Review Serum Scarlett Skin Smoothing Retinol, Bikin Kulit Halus dan Bebas Kerutan

Konten [Tampil]

 

Serum Scarlett Skin Smoothing Retinol

Setelah nyobain dua serum dari Scarlett yaitu Brightly Ever After Serum dan Glowthening Serum, aku penasaran lagi untuk Cobain Skin Smoothing Retinol Serum. Setelah pakai lebih kurang dua minggu, aku mau bagikan pengalamanku lewat Review Serum Scarlett Skin Smoothing Retinol.

Ada empat jenis serum Scarlett yang pernah aku coba, diantaranya:

  • Scarlett Brightly Ever After Serum
  • Scarlett Glowthening Serum
  • Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum
  • Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Belakangan ini, serum dengan kandungan retinol sangat familiar dibicarakan oleh dokter kecantikan hingga masyarakat umum lantaran manfaatnya yang bagus untuk kulit. Tak heran jika ada banyak orang yang mulai menggunakannya.

Nah, ini juga jadi alas an utama aku untuk cobain retinol. Aku pengen tahu gimana reaksi retinol ke wajahku. Terutama, saat beberapa bulan sebelumnya aku males banget skincare-an. Hal ini bikin kulitku mulai berjerawat dan bruntusan sedikit. Sudah mulai rutin pakai skincare tapi masih yang bolong-bolong gitu. Hari ini rajin, besok males. Alhasil, wajah masih belum semulus dulu. Masih butuh proses karena efek males yang kemarin.

Engga mau pakai retinol? Siap-siap deh sama beberapa resiko yang akan kulit kamu alami, yaitu bruntusan secara terus-menerus, tua sebelum waktunya seperti keriput, gradakan atau kasar saat disentuh, kulit berasa tebal dan engga fresh, dan mulai muncul flek-flek.

Nah, kalau kamu tidak ingin masalah-masalah kulit tersebut muncul, mulai lah gunakan retinol 3 kali dalam seminggu di malam hari. Kemudian, lanjutkan dengan penggunaan pelembap agar mencegah terjadinya efek iritasi di kulit kamu. Jadi, jangan takut untuk memulai pakai retinol mulai usia 20 tahun ya.

Apakah kulit sensitive boleh pakai retinol? Boleh dong! Nah, sebelum mengkategorikan kulit kamu ke dalam kulit sensitif, kamu harus tahu dulu nih tipe-tipe kulit sensitif itu seperti apa. Ada beberapa tipenya yaitu kulit yang gampang merah, perih, gatal, dan mudah bruntusan kecil-kecil.

Penggunaan serum dengan bahan retinol tidak boleh asal-asalan. Kalau kamu ingin menggunakan retinol, pastikan kamu sudah memperbaiki hidrasi dari kulit sensitif ya. Biasakan gunakan pelembap yang tipe emolien secara rutin di pagi dan malam hari. Kalau kamu sudah tidak ada gejala kulit sensitif ini, boleh nih kamu memulai pakai retinol.

Mulai gunakan retinol dari 2 kali dulu ya dalam seminggu. Kemudian, setelah menggunakan retinol, gunakan pelembap yang tipe emolien tadi. Jadi pelembapnya engga boleh dilepas ya. Kalau kulit kamu aman, boleh naikin frekuensinya bertahap. Tapi, kalau muncul gejala sensitive lagi, kamu harus kurangi frekuensinya ya.

 

Kontroversi dan Fakta Soal Retinol

Kontroversi dan Fakta Soal Retinol

Terjadi perdebatan di kalangan masyarakat soal retinol. Dilansir dari akun TikTok official dr. Kamila Jaidi, berikut beberapa kontroversi dan fakta perihal retinol.

  1. Penggunaan retinol dimulai di usia 20 tahun (X)

Faktanya tidak ada batasan usia dalam penggunaan retinol. Batasan usia 20 tahun ditetapkan karena mayoritas menggunakan retinol sebagai anti aging karena memang penurunan dari kolagen mulai dari usia 20 tahun. Tapi, jika kasus kamu bukan anti aging seperti bruntusan dan jerawat, kamu bisa mulai dari usia kapan pun.

  1. Retinol tidak boleh digunakan oleh ibu hamil (X)

Faktanya belum ada pembuktian secara ilmiah retinol cream atau serum berbahaya untuk janin. Menurut dr. Kamila Jaidi, yang mutlak berbahaya adalah retinoic acid minum. Namun, atas asas kehati-hatian, sebaiknya hindari turunan dari vitamin a saat hamil.

  1. Retinol tidak boleh untuk busui (X)

Faktanya tidak ada bukti atau penelitian ilmiah yang menyebut retinol bisa masuk ke asi. Jadi, mayoritas bilang boleh.

 

Informasi Produk

Nama              : Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Isi                    : 15 ml

Harga             : Rp75.000

Keterangan    : Sudah BPOM

 

Packaging Produk

Produk Scarlett memang mudah dikenali ya. Kemasannya punya ciri khas dengan logo hitam Scarlett dengan bunga dan dedaunan. Selalu ada perpaduan warna putih dan pemilihan warna yang enak dilihat.

Kemasan retinol serum ini dibungkus dengan kotak dan botol dengan perpaduan warna tosca dan putih. Di sebelahnya ada tata cara penggunaan, saran penyimpanan, barcode untuk cek keaslian produk, dan kode produksi, beserta ingredients utama produknya.

Pada bagian belakang kemasan terdapat ingrediens secara keseluruhan, barcode dan kode BPOM, beserta tempat produksi. Di bagian dalam kemasan, terdapat kotak pelapis. Botolnya masih sama dengan serum-serum sebelumnya yaitu dengan tutup dengan konsep pipet tetes yang memudahkan kita saat mengambil isinya. Memudahkan banget! Bikin skincare-an jadi lebih simpel dan cepat.

Kemasannya terkadang sulit untuk dibuka karena kemasannya pas banget gitu atau mungkin karena plastik lapisan botol serumnya. Tapi, tenang saja. Hal ini lah yang bikin botol Scarlett tetap aman meski dibawa dalam keadaan terguncang sekali pun. Plastik pembungkus botol cukup melindunginya, bikin engga takut kalau harus dibawa travelling.

Overall, packagingnya dibalut dengan tampilan yang cute dan warna yang bikin kita ngeliatnya tuh seneng. Pemilihan warnanya juga bikin skincare ini kelihatan fresh. Pengguna Scarlett pasti tahu banget kalau Scarlett emang engga pernah gagal dalam membuat packaging yang menarik.

 

Ingredients Produk

review serum retinol scarlett

Serum ini punya kandungan utama berupa Retinol, Pomegranate Extract, Hexapeptide-8, Allantoin, dan Vitamin C. Nah, berikut manfaat dari setiap key ingredientsnya:

Retinol

Manfaat kandungan Retinol untuk membantu menyamarkan garis-garis halus, meningkatkan proses regenerasi kulit, dan membantu meningkatkan produksi kolagen serta elastin.

Hexapeptide-8

Punya banyak manfaat yaitu membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, menghidrasi kulit, menenangkan iritasi pada kulit, serta meningkatkan produksi natural Hyaluronic dan kolagen.

Pomegranate Extract

Bermanfaat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, mencegah penyebab pertumbuhan bakteri jerawat dan lainnya.

Vitamin C

Membantu mengurangi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit, mencegah penurunan produksi kolagen, mencegah efek buruk Radikal bebas dan lainnya.

Allantoin

Punya banyak manfaat yaitu membantu mempercepat proses penyembuhan luka, menghaluslan tekstur kulit dan menghaluskan kulit.

 

Isi, Tekstur, dan Aroma Produk

Isi

Punya size 15 ml. Kalau dipakai dengan konsisten, 1 botol serum ini bisa tahan hingga 2 bulan. Lumayan hemat juga ya,

 

Tekstur

Serum ini punya tekstur cair tapi yang lumayan kental dengan warna putih susu, Teksturnya lumayan ringan, pas diaplikasikan ke wajah engga bikin sensasi lengket gitu. Berbeda dengan Niacinamide 5% Beta Glucan Serum, Serum ini punya tekstur yang sedikit lebih kental daripada Niacinamide Beta Glucan Serum.

 

Aroma

Produk ini punya aroma yang tidak menyengat sama sekali dan bisa dibilang cenderung netral. Aku yakin sih banyak yang cocok dengan aromanya. Saat menghidup aromanya, agak bingung mendefinisikannya, tapi menurutku agak ada aroma bunga atau dedaunan gitu.

Menurutku juga engga menghasilkan aroma sejenis parfum. Hal ini cukup menandakan bahwa produk ini engga punya kandungan parfum yang terkadang bisa menimbulkan reaksi lain dan akhirnya tidak cocok digunakan untuk beberapa jenis kulit sensitif. Kalau aku bilang, produk ini sesuai dengan klaimnya yaitu cocok untuk kulit sensitif.

 

Manfaat Serum Retinol Scarlett

Serum ini punya banyak manmfaat untuk kulit. Tidak heran kalau ada banyak orang yang ketagihan pakai retinol. Ada pun beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh setelah menggunakan serum retinol ini sebagai berikut:

Retinol

  1. Mencegah tanda-tanda penuaan dan menyamarkan garis-garis halus yang telah muncul
  2. Meningkatkan proses regenerasi kulit sehingga sel kulit mati terangkat dan kulit terlihat lebih cerah serta halus
  3. Membantu menyamarkan tampilan pon-porbesar
  4. Membantu meningkatkan produksi Kolagen dan elastin sehingga kulit terasa lebih kenyal

 

Hexapeptide-8

  1. Membantu meremajakan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan keriput
  2. Membantu meningkatkan hidrasi kulit
  3. Membantu menenangkan iritasi pada kulit
  4. Membantu meningkatkan produksi natural hyaluronic acid dan kolagen pada kulit

 

Allantoin

  1. Membantu menghidrasi kulit
  2. Mempercepat penyembuhan luka
  3. Menghaluskan tekstur kulit
  4. Pomegranate Extract Kaya akan Vitamin C sebagai antioksidan sehingga mampu mencegah kerusakan kulit akibat efek negatif radikal bebas dan paparan sinar matahari
  5. Mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit
  6. Meningkatkan proses regenerasi kulit sehingga kulit nampak lebih halus dan cerah
  7. Berfungsi sebagai anti-bacterial yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat

 

Vit C

  1. Membantu mengurangi hiperpigmentasi sehingga dapat mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam
  2. Mencegah penurunan produksi kolagen sehingga dapat mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan
  3. Vitamin C sebagai antioksidan mampu mencegah efek buruk radikal bebas pada kulit

 

Cara Pemakaian

Review Serum Scarlett Skin Smoothing Retinol

Penggunaannya sama seperti pemakaian serum pada umumnya. Jadi, kalau kamu sudah biasa menggunakan serum, pasti paham cara pakai serum ini. Tapi, ada satu yang membedakannya yaitu setelah pakai ini, kamu wajib banget untuk apply sunscreen di pagi hari secara rutin.

Awali dengan membersihkan wajah dengan pembersih wajah. Bebas mau yang jenis apa, bisa face wash, micellar water, mau pun toner. Alangkah lebih baik dengan double cleansing biar kotor atau debu yang menempel di wajah benar-benar hempas.

Kemudian, aplikasikan 2 hingga 3 tetes serum ke permukaaan wajah secara merata biar kandungan serum scarlett niacinamide ini bisa cepat menyerap ke lapisan kulit terdalam. Kamu juga bisa barengi dengan menepuk-nepuk wajahmu secara lembut dan melakukan pijatan-pijatan secara perlahan, biar kulitmu bisa jauh lebih tenang.

Ada pun cara pakai serum retinol sesuai urutan sebagai berikut:

  1. Gunakan serum hanya pada malam hari saja dengan cara meneteskan 2-3 tetes serum pada telapak tangan.
  2. Oleskan secara perlahan dan merata ke seluruh kulit wajah.
  3. Tunggu 1-3 menit hingga produk meresap sepenuhnya.

Retinol dulu atau pelembap dulu? Yang mana nih yang benar? Tergantung dari teksturnya ya Sobat Pojokata. Kalau tekstur retinol kamu seperti Scarlett ini, maka yang harus kamu gunakan adalah serum terlebih dahulu. Lalu, gunakan pelembap.

Urutan penggunaan skincare yaitu gunakan dari tekstur yang paling cair hingga yang paling kental. Kalau terbalik, nanti yang cairnya tidak bisa meresap karena yang kental sudah menutup pori kamu duluan. Agar hasilnya maksimal, ikuti step by stepnya dengan benar ya.

Serum ini tidak diperuntukkan untuk ibu hamil dan menyusui ya Sobat Pojokata. Selain itu, disarankan juga untuk tidak menggunakan serum retinol secara bersamaan saat memakai rangkaian skincare acne lainnya.

 

Hasil Pemakaian

Serum Scarlett Retinol

Setelah menggunakan Serum Scarlett Skin Smoothing Retinol secara rutin di malam hari selama 3 kali dalam seminggu, hasilnya sangat baik ke kulit wajahku. Kulit wajahku terasa lebih lembap, bekas jerawat di kening pipi, dan dagu mulai pudar, tekstur wajah jadi lebih halus, dan bikin wajah jadi lebih cerah. Efek jangka panjangnya bisa menghilangkan kerutan di wajah. Tapi sejauh ini belum kelihatan karena masih dipakai dalam hitungan hari saja.

Alhamdulillah, engga ada reaksi gatal atau rasa panas setelah menggunakan serum ini. Selama diaplikasikan juga engga ada efek negative ke kulitku. Sejauh ini cocok-cocok aja. Bahkan, aku merasa kulitku jauh lebih baik dari sebelumnya.

Setelah 2 minggu pemakaian, aku belum merasakan perubahan yang signifikan. Aku suka produk yang menghasilkan efek engga yang langsung cepat dan instan dalam hitungan hari gitu.

Nah, hasil pemakaian serum ini makin hari makin terasa, lumayan butuh proses beberapa minggu mungkin ya karena baru pakai dua minggu saja, sudah mulai bikin kulit wajahku jauh lebih baik. Selama tidak menimbulkan reaksi negatif ke kulitku, aku akan terus pakai produk Scarlett ini karena seperti skincare Scarlett sebelum-sebelumnya, aku pakai terus.

Nah, aku pakai 2 serum Scarlett secara bersamaan, di pagi hari aku pakai Niacinamide Beta Glucan dan malamnya pakai Retinol Serum. Keduanya saling melengkapi. Jadi, aku saranin kalau kalian pakai serum retinol ini, pakai juga niacinamidenya. Aku juga engga lupa pakai sunscreen dan night cream. Mungkin ini yang bikin hasilnya jadi lebih maksimal ya.

Kesimpulannya, produk ini benar-benar bekerja dengan sangat baik di kulit wajahku. Rasanya wajah jadi lebih lembap, kenyal, cerah, dan lebih halus juga. Tentunya setelah digunakan secara konsisten ya Sobat Pojokata.

Buat kalian yang masih takut-takut untuk pakai retinol wajib banget baca semua penjelasan di atas ya biar tahu cara penggunaan retinol yang tepat. Kalau sudah tepat dan cocok, inshaAllah hasilnya juga memuaskan. Yuk, pakai serumnya juga. Jangan lupa beli di OfficialOnline Store Scarlett ya Sobat Pojokata biar kamu dapat produk-produk yang terjamin keasliannya.

Sebenarnya tidak masalah untuk beli di distributornya karena kamu juga bisa mengecek keaslian produk yang kamu terima di link yang sudah disediakan Scarlett. Bisa cek di sini ya. Biar kamu terhindar dari produk palsu!

Yuk, miliki kulit halus dan bebas kerutan dari penuaan dini dengan Serum Scarlett Skin Smoothing Retinol. Aku udah coba dan ngerasain langsung manfaatnya. Kamu sudah coba belum? Sharing-sharing di kolom komentar ya.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Responses to "Review Serum Scarlett Skin Smoothing Retinol, Bikin Kulit Halus dan Bebas Kerutan"

  1. Berarti saya juga kudu pakai Scarlett yang mengandung retinol, biar kulit wajah agak mulusan dikit lah. Nggak malu-maluin saat kondangan wkwkwk

    BalasHapus
  2. retinol nih lagi booming banget. dan scarlett inovasinya cepet juga ya dari awal lotion sampe sekarang bikin produk face care. belum pernah cobain serumnya sih tapi kayaknya menarik ya

    BalasHapus
  3. Rupanya Retinol punya manfaat yang begitu signifikan ya Kak dalam meremajakan kulit. Apalagi dari hasil yang Kakak lakukan benar-benar terlihat perbedaannya.

    Mungkin bisa untuk Ibu Teddy di rumah hehe. Terima Kasih Kak.

    BalasHapus
  4. Keren nih referensi nya.. Kalau kulit saya bukan termasuk kulit sensitif, tapi lebih ke kering dan mudah bergaris

    Saya rasa penggunaan retinol akan bantu masalah kulit saya.

    BalasHapus
  5. Wah ini varian baru scarlett ya? Kandungannya bagus-bagus tapi belum pernah coba serum dari scarlet nih

    BalasHapus
  6. Aku udah Pakai kedua serum ini Kak, emang hasilnya cocok di muka aku yang sensitif. Aku sekarang nggak ragu lagi Buat nyobain produk Scarlett. Emang sesuai sama klaimnya kok.

    BalasHapus
  7. Aku belum cobain nih. Katanya elang retinol itu oke banget ya buat haluson wajah asal pakenya juga konsisten

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel