Buku Kata Tentangmu, Antologi Puisi Karya Mahasiswa Ilmu Komunikasi UINSU



Apa yang terlintas di pikiranmu ketika ditanya bagaimana puisi itu? semua pasti memiliki jawaban yang mengena di hati. Puisi adalah sebuah karya sastra. Belakangan ini, puisi semakin berkembang dengan gaya penyampaian yang baru. Banyak dari orang-orang membuat puisi menjadi gambar yang didesain dengan sangat unik dan variatif. Ada yang memberi background polos putih, hitam, dihias dengan foto daun, pena, laptop, dan lain sebagainya. Ada juga puisi yang dikemas dengan jenis tulisan (font) yang baru seperti misalnya font kekinian NKCTHI (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini). Semua dikemas menarik sehingga membuat banyak kalangan semakin menyukai puisi. Tempat mempublikasikannya biasanya dari sosial media. Puisi yang dibuat terasa belum sempurna dan terlihat kurang jika hanya di upload ke sosial media. Kalau bahasa ringannya sepeti ini,

"Wah, puisi-puisinya bagus. Sayang banget kalau cuma diposting ke sosial media. Akan lebih bermanfaat lagi ketika puisinya menjadi sebuah buku".

Semakin berkembangnya ide-ide anak muda, maka semakin banyak dari mereka yang menaruh harapan tinggi pada cita-cita dan impiannya. Seperti halnya mewujudkan impian bisa menerbikan buku antologi puisi. Antologi puisi adalah kumpulan puisi yang ditulis oleh satu atau beberapa orang yang kemudian dikemas menjadi sebuah buku. 

Berangkat dari pengalaman di atas, seorang perempuan yang merupakan alumni sekaligus pembina Lensa Komunikasi Production bernama Tri Ayu Andani Nasution berinisiatif untuk membuat buku antologi puisi. Sayang rasanya bila puisi-puisi yang kita buat hanya ditulis dan di upload ke sosial media. Jika bisa menerbitkannya menjadi sebuah buku maka akan terlihat lebih menarik. Dia kemudian mengajak anggota-anggota Lensa Komunikasi Production untuk berkolaborasi menciptakan sekumpulan puisi yang kemudian diterbitkan oleh Guepedia. Guepedia adalah penerbit yang berasal dari Jakarta dan buku-buku yang sudah diterbitkannya kemudian dipasarkan secara online, tanpa terkecuali karya Lensa Komunikasi Production ini.

Berawal dari Tri Ayu Andani Nasution yang ketika itu diamanahkan menjadi pemateri pada pelatihan menulis. Setelah pelatihan tersebut usai, dia berinisiatif membuat kelas menulis online gratis. Kelas ini hanya bisa diikuti oleh anggota Lensa Komunikasi Production yang memiliki semangat dan komitmen yang tinggi terhadap penulisan puisi.

Proses menulis puisi mulai berjalan hingga naskah dan data-data penulis dikirim ke penerbit. Dari sana proses penulisan menjadi buku berlangsung selama tiga minggu ditambah dengan proses penerbitan yang memakan waktu selama seminggu. Meskipun sempat mengalami revisi judul yang kurang diterima oleh penerbit namun setelah mengganti judul dengan judul buku yang belum pernah dicetak dari penerbit yang ada di Indonesia, pada akhirnya Guepedia menerima judul "Kata Tentangmu". Hingga pada akhirnya, penerbit menerima karya-karya mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan ini dan menerbitkannya menjadi sebuah buku. Akhirnya, impian sang pembina terwujud.

Kata Tentangmu
Penulis: Lensa Komunikasi Production
Ukuran : 14 x 21 cm
ISBN : 978-623-294-187-8
Terbit : Juli 2020
Harga : Rp 70000
www.guepedia.com

Sinopsis

 

Setiap orang pernah merasakan jatuh cinta dan jatuh hati. Entah itu pada orang tua, kekasih, atau yang lainnya. Naluri merasakan jatuh cinta atau dicintai tanpa sadar tumbuh dengan sendirinya. Jatuh cinta membuat kita merasa ingin memiliki sedangkan jatuh hati berarti tak harus memiliki.

Ada banyak orang yang merasakan jatuh hati berkali-kali. Siapa saja berhak menjatuhkan hati pada pilihannya. Rasa yang selalu tumbuh membuat seseorang merasa bahagia, ceria, gembira, rindu ingin cepat pulang dan bertemu. Bagi sebagian orang, cinta bisa membuat gila, ‘buta’, atau bahkan memabukkan. Namun, semua tak selamanya bertahan. Terkadang, bisa membuat hati luka, patah, usai, jatuh, pergi, lalu menghilang. Seperti pada 10 bagian di buku Antologi Puisi ini yang mampu menggambarkan kisah kita.

            Ragam rasa yang hadir telah tercurah dalam untaian kata sederhana namun penuh makna. Lika-liku hati dirangkum dalam rangkaian kata dan diksi yang mudah dipahami. Kamu tak akan merasa sendiri sebab puisi-puisi ini mewakili isi hatimu untuk dapat tersampaikan padanya. Puisi yang mampu menggugah hati dan emosi serta menghiburmu dari luka yang sempat terpendam. Lewat “Kata Tentangmu”, segalanya terasa dekat.


Kata tentangmu adalah judul dari sebuah buku karya anggota Lensa Komunikasi Production yang berjumlah 10 orang. Lensa Komunikasi Production merupakan sebuah komunitas yang ada di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Komunitas ini sudah banyak menghasilkan karya-karya di bidang Fotografi, Perfilman, Design Grafis, Penulisan seperti Majalah dan lain sebagainya.

Buku Antologi Puisi yang diinisiatif oleh Tri Ayu Andani Nasution yang juga merupakan Pembina serta hasil kolaborasi karya hebat dari kesembilan penulis lainnya yakni Ade Nafa Auliah, Amiroh Hadiyatun Nuha, Camelia Asmawiyah, Dinda Gita Puspita, M. Rahmat Hidayat, Ratih Safira, Sakina Azzuhra, Shindy Pramita Sinaga, Sylva Zahra ini menjadi salah satu karya Lensa Komunikasi Production di bidang Penulisan.

Berkat semangat, kerja sama, dorongan dan motivasi yang baik dari berbagai pihak akhirnya karya-karya puisi anggota Lensa Komunikasi ini dapat disatu-padukan dalam sebuah buku Antologi Puisi. Semua ini tentunya bisa tercapai berkat dukungan dari berbagai pihak. Lensa Komunikasi Production yang telah banyak memberikan dukungan serta semangatnya sehingga buku ini dapat terselesaikan dengan baik. Kemudian dukungan dari Kepala dan Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi serta dosen dan jajaran pada lingkup Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan yang sudah memberikan semangat serta motivasi yang tinggi. Tak kalah penting, juga dukungan dari Pembina, ketua, pengurus, dan seluruh Crew Lensa Komunikasi Production sehingga buku ini dapat terselesaikan dengan baik.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Buku Kata Tentangmu, Antologi Puisi Karya Mahasiswa Ilmu Komunikasi UINSU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel