Cara Mudah Membuat Gambar Avatar Kartun dari Facebook yang Lagi Viral

 


Belakangan ini, dunia maya sosial media Facebook sedang mengalami tren terbaru yaitu mengganti ava atau profil facebook dengan gambar/foto ilustrasi kartun lucu. Gambar tersebut ternyata bukan hanya viral di sosial media Facebook, namun juga merambah ke WhatsApp dan Instagram. Facebook menyebut bahwa itu adalah cara baru untuk menjadi diri sendiri di Facebook sehingga kamu diajak untuk mempersonalisasikan avatar kamu dengan gaya rambut, pakaian, dan lainnya. Gambar yang dibuat bisa berbentuk laki-laki maupun perempuan. Kamu bisa memilih bentuk wajah, jenggot/brewok, rambut, hidung, mata, bahkan kamu bisa membuat style berpakaian sesukamu. Kamu juga bisa membuatnya memakai hijab, loh. Tak hanya itu, kartun yang sudah dibuat nantinya bisa kamu ubah menjadi stiker lucu yang bisa digunakan untuk membalas pesan di Facebookmu. Eits, tunggu dulu.

Ada satu lagi nih yang paling menarik dari fitur ini, kamu bisa mengubah wajah kartun sesuai umur kamu. Eh, emang bisa? Bisa, dong! Facebook gitu, loh! hehe. Gimana caranya tuh? Caranya gampang banget! kamu cuma butuh waktu satu menit untuk membuat gambar kartun lucu ini sesuai yang kamu inginkan. Ingat, cuma satu menit doang! Cepat banget kan, mimin aja heran hehe. Jadi, mau itu anak-anak, anak remaja, anak muda, anak millenials, orang dewasa, ibu-ibu, bapak-bapak bahkan orang tua pun juga bisa buatnya, kok. Jangan khawatir, karena Facebook menyediakan pilihan wajah dengan berbagai kerutan. Ada yang kerutannya sedikit, banyak agar terlihat lebih tua atau bahkan tidak ingin membuat kerutan di wajah sehingga nampak lebih muda. Keren banget kan? Kamu bisa membuatnya hanya dari Handphone/Smartphone kamu.

Kalau buat gambar kartun lewat laptop atau PC bisa gak? Hemmm, setelah Pojokata telusuri nih, sobat. Ternyata, tidak bisa karena Pojokata tidak melihat adanya fitur avatar dari beranda Facebook Pojokata. Sehingga, langsung saja Pojokata membuatnya dari Handphone/smartphone yang Pojokata punya. Tak perlu khawatir jika merasa kamu pemula dalam menggunakan Handphone/Smartphone karena Pojokata akan memberikan ulasan lengkap cara membuatnya. Sehingga kamu yang pemula bahkan baru pertama kali menggunakan Handphone/Smartphone juga bisa membuatnya. Tahukah kamu bahwa semua orang bisa membuat gambar kartun tersebut? Jika sudah belum tahu maka kamu bisa membaca langkah-langkah berikut ini.


Langkah-langkah membuat avatar gambar kartun di Facebook:

1. Unduh Aplikasi Facebook dari Handphone/Smartphone kamu

Jika kamu belum mempunyai aplikasi Facebook, kamu unduh aplikasi tersebut di playstore yang ada di Handphone/Smartphone kamu terlebih dahulu. Jika kamu sudah mempunyai aplikasi Facebook di Handphone/Smartphone, maka kamu tidak perlu mengunduhnya lagi.


2. Buka Aplikasi Facebook yang ada di Handphone/Smartphone kamu


Buka aplikasi Facebook, maka akan muncul home/beranda Facebook sebagai tampilan awal ketika Facebookmu terbuka.


3. Pilih tanda/icon garis 3 di sebelah kanan atas



                                

Setelah beranda muncul, maka kamu pilih tanda/icon garis 3 di sebelah kanan atas yang ada di bawah tanda/icon messenger Facebook. Klik  tanda/icon garis 3 tersebut.


4. Pilih tanda/icon Avatar


Setelah itu, akan muncul beberapa tanda/icon seperti "teman, marketplace, grup, acara, video di Watch, tersimpan, dan lain sebagainya". Jika kamu melihat tanda/icon Avatar, maka kamu bisa langsung klik bagian tersebut. Namun, jika kamu tidak melihatnya, maka kamu bisa memilih tanda/icon lainnya yang berada di bawah. Lalu, akan muncul banyak pilihan, pilih yang tanda/icon Avatar. Langsung saja, klik tanda/icon tersebut.


5. Klik selanjutnya




Kamu akan melihat tampilan loading, tunggu saja sampai gambar keluarga kartun seperti ini muncul. Pada gambar tersebut, ada 6 orang berdiri berdempetan dengan rangkulan yang menunjukkan rupa dari berbagai usia. Terlihat kerutan di wajah, yang secara tidak langsung menggambarkan bahwa itu adalah keluarga inti yang terdiri dari ayah, ibu, dan kedua anak laki-laki serta ketiga anak perempuannya. Hal ini sangat jelas menggambarkan bahwa fitur pada aplikasi Facebook ini bisa digunakan untuk menggambarkan sebuah keluarga dimulai dari usia orang tua dan anak-anak. Kembali pada taha kelima. Langsung saja, klik selanjutnya.


6. Pilih warna kulit kamu untuk memulai

Pilihlah warna kulit pilihanmu. Adapun warna kulit yang disediakan yakni mulai dari warna gelap hingga terang. Warna kulit kecokelatan pekat, cokelat, kuning langsat, hingga putih. Disediakan banyak tone warna kulit di sini. Dari kulit umum orang-orang Asia, Eropa, hingga kulit Afrika. Sehingga kamu tak perlu bingung karena kamu bisa memilih sesuai tone warna kulitmu. Jika sudah menemukannya, klik gambar yang menunjukkan warna kulitmu pada gambar yang telah disediakan. Lalu kamu akan diarahkan pada tanda/icon yang ada di sebelahnya.


7. Pilih gaya rambutmu

Setelah menentukan warna kulit, kamu akan dihadapkan pada beragam gaya rambut. Ada 3 pilihan yang disediakan yakni pendek, sedang, dan panjang. Kamu bisa memilih gaya mana yang menggambarkan diri kamu. Untuk laki-laki, kamu bisa memilih salah satu dari berbagai gaya rambut seperti botak, mohak, gondrong, gaya rambut ala-ala artis hingga pemain bola. Untuk perempuan, kamu bisa memilih gaya rambut seperti pendek, ikal, lurus atau keriting, bergelombang, rambut cepol, ikat dua, kepang/tocang, pendek, panjang, ikat samping, sanggul hingga beragam pilihan menarik seperti gaya rambut ala-ala artis Korea, nih. Hehehe

Disediakan banyak gaya rambut di sini. Dari gaya umum rambut orang-orang Indonesia hingga Korea. Sehingga kamu tak perlu bingung karena kamu bisa memilih sesuai gaya rambutmu. Jika sudah menemukannya, klik gambar yang menunjukkan gaya rambutmu pada gambar yang telah disediakan lalu klik selesai. Lalu kamu akan diarahkan pada tanda/icon yang ada di sebelahnya.


Ini pilihan-pilihan gaya rambutnya:






                                       

8. Pilih warna rambutmu

Kamu diberi pilihan berbagai warna rambut. Mulai dari hitam pekat, pirang, cokelat, oranye, hijau, putih, hingga warna-warni lainnya. Pilihlah salah satu warna yang paling menggambarkan dirimu. Jika sudah menemukannya, klik gambar yang menunjukkan warna rambutmu pada gambar yang telah disediakan lalu klik selesai. Lalu kamu akan diarahkan pada tanda/icon yang ada di sebelahnya.


9. Pilih Bentuk Wajah


Ada banyak pilihan bentuk wajah yang telah disediakan. Kamu bebas memilih bentuk mana saja yang sesuai dengan dirimu. Mulai dari bentuk wajah oval, lonjong, bulat, segitiga, bentuk dagu lancip, dan lain sebagainya. Pilihlah satu dari banyak pilihan tersebut. kemudian, klik gambar yang menunjukkan bentuk wajahmu pada gambar yang telah disediakan lalu klik selesai. Lalu kamu akan diarahkan pada tanda/icon yang ada di sebelahnya.


10. Pilih garis wajahmu

Garis-garis wajah yang disediakan ada berbagai macam. Mulai dari anak muda yang tidak memiliki kerutan dan kantung mata hingga wajah dengan kerutan di sekitar jidat, pipi dan dagu. Ada pula pilihan tahi lalat yang berada di dagu, pipi, kening, hingga area wajah lainnya. Kamu bisa menyesuaikan wajahmu dengan pilihan yang tersedia. Jika sudah menemukannya, klik gambar yang menunjukkan garis wajahmu pada gambar yang telah disediakan lalu klik selesai. Lalu kamu akan diarahkan pada tanda/icon yang ada di sebelahnya.


11. Pilih bentuk matamu, warna, make up, alis, warna alis, kacamata, warna kacamata, bentuk hidung dan mulut serta warna bibir

















Ada banyak pilihan dengan bentuk dan gaya yang sesuai dengan dirimu. Geserlah terus tanda/icon yang telah disediakan hingga ke kanan dengan cara-cara yang sama seperti di atas. Kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam bentuk mata dimulai dari sipit, belok/besar, hingga mata yang kecil. Selain itu ada berbagai macam pilihan warna mata, make up, alis, warna alis, kacamata, warna kacamata, bentuk hidung dan mulut serta warna bibir. Bahkan, kamu juga bisa bermake-up dengan pilihan warna yang telah disediakan. Jika sudah menemukannya, klik gambar yang menunjukkan gaya pilihanmu pada gambar yang telah disediakan lalu klik selesai. Lalu kamu akan diarahkan pada tanda/icon yang ada di sebelahnya.


12. Pilih rambut wajah dan warnanya

                                    

Jika kamu memiliki rambut wajah seperti kumis, jenggot, bewok, dan lain sebagainya, kamu bisa memilih salah satu dari gambar yang telah disediakan tersebut. Namun, jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa skip gambar tersebut. Jangan memilih satu gambar pun. Tapi, jika sudah terlajur terpilik/klik, kamu bisa klik gambar tersebut sekali lagi hingga tanda kotaknya sudah hilang. Itu artinya, kamu tidak memilih satu gambar pun dari gaya rambut wajah maupun warna yang telah disediakan. Jika sudah, lalu klik selesai. Kemudian, kamu akan diarahkan pada tanda/icon yang ada di sebelahnya.


13. Pilih bentuk tubuh, pakaian, riasan kepala, warna riasan kepala, dan aksesoris

                                        

                                        

                                            

                                            

                                            

                                            

Ada banyak pilihan bentuk tubuh seperti berlekuk atau tidak. Riasan kepala juga begitu, ada banyak pilihan seperti memakai hijab, turban, sorban, dan lain sebagainya. Kamu juga bebas memilih pakaian mana yang layak kamu kenakan seperti pakaian terbuka maupun pakaian tertutup. Ada pula pilihan aksesoris seperti anting-anting, tanda titik, dan lain sebagainya. Pilihlah gambar yang paling menggambarkan dirimu. Jika sudah lalu klik selesai, maka gambar kartun yang sudah kamu susun hampir selesai.


14. Klik atau pilih tanda/icon selesai

Jika kamu merasa gambar kartun dan gaya yang kamu pilih sudah sesuai dengan dirimu atau sesuai dengan harapanmu maka kamu bisa klik atau pilih tanda/icon selesai. Artinya, kamu akan bersiap melihat hasil kartun buatanmu.


15. Ini adalah Avatar kamu

Ini adalah avatar kamu. Ini adalah cara baru untuk menjadi diri sendiri di Facebook dan Messenger milikmu. Tunggu proses loading selesai dan kamu bisa menggunakannya sekarang.

Lihat, gambar ilustrasi kartun yang sudah kamu buat menjadi bentuk stiker juga. Wah, keren banget kan? Kamu bisa membagikan avatar sebagai stiker. Sehingga, kamu bisa menggunakannya di mana pun dan bahkan kamu bisa menambahkannya sebagai pelengkap komentarmu. Lucu banget ya?


Bagikan gambar kartun ke kabar beranda atau kamu bisa melewatinya. 




Kamu bisa mencobanya berkali-kali dengan langka-langkah yang sama seperti langkah satu di awal ya!


Wah seru banget ya... Gimana nih hasil gambar kartun dari Facebook buatan kamu? Lucu-lucu kan? Yuk, bagikan ceritamu membuat Gambar Kartun ini lewat komentar. Cantumkan nama Facebookmu juga ya! Biar kita sama-sama tahu sebagus apa kartun buatanmu. 






Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Gambar Avatar Kartun dari Facebook yang Lagi Viral"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel