Belajar Bahasa Arab Daring: Bagaimana Membiasakannya selama Quarantine?

Oleh : Ulfa Aini

Selama pandemi, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk berdiam di rumah demi mengurangi penyebaran virus Covid-19. Alhasil, sejak bulan Maret hingga saat ini, kita semua melakukan social distancing atau diam di rumah dan tidak melakukan banyak hal di luar rumah kecuali untuk bekerja atau hal-hal penting lainnya. 

Menghabiskan banyak waktu di rumah tentu terasa sepi dan membosankan. Untuk menghilangkan rasa jenuh, orang-orang mulai mencari kesibukan atau hobi baru yang bisa diasah di rumah. Ada yang mulai belajar memasak, berkebun, membuat kue, dan sebagainya. Nah, salah satu hal bermanfaat yang bisa kita coba selama quarantine adalah belajar bahasa asing secara daring, misalnya bahasa Arab.

Belajar bahasa asing adalah investasi yang sangat bermanfaat, lho! Kamu akan mampu bersaing di era globalisasi, modal untuk melamar pekerjaan, melanjutkan pendidikan, atau membantu kamu saat jalan-jalan ke luar negeri nanti.

Tapi, belajar bahasa asing selama quarantine bisa jadi sulit karena kamu punya banyak distraksi saat di rumah. Bagaimana cara supaya kamu terbiasa dalam belajar bahasa Arab secara daring selama quarantine? Yuk, simak artikelnya berikut ini.

Niat dengan tulus

            Niat merupakan langkah awal dari segala hal yang kita lakukan, begitu juga bagi yang ingin belajar bahasa Arab. Melakukan apapun dengan niat yang tulus akan membuat kita lebih mudah dan ikhlas dalam menjalankannya. Niat yang tulus juga akan membantu kamu dalam mencapai tujuan yang telah ditargetkan.

Buat jadwal belajar

            Supaya kamu selalu ingat untuk belajar dan tidak terlewat, lebih baik untuk membuat jadwal belajar per harinya. Misalnya, menetapkan untuk belajar selama dua jam dalam satu hari mulai dari jam 2 siang hingga 4 sore. Sesuaikan dengan jadwal sehari-hari, misalnya untuk bekerja atau kuliah, agar rutinitas tetap tidak akan terganggu. Dengan begini, kamu akan terdorong untuk belajar setiap harinya karena telah menentukan waktu dan jadwal belajar sebelumnya.

Tentukan target belajar harian

            Berapa banyak kosakata yang ingin kamu hafal setiap harinya? Apa saja yang ingin kamu capai dalam proses belajar bahasa Arab? Tentukan target belajar harian dalam belajar bahasa Arab supaya kamu lebih mudah dalam mencapai tujuan akhir. Misalnya, hari ini kamu menargetkan untuk hafal 30 kata bahasa Arab, lalu target belajar untuk keesokan harinya adalah belajar percakapan, dan seterusnya. Dengan menentukan target, kamu akan punya pencapaian setiap harinya.  

Ikut kelas online

            Sebelum adanya pandemi, akan lebih mudah untuk belajar bahasa Arab dengan guru. Namun, karena saat ini sedang tidak bisa keluar rumah, kamu bisa mencoba belajar bahasa Arab dengan mengikuti kelas online yang informasinya mudah ditemukan di internet. Beberapa lembaga bahkan menawarkan program belajar bahasa Arab gratis atau tanpa dipungut biaya. Atau kamu juga bisa mengunduh aplikasi belajar bahasa yang saat ini sudah banyak jenisnya. Tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. 

Gunakan berbagai sumber

            Untungnya, zaman sekarang teknologi sudah semakin canggih. Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai panduan dalam belajar bahasa Arab di Youtube. Belajar bahasa Arab dari video memudahkan kamu dalam pelafalan atau percakapan sehari-hari. Kamu juga jadi lebih mudah mengetahui letak kesalahan kamu selama belajar. Selain nonton video Youtube, kamu juga bisa belajar dari mendengarkan lagu atau menonton film yang bisa menjadi sumber belajar bahasa Arab selain kamus dan internet.

            Mempelajari bahasa asing membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Belajar pun tidak akan memakan waktu yang sebentar. Maka dari itu, gunakan waktu luang yang banyak selama pandemi ini untuk mencoba belajar bahasa Arab secara daring melalui berbagai sumber yang mudah ditemui di internet. Semangat belajar, ya!

*Penulis merupakan mahasiswi program studi Pendidikan Bahasa Arab yang sedang melaksanakan KKN DR UIN-SU

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Belajar Bahasa Arab Daring: Bagaimana Membiasakannya selama Quarantine?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel