Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah Penyebaran Corona, Mahasiswa KKN Unimal Buat Sabun Cuci Tangan


Pojokata.com - Merebaknya virus corona atau Covid-19 di beberapa wilayah di Indonesia, mendorong mahasiswa KKN Kelompok 28 Universitas Malikussaleh (Unimal) tahun 2020 untuk membuat sabun cuci tangan.

Tim yang beranggotakan empat orang ini bersama Satuan Tugas (SATGAS) Desa Air Genting Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan turut menyukseskan kegiatan CPTS (Cuci Tangan Pakai Sabun) tersebut dengan membuat sabun cuci tangan dan ikut membagikannya kepada masyarakat setempat di Desa Air Genting, Asahan pada Jumat (1/5/2020).

Hal ini tentu sebagai upaya pencegahan virus maupun bakteri yang sudah beredar di masyarakat. Jika tidak dicegah dengan baik maka penyebaran virus bisa semakin berkembang. Biasanya, penyakit dapat menyerang manusia karena malas mencuci tangan. Jika tidak dicegah dengan cuci tangan, maka penyebarannya akan semakin cepat.

Proses pembuatan sabun cuci tangan dilakukan oleh seluruh anggota kelompok diantaranya, Syahnia (Teknik Industri), Putri (Ilmu Komunikasi), Devi (Akuakultur), dan Adit (Agribisnis). Untuk pembuatannya hanya perlu mencampurkan biang sabun cuci tangan dengan air, lalu diaduk hingga rata dan mengental.

Syahnia mengatakan sabun cuci tangan dibagikan ke berbagai tempat. "Kami membagikan sabun cuci tangan ini ke tempat-tempat yang ada di desa seperti, posko Covid-19, kantor desa, puskesmas atau klinik, tempat ibadah, dan sekolah," ungkap Syahnia.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, maka masyarakat sekitar dapat membiasakan cuci tangan secara rutin minimal 30 menit sekali, serta mencuci tangan pada saat masuk atau keluar dari tempat-tempat umum," lanjutnya.

Deassy Siska, S.Si., M.Sc selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) Kelompok 28 KKN semester genap tahun 2020 memberi apresiasi dan menghimbau peserta KKN untuk fokus menganalisis permasalahan serta tetap menjaga etika di lokasi tersebut.

“Melakukan cuci tangan yang baik adalah garis pertahanan pertama dalam melawan penyebaran banyak penyakit," himbaunya.
Tri Ayu @triayunst
Tri Ayu @triayunst Hello, I am writer of the Pojokata site. My name is Tri Ayu (Instagram @triayunst). I am a writer who has produced 6 books such as scholarship books, poetry, and novels. I am also an SEO Writer who has experience in displaying dozens of articles on the main page of the Google search engine. I love photography, videography, product reviews, beauty & lifestyle, cooking, finance, technology, etc. I am also an Content Creator and Blogger with experience in creating content. You can collaborate with me by contacting my Instagram or email triayunst.id@gmail.com. Come on, build partnership and let's be friends with me!

Posting Komentar untuk "Cegah Penyebaran Corona, Mahasiswa KKN Unimal Buat Sabun Cuci Tangan"