Cara Menulis Cerita dan Membuat Tulisan di KBM App

Cara Menulis Cerita dan Membuat Tulisan di KBM App

Menulis adalah cara membagikan isi pikiran lewat tulisan. Ada berbagai ide, inspirasi, dan kreatifitas yang bisa dituangkan. Terutama di zaman modern seperti sekarang ini, Handphone atau ponsel tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini pun juga dimanfaatkan orang-orang sebagai media dalam menulis. Melalui aplikasi yang ada di ponsel, penulis bisa dengan mudah memublis tulisannya. Salah satunya di Aplikasi KBM App. Tak hanya itu, Aplikasi KBM juga bisa diakses melalui PC/Laptop. Sehingga, menulis dan aplikasi menjadi perpaduan yang sangat sempurna. Lalu, bagaimana cara menulis di KBM App? Yuk, simak Cara Menulis Cerita dan Membuat Tulisan di KBM App berikut ini.


Cara Menulis Cerita dan Membuat Tulisan di KBM App

1. Buka Aplikasi KBM App

Pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah men-download aplikasi KBM App di HP kamu. Jika kamu belum mengunduh aplikasi KBM App, kamu bisa men-download-nya terlebih dahulu ya, Sobat Pojokata. Jika kamu belum mengetahui cara menginstal aplikasi KBM App, yuk simak cara-aranya di sini.

Cara Download Aplikasi KBM App

a. Buka Playstore dari HP kamu

b. Tulis "KBM App" di pencarian Playstore

c. Klik instal dan tunggu hingga selesai

d. Buka aplikasi KBM yang sudah selesai di-instal tersebut

Setelah mengunduh Aplikasi KBM App, kamu bisa langsung mendaftar akun. Belum punya akun KBM App? coba daftar dahulu ya, Sobat Pojokata. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah lewat tulisan yang sudah pojokata buat yakni Cara Daftar Akun Penulis KBM App di HP dan Laptop.

Jika kamu sudah meng-instal Aplikasi KBM App, silakan buka aplikasinya. Maka, kamu akan langsung muncul di halaman utama atau beranda Aplikasi KBM App.


2. Buka menu profil, lalu klik "edit profil"

Ada 4 menu di Aplikasi KBM App yakni menu beranda, profil, linimasa, dan akademi. Pilih menu profil yang ada di sebelah beranda. Lalu, klik tanda garis tiga yang ada di sebelah kiri ujung. Nantinya akan muncul menu tools yang telah disediakan, diantaranya edit profil, ubah kata sandi, pengaturan halaman profil, pengaturan, dan keluar.

Klik edit profil. Kemudian, isi data-data penulis. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Edit Profil atau Mengisi Data Profil Pengguna Aplikasi KBM App:

a. Tulislah nama pengguna

Kamu bebas menulis nama pengguna. Boleh diambil dari nama lengkap kamu ataupun nama pena. Tidak harus nama asli. Bisa juga diambil dari kata-kata lucu atau kata manapun yang kamu sukai. Jika dua kata, maka tidak boleh ada spasi. Tulis sambung saja. Misalnya, impresi kata maka ditulis dengan "impresikata".

Nama pengguna kamu akan langsung muncul di sana. Namun, apabila kamu ingin mengganti nama pengguna Aplikasi KBM milikmu, kamu bisa mengubahnya. Nama pengguna Aplikasi KBM App, bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada. 

Kalau nama yang kamu inginkan berhasil, maka artinya nama tersebut belum dimiliki oleh orang lain. Jadi, buatlah nama pengguna Aplikasi KBM App dengan nama yang belum digunakan oleh pengguna lain.

b. Tulis nama tampilan

Tidak seperti nama pengguna yang tidak boleh sama dari pengguna lain, nama tampilan ini lebih bebas. Kamu boleh menuliskan nama yang kamu mau. Boleh diberi spasi atau tidak. Boleh mengikuti nama pengguna maupun tidak. Kamu boleh menggunakan nama asli ataupun nama pena. Intinya, tulislah nama tampilan sesuai dengan nama yang kamu mau.

c. Isi nomor telepon

Tulislah nomor telepon kamu yang aktif. Jika tidak memiliki nomor telepon, kamu bisa mengisinya dengan nomor telepon keluarga kamu seperti orang tua, suami/istri, teman dekat, sahabat, pacar, ataupun selingkuhan kamu. Asal jangan nomor friendzone kamu. Takutnya, ketika dia nge-ghosting, kamu tidak bisa log-in ke akun KBM App kamu, tuh. Hehehe

Intinya, nomor telepon ini wajib kamu isi dengan nomor telepon yang aktif. Karena nomor telepon ini suatu saat akan dibutuhkan ketika kamu lupa password akun KBM App milikmu.

d. Pilih tanggal lahir

Pilihlah tanggal, bulan, dan tahun kelahiranmu. Isilah sesuai dengan data pribadi kamu. Sebab, kalau kamu mengisinya dengan tanggal lahir mantan kamu, takutnya kamu makin engga bisa move on lagi. Hehehe. 

e. Tulis jenis kelamin

Isilah jenis kelamin penulis. Tapi, kalau kamu tidak ingin menunjukkan siapa penulisnya. Kamu tidak wajib mengisi jenis kelamin, kok Sobat Pojokata. Jadi, kolom jenis kelamin boleh diisi atau tidak ya.

f. Tulis Pekerjaan

Isilah pekerjaan kamu. Misalnya, penulis, pelajar, ibu rumah tangga, artis, sutradara, atau mahasiswa. Asal jangan PELAKOR saja ya Sobat Pojokata. Hehehe. Oh iya, kolom pekerjaan ini boleh kamu isi atau tidak ya karena kolom ini tidak wajib diisi. Jadi, kalau kamu lagi BETE atau lagi Badmood ataupun MAGER, kamu tidak dipaksa untuk mengisi kolom ini kok, Sobat Pojokata. Isinya nanti saja di saat waktu yang tepat.

g. Domisili

Pilih domisili tempat tinggal kamu saat ini. Tidak perlu menuliskan domisili kelahiran atau domisili sesuai KTP kamu kok, Sobat Pojokata. Ingat, isi sesuai dengan Kota/Kabupaten dan provinsi tempat tinggal kamu ya. Tidak perlu diisi dengan domisili mantan, ya. Jangan pokoknya jangan.

h. Bio

Isi bio yang kamu inginkan. Kamu bisa menulis apa saja di sini. Misalnya, diisi dengan kata-kata mutiara, nama akun media sosial, kata-kata dukungan biar saling subscribe akun KBM App, atau bisa juga dengan kata-kata terima kasih. Isi dengan kalimat-kalimat curhatan tentang mantan juga bisa, kok. Asal jangan kalimat hujatan ya, Sobat Pojokata. Hehehe.

i. Edit foto yang ada di paling atas

Pilih foto mana yang ingin kamu jadikan foto profil. Entah itu pas foto, kartun, karikatur, atau foto kucing kamu juga bisa. Pokoknya bebas foto apa saja. Ganti dan foto profil akan secara otomatis diperbarui.

j. Jika semua data sudah diisi, klik simpan.


Jika kamu sudah mengedit foto dan mengisi data-data yang diminta, setelah kamu klik simpan maka profil akan secara otomatis tersimpan. Kamu sudah bisa mulai membuat cerita atau tulisan.


3. Klik menu "Cerita Baru", lalu pilih cover tulisan yang kamu inginkan

Di bagian profil, ada enam menu pilihan, diantaranya cerita baru, tambaha/edit bab, bacaan saya, aktivitas, fanboard, dan kotak masuk. Pilih menu cerita baru. Kamu akan langsung dihadapkan pada tampilan untuk mulai menulis cerita.


4. Edit sampul

Klik edit sampul dan upload lah gambar yang ingin kamu jadikan sampul cerita pada tulisanmu. Jika kamu sudah membuat desain cover tulisan, maka kamu bisa klik "Dari kamera/galeri". Namun, jika kamu belum memiliki cover atau sampul cerita, kamu bisa klik "Dari KBM Sampul". Di sana tersedia banyak pilihan sampul yang bisa kamu gunakan sebagai sampul depan. Pilihlah sampul yang sesuai dan bisa menggambarkan isi tulisanmu. Caranya mudah, cukup klik foto dan secara otomatis akan menjadi sampul ceritamu.

5. Tulis judul cerita

Tulis judul cerita atau tulisan yang bisa menggambarkan tulisanmu.


6. Pilih kategori mana yang sesuai dengan tulisanmu dari pilihan kategori yang ada

Ada banyak pilihan kategori yang sudah disediakan oleh KBM App mulai dari agama, agro, akuntansi, arsitektur dan desain interior, bahasa, biografi, bisnis, buku pelajaran, cerita nusantara, cerita rakyat, chiklit, desain, diary, diet, dongeng, ekonomi, ensiklopedia, essay, fabel, fan fiction, film, fotografi, hobi, hukum, humor, iklan dan ads, inspirasi, internet, jurnal, K-Novel, kesehatan, komik, komputer, kumpulan artikel, kumpulan cerpen, kumpulan flash fiction, kumpulan lirik lagu, kumpulan opini, kumpulan puisi, kumpulan review, kumpulan tulisan receh, life style, makanan dan minuman, manajemen, memasak, memoar, motivasi, musik, naskah drama, non fiksi kreatif, novel anak, novel biografi, novel detektif, novel dewasa, novel drama rumah tangga, novel fantasi, novel grafis, novel horor, novel hukum, novel inspirasi, novel keluarga, novel komedi, novel kriminal, novel misteri, dan lain-lain. Kamu bisa pilih salah satu dari piihan kategori yang ada.


7. Tulislah sinopsis dari tulisan yang sudah kamu buat

Sebelum menulis bab per bab, kamu diwajibkan menuliskan sinopsisnya terlebih dahulu. 


8. Isi "Tandai Cerita" sesuai dengan genre atau alur dari tulisanmu, lalu gunakan tanda baca koma di akhir kalimat

Tulis tanda cerita dari tulisan kamu. Misalnya, romance, jatuh cinta, patah hati, cerita sedih, ataupun kata-kata lain yang bisa menggambarkan tulisanmu. Jangan lupa, gunakan tanda baca koma (,) di akhir kata tersebut.


9. Jika semua sudah terisi, lalu klik "Simpan" untuk menerbitkan atau menyimpan di dalam draf

Pastika semua sudah terisi. Lalu, klik simpan. Nanti, kamu akan muncul pada halaman bab.


10. Tulis judul bab

Tulis judul bab cerita atau tulisanmu. Judul bab bisa panjang atau pendek.


11. Kamu bisa menambahkan teks, gambar, atau PDF

Pilihlah salah satu. Jika kamu memilih teks, kamu bisa mulai menulis cerita atau tulisan di kolom teks. Tulis dengan kata sesukamu. Boleh banyak ataupun sedikit. Jika kamu tidak ingin menuliskan teks, kamu bisa mengunggah PDF atau gambar. Klik langsung saja pada kolom berwarna hijau tersebut.


12. Edit tulisan dengan banyak tanda

Kamu bisa mengedit tulisanmu dengan banyak tanda seperti bold, italic, pangkat, rata kiri, rata tengah, rata kanan, tanda petik, ppin-poin, dan lain sebagainya. Semua pilihannya ada pada icon-icon paling bawah.


13. Jika semua sudah diisi, klik simpan atau draf

Jika semua sudah kamu isi, kamu bisa klik simpan. Atau jika kamu tidak ingin memublis tulisanmu, kamu bisa klik draf dan semua ceritamu akan tersimpan di KBM App. Ketika kamu klik simpa, kamu diminta untuk menulis caption. Tulis caption yang ingin kamu tunjukkan pada para pembaca ke publik. Jika sudah, klim terbitkan. Tulisan sudah terpublis. 


14. Lihat tulisan yang sudah kamu publis di Menu Profil pada Aplikasi KBM App

Kamu bisa melihat tulisan yang sudah dipublis pada akun KBM App milikmu di bagian menu profil. Tulisan berada di bawah keenam menu yang sudah disebutkan di atas tadi. 


Semua langkah-langkah sudah Pojokata sampaikan dengan sangat jelas dan rinci. Semoga Cara Menulis Cerita dan Membuat Tulisan di KBM App bermanfaat buat kamu. Jangan lupa, ikuti situs web Pojokata dengan klik menu home dan lihat di sebelah kanan, lalu ikuti atau follow. Yuk, ikuti juga media sosial pojokata di instagram @pojokatadotcom biar kamu semakin banyak tahu informasi terkini seputar tutorial.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Menulis Cerita dan Membuat Tulisan di KBM App"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel