Menyeduh Kopi Beserta Daunnya Untuk Kesehatan



Pojokata. Seduhan kopi dapat mempersatu dan mempererat hingga memikat bagi penyeduhnya. Di dalamnya, ada nilai cinta yang amat besar. Ibaratkan sepasang kekasih saling jatuh hati.

Bicara soal kopi tentu tidak ada habisnya. Bahkan, dari sebuah seduhannya saja dapat memiliki banyak makna untuk dikenang. Tetapi kali ini, saking banyaknya tulisan tentang kopi, saya mencoba beralih menulis sedikit cerita tentang daun kopi kering dapat menjadikan minuman bermanfaat.

Sumatera Barat asal minuman daun kopi kering itu. Paling banyak ditemukan pinggir jalan. Terutama daerah Tanah Datar. Mereka menyebutnya "Kawa Daun". Di sana, kawa daun paling populer ketimbang kopi. Minuman ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Menurut sejarahnya, penjajah Belanda merampas semua biji kopi milik petani untuk di ekspor ke negeri kincir angin. Tanpa sebutir biji pun ia sisakan. Mereka cuma bisa menikmati daun kopinya saja.

Budaya minum kopi dari daun ini menjadi sebuah kebiasaan lalu berkembang sampai sekarang. Kafein yang terdapat di dalam kawa daun ini lebih sedikit dibandingkan biji kopi. Untuk rasanya jelas mengandung berbagai rasa bila kita seduh. Pertama, rasa kopi dengan aroma daun yang lembut. Kedua, daun kopi ini masih tergolong keluarga teh dengan tekstur yang sama.

Menurut para ahli, kawa daun ini mengandung zat kimia alami yang berkhasiat mengatasi masalah diperedangan. Selain itu, dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes. Luar biasa, bukan?

Cara membuat Kawa daun ini cukup sederhana. Cukup hanya merebusnya dengan air panas mendidih. Setelah itu, rendam daun tersebut sampai warnanya berubah hitam kemerahan, lalu disaring sampai tidak tertinggal ampasnya. Namun selain rasanya yang lembut, wadah minuman ini sangatlah unik, yakni menggunakan tempurung kelapa beralaskan bambu. Tentu itu ciri khas dari Kawa daun itu sendiri.

Bagi Anda yang penasaran dengan rasanya itu seperti apa? cobalah untuk menyeduh Kawa daun ini untuk memperlengkap status Anda sebagai pecinta kopi atau penikmat kopi.


Salam biji hitam.



Penulis : Nanda Tanjung








Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Menyeduh Kopi Beserta Daunnya Untuk Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel