Cara Termudah Buat Twibbon dari Handphone untuk Pemula



Twibbon biasanya digunakan untuk meramaikan media sosial karena beberapa agenda. Beberapa kegiatan yang menggunakan Twibbon diantaranya saat akan masuk sekolah (PPDB) baik itu SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MAN. Twibbon juga digunakan saat akan ada acara volunteer, kegiatan kampus, kegiatan keagamaan seperti maulid nabi, isra' mi'raj, hari-hari besar seperti twibbon hari kemerdekaan, sumpah pemuda, hari guru, hari pahlawan, hari kartini, dan hari besar lainnya.

Biasanya mahasiswa juga ikut serta meramaikan dengan share Twibbon ke media sosialnya. Bukan hanya itu, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua pun juga ikut meramaikan kegiatan besar atau acara penting yang akan dilaksanakan dengan pemasangan Twibbon. Namun, kesulitan sering kali menghampiri, bisa jadi karena belum pernah membuatnya.

Kamu tidak perlu khawatir karena merasa tidak bisa untuk membuat Twibbon, karena cara-cara membuat twibbon akan Pojokata jelaskan lewat cara-cara mudah berikut ini. Sehingga, semua kalangan tak terbatas usia bisa membuat Twibbon sesuai keinginannya. Pojokata menjelaskan dengan sangat detail, rinci, dan lengkap. Kamu akan dengan sangat mudah memahami dan tentunya dijamin bisa langsung membuat Twibbon!

Di sini, kita hanya perlu menggunakan 2 aplikasi yaitu Canva dan PictsArt. Kamu tak perlu bingung jika merasa langkah-langkahnya terlalu panjang, kamu cukup melihat judul pada angka yang ada di langkah-langkahnya saja. Penjelasan detail bisa kamu baca jika merasa belum paham dengan cara membuatnya. Pojokata jamin deh kamu langsung bisa bikinnya!

Gimana? Penasaran kan? Yuk langsung simak langkah-langkah di bawah ini.


Cara Termudah Buat Twibbon dari Handphone untuk Pemula:


1. Unduh Aplikasi Canva

Langkah pertama, unduh aplikasi Canva di Playstore. Jika kamu sudah memiliki aplikasi Canva, kamu bisa langsung ke tahap yang kedua ya, Sobat Pojokata.


2. Buka Aplikasi Canva


Langkah kedua, setelah Canva sudah kamu unduh di HPmu maka kamu bisa langsung membuka aplikasi Canva yang ada di Handphonemu. Maka akan muncul tampilan seperti ini.


3. Klik Kiriman Instagram


Langkah kedua, langsung klik saja "Kiriman Instagram". Jika kamu belum menemukannya, di sana ada banyak pilihan desain seperti,  "Kiriman Instagram, Logo, Cerita Instagram, Poster, Media Sosial Animasi, Kisah Anda, Poster Virus Corona, Video, Banner Blog, Kiriman Instagram Penjualan, Logo Game, dan lain-lain". Kamu pilih yang "Kiriman Instagram" di Canva. Jika sudah, maka tampilan akan terlihat seperti ini.


4. Pilih Gambar yang Diinginkan


Ada banyak pilihan desain yang ditawarkan mulai dari kotak kecil disertai foto, lingkaran disertai desain-desain lucu, dan lain sebagainya. Kamu bisa pilih desain sesuai kebutuhan dan selera kamu. Namun, jika kamu belum memikirkan desain apa yang akan kamu pilih, kamu bisa mengikuti sesuai dengan desain yang akan Pojokata buat. Pojokata memilih Kiriman Instagram yang ini, "Wake Up and Make Up". Langsung klik saja desain tersebut.


5. Edit Warna Desain yang Disediakan


Ketika pertama kali membuka desain tersebut, kamu akan dihadapkan pada tampilan awal dengan pilihan warna. Kalau warna desain sudah sesuai dengan yang kamu mau, kamu bisa langsung lanjut ke langkah yang keenam. Namun, jika belum sesuai maka kamu bisa mengikuti langkah yang kelima ini.


Kamu bisa mengganti warna tersebut dengan warna yang diinginkan. Cara mengganti warnanya yaitu dengan klik warna bawaan "bawaan" (tanda panah nomor 1) sesuai pilihan warna yang ada di bawah, namun jika kamu tidak cocok dengan warna-warna yang dipilihkan oleh Canva, kamu bisa klik tanda tambah (tanda panah nomor 2).


Pilih warna yang kamu inginkan dengan menarik lingkaran kecil berwarna putih ini, kemudian tarik ke arah warna yang kamu mau. Kalau Pojokata memilih untuk menggantinya dengan warna biru langit sesuai warna dari ciri khas Pojokata yakni biru. Kalau sudah, klik tanda ceklis.

Warna akan langsung terganti dengan warna yang kamu mau.


6. Edit Tulisan

Tulisan apa yang ingin kamu buat? Kamu bebas menuliskan apa saja yang ingin kamu tulis sesuai kebutuhanmu.

Misalnya,

1. PPDB 2020 SMA POJOKATA MEDAN SAYA SIAP!

2.  Saya Siap Mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional

3. I'M PROUD TO BE PART OF ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS POJOKATA MEDAN

Masih bingung? kalau kamu masih bingung ingin menuliskan apa di Twibbon, kamu bisa baca cara menentukan nama di Twibbon dan referensi nama Twibbon berikut ini. Biar Twibbon yang kamu buat semakin bagus dan menarik.


Di sini, Pojokata akan buat dengan tulisan, "I'M READY FOR A BETTER OF POJOKATA". Caranya seperti ini.


- Hapus tulisan "Wake Up and Make Up" dengan klik tulisan tersebut dan hapus. Jika semua huruf sudah dihapus, klik tanda ceklis. Seperti ini tampilannya.




- Tulis "I'M READY FOR A BETTER OF POJOKATA". Caranya, klik tanda tambah, pilih teks. Tambahkan teks Anda. Masukkan teks yang kamu mau. Klik tanda ceklis.




- Ganti jenis huruf dan ukuran huruf sesuai keinginanmu. Caranya, lihat bagian bawah desain, ada tersedia font seperti "Open Sansa", ukuran font dengan angka 38, dan lain sebagainya. Ada pilihan wrana huruf, rata kanan-kiri huruf, Bold, Italic, dan lain sebagainya. Aturlah sesuai keinginanmu. Pojokata memilih jenis huruf, "Granaina" dan "Brusher Cyrillic". Kamu juga bisa berikan hashtag jika dibutuhkan. Klik tanda ceklis. Maka jenis huruf akan langsung berganti.


- Atur sesuai arah yang kamu mau


7. Simpan Desain



Desain telah selesai dibuat. Kemudian, simpan desain dengan cara klik tanda simpan lalu pilih simpan dalam format PNG atau JPG. Jika kamu ingin kualitas yang sangat baik, pilihlah PNG. Namun, jika Canvamu tidak mendukung format PNG atau belum Canva versi Pro, maka kamu bisa menyimpannya dengan format JPG. Format JPG juga sudah baik kualitasnya. Kamu tidak perlu khawatir karena takut kualitas gambar tidaklah baik. Di sini Pojokata menyimpan dengan format JPG. Klik unduh.


File selesai disimpan di Canva


8. Unduh dan Buka Aplikasi PictsArt


Jika kamu belum memiliki aplikasi PictsArt, silakan unduh aplikasinya terlebih dahulu. Lalu, buka aplikasi PictsArt yang ada di Handphonemu. 


Klik tanda tambah seperti pada lingkaran di bawah ini.


9. Pilih gambar yang sudah kamu desain & simpan dari Canva tadi

10. Pilih Icon / Tanda Gambar


Setelah muncul, tampilan seperti di atas, geser ikon-ikon yang ada di bawah gambar. Geser terus ke arah kanan hingga terlihat icon / tanda gmbar. Kemudian, klik gambar



11. Klik Lapisan

Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini, langsung klik lapisan

Klik lapisan pada no 1 kemudian klik tanda tambah pada nomor 2


12. Pilih Lapisan Kosong


Tampilannya akan menjadi seperti ini


13. Tarik Lapisan Kosong yang Paling Atas ke Paling Bawah (Di Bawah Gambar Biru)


Setelah lapisan kosong hitam ditarik ke bawah lapisan berwarna biru, tampilannya akan seperti gambar di atas.


14. Klik Icon / Tanda Tools Berikut Ini (Lingkaran Merah) 


15. Pilih Bentuk Garis yang Kamu Mau dan Pilih Isi


16. Klik Lapisan Tengah (Lingkaran Merah) Kemudian Arahkan Pointer ke Tengah Lingkaran dan Tarik Sampai Membentuk Lingkaran Hitam


Tampilannya akan menjadi seperti ini


17. Klik Lapisan Tengah (Lingkaran Merah) dan klik Xor


Kemudian klik Xor (Mulai dari angka 1 lalu klik angka 2 pada lingkaran merah)


18. Klik Ceklis dan Save


Setelah diceklis, terakhir save gambar Twibbon


Twibbon telah selesai dibuat. Begini hasil desain Twibbonnya.


Baca juga Tutorial Lengkap dan Mudah Memasukkan Foto ke Dalam Lingkaran Twibbon

Langkah-langkah di atas terlihat panjang, namun jika kamu mencobanya ini terlihat sangat mudah. Tujuan dijelaskan secara detail agar kamu yang benar-benar pemula bisa membuat Twibbon dengan simple. Wah, mudah banget kan? 

Wah, sudah jadi nih Twibbonnya. Lalu, cara masukkan foto ke dalam lingkaran Twibbonnya gimana ya? wah wah gak perlu khawatir kok, baca tutorialnya di sini ya!  8 Langkah Memasang Foto Twibbon dari Handphone

Selamat Mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Termudah Buat Twibbon dari Handphone untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel