Cara Cek Plagiarisme Skripsi Gratis, Mudah Dan Aman

Cara Cek Plagiarisme Skripsi Gratis, Mudah Dan Aman
Hasil Cek Plagiasi Skripsi Melalui Aplikasi Plagiarism Checker X

Mahasiswa Akhir selalu disibukkan dengan karya ilmiah seperti skripsi, tesis atau disertasi. Cara cek plagiarisme skripsi gratis, mudah, dan aman ini akan membantumu mennyelesaikan semua yang kamu butuhkan. Kebanyakan dari Mahasiswa menyelesaikan skripsi hingga tuntas namun sering melupakan pentingnya cek plagiarisme karya ilmiah. Akibatnya ketika karya ilmiah di cek plagiasi mungkin melewati persentase batas yang ditentukan oleh pihak kampus sehingga Mahasiswa terpaksa mengubah kembali kalimat mana saja yang terdapat plagiat. Hal ini menambah tugas baru Mahasiswa untuk mencari kosa kata berbeda dari sebelumnya hingga seringkali mengalami kesulitan yang tidak dapat terelakkan.

Cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari plagiat adalah melakukan pemeriksaan rutin setiap kali menulis di satu paragraf dengan cek plagiarisme. Melalui aplikasi Plagiarism Checker X ini, Anda bisa mengetahui berapa persen angka plagiarisme yang ditampilkan pada diagram dan kolom. Mesin akan secara otomatis memberi tanda garis kuning pada setiap kata yang plagiat. Tak hanya itu, Anda dapat menyimpan hasil cek plagiarisme dalam beberapa format diantaranya Microsoft Word, PDF, HTML, dan Excel.

Jika sudah terlanjur menyelesaikan skripsi namun belum pernah melakukan cek plagiarisme skripsi, Anda tidak perlu takut karena aplikasi ini mampu memeriksa puluhan hingga ratusan lembar skripsi. Cara yang dilakukan juga mudah dan aman. Anda juga akan dimudahkan dengan penandaan garis kuning pada kata-kata yang plagiat sehingga isi skripsi dapat langsung diganti untuk di cek ulang tingkat plagiarismenya.

Setiap kampus menerapkan peraturan masing-masing untuk tingkat maksimal persentase angka plagiat skripsi. Sebagian 40% dan sebagian lagi berada pada angka maksimal 30%. Kampus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara untuk Jurusan Ilmu Komunikasi misalnya, angka persentase maksimal plagiat skripsi yang diterapkan adalah 30% dari total skripsi pada bab 1 hingga bab 5. Cara membagi persenan plagiat agar mudah yaitu dengan membagi total keseluruhan misalnya pada bab 1 hanya 5%, bab 2 hanya 10%, bab 3-5 hanya 5 %. 

Aplikasi Plagiarism Checker X ini gratis, sangat mudah dan aman digunakan karena fiturnya yang mudah dikenali. Selain itu, Anda juga bisa menambah nama dan judul skripsi pada hasil cek plagiarisme. Akan muncul beberapa data seperti jam, tanggal, kategori hasil plagiasi, dan total kata skripsi maupun jumlah kata yang plagiat. Dalam tutorial Penggunaan Plagiarism Checker X ini, akan ditampilkan cara cek plagiarisme dengan contoh skripsi yang sudah disatukan dari bab satu hingga lima menjadi satu file. Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah Cek Plagiarisme melalui Plagiarism Checker X berikut ini.

Cara Cek Plagiarisme Skripsi Melalui Aplikasi Plagiarism Checker X:

1. Download dan Install Aplikasi Plagiarism Checker X

Buka browser di PC / Laptop Anda lalu ketik Plagiarism Checker X kemudian pilih web yang menyediakan Aplikasi lalu  klik free download aplikasi Plagiarism Checker X. Unduh aplikasi dan tunggu hingga selesai. Kemudian, install aplikasi Plagiarism Checker X pada PC / Laptop. Jik kamu tidak dapat menemukan aplikasi yang gratis, kamu bisa chat admin di Instagram Pojokata @pojokatadotcom dan nanti linknya akan kami berikan.

2. Matikan Anti Virus yang Ada di PC / Laptop

Sebelum install aplikasi, disarankan untuk menghentikan penggunaan anti virus selama 1 jam. Hal ini dilakukan agar ketika melakukan cek plagiasi tidak mengalami kendala seperti keterlambatan akses. Semakin lancar proses plagiasi maka akan semakin cepat selesai dan tampil hasil cek plagiasinya.


3. Buka Aplikasi dan Klik Online Plagiarism



4. Klik Load Document

Setelah muncul tampilan seperti di bawah lalu klik load document.



5. Pilih File yang Akan Dicek Plagiasinya, Klik Analyze It

Pilih file skripsi yang sudah disatukan dari bab 1 -5 tanpa daftar pustaka atau daftar referensi menjadi satu file. Dalam hal ini total halaman pada skripsi contoh adalah 75 lembar. Anda bisa menggunakan skripsi dengan total halaman puluhan hingga ratusan. Jika sudah klik open lalu klik analyze it.


6. Tunggu Proses Pemeriksaan Plagiasi Skripsi

File mulai diperiksa oleh aplikasi seperti pada tampilan di bawah ini. Tunggu hingga "please wait" sudah tidak muncul lagi.


7. Klik View Summary



8. Muncul Hasil Cek Plagiarisme

Cek plagiarisme sudah berhasil dilakukan sehingga muncul diagram lingkaran seperti dibawah ini. Warna hijau menunjukkan persentase unique yang artinya skripsi bebas dari plagiat dan warna hitam menampilkan persentase plagiarized yang artinya skripsi Anda plagiat. Pada grafik lingkaran di bawah menunjukkan plagiarized 14% dan 86% unique. Ini berarti bahwa skripsi aman karena mengingat persentase maksimal plagiasi di kampus pemilik skripsi tersebut adalah 30%.


9. Klik Detailed Report Untuk Melihat Detail Hasil Plagiasi


Tabel kotak pada gambar di atas menunjukkan beberapa keterangan sepeti waktu, jumlah kata, jumlah pencarian, dan kategori plagiasi skripsi. Jika ingin melihat kelengkapan seluruh kata yang ada pada file skripsi klik detailed report maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Kata bergaris kuning menunjukkan plagiat. Sedangkan jika tidak diberi tanda kuning artinya pada kata-kata tidak terdapat plagiat. Jika ingin mudah dalam mengubah persentase plagiarized, hal mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan mengubah kata-kata bergaris kuning dengan kata lain atau menambahkannya dengan kalimat dan susunan yang berbeda.

10. Simpan File

Jika ingin menyimpan file hasil cek plagiasi, Anda bisa klik kanan save lalu akan muncul beberapa pilihan format penyimpanan seperti MS Word Document, Excel (CSV), PDF, maupun HTML. Setelah disimpan, Anda dapat mengedit file final hasil plagiarism checker dengan menambahkan nama, judul skripsi, diagram lingkaran, dan kolom tabel yang ada dengan cara screen shoot kemudian paste pada file final plagirisme seperti pada tampilan poto pertama di atas.



Cara-cara di atas, dijamin bekerja sesuai apa yang dijelaskan. Kebanyakan orang mengalami kesulitan dalam cek plagiat karena aplikasi yang tidak bisa didapatkan secara gratis. Untuk itu, jika kamu tidak bisa melakukan cek plagiat, maka kamu bisa menanyakan link untuk download aplikasi Plagiarism Checker X ini dan nantinya Pojokata akan memberikan link tersebut. Jangan sungkan ya, Sobat Pojokata. Semoga kamu bisa menyelesaikan cek plagiarisme tulisanmu ya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Plagiarisme Skripsi Gratis, Mudah Dan Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel