Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap dan Contoh T.O.R (Term of Reference) Berita Liputan Jurnalistik



T.O.R (TERM OF REFERENCE)
LIPUTAN GERAKAN 1000 RUPIAH


A. Topik : Gerakan 1000 Rupiah

B. Latar Masalah :

Bulan Ramadhan merupakan momentum mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satunya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Seperti yang sudah diketahui, dimana mahasiswa Ilmu Komunikasi UINSU melakukan penggalangan dana rutin setiap tahunnya di beberapa tempat di kota Medan. Kegiatan itu dinamakan Gerakan Seribu Rupiah.

Gerakan Seribu Rupiah yang dikoordinir langsung oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi ini tiap tahunnya menjadi sorotan lantaran namanya yang unik. Selain itu, mereka biasanya beramai-ramai berjalan di tempat-tempat ramai hingga di simpang 4 jalan menggunakan almamater khas kampusnya berwarna hijau.

Gerakan yang bertujuan mengajak masyarakat bersedekah tetapi juga sebagai wadah membantu orang-orang yang membutuhkan. Gerakan ini mempermudah masyarakat yang ingin bersedekah. Sedekah yang biasanya akan menarik perhatian masyarakat saat Ramadhan tiba.

C. Sudut Berita (Angle) :

Sudut berita yang akan digunakan yaitu tujuan dan respon masyarakat terhadap gerakan seribu rupiah.

D. Pembagian Tulisan/ Cerita/ Story :

Tulisan Dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:

1. Bagian pertama
Difokuskan pada intisari judul berita.

2. Bagian kedua
Difokuskan pada tujuan gerakan seribu rupiah

3. Bagian ketiga
Difokuskan pada data, yaitu respon dari masyarakt mengenai gerakan seribu rupiah.

4. Bagian keempat
Difokuskan pada kapan berakhirnya gerakan seribu rupiah tahun ini.

E. Narasumber :

Narasumber yang akan diwawancarai yaitu:

1. Koordinator Gerakan Seribu Rupiah
2. Ketua HMJ Ilmu Komunikasi

F. Daftar Pertanyaan Wawancara :

Daftar pertanyaan yang ditanyakan kepada narasumber diantaranya:

a. Koordinator Gerakan Seribu Rupiah

1. Apa tujuan gerakan seribu rupiah?
2. Mengapa dilakukan gerakan seribu rupiah ini?
3. Dimana tempat melakukan penggalangan dana gerakan seribu rupiah?
4. Siapa saja pelaku atau orang-orang yang melakukan gerakan seribu rupiah?

b. Ketua HMJ Ilmu Komunikasi
1. Kapan mulai dilakukan gerakan seribu rupiah?
2. Kapan berakhir kegiatan gerakan seribu rupiah?
3. Bagaimana respon masyarakat mengenai gerakan seribu rupiah ini?

G. Observasi Lapangan :

Observasi lapangan digunakan untuk melihat suasana penggalangan dana Gerakan Seribu Rupiah Ilmu Komunikasi UINSU sehingga mendapatkan angle berita yang tepat.

H. Rancangan Gambar/Foto :

Contoh gambar/foto yang akan dimuat pada halaman koran seperti:

1. Kesibukan proses penggalangan dana Gerakan Seribu Rupiah
2. Poto mahasiswa Ilmu Komunikasi saat menggalang dana

I. Tenggat Waktu : Jumat, 25 Mei 2018.




Contoh T.O.R (Term of Reference) Berita Liputan Jurnalistik


HMJ Ilmu Komunikasi UINSU Terus Giatkan Gerakan 1000 Rupiah


Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara giatkan penggalangan dana melalui gerakan 1000 Rupiah. Gerakan ini rutin digiatkan selama bulan Ramadhan setiap tahunnya.

Muhammad Fadli selaku Koordinator Gerakan Seribu Rupiah menuturkan bahwa Gerakan Seribu Rupiah ini bertujuan untuk mengajak masyarakat membantu sesama melalui sedekah.

"Gerakan ini bertujuan menolong orang-orang yang membutuhkan. Selain terjun langsung, kita juga aktif mengajak masyarakat bersedekah lewat sosial media dan juga kita membuka donasi melalui rekening. Jadi, buat yang ingin berdonasi tapi terhalang jarak kita mudahkan dengan sistem transfer ke rekening."

Ia juga menambahkan bahwa penggalangan dana dilakukakan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi di beberapa tempat ramai di kota medan, Jumat (25/5).  "Kita pilih tempat-tempat ramai seperti di Merdeka Walk, Kampus UINSU, Gatot Subroto dan beberapa simpang seperti simpang Glugur, Katamso, dan Iskandar Muda".

Ketua HMJ Ilmu Komunikasi, Dedi Alan Haloho menerangkan bahwa kegiatan yang sudah berlangsung selama tiga tahun setiap bulan Ramadhan ini mendapat respon yang tinggi dari masyarakat. "Alhamdulillah, Gerakan Seribu Rupiah kita ini semakin mendapat respon positif. Selama 4 hari ini dana sudah terkumpul hingga 13 juta".

Ia juga mengatakan bahwa Kegiatan ini akan ditutup dengan konser amal dan pemberian santunan. "Galang dana terakhir kita akan melakukan konser amal di awal bulan Juni dan selanjutnya dana yang sudah terkumpul akan diberikan kepada anak-anak yatim dan kaum duafa," tutupnya.




Penulis : Tri Ayu Andani Nasution
Tri Ayu @triayunst
Tri Ayu @triayunst Hello, I am writer of the Pojokata site. My name is Tri Ayu (Instagram @triayunst). I am a writer who has produced 6 books such as scholarship books, poetry, and novels. I am also an SEO Writer who has experience in displaying dozens of articles on the main page of the Google search engine. I love photography, videography, product reviews, beauty & lifestyle, cooking, finance, technology, etc. I am also an Content Creator and Blogger with experience in creating content. You can collaborate with me by contacting my Instagram or email triayunst.id@gmail.com. Come on, build partnership and let's be friends with me!

Posting Komentar untuk "Penjelasan Lengkap dan Contoh T.O.R (Term of Reference) Berita Liputan Jurnalistik"