Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Penulis di KBM App, Kupas Tuntas Semua tentang Aplikasi KBM!

Cara Menulis Cerita dan Membuat Tulisan di KBM App

Menulis adalah cara membagikan isi pikiran lewat tulisan. Ada berbagai ide, inspirasi, dan kreatifitas yang bisa dituangkan. Terutama di zaman modern seperti sekarang ini, Handphone atau ponsel tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. 

Hal ini pun juga dimanfaatkan orang-orang sebagai media dalam menulis. Melalui aplikasi yang ada di ponsel, penulis bisa dengan mudah memublis tulisannya. 

Salah satunya di Aplikasi KBM App. Tak hanya itu, Aplikasi KBM juga bisa diakses melalui PC/Laptop. Sehingga, menulis dan aplikasi menjadi perpaduan yang sangat sempurna. Lalu, bagaimana cara menulis di KBM App? Yuk, simak Cara Menulis Cerita dan Membuat Tulisan di KBM App berikut ini.

Cara Menulis Cerita dan Membuat Tulisan di KBM App

KBM App merupakan platform yang memungkinkan pengguna untuk menulis dan menerbitkan cerita mereka sendiri. Platform ini menyediakan berbagai fitur untuk membantu pengguna dalam proses penulisan, mulai dari editor teks yang lengkap hingga fitur monetisasi untuk menghasilkan uang dari karya mereka. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara menulis cerita dan membuat tulisan di KBM App:

1. Membuat Akun dan Profil

Langkah pertama adalah membuat akun KBM App. Kamu dapat menggunakan alamat email atau akun Facebook untuk mendaftar. Setelah akun dibuat, lengkapi profil Kamu dengan informasi seperti nama pena, foto profil, dan biografi singkat.
  • Buka Aplikasi KBM App

Pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah men-download aplikasi KBM App di HP kamu. Jika kamu belum mengunduh aplikasi KBM App, kamu bisa men-download-nya terlebih dahulu ya, Sobat Pojokata. Jika kamu belum mengetahui cara menginstal aplikasi KBM App, yuk simak cara-aranya di sini.

  • Cara Download Aplikasi KBM App

a. Buka Playstore dari HP kamu

b. Tulis "KBM App" di pencarian Playstore

c. Klik instal dan tunggu hingga selesai

d. Buka aplikasi KBM yang sudah selesai di-instal tersebut

Setelah mengunduh Aplikasi KBM App, kamu bisa langsung mendaftar akun. Belum punya akun KBM App? coba daftar dahulu ya, Sobat Pojokata. 

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah lewat tulisan yang sudah pojokata buat yakni Cara Daftar Akun Penulis KBM App di HP dan Laptop.

Jika kamu sudah meng-instal Aplikasi KBM App, silakan buka aplikasinya. Maka, kamu akan langsung muncul di halaman utama atau beranda Aplikasi KBM App.

  • Buka menu profil, lalu klik "edit profil"

Ada 4 menu di Aplikasi KBM App yakni menu beranda, profil, linimasa, dan akademi. Pilih menu profil yang ada di sebelah beranda. 

Lalu, klik tanda garis tiga yang ada di sebelah kiri ujung. Nantinya akan muncul menu tools yang telah disediakan, diantaranya edit profil, ubah kata sandi, pengaturan halaman profil, pengaturan, dan keluar.

Klik edit profil. Kemudian, isi data-data penulis. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Edit Profil atau Mengisi Data Profil Pengguna Aplikasi KBM App:

a. Tulislah nama pengguna

Kamu bebas menulis nama pengguna. Boleh diambil dari nama lengkap kamu ataupun nama pena. Tidak harus nama asli. Bisa juga diambil dari kata-kata lucu atau kata manapun yang kamu sukai. 

Jika dua kata, maka tidak boleh ada spasi. Tulis sambung saja. Misalnya, impresi kata maka ditulis dengan "impresikata".

Nama pengguna kamu akan langsung muncul di sana. Namun, apabila kamu ingin mengganti nama pengguna Aplikasi KBM milikmu, kamu bisa mengubahnya. Nama pengguna Aplikasi KBM App, bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada. 

Kalau nama yang kamu inginkan berhasil, maka artinya nama tersebut belum dimiliki oleh orang lain. Jadi, buatlah nama pengguna Aplikasi KBM App dengan nama yang belum digunakan oleh pengguna lain.

b. Tulis nama tampilan

Tidak seperti nama pengguna yang tidak boleh sama dari pengguna lain, nama tampilan ini lebih bebas. Kamu boleh menuliskan nama yang kamu mau. 

Boleh diberi spasi atau tidak. Boleh mengikuti nama pengguna maupun tidak. Kamu boleh menggunakan nama asli ataupun nama pena. Intinya, tulislah nama tampilan sesuai dengan nama yang kamu mau.

c. Isi nomor telepon

Tulislah nomor telepon kamu yang aktif. Jika tidak memiliki nomor telepon, kamu bisa mengisinya dengan nomor telepon keluarga kamu seperti orang tua, suami/istri, teman dekat, sahabat, pacar, ataupun selingkuhan kamu. 

Asal jangan nomor friendzone kamu. Takutnya, ketika dia nge-ghosting, kamu tidak bisa log-in ke akun KBM App kamu, tuh. Hehehe

Intinya, nomor telepon ini wajib kamu isi dengan nomor telepon yang aktif. Karena nomor telepon ini suatu saat akan dibutuhkan ketika kamu lupa password akun KBM App milikmu.

d. Pilih tanggal lahir

Pilihlah tanggal, bulan, dan tahun kelahiranmu. Isilah sesuai dengan data pribadi kamu. Sebab, kalau kamu mengisinya dengan tanggal lahir mantan kamu, takutnya kamu makin engga bisa move on lagi. Hehehe. 

e. Tulis jenis kelamin

Isilah jenis kelamin penulis. Tapi, kalau kamu tidak ingin menunjukkan siapa penulisnya. Kamu tidak wajib mengisi jenis kelamin, kok Sobat Pojokata. Jadi, kolom jenis kelamin boleh diisi atau tidak ya.

f. Tulis Pekerjaan

Isilah pekerjaan kamu. Misalnya, penulis, pelajar, ibu rumah tangga, artis, sutradara, atau mahasiswa. Asal jangan PELAKOR saja ya Sobat Pojokata. Hehehe. Oh iya, kolom pekerjaan ini boleh kamu isi atau tidak ya karena kolom ini tidak wajib diisi. 

Jadi, kalau kamu lagi BETE atau lagi Badmood ataupun MAGER, kamu tidak dipaksa untuk mengisi kolom ini kok, Sobat Pojokata. Isinya nanti saja di saat waktu yang tepat.

g. Domisili

Pilih domisili tempat tinggal kamu saat ini. Tidak perlu menuliskan domisili kelahiran atau domisili sesuai KTP kamu kok, Sobat Pojokata. 

Ingat, isi sesuai dengan Kota/Kabupaten dan provinsi tempat tinggal kamu ya. Tidak perlu diisi dengan domisili mantan, ya. Jangan pokoknya jangan.

h. Bio

Isi bio yang kamu inginkan. Kamu bisa menulis apa saja di sini. Misalnya, diisi dengan kata-kata mutiara, nama akun media sosial, kata-kata dukungan biar saling subscribe akun KBM App, atau bisa juga dengan kata-kata terima kasih. 

Isi dengan kalimat-kalimat curhatan tentang mantan juga bisa, kok. Asal jangan kalimat hujatan ya, Sobat Pojokata. Hehehe.

i. Edit foto yang ada di paling atas

Pilih foto mana yang ingin kamu jadikan foto profil. Entah itu pas foto, kartun, karikatur, atau foto kucing kamu juga bisa. Pokoknya bebas foto apa saja. Ganti dan foto profil akan secara otomatis diperbarui.

j. Jika semua data sudah diisi, klik simpan.

Jika kamu sudah mengedit foto dan mengisi data-data yang diminta, setelah kamu klik simpan maka profil akan secara otomatis tersimpan. Kamu sudah bisa mulai membuat cerita atau tulisan.

  • Klik menu "Cerita Baru", lalu pilih cover tulisan yang kamu inginkan

Di bagian profil, ada enam menu pilihan, diantaranya cerita baru, tambaha/edit bab, bacaan saya, aktivitas, fanboard, dan kotak masuk. Pilih menu cerita baru. Kamu akan langsung dihadapkan pada tampilan untuk mulai menulis cerita.

  • Edit sampul
Klik edit sampul dan upload lah gambar yang ingin kamu jadikan sampul cerita pada tulisanmu. Jika kamu sudah membuat desain cover tulisan, maka kamu bisa klik "Dari kamera/galeri". Namun, jika kamu belum memiliki cover atau sampul cerita, kamu bisa klik "Dari KBM Sampul". 

Di sana tersedia banyak pilihan sampul yang bisa kamu gunakan sebagai sampul depan. Pilihlah sampul yang sesuai dan bisa menggambarkan isi tulisanmu. Caranya mudah, cukup klik foto dan secara otomatis akan menjadi sampul ceritamu.
  • Tulis judul cerita

Tulis judul cerita atau tulisan yang bisa menggambarkan tulisanmu.

  • Pilih kategori mana yang sesuai dengan tulisanmu dari pilihan kategori yang ada

Ada banyak pilihan kategori yang sudah disediakan oleh KBM App mulai dari agama, agro, akuntansi, arsitektur dan desain interior, bahasa, biografi, bisnis, buku pelajaran, cerita nusantara, cerita rakyat, chiklit, desain, diary, diet, dan dongeng.

Selain itu, ada kategori ekonomi, ensiklopedia, essay, fabel, fan fiction, film, fotografi, hobi, hukum, humor, iklan dan ads, inspirasi, internet, jurnal, K-Novel, kesehatan, komik, komputer, kumpulan artikel, kumpulan cerpen, kumpulan flash fiction, kumpulan lirik lagu, kumpulan opini, kumpulan puisi, kumpulan review, dan kumpulan tulisan receh.

Ada juga kategori life style, makanan dan minuman, manajemen, memasak, memoar, motivasi, musik, naskah drama, non fiksi kreatif, novel anak, novel biografi, novel detektif, novel dewasa, novel drama rumah tangga, novel fantasi, novel grafis, novel horor, novel hukum, novel inspirasi, novel keluarga, novel komedi, novel kriminal, novel misteri, dan lain-lain. Kamu bisa pilih salah satu dari piihan kategori yang ada.

  • Tulislah sinopsis dari tulisan yang sudah kamu buat
Sebelum menulis bab per bab, kamu diwajibkan menuliskan sinopsisnya terlebih dahulu. 
  • Isi "Tandai Cerita" sesuai dengan genre atau alur dari tulisanmu, lalu gunakan tanda baca koma di akhir kalimat

Tulis tanda cerita dari tulisan kamu. Misalnya, romance, jatuh cinta, patah hati, cerita sedih, ataupun kata-kata lain yang bisa menggambarkan tulisanmu. Jangan lupa, gunakan tanda baca koma (,) di akhir kata tersebut.

  • Jika semua sudah terisi, lalu klik "Simpan" untuk menerbitkan atau menyimpan di dalam draf
Pastika semua sudah terisi. Lalu, klik simpan. Nanti, kamu akan muncul pada halaman bab.
  • Tulis judul bab

Tulis judul bab cerita atau tulisanmu. Judul bab bisa panjang atau pendek.

  • Kamu bisa menambahkan teks, gambar, atau PDF

Pilihlah salah satu. Jika kamu memilih teks, kamu bisa mulai menulis cerita atau tulisan di kolom teks. Tulis dengan kata sesukamu. Boleh banyak ataupun sedikit. Jika kamu tidak ingin menuliskan teks, kamu bisa mengunggah PDF atau gambar. Klik langsung saja pada kolom berwarna hijau tersebut.

  • Edit tulisan dengan banyak tanda

Kamu bisa mengedit tulisanmu dengan banyak tanda seperti bold, italic, pangkat, rata kiri, rata tengah, rata kanan, tanda petik, ppin-poin, dan lain sebagainya. Semua pilihannya ada pada icon-icon paling bawah.

  • Jika semua sudah diisi, klik simpan atau draf

Jika semua sudah kamu isi, kamu bisa klik simpan. Atau jika kamu tidak ingin memublis tulisanmu, kamu bisa klik draf dan semua ceritamu akan tersimpan di KBM App. Ketika kamu klik simpa, kamu diminta untuk menulis caption. Tulis caption yang ingin kamu tunjukkan pada para pembaca ke publik. Jika sudah, klim terbitkan. Tulisan sudah terpublis. 

  • Lihat tulisan yang sudah kamu publis di Menu Profil pada Aplikasi KBM App

Kamu bisa melihat tulisan yang sudah dipublis pada akun KBM App milikmu di bagian menu profil. Tulisan berada di bawah keenam menu yang sudah disebutkan di atas tadi. 

2. Memulai Cerita Baru

Untuk memulai cerita baru, klik tombol "Buat Cerita Baru" di dasbor utama. Kamu akan diminta untuk memberikan beberapa informasi tentang cerita Kamu, seperti judul, genre, dan deskripsi singkat.

3. Menulis Cerita

KBM App menyediakan editor teks yang lengkap dengan berbagai fitur formatting untuk membantu Kamu menulis cerita dengan mudah. Kamu dapat menggunakan berbagai jenis font, ukuran font, warna, dan gaya teks untuk membuat cerita Kamu lebih menarik.

4. Memasukkan Gambar dan Video

Kamu dapat menambahkan gambar dan video ke cerita Kamu untuk membuatnya lebih menarik dan visual. KBM App mendukung berbagai format gambar dan video, termasuk JPEG, PNG, MP4, dan MOV.

5. Memublikasikan Cerita

Setelah cerita Kamu selesai, Kamu dapat mempublikasikannya untuk dibaca oleh pengguna lain. Klik tombol "Publikasikan" di bagian atas editor teks untuk mempublikasikan cerita Kamu.

6. Mengelola Cerita

Setelah cerita Kamu dipublikasikan, Kamu dapat mengelolanya dari dasbor utama. Kamu dapat melihat statistik cerita Kamu, seperti jumlah pembaca, komentar, dan suka. Kamu juga dapat mengedit cerita Kamu, menambahkan bab baru, dan menghapus cerita jika Kamu mau.

Tips Menulis Cerita di KBM App:

  1. Buatlah judul yang menarik dan informatif. Judul cerita Kamu adalah hal pertama yang dilihat oleh pembaca, jadi pastikan judulnya menarik dan informatif.
  2. Tulislah deskripsi yang menarik. Deskripsi cerita Kamu harus memberikan gambaran singkat tentang cerita Kamu dan menarik minat pembaca.
  3. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu rumit atau berbelit-belit.
  4. Buatlah alur cerita yang menarik. Alur cerita Kamu harus memiliki awal, tengah, dan akhir yang jelas. Pastikan alur ceritanya menarik dan membuat pembaca penasaran.
  5. Kembangkan karakter yang menarik. Karakter Kamu adalah jantung cerita Kamu. Pastikan karakter Kamu menarik dan relatable.
  6. Perhatikan tata bahasa dan ejaan. Pastikan tata bahasa dan ejaan dalam cerita Kamu benar.
  7. Promosikan cerita Kamu. Setelah cerita Kamu dipublikasikan, promosikan cerita Kamu di media sosial dan platform online lainnya untuk menarik pembaca.

Fitur Monetisasi di KBM App:

KBM App menyediakan beberapa fitur monetisasi untuk membantu pengguna menghasilkan uang dari karya mereka. Berikut adalah beberapa fitur monetisasi yang tersedia di KBM App:
  1. Program Iklan: Kamu dapat menampilkan iklan di cerita Kamu untuk mendapatkan penghasilan.
  2. Program Konten Berbayar: Kamu dapat membuat cerita berbayar yang hanya dapat dibaca oleh pengguna yang membayar.
  3. Program Donasi: Kamu dapat menerima donasi dari pembaca untuk mendukung karya Kamu.

Syarat Menulis di KBM

KBM App, platform baca dan menulis populer di Indonesia, mengundang para penulis berbakat untuk menuangkan ide dan kreativitas mereka. Bagi kamu yang ingin menjadi bagian dari komunitas KBM App dan berbagi cerita dengan jutaan pembaca, berikut adalah beberapa syarat menulis di KBM App:

1. Akun KBM App

  1. Buat akun KBM App melalui aplikasi atau website.
  2. Pastikan data diri yang kamu masukkan sudah benar.
  3. Verifikasi akun email kamu untuk aktivasi.

2. Pedoman Penulisan

  1. Pahami dan patuhi Pedoman Penulisan KBM App.
  2. Pedoman ini meliputi aturan terkait konten, tata bahasa, dan format penulisan.
  3. Pastikan ceritamu bebas dari plagiarisme dan konten yang melanggar hukum.

3. Genre Cerita

  1. KBM App menerima berbagai genre cerita, seperti roman, fantasi, misteri, horor, dan lainnya.
  2. Pilih genre yang sesuai dengan minat dan bakatmu.
  3. Pastikan ceritamu memiliki alur yang menarik dan karakter yang kuat.

4. Kualitas Cerita

  1. Tulislah cerita dengan tata bahasa yang baik dan alur cerita yang jelas.
  2. Perhatikan struktur cerita, karakter, dan dialog yang engaging.
  3. Pastikan ceritamu bebas dari typo dan kesalahan penulisan.

5. Konsistensi

  1. Update cerita secara berkala untuk menjaga minat pembaca.
  2. Konsistensi dalam update cerita akan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan penghasilan di KBM App.

Tips Sukses Menulis di KBM App

  1. Baca dan pelajari Pedoman Penulisan KBM App dengan seksama.
  2. Pilih genre yang sesuai dengan minat dan bakatmu.
  3. Tulislah cerita yang menarik dan berkualitas.
  4. Promosikan ceritamu di media sosial dan platform online lainnya.
  5. Bergabunglah dengan komunitas KBM App untuk mendapatkan tips dan trik dari penulis lain.
  6. Teruslah belajar dan meningkatkan kemampuan menulismu.

KBM App: Platform untuk Berbagi Kreativitas

KBM App membuka gerbang bagi para penulis berbakat untuk menunjukkan kemampuan mereka dan menjangkau jutaan pembaca. Dengan mengikuti syarat dan tips di atas, kamu dapat memulai perjalananmu sebagai penulis di KBM App dan meraih kesuksesan di dunia literasi.

Catatan

  1. KBM App berhak untuk meninjau dan menyetujui setiap cerita yang submitted.
  2. Cerita yang tidak sesuai dengan Pedoman Penulisan KBM App dapat ditolak.
  3. KBM App menyediakan berbagai fitur dan layanan untuk membantu para penulis dalam proses penulisan, seperti editor teks, fitur monetisasi, dan statistik cerita.
  4. Manfaatkan fitur-fitur ini untuk meningkatkan kualitas cerita dan menjangkau lebih banyak pembaca.

Berapa Penghasilan di KBM App?

KBM App adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk menulis dan menerbitkan cerita mereka sendiri. Platform ini menyediakan berbagai fitur untuk membantu pengguna dalam proses penulisan, mulai dari editor teks yang lengkap hingga fitur monetisasi untuk menghasilkan uang dari karya mereka.

Jumlah penghasilan di KBM App bervariasi tergantung pada beberapa faktor, antara lain:
  1. Jumlah pembaca: Semakin banyak pembaca yang membaca cerita Kamu, semakin banyak uang yang akan Kamu hasilkan.
  2. Jenis monetisasi: Ada beberapa jenis monetisasi yang tersedia di KBM App, seperti program iklan, program konten berbayar, dan program donasi. Jenis monetisasi yang Kamu pilih akan memengaruhi penghasilan Kamu.
  3. Kualitas cerita: Kualitas cerita Kamu juga memengaruhi penghasilan Kamu. Cerita yang menarik dan berkualitas tinggi akan lebih banyak dibaca dan menghasilkan lebih banyak uang.
Berikut adalah beberapa contoh penghasilan di KBM App:
  1. Program Iklan: Penghasilan dari program iklan dihitung berdasarkan jumlah tayangan iklan dan klik iklan. Rata-rata, penulis dapat menghasilkan sekitar Rp 100 - Rp 500 per 1.000 tayangan iklan.
  2. Program Konten Berbayar: Penghasilan dari program konten berbayar dihitung berdasarkan harga cerita dan jumlah pembaca yang membeli cerita Kamu. Rata-rata, penulis dapat menghasilkan sekitar Rp 5.000 - Rp 100.000 per cerita.
  3. Program Donasi: Penghasilan dari program donasi tergantung pada kemurahan hati pembaca Kamu. Rata-rata, penulis dapat menghasilkan sekitar Rp 10.000 - Rp 100.000 per bulan dari donasi.

Tips Meningkatkan Penghasilan di KBM App

Tulislah cerita yang menarik dan berkualitas tinggi

Cerita yang menarik dan berkualitas tinggi akan lebih banyak dibaca dan menghasilkan lebih banyak uang.

Promosikan Cerita Kamu

Promosikan cerita Kamu di media sosial dan platform online lainnya untuk menarik pembaca.

Gunakan berbagai jenis monetisasi

Gunakan berbagai jenis monetisasi untuk meningkatkan penghasilan Kamu.

Berpartisipasi dalam komunitas KBM App

Berpartisipasi dalam komunitas KBM App untuk mendapatkan tips dan trik dari penulis lain.

Catatan:
Penghasilan di KBM App bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Namun, dengan kerja keras dan dedikasi, Kamu dapat menghasilkan uang yang cukup signifikan dari KBM App.

KBM App: Milik Siapa?

KBM App, platform baca dan menulis populer di Indonesia, dimiliki oleh PT. Kreatif Bisa Menulis (KBM). Didirikan pada tahun 2020 oleh Isa Alamsyah dan Asma Nadia, dua penulis ternama Indonesia.

Struktur kepemilikan KBM App

PT. Kreatif Bisa Menulis (KBM):
Isa Alamsyah: CEO
Asma Nadia: Komisaris Utama
Investor: KBM App mendapatkan pendanaan dari beberapa investor, termasuk East Ventures dan SMDV.

Tentang PT. Kreatif Bisa Menulis (KBM)

KBM adalah perusahaan yang bergerak di bidang literasi dan edukasi. Selain KBM App, KBM juga memiliki beberapa produk lain, seperti:
  1. KBM Publishing: penerbit buku
  2. KBM Academy: platform edukasi online
  3. KBM Store: toko buku online

Misi KBM App

  1. Memberikan wadah bagi para penulis untuk berkarya dan menjangkau pembaca yang lebih luas.
  2. Meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.
  3. Mewujudkan ekosistem literasi yang kreatif dan inovatif.

KBM App: Platform Baca dan Menulis yang Terus Berkembang

  1. KBM App telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna.
  2. Terdapat lebih dari 100 ribu cerita yang tersedia di KBM App.
  3. KBM App terus berinovasi dengan menghadirkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
KBM App adalah platform baca dan menulis yang dimiliki oleh PT. Kreatif Bisa Menulis (KBM). Platform ini memberikan wadah bagi para penulis untuk berkarya dan menjangkau pembaca yang lebih luas. KBM App terus berkembang dan berinovasi untuk mewujudkan ekosistem literasi yang kreatif dan inovatif di Indonesia.

Keuntungan Menulis di KBM App

KBM App merupakan platform menulis dan membaca yang populer di Indonesia. Platform ini menawarkan berbagai keuntungan bagi para penulis, di antaranya:

1. Jangkauan Pembaca yang Luas

KBM App memiliki jutaan pengguna aktif yang selalu mencari cerita baru untuk dibaca. Dengan menerbitkan cerita di KBM App, kamu berkesempatan untuk menjangkau pembaca yang lebih luas dan membangun basis penggemarmu sendiri.

2. Peluang Penghasilan

KBM App menawarkan berbagai cara bagi para penulis untuk menghasilkan uang dari karya mereka. Kamu dapat mengikuti program iklan, program konten berbayar, atau menerima donasi dari pembaca.

3. Komunitas yang Mendukung

KBM App memiliki komunitas penulis yang aktif dan saling mendukung. Kamu dapat bergabung dengan komunitas ini untuk mendapatkan tips dan trik menulis, bertukar ide dengan penulis lain, dan mendapatkan inspirasi untuk karya terbarumu.

4. Fitur yang Lengkap

KBM App menyediakan berbagai fitur yang membantu para penulis dalam proses penulisan, seperti editor teks yang lengkap, fitur monetisasi, dan statistik cerita.

5. Akses ke Pelatihan dan Workshop

KBM App secara rutin mengadakan pelatihan dan workshop untuk membantu para penulis meningkatkan kemampuan menulis mereka.

Berikut adalah beberapa keuntungan lain menulis di KBM App:
  1. Kamu dapat membangun kredibilitas sebagai penulis.
  2. Kamu dapat mengembangkan kemampuan menulismu.
  3. Kamu dapat mengekspresikan diri secara kreatif.
  4. Kamu dapat terhubung dengan pembaca dari seluruh Indonesia.
  5. Jika kamu ingin menjadi penulis yang sukses, KBM App adalah platform yang tepat untukmu.

Cara Membuka Kunci di KBM App

KBM App memiliki fitur "Kunci" yang memungkinkan kamu untuk menyembunyikan cerita dari pembaca yang belum membayar. Untuk membuka kunci cerita, kamu perlu menggunakan "Koin KBM". Berikut adalah cara membuka kunci di KBM App:
  1. Buka cerita yang ingin kamu buka kuncinya.
  2. Klik tombol "Kunci" di bagian bawah layar.
  3. Pilih jumlah Koin KBM yang ingin kamu gunakan untuk membuka kunci cerita.
  4. Klik tombol "Buka Kunci".
  5. Cerita akan terbuka dan kamu dapat membacanya.
Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan Koin KBM:
  1. Membeli Koin KBM melalui aplikasi.
  2. Menonton iklan.
  3. Mengikuti kuis dan event.
  4. Mendapatkan Koin KBM dari penulis lain.

Catatan:

Harga Koin KBM bervariasi tergantung pada jumlah Koin yang kamu beli.
Kamu dapat membuka kunci cerita secara permanen atau untuk waktu tertentu.
Jika kamu membuka kunci cerita untuk waktu tertentu, kamu perlu membayar kembali Koin KBM untuk membuka kunci cerita secara permanen.

Tips:

  1. Kamu dapat membuka kunci cerita secara gratis dengan menonton iklan atau mengikuti kuis dan event.
  2. Kamu dapat membeli Koin KBM dengan harga yang lebih murah jika kamu membeli dalam jumlah banyak.
  3. Kamu dapat menjual Koin KBM kepada penulis lain jika kamu memiliki kelebihan Koin KBM.

Pengalaman Menulis di KBM App

KBM App merupakan platform menulis dan membaca yang populer di Indonesia. Platform ini menawarkan berbagai fitur dan keuntungan bagi para penulis, seperti jangkauan pembaca yang luas, peluang penghasilan, dan komunitas yang mendukung.

Berikut adalah beberapa pengalaman penulis yang pernah menerbitkan karyanya di KBM App:

1. Jangkauan Pembaca yang Luas

Salah satu keuntungan utama menulis di KBM App adalah jangkauan pembacanya yang luas. Platform ini memiliki jutaan pengguna aktif yang selalu mencari cerita baru untuk dibaca. Hal ini memungkinkan para penulis untuk menjangkau pembaca yang lebih luas dan membangun basis penggemar mereka sendiri.

2. Peluang Penghasilan

KBM App menawarkan berbagai cara bagi para penulis untuk menghasilkan uang dari karya mereka. Penulis dapat mengikuti program iklan, program konten berbayar, atau menerima donasi dari pembaca.

3. Komunitas yang Mendukung

KBM App memiliki komunitas penulis yang aktif dan saling mendukung. Penulis dapat bergabung dengan komunitas ini untuk mendapatkan tips dan trik menulis, bertukar ide dengan penulis lain, dan mendapatkan inspirasi untuk karya terbarunya.

4. Fitur yang Lengkap

KBM App menyediakan berbagai fitur yang membantu para penulis dalam proses penulisan, seperti editor teks yang lengkap, fitur monetisasi, dan statistik cerita.

5. Akses ke Pelatihan dan Workshop

KBM App secara rutin mengadakan pelatihan dan workshop untuk membantu para penulis meningkatkan kemampuan menulis mereka.

Berikut adalah beberapa tips untuk penulis yang ingin sukses di KBM App:
  1. Tulislah cerita yang menarik dan berkualitas tinggi.
  2. Promosikan cerita Kamu di media sosial dan platform online lainnya.
  3. Berpartisipasi dalam komunitas KBM App.
  4. Gunakan berbagai fitur yang tersedia di KBM App.
  5. Terus belajar dan meningkatkan kemampuan menulis Kamu.
KBM App adalah platform yang ideal bagi para penulis yang ingin menjangkau pembaca yang lebih luas, menghasilkan uang dari karya mereka, dan mendapatkan dukungan dari komunitas penulis yang aktif.

Catatan:

Informasi yang provided dalam artikel ini adalah perkiraan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Silakan merujuk ke website KBM App untuk informasi terbaru tentang pengalaman menulis di KBM App.

Berikut adalah beberapa contoh cerita yang sukses di KBM App:

  1. "My Nerd Girl" oleh Asri Aci (@asriaci)
  2. "Kisah Untuk Gerhana" oleh Luluk HF (@lulukhf)
  3. "Dear Nathan" oleh Erisca Febriani (@eriscafebriani)
Cerita-cerita ini telah dibaca oleh jutaan orang dan menghasilkan banyak uang bagi para penulisnya.

Saya sendiri pernah menulis cerita di KBM App berdua bersama teman saya. Alhamdulillah, sekarang tulisan tersebut sudah dibukukan. Kalau Sobat Pojokata ingin membaca tulisan kami, judulnya "Istri Kok Gitu?" dan bisa dibeli di platform e-commerce seperti Shopee.

Cara Membaca di KBM App

Mencari platform baca novel menarik di Indonesia? KBM App bisa jadi jawabannya. Aplikasi ini menawarkan beragam cerita seru dari berbagai genre, dari romansa remaja hingga horor menegangkan. Nah, bagi kamu yang baru bergabung di KBM App, yuk simak panduan mudah cara membaca di aplikasi ini:

1. Download dan Instal Aplikasi

  • Buka Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  • Ketik "KBM App" di kolom pencarian.
  • Klik Instal dan tunggu proses selesai.

2. Membuat Akun atau Masuk

  • Buka aplikasi KBM App.
  • Pilih "Daftar" untuk membuat akun baru.
  • Atau, pilih "Masuk" jika sudah memiliki akun.
  • Isi data-data yang diperlukan dan ikuti instruksi.

3. Menjelajah Cerita

  • Di halaman utama, kamu akan menemukan berbagai rekomendasi cerita.
  • Gunakan fitur "Kategori" untuk mencari genre spesifik.
  • Kamu juga bisa mencari judul cerita tertentu di kolom pencarian.

4. Membaca Cerita Gratis

  • Banyak cerita di KBM App bisa kamu baca secara gratis.
  • Klik "Baca Sekarang" pada cerita yang kamu pilih.
  • Nikmati ceritanya bab demi bab!

5. Membeli Koin untuk Cerita Berbayar

  • Beberapa cerita premium memerlukan "Koin KBM" untuk dibaca.
  • Kamu bisa membeli Koin melalui metode pembayaran yang tersedia.
  • Klik tombol "Beli" pada cerita berbayar.
  • Gunakan Koin untuk membuka bab-bab selanjutnya.

6. Mencoba Fitur Lainnya

  • KBM App menyediakan fitur bonus Koin gratis.
  • Ikuti kuis, tonton iklan, atau selesaikan tugas harian.
  • Bagikan kode referral untuk mendapatkan Koin tambahan.
  • Bergabunglah dengan komunitas pembaca dan penulis di KBM App.

Tips Menikmati Bacaan di KBM App

Ikuti penulis favoritmu untuk selalu update info cerita terbaru.
Berikan rating dan komentar untuk mendukung penulis.
Bagikan cerita yang kamu suka ke teman-temanmu.
Aktifkan notifikasi agar tak ketinggalan update cerita.
Selamat membaca dan terhanyut dalam dunia cerita KBM App!

Catatan

  • Informasi mengenai harga Koin KBM dan metode pembayaran dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Selalu periksa informasi terbaru di aplikasi atau website KBM App.
  • KBM App juga menyediakan fitur menulis untuk kamu yang ingin menuangkan kreativitas dalam bentuk cerita.
  • Ikuti petunjuk penulisan dan publikasikan karya kamu di aplikasi ini.

KBM Novel Gratis

Mencari platform baca novel gratis berbahasa Indonesia dengan beragam genre menarik? KBM App bisa jadi jawaban tepat! Aplikasi ini menawarkan segudang novel gratis yang menggugah imajinasi dan bikin nagih, dari kisah cinta remaja yang bikin baper hingga petualangan menegangkan yang memacu adrenalin. 

Tapi tidak hanya itu, KBM App juga punya banyak fitur menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, simak ulasan lengkap tentang KBM Novel Gratis:

Ragam Novel Gratis

Perpustakaan KBM Novel Gratis menawarkan ribuan novel dari berbagai genre populer seperti:
  1. Romantis: Temukan kisah cinta penuh romansa yang bikin baper dan jatuh hati.
  2. Fantasi: Ikuti petualangan di dunia magis dan ciptakan imajinasi tak terbatas.
  3. Misteri: Pecahkan teka-teki bersama para detektif dan rasakan serunya memecahkan kodenya.
  4. Horor: Uji nyali dengan kisah-kisah menyeramkan yang bikin merinding.
  5. Dan masih banyak lagi!

Lebih dari Sekedar Bacaan Gratis

  1. Koin Gratis: Nikmati bonus Koin harian dengan menyelesaikan tugas ringan seperti menonton iklan atau mengikuti kuis.
  2. Koin untuk Bacaan Premium: Beberapa novel premium membutuhkan Koin untuk membuka bab selanjutnya. Tapi tenang, kamu bisa mendapatkan Koin gratis atau membelinya dengan harga terjangkau.
  3. Komunitas Penulis dan Pembaca: Bergabunglah dengan komunitas KBM untuk terhubung dengan sesama pecinta baca dan penulis. Diskusikan novel favorit, dapatkan rekomendasi terbaru, dan bahkan temukan inspirasi untuk menulismu sendiri.
  4. Menjadi Penulis: Ingin menuangkan kreativitas dalam bentuk cerita? KBM App juga menyediakan fitur menulis. Publikasikan karya kamu dan raih pembaca setia.

Kemudahan Akses dan Fitur Menarik

  1. Download Gratis: Aplikasi KBM App tersedia gratis di Play Store dan App Store.
  2. Antarmuka Ramah: Nikmati desain aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan.
  3. Offline Reading: Download novel favoritmu dan baca kapan saja, di mana saja, meski tanpa internet.
  4. Bookmark dan Catatan: Buat catatan atau tandai bagian favoritmu dalam novel untuk dibaca ulang.
  5. Berbagi Kegembiraan: Bagikan novel favoritmu ke teman-teman dan ajak mereka bergabung di KBM App.
  6. KBM Novel Gratis: Pilihan Tepat untuk Para Pecinta Baca
Dengan pilihan novel gratis yang beragam, fitur menarik, dan komunitas yang hangat, KBM Novel Gratis menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin menikmati keseruan membaca tanpa terbebani biaya. Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasi KBM App sekarang dan mulailah menyelami dunia bacaan seru yang tak terbatas!

Cara Dapat Uang di KBM App

KBM App, platform baca dan menulis populer di Indonesia, tak hanya menawarkan hiburan melalui cerita menarik, tapi juga membuka peluang penghasilan bagi para penulis. Bagi kamu yang ingin menghasilkan uang dari hobi menulis, KBM App menyediakan beberapa cara yang bisa kamu coba:

1. Program Iklan

  1. KBM App bekerja sama dengan Google AdMob untuk menampilkan iklan di sela-sela cerita.
  2. Penulis akan mendapatkan penghasilan berdasarkan jumlah tayangan dan klik iklan pada cerita mereka.
  3. Pastikan ceritamu menarik dan memiliki banyak pembaca untuk memaksimalkan penghasilan dari iklan.

2. Program Konten Berbayar

  1. KBM App menyediakan fitur "Kunci" untuk menyembunyikan cerita dari pembaca yang belum membayar.
  2. Penulis dapat menentukan harga untuk membuka kunci cerita mereka.
  3. Semakin menarik ceritamu, semakin banyak pembaca yang bersedia membayar untuk membacanya.

3. Donasi dari Pembaca

  1. Pembaca dapat memberikan donasi kepada penulis sebagai bentuk apresiasi atas karya mereka.
  2. Fitur donasi tersedia di setiap cerita.
  3. Tulislah cerita yang berkualitas dan bangun hubungan baik dengan pembaca untuk meningkatkan peluang mendapatkan donasi.

4. Program Afiliasi

  1. Undang teman-temanmu untuk bergabung dengan KBM App menggunakan kode referralmu.
  2. Dapatkan komisi setiap kali temanmu membeli Koin KBM.
  3. Semakin banyak orang yang kamu undang, semakin besar penghasilan yang bisa kamu peroleh.

Tips Memaksimalkan Penghasilan di KBM App

  1. Konsisten Menulis: Teruslah menulis cerita baru dan update cerita lama secara berkala.
  2. Tingkatkan Kualitas Cerita: Perhatikan tata bahasa, alur cerita, dan karakter yang menarik.
  3. Promosikan Ceritamu: Bagikan ceritamu di media sosial dan platform online lainnya.
  4. Bergabung dengan Komunitas: Bergabunglah dengan komunitas KBM untuk mendapatkan tips dan trik dari penulis lain.
  5. Pahami Aturan KBM App: Pastikan kamu memahami aturan dan kebijakan KBM App terkait program monetisasi.

KBM App: Platform Tepat untuk Penulis Berbakat

KBM App menyediakan platform yang mudah digunakan dan ramah bagi para penulis. Dengan berbagai program monetisasi yang tersedia, KBM App membuka peluang bagi para penulis untuk menghasilkan uang dari karya mereka. Jadi, tunggu apa lagi? Asah bakat menulismu dan mulailah menghasilkan uang di KBM App!

Catatan:

  1. KBM App juga mengadakan berbagai event dan lomba menulis dengan hadiah menarik bagi para pemenang.
  2. Ikuti informasi terbaru di media sosial KBM App untuk mendapatkan update tentang event dan lomba tersebut.

Kesimpulan:

KBM App adalah platform yang ideal untuk penulis yang ingin menulis dan menerbitkan cerita mereka sendiri. Platform ini menyediakan berbagai fitur untuk membantu pengguna dalam proses penulisan, mulai dari editor teks yang lengkap hingga fitur monetisasi untuk menghasilkan uang dari karya mereka.

Semua langkah-langkah sudah Pojokata sampaikan dengan sangat jelas dan rinci. Semoga Cara Menulis Cerita dan Membuat Tulisan di KBM App bermanfaat buat kamu. Jangan lupa, ikuti situs web Pojokata dengan klik menu home dan lihat di sebelah kanan, lalu ikuti atau follow. Yuk, ikuti juga media sosial pojokata di instagram @pojokatadotcom biar kamu semakin banyak tahu informasi terkini seputar tutorial.



Tri Ayu @triayunst
Tri Ayu @triayunst Hello, I am writer of the Pojokata site. My name is Tri Ayu (Instagram @triayunst). I am a writer who has produced 6 books such as scholarship books, poetry, and novels. I am also an SEO Writer who has experience in displaying dozens of articles on the main page of the Google search engine. I love photography, videography, product reviews, beauty & lifestyle, cooking, finance, technology, etc. I am also an Content Creator and Blogger with experience in creating content. You can collaborate with me by contacting my Instagram or email triayunst.id@gmail.com. Come on, build partnership and let's be friends with me!

4 komentar untuk "Cara Menjadi Penulis di KBM App, Kupas Tuntas Semua tentang Aplikasi KBM!"