Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ganti Background Pas Foto Pemula Mudah Cuma 1 Menit


Pas Poto sangat dibutuhkan bagi semua orang. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Anak-anak yang ingin masuk ke Sekolah Dasar, remaja yang harus melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Begitu juga dengan orang dewasa yang ingin melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi hingga untuk melamar kerja. Semuanya membutuhkan pas poto sebagai bahan untuk melengkapi persyaratan administrasi. Kebutuhan ini membuat setiap orang harus melengkapinya dengan berpoto dalam mode kamera posisi portrait.

Meski hasil jepretan kamera DSLR atau Mirrorless di studio jauh lebih baik namun hal ini tidak menutup kemungkinan dengan pengambilan poto dari sebuah kamera Handphone. Sebagian memilih untuk memotret secara mandiri melalui Handphone di rumah. Spesifikasi yang kini hampir menandingi kamera DSLR atau Mirrorless membuat kebanyakan lebih memilih memotret sendiri bahkan bisa secara selfie. 

Bukan hanya itu, untuk backgorund poto juga secara mandiri yakni edit sendiri menggunakan aplikasi. Berbagai tawaran muncul sebagai pilihan dalam melakukan pengeditan background pas poto seperti melalui Adobe Photoshop yang ada di PC / Laptop. Cara ini sangat mudah hanya dengan tools yang diberikan oleh penyedia aplikasi. Sehingga, seorang pemula juga mampu melakukannya hanya dalam 1 menit dengan hasil yang rapih dan memuaskan.

Cara ganti background pas poto ini sangatlah mudah dilakukan oleh pemula yang bahkan belum pernah sama sekali menggunakan Adobe Photoshop. Anda hanya membutuhkan satu menit untuk melakukan edit pas poto dengan background dinding atau apapun yang berada di belakang poto Anda. Hasil pas poto juga rapih, cantik, dan memuaskan. Simak langkah-langkahnya berikut ini ya.


Cara Ganti Background Pas Foto Pemula Mudah Cuma 1 Menit

  • Buka Aplikasi Photoshop
Buka Aplikasi Photoshop si PC / Laptop. Anda bisa menggunakan versi apa saja.



  • Klik File, Open



  • Pilih File, Open
Pilih file poto yang akan diedit backgroundnya, lalu klik open.




  • Klik kanan, pilih Quick Selection Tool
Jika poto sudah terbuka, klik kanan icon pada tanda panah, lalu klik Quick Selection Tool



  • Tarik garis dari sudut ke arah kanan


  • Tarik Terus Garis Ke Arah Kanan


  • Klik Kotak Di Sudut Kiri Lalu Ubah Dengan Warna Merah Kemudian Klik Ok. 

Klik Kotak berwarna biru di sudut kiri yang diberi tanda panah lalu akan muncul pilihan warna. Atur warna dengan warna merah atau biru sesuai dengan background / latar belakang yang Anda butuhkan lalu lakukan hal yang sama pada kotak yang satunya lagi dengan warna serupa. Kemudian, klik ok. 




  • Selanjutnya tekan CTRL + Del pada keyboard.
Selanjutnya arahkan mouse di garis-garis putus tadi lalu tekan CTRL + Del pada keyboard. Warna akan secara otomatis berganti menjadi merah.



  • Klik Kanan, Deselect.
Klik kanan, Deselect. Garis putus-putus akan secara otomatis hilang.



  • Jika ukuran poto belum sesuai maka bisa mengedit poto untuk di crop. 
Jika ukuran poto belum sesuai maka bisa mengedit poto untuk di crop. Klik crop tool untuk melakukan pemotongan poto.



  • Atur bagian yang akan di potong, klik ceklis.
Atur bagian mana saja yang akan di potong, klik ceklis pada tanda lingkaran merah.



  • Klik File, Export, Quick Export As PNG.
Klik File, Export, Quick Export As PNG untuk menyimpan file pas poto yang sudah selesai di edit.



  • Pilih Tempat Poto Yang Akan Disimpan, lalu klik Save.
Pilih Tempat Poto Yang Akan Disimpan, tulis nama file name lalu klik Save. Foto telah selesai disimpan. 



  • Hasil Edit Background Pas Poto

Seperti Ini Hasil Poto Yang Sudah Diedit Menjadi Pas Poto Dengan Background / Latar Belakang Berwarna Merah



Foto telah selesai diedit dan disimpan. Langkah-langkah di atas terlihat panjang, namun pojokata.com ingin memberikan tahapan demi tahap secara perlahan agar pemula juga bisa melakukan pengeditannya meski belum pernah menggunakan Adobe Photoshop sebelumnya. Pada intinya, proses pengeditan mudah hanya dilakukan dengan dua tahap yaitu Quick Selection Tool dan crop poto. Jika sudah selesai, pas poto sudah bisa dicetak sesuai kebutuhanmu. Apakah menjadi 3x4, 4x6, dan lain sebagainya.




Tri Ayu @triayunst
Tri Ayu @triayunst Hello, I am writer of the Pojokata site. My name is Tri Ayu (Instagram @triayunst). I am a writer who has produced 6 books such as scholarship books, poetry, and novels. I am also an SEO Writer who has experience in displaying dozens of articles on the main page of the Google search engine. I love photography, videography, product reviews, beauty & lifestyle, cooking, finance, technology, etc. I am also an Content Creator and Blogger with experience in creating content. You can collaborate with me by contacting my Instagram or email triayunst.id@gmail.com. Come on, build partnership and let's be friends with me!

Posting Komentar untuk "Cara Ganti Background Pas Foto Pemula Mudah Cuma 1 Menit"