5 Langkah Mengatasi Gangguan Psikologis Akibat Pandemi Covid-19


Oleh : Nurhayati
Nama dosen DPL : Samsudin, ST, M.kom

Wabah infeksi virus corona atau Covid-19 semakin lama semakin meluas dan sudah menyebar ke beberapa negara termasuk Indonesia. Bagaimana bisa kita sebagai manusia untuk tidak memikirkan hal itu sehingga imun tubuh kita menurun karenanya.

Virus corona tidak hanya memakan atau mengancam kesehatan fisik saja, melainkan kesehatan mental atau psikologis individu sangat-sangat tertekan sehingga terjadinya gangguan psikologis disetiap individu. Tidak hanya rasa takut, cemas yang berlebihan membuat efek psikologis bisa berdampak fatal.

Oleh sebab itu, penulis memberikan beberapa langkah atau cara yag bisa Anda terapkan dalam mengatasi gangguan psikologis akibat pandemi Covid-19.

1. Perbanyak Mengingat Allah

Seberat apapun musibah yang diberikan Allah kepada umat manusia, hendaknya kita selalu mengingat kepada-Nya. Virus corona ini juga Dia yang menciptakan, Allah menimpakan ujian ini agar kita sebagai manusia disuruh untuk meningkatkan kualitas keimanan kita. Dalam kondisi ini kita berdoa supaya kita selalu tetap dalam lindungan-Nya. Bersyukur atas apa yang diberikan Allah kepada kita. Pastinya akan ada hikmah di balik cobaan ini dan tetaplah selalu memperbanyak mengingat-Nya.

2. Melakukan aktivitas fisik

Banyak kegiatan-kegiatan fisik yang bisa kita lakukan selama dirumah atau di lingkungan sekitar rumah seperti lari-lari kecil, senam aerobik, lompat di tempat, seperti berjemur di bawah sinar matahari pagi dan itu juga meningkatkan daya imun kita yang menurun dikarenakan khawatir akan Covid-19 ini. Dan bisa juga kita melakukan aktivitas rumahan yang membuat keringat kita keluar dan tidak terlalu memikirkan virus corona ini. Dengan kita melakukan aktivitas fisik seperti contoh di atas, tubuh kita akan memproduksi hormon endorphin yaitu dapat meredekan stress yang berlebih, mengurangi rasa khawatir dan lainnya.

3. Membuat rutinitas sendiri

Nah, selama menjalani karantina di rumah, tentunya kita merasa bosan, ingin keluar tapi tidak bisa dikarenakan pemerintah melakukan kebijakan untuk berdiam di rumah sehingga tidak merebaknya virus corona ini. Kita semua mempunyai hobi bukan? Salah satu mengatasi gangguan psikologis dikarenakan pandemi ini yaitu membuat rutinitas sendiri. Seperti memasak, membaca buku, menggambar, melukis, menonton film dan lainnya. Apa saja yang membuat Anda itu merasa tidak dihantui dengan kabarnya virus corona ini, dengan kita selalu melakukan rutinitas apalagi yang kita sukai, pemikiran kita bisa tenang dan tidak merasa khawatir atau cemas yang berlebihan.

4. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Bukan hanya soal psikis saja yang selalu kita jaga, melainkan fisik kita juga tentu. Termasuk salah satunya mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi. Yang dinamakan makan-makanan yang bergizi itu termasuk yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, serat, vitamin, mineral dan nutrisi yang lainnya.

Berbagai nutrisi di atas bisa kita peroleh dari nasi, sereal. buah-buahan, makanan laut, kacang-kacangan, daging, sayuran dan susu. Tidak hanya menjaga kesehatan tubuh saja, melainkan dengan kita selalu makan-makanan yang bergizi, asupan nutriis tersebut juga dapat menjaga kesehatan mental kita.

5. Bijaklah dalam mencari informasi

Pemerintah juga menyarankan kita untuk bersikap selektif dalam memilah dan mencari informasi terkait Covid-19 ini. Dikarenakan, bagi masyarakat yang tidak semua tahu bahwasanya informasi yang didapat itu benar nyatanya akan berdampak bagi mereka. Untuk itu, batasilah waktu kita untuk menonton, mendengar informasi terkait pandemi ini baik dari televisi, media cetak maupun media sosial lainnya, untuk dapat mengurangi kecemasan. Walaupun begitu, jangan menutup diri sepenuhnya terkait informasi yang penting. Bijaklah dalam memilih informasi hanya dari sumber-sumber yang terpercaya.


*Penulis merupakan mahasiswi program studi Bimbingan Penyuluhan Islam yang sedang melaksanakan KKN DR UIN-SU, Kelompok 87

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Langkah Mengatasi Gangguan Psikologis Akibat Pandemi Covid-19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel