Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LPM FISIP USU Berikan Pelatihan Strategi Pemasaran Bagi Pedagang Pasar Bengkel


Pojokata - Serdang Bedagai. Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatra Utara (USU) yang dipimpin Arief Marizki Purba, S.E, S.Sos., M.Si dan anggota Adil Arifin, S.Sos, MA melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Berdagai, Sumatra Utara, Selasa (11/8/2020).

Hal ini merupakan bentuk dari kepedulian LPM FISIP USU terhadap masyarakat desa Bengkel yang terkena dampak dari pembangunan ruas jalan tol yang mengakibatkan penurunan pendapatan masyarakat dalam berdagang dodol. Sebab, lebih dari 50 persen kios pedagang gulung tikar.

Oleh karena itu, Arief sebagai ketua pelaksana penelitian mengungkapkan, pengabdian kali ini mengusung tema pelatihan strategi komunikasi pemasaran sebagai upaya untuk meningkatkan pangsa pasar khususnya dodol di daerah pasar  Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai.

”Dari masalah ini terlihat bahwa matinya pasar Bengkel karena mereka terlalu bergantung kepada pangsa pasar pengendara jalan. Kemudian mereka tidak mampu berinovasi mengikuti perkembangan sehingga produk dodol mereka begitu saja," ungkapnya.

Pada kesempatan kali ini LPM FISIP USU hadir ke desa Bengkel untuk memberikan pelatihan agar pedagang mampu mengembangkan usahanya dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang lebih relevan dan menarik minat pengunjung untuk membeli dagangan khas desa Bengkel.

Adanya pengabdian kepada masyarakat dari LPM FISIP USU ini, seluruh pedagang dodol di pasar Bengkel termotivasi dalam membangkitkan dan menggerakkan usaha dodol yang selama ini agak tenggelam terhadap dampak pembangunan ruas jalan tol yang mengakibatkan sepi pembeli.

“Mayarakat desa Bengkel sangat antusias dan merasa sangat bersyukur dengan datangnya LPM USU ke desa kami, hal ini dikarenakan masyarakat mendapatkan ilmu tambahan serta pemahaman baru dan menjadi lebih termotivasi untuk melakukan inovasi dalam menjajalkan dagangannya, ujar Ahmad Almaseh. 

Selain itu, ia berharap, ilmu yang didapat akan bermanfaat bagi masyarakat desa bengkel dalam mengemas strategi pemasaran.

"Semoga ilmu yang diberikan dapat berguna dan bermanfaat bagi pedagang masyarakat desa Bengkel guna mengembangkan dan berinovsi untuk lebih kreatif dalam mengemas strategi pemasaran penjualan dodol kedepannya," harapnya. (*)


Editor : Nanda Tanjung


Tri Ayu @triayunst
Tri Ayu @triayunst Hello, I am writer of the Pojokata site. My name is Tri Ayu (Instagram @triayunst). I am a writer who has produced 6 books such as scholarship books, poetry, and novels. I am also an SEO Writer who has experience in displaying dozens of articles on the main page of the Google search engine. I love photography, videography, product reviews, beauty & lifestyle, cooking, finance, technology, etc. I am also an Content Creator and Blogger with experience in creating content. You can collaborate with me by contacting my Instagram or email triayunst.id@gmail.com. Come on, build partnership and let's be friends with me!

Posting Komentar untuk "LPM FISIP USU Berikan Pelatihan Strategi Pemasaran Bagi Pedagang Pasar Bengkel"