Program Gerakan Literasi Sekolah


Literasi merupakan seperangkat keterampilan nyata, khususnya keterampilan kognitif seperti membaca dan menulis yang terlepas dari konteks di mana keterampilan itu diperoleh dan dari siapa memperolehnya. Dunia pendidikan sangat membutuhkan tulisan. Buku-buku pelajaran maupun buku bacaan yang lainnya menjadi sarana untuk belajar siswa di lembaga-lembaga sekolah mulai tingkat dasar hingga menengah atas.

Tanpa tulisan dan membaca, proses transformasi ilmu pengetahuan tidak akan bisa berjalan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya tulisan, budaya membaca, serta menulis di kalangan masyarakat. Langkah ini dimulai dengan membiasakan siswa di sekolah-sekolah untuk rajin membaca dan menulis hingga menjadi budaya di sekolah maupun masyarakat.

Cara yang dapat dilakukan untuk terus mendukung program literasi ini yaitu dengan meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia dimulai dari sekolah. Setiap sekolah merancang kegiatan yang bisa menunjukkan betapa pentingnya budaya literasi bagi siswa.

Program literasi yang dilaksanakan di sekolah-sekolah merupakan program yang sangat baik guna menumbuhkembangkan budaya baca siswa karena pendidikan dan kemampuan literasi adalah dua hal yang saling berhubungan dan sangat penting dalam kemajuan suatu negara. Sebab, kemajuan sebuah negara tergantung pada tingkat melek huruf di negara tersebut. Hal ini harus terus didukung oleh seluruh elemen masyarakat guna terwujudnya budaya literasi di kalangan siswa Indonesia.

Penulis : Tri Ayu Andani Nasution

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Program Gerakan Literasi Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel