Contoh Script atau Naskah Kompetisi Video "Kumparan"



Script Kumparan Video Competition

Cast:
1.      Tigor
Karakter:
-Pria berdarah Batak berkulit sawo matang
-Kental dengan logat Batak
-Melek politik

2.      Chen
Karakter:
-Pria berdarah Cina
-Berkulit putih
-Humoris

3.      Ilham
Karakter:
-Pria beragama Islam yang taat
-Berkulit kuning langsat

4.      Arjun
Karakter:
-Pria berdarah India berkulit hitam



Jernih Memilih
Written by Tri Ayu Andani Nasution


SCENE 1 INT, CAFÉ-MALAM
Cast: Tigor, Chen, Ilham
Tigor, Chen, dan Ilham sedang duduk di Café sembari meminum kopi dan tertawa.
Tigor membuka cerita dengan melontarkan sebuah pertanyaan.

Tigor
Eh, tanggal 17 April ini kita udah PEMILU aja ya. Gak terasa. Ngomong-ngomong, kelen udah punya pilihan belum?

Chen
Aku sih milih adek itu seorang Hahahah
(tertawa terbahak-bahak)
Udah… Coblos-coblos kan aja kertas itu Hahahaha

Ilham
Kalo aku mending golput aja lah



Tigor
Ah, kelen waktu mau milih adek itu, kelen carik tau dulu orangnya kekmana. Masak untuk masa depan Indonesia mendatang kelen asal pilih aja. Gak patenlah.

Chen
Kau kenapa pulak GOLPUT Ilham?

Ilham
Iya. Pening aku milihnya. Semuanya bagus ku tengok.

Tigor
Suara satu orang warga Indonesia kayak kita ini bakalan menentukan nasib 1 generasi mendatang. Jangan sampek kelen gak milih.

Chen
Kau udah punya pilihan rupanya Tigor?

Tigor
Udah lah Chen. Ini ya biar aku kasih tau, kelen udah punya HP semua kan?
Haa itu  yang kelen pegang (menunjuk ke arah HP yang  Chen dan Ilham Pegang), mending kelen manfaatkan untuk stalking-stalking nyarik tau visi dan misi maupun Bibit, Bebet, Bobot Calon. Disana banyak data-data yang bakal kelen dapat mengenai para calon. Kelen bisa lebih jernih memilih.

Chen
Hahaha, udah sama lah kayak si Ilham. Tiap hari stalking Gebetan.

Tigor dan Chen
HAHAHAHA

SCENE 2 EXT, PINGGIR JALAN-PAGI
Cast: Ilham dan Arjun
Ilham dan Arjun duduk bersebelahan di kursi dekat gang rumahnya.
Ilham teringat pembicaraan bersama kedua temannya di Café.
Ilham mulai stalking para calon peserta Pemilu.

Ilham
Cobak ku stalking-stalking dulu ya.
Haa ini baru cocok nih. Pas. Aku pilih ini aja.

Arjun
(Melirik ke arah HP Ilham)
Kau pilih ini Ilham? Gak bagus tuh. Udah pilih ini aja.
(Mencari sejenak kemudian menunjukkan postingan calon yang ada di HPnya)



Ilham
Sorry, Jun! aku udah yakin sama pilihanku.

Ilham dan Arjun berdebat panjang dan bertengkar kemudian Arjun pergi meninggalkan Ilham.

SCENE 3 INT, RUANG TAMU RUMAH ILHAM & ARJUN
Cast: Ilham, Arjun
Ilham dan Arjun saling serang melalui sosial media dari HP mereka masing-masing. Arjun mempertahankan argumen mengenai calon yang ia yakini baik dan Arjun pun begitu. Mereka berdua saling sinis.

SCENE 4 EXT, JALAN RAYA-SIANG HARI
Cast: Ilham, Arjun
Arjun tengah asyik main HP sembari berjalan di jalan raya. Sangkin fokusnya, Arjun tidak memperhatikan kendaraan yang berada di sekelilingnya. Arjun di serempet oleh Sepeda Motor.

Ilham
Itukan si Arjun. Ah udahla biarkan aja. Udah malas aku. Diakan pendukung nomor sekian.
(Ilham memutar balik dan berjalan lawan arah)
Eh engga-engga. Masak karna ini doang aku gak mau nolongin dia.
(Ilham berlari ke arah lokasi Arjun kemudian menolongnya)
Gimana tanganmu? Ayok ke rumahku biar aku obati.
Arjun
Berdarah sikit aja. Makasih ya am udah mau nolongi aku. Aku pikir, setelah kejadian kemarin waktu kita berantam karna berbeda pilihan itu, kita bakal musuhan.

Ilham
Tau semboyan bangsa kita kan? BHINNEKA TUNGGAL IKA. Biarpun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.
(Arjun merangkul Ilham dan mereka berdua saling melontarkan senyum)

Arjun
Jadi, kita milih siapa nih?

Ilham
Yuk, kita kenali lagi calon pemilu legislatif dan pasangan calon presiden untuk pemilu 2019 nanti.
Mari jernih memilih saat pemilu!
(Ilham menatap tegas ke arah kamera)


Pesan Akhir:
Kenali bibit, bebet, dan bobot pasangan calon yang akan kita pilih agar pemimpin terpilih benar-benar bisa membawa perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik. Cari tahu segala data sesuai fakta yang berhubungan dengan calon. Suara kita menentukan nasib anak cucu dan wajah Indonesia mendatang.
Ayo Jernih Memilih!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Script atau Naskah Kompetisi Video "Kumparan" "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel