Tetap Produktif Bekerja meski Ada Kamu


Oleh : Fitri Nurkhaliza

Semenjak kehadiran si corona berbagai macam aspek kehidupan ikut terkena imbasnya. Salah satunya dalam konteks berkegiatan. Berbagai macam aturan protokol kesehatan harus dipatuhi masyarakat demi menekan laju penyebaran virus ini. Mau tidak mau kehadiran si corona telah merubah kebiasaan hidup orang banyak. Sebut saja work from home namanya. Sesuai dengan sebutannya Work From Home atau yang biasa disingkat dengan WFH diartikan sebagai bekerja dari rumah. Baik Work From Home maupun School From Home kedua-duanya sama-sama menerapkan sistem berkegiatan di rumah. Hampir setengan bulan lebih virus ini sudah mewabah tidak kenal lelah mengunjungi berbagai negara termasuk Indonesia. Sehingga tidak heran corona menjadi trending topik yang paling banyak dibicarakan di media sosial manapun.

Dalam kurun waktu beberapa terakhir ini kegiatan Work From Home menjadi booming. Meskipun begitu nyatanya masih ada segelintir orang yang tidak betah di rumah. Terlebih lagi bagi tipe orang yang biasanya aktif berkegiatan di luar tentu hal ini menjadi hal yang sangat membosankan jika terus-terusan mendekam di rumah. Bisa dibilang Work from Home (WFH) membawa sejumlah tantangan bagi orang-orang yang tidak terbiasa berkegiatan di rumah. Memang tidak ada yang mudah bekerja di rumah untuk orang-orang yang belum terbiasa ini namun meskipun begitu kita harus mencoba beradaptasi dan membiasakan diri bekerja dari rumah. Tidak ada yang tahu pasti kapan wabah ini pulang kampung. Teruntuk kamu yang masih belum betah bekerja di rumah, tidak ada salahnya mencoba beberapa cara atau tips untuk kamu agak tetap produktif selama bekerja dari rumah.

1.      Ciptakan Ruang Kerja Yang Membuat Nyaman

Memiliki ruang kerja yang baik dan membuat nyaman akan mempengaruhi kefokusan kita bekerja. Ruangan kerja yang baik akan membuat konsentrasi kita terjaga. Sebaliknya, ruangan kerja yang buruk akan membuat konsentrasi berkurang. Bekerja dari rumah bukan berarti terlepas dari tugas-tugas kantor maupun tugas-tugas sekolah. Maka dari itu untuk membuat mood atau suasana hati kita dalam keadaan baik. Sebisa mungkin cipatakan ruangan yang membuat kamu senyaman mungkin.

Lalu pilihlah lampu yang terang karena kualitas lampu akan mempengaruhi kenyamanan kamu. Jangan sampai pemilihan lampu yang salah membuat mata sakit hingga menyebabkan penyakit mata. Kemudian hindari juga bekerja dari kasur karena untuk orang yang tidak terbiasa kerja di kasur bisa menyebabkan mata lebih cepat mengantuk. Pengecualian teruntuk orang-orang yang sudah terbiasa bekerja di  kasur. Sebagai contoh penulis. Sebagian penulis ada yang bekerja di atas kasur agar dapat menemukan ide-ide tulisannya. Untuk lebih membuat nyaman lagi kita bisa menggunakan meja dan kursi. Jadi dengan begitu produktivitas kita pun semakin meningkat ketika ruangan tempat kita bekerja berhasil membuat kita betah dan nyaman bekerja di rumah.

2.      Persipakan Alat Komunikasi Sebelum Bekerja

Keberhasilan orang bekerja dari rumah tidak terlepas dari alat komunikasi yang dimiliki. Apalagi berhubungan dengan banyak orang dengan jarak jauh begini tidak mungkin dapat berkomonikasi dengan mudah tanpa adanya alat komunikasi yang mendukung. Jadi sebisa mungkin persiapkan alat komunikasi yang dibutuhkan sebelum melakukan kerja dari rumah ataupun belajar dari rumah. Pastikan juga baterai smartphone maupun laptop terisi, jangan sampai ketika saatnya bekerja maupun belajar baru menyadari baterai smartphone habis. Nah, kalau sudah begini pasti pusing tujuh keliling.

3.      Persiapkan Paket Internet Maupun Software Sebaik Mungkin

Selain menciptakan ruangan kerja yang senyaman mungkin, ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan yakni ketersediaan paket internet dan software yang dipakai untuk kegiatan WFH. Bisa dibilang paket internet merupakan kebutuhan yang paling banyak orang butuhkan saat ini semenjak semunya serba online. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terhambatnya mengakses internet ataupun putus jaringan ketika video conference maka harus dipersiakpkan lebih awal ketersediaan paket internet. Tentunya untuk memperlancar akses internet tanpa harus loading pilihlah paket internet yang besar kuotanya dan tentunya pastikan juga paket internet tersebut ada sinyalnya di rumah.

Begitu juga dengan software, selain persediaan paket internet yang harus disediakan ada satu hal yang tidak kalah pentingnya dengan paket internet yakni software. Sebisa mungkin jauh-jauh hari dipersiapkan software yang akan digunakan untuk bekerja dari rumah. Jangan sampai disitu waktunya meeting online disitu juga baru mendownload software.

Karena sesuatu yang dikerjakan buru-buru dan tidak dipersiapkan dari awal akan mengakibatkan tidak terwujudnya rencana yang diharapkan. Selain itu membuat kita menjadi tidak displin karena terlambat bergabung di kegiatan meeting online. Kabar buruknya lagi jangan sampai loh ketidaksiplinan kita membuat kesan buruk di mata orang lain.

4.      Mencatat Daftar Tugas-tugas

Meskipun semua pekerjaan dikerjakan dari rumah, bukan berarti kita dapat bersantai-santai. Konon lagi semua pekerjaan dikerjakan dari rumah yang sudah pasti banyak godaannya. Mulai dari acara televisi yang terkadang menggoda hati untuk dinyalakan. Belum lagi empuknya kasur yang seakan-akan memanggil diri untuk tidur. Nah, agar godaan itu tidak menyerang ada baiknya kita mencatat daftar tugas-tugas yang harus kita kerjakan. Bekerja dari rumah bukan berarti harus bersantai-santai, tentunya banyak tugas dengan deadline-nya masing-masing. Agar tugas itu tidak ada satu pun yang terlewatkan, kita harus mencatat sedetail mungkin daftar tugas-tugas yang akan kita kerjakan.

5.      Batasi Diri Dalam Menggunakan Social Media

Hari gini sudah tidak diragukan lagi orang mempunyai Sosmed alias Social Media. Terlebih lagi kondisi sekarang ini membuat orang banyak menghabiskan waktunya untuk sekadar bermain sosmed. Memang bekerja dari rumah maupun belajar dari rumah tidak terlepas dari sosmed. Meskipun begitu jangan sampai berlebihan. Jangan sampai terlalu betah bermain sosmed sampai lupa mengerjakan tugas bahkan lupa jadwal meeting. Jadi agar itu semua tidak terjadi, tidak ada salahnya membuat schedule per- hari agar bisa memprioritaskan mana kegiatan yang penting untuk dilakukan.

6.      Mengikuti Seminar Online Maupun Perlombaan Online

Saat ini banyak kita temukan komunitas-komunitas yang menyelenggarakan seminar online dengan berbagai macam pembahasan yang tentunya bermanfaat. Dan kabarnya seminar online ini banyak yang gratis. Begitu juga dengan perlombaan online banyak dibuat orang-orang semata-mata untuk membuat orang tetap produktif meski di rumah saja. Jadi jangan kelewatan kesempatan yang berharga ini karena kesempatan tidak akan datang dua kali.

Mudah-mudahan ke-enam tips ini mengispirasi kita semua ya agar tetap selalu produktif di mana pun kita berada. Ingat, berkarya itu tidak kenal lelah. Jadi di mana pun berkerja tetap semangat yah.

*Penulis merupakan mahasiswi program studi BKI yang sedang melaksanakan KKN DR UIN-SU, Kelompok 42

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tetap Produktif Bekerja meski Ada Kamu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel