini struknya. Pesanannya mohon ditunggu. Terimakasih.”

Waduh ribet ya, kalo mau bayar kopi harus pake uang pas.

Ya, itu sih cerita dulu.
Sekarang kita gak perlu repot lagi karena kita sebagai kaum Millenial udah beralih ke aplikasi pembayaran online.

Lokasi:
Cafe 2

Tapi, banyaknya aplikasi pembayaran online seperti GA-PAY, UVO, DONA, CLINK-AJA dan lain-lain membuat kita sering kebingungan. (dubbing)

Contohnya saat kita bayar menggunakan (dubbing)


"Disini bisa pakai GA-PAY, kan, kak?"


Maaf kak, kita disini cuma bisa bayar pakai UVO doang. “.


"waduhhh… saya tidak punya aplikasi uvo. Yauda deh, pakai uang cash aja yah kak".


“boleh.”


“Uangnya pas ini kak yah.”


“Kak ini nanti nomor antrian letak di meja. Untuk pesanannya kita antar. Mohon ditunggu. Terimakasih.”


Kalau kalian sering mengalami hal tersebut, tenanggg gak perlu bingung lagi kok.

karena pada 17 Agustus 2019 lalu, Bank Indonesia sudah meluncurkan QRIS.


Quick Respons Indonesia Standard atau disingkat QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi yang kita lakukan lebih mudah, cepat, dan aman.


QRIS menerima semua aplikasi pembayaran online. Dan untuk para merchant gak perlu lagi menempelkan berbagai macam QR. Karena, satu QR Code bisa digunakan untuk seluruh jenis transaksi.


QRIS datang membawa Tagline UNGGUL yaitu,
UNiversal
GampanG
Untung
Dan
Langsung.

Universal: bersifat inklusif, digunakan untuk seluruh lapisan masyarakat mulai dari pedagang kecil sampai ke penjual yang ada di mall. Baik transaksi di dalam negeri maupun luar negeri.

Gampang: masyarakat bisa bertransaksi dengan mudah dan aman hanya dengan sekali scan QR dari Handphone. Bayar tinggal scan, hidup lebih santai.

Untung: transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang bisa digunakan untuk aplikasi apapun

Langsung: transaksi secara langsung, prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.


Sekarang, kalau kita nongkrong di café ya endingnya pasti gini.


“Pesanan itu aja kak. Uangnya 39rb ya kak.“
(Proses scan)


“Udah ya kak.


Silahkan. Terima Kasih.”


“Iya.”


Bayar tinggal scan, hidup lebih santai.


Jadi, QRIS mulai diberlakukan secara umum di Indonesia pada 1 Januari 2020. Tentunya, kita para millennial menyambut baik akan hadirnya QRIS ini. karena QRIS Unggul: Bayar Tinggal Scan, Hidup Lebih Santai”.


Caption:
Wooi Pake QRIS Lah, Paten Kali Bah!


-Bank Indonesia Ada di Setiap Makna Indonesia-


E N D


Script di atas dibuat dalam waktu 2 jam. Setelah alur cerita rampung dan final, segera saya tuliskan ke dalam script sederhana dan simple ini. Mengingat durasi vlog juga sedikit dan alur cerita juga simple jadi saya menggunakan cara seperti di atas. Contoh script seperti yang saya paparkan bisa dicoba bagi penulis yang harus terburu-buru dan butuh hasil cepat dalam hitungan jam. Mengenai hasil akhir vlog, kembali lagi kepada bagaimana cara penulis menjelaskan pada tim vlog tentang script yang sudah dituliskannya.


Berikut ini hasil video dari script yang sudah dibuat. Video ini sudah di upload di Youtube Chanel Tri Ayu NST dan Instagram @triayunst. Langsung klik saja link vlognya di bawah ini.

Link Youtube
Link di atas bisa dijadikan acuan untuk membuat vlog maupun script yang akan diubah menjadi sebuah karya vlog. Cocok banget buat yang ingin mengikuti lomba vlog dan bingung dengan cara cepat membuat script untuk dijadikan vlog dalam lombanya. Ada pepatah yang mengatakan bahwa jika ingin cepat pandai namun masih pemula, cobalah dengan 3 hal yakni ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Tidak menjiplak namun mengubah ide orang lain dengan hasil baru yang inspiratif. Karena tidak ada ide yang baru, semua adalah hasil dari ide yang sudah ada namun dikembangkan dengan karya-karya inspiratif dan kreatif lainnya. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Script Atau Naskah Skenario Vlog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel