Wajib Diketahui Ini Cara Berkomunikasi dengan Baik dan Efektif!

 

Oleh : Annisa Sulfi Irawan

 

Hidup di abad 21 ini tentunya akan menuntut kita menjadi individu yang dapat diandalkan ketika bernegosiasi akan sesuatu. Apalagi saat ini hampir semua pekerjaan membutuhkan komunikasi yang baik dan efektif apabila hendak menyampaikan tujuan yang dimaksudkan si pembicara. Lantas, hal ini akhirrnya membuat orang-orang yang memilih ranah komunikasi publik sebagai pekerjaannya haruslah memiliki komunikasi yang baik dan efektif yang akan menimbulkan kesan sebagai orang yang dapat dipercaya dan meyakinkan.

Dari sisi psikologisnya bahwa komunikasi yang efektif adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh manusia. Di mana dengan komunikasi yang baik, kita akan semakin memahami perasaan dari lawan bicara kita. Dengan komunikasi yang baik dan efektif juga kita mampu mengirim pesan atau informasi yang mudah dipahami dan tidak terjadinya miss communication (kesalahpahaman arti) satu dengan yang lain.

Lalu, sebenarnya komunikasi itu apa sih? Komunikasi merupakan proses dua arah yang memiliki sifat sangat komplek. Di mana dalam berkomunikasi harus ada berbagai unsur komunikasi dengan berbagai komponen komunikasi dan tentunya melalui tahapan-tahapan komunikasi, sebelum segala kesamaan dalam pemahaman terwujud.

Hal itu yang menjadikan betapa pentingnya memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif dalam kehidupan bersosial pada saat ini. Lalu, bagaimana caranya berkomunikasi dengan baik dan efektif? Untuk itu yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Berbicara dengan pelan, tetapi lugas.

Satu hal yang harus kita pahami bahwa dalam berkomunikasi yang baik jangan sampai kita terbawa emosi saat pendapat atau pembicaraan tidak sesuai dengan keinginan kita. Namun, sebaiknya berkomunikasi yang baik dan efektif adalah dengan nada yang pelan sekaligus lugas. Di mana nada pelan bukan berarti tidak kedengaran suaranya, tetapi nada bicara yang terdengar sopan dan tidak berintonasi tinggi.

Tentunya kita harus berbicara dengan lugas atau jelas agar apa yang dibicarakan dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara kita. Hal itu akan mempermudah kita dalam berkomunikasi dan menambah relasi pertemanan kita, dan pastinya ini dapat membuat lawan bicara merasa nyaman ketika berbicara dengan kita.

2. Membiasakan tidak memotong pembicaraan yang disampaikan orang lain.

Selain tidak sopan, ternyata memotong pembicaraan yang disampaikan oleh orang lain adalah tindakan tidak terpuji dan bukan tindakan yang baik dalam berkomunikasi. Untuk itu coba hindari memotong pembicaraan orang lain, dan yang seharusnya dilakukan yaitu mendengarkan dengan baik apa yang disampaikan oleh orang tersebut.

3. Memberikan perhatian ketika lawan bicara menyampaikan pesan.

Memberi perhatian kepada lawan bicara dalam artian ketika lawan bicara kita menyampaikan sesuatu hal penting, maka dengarkan dengan baik dan apabila kita ingin berkomunikasi atau berdiskusi dengan orang lain maka lebih baik untuk memandang atau menatap mata lawan bicara kita terlebih dahulu. Hal ini akan membuat lawan bicara merasa lebih dihargai. Dengan cara lebih sabar dan memberi perhatian ketika berkomunikasi akan menimbulkan suasana yang nyaman dan lebih bersahabat tentunya.

Jadi, apakah dengan cara di atas kita selayaknya manusia bisa menumbuhkan cara komunikasi yang baik dan efektif? Tentunya sangat bisa dan itu akan menjadi suatu keberuntungan apabila kita memiliki kemampuan untuk hal itu. hal ini juga akan mempermudah kita dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Karena bagaimana pun perusahaan atau institusi besar akan memilih stafnya yang cakap dan mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif.


*Penulis merupakan mahasiswi program studi Ilmu Komunikasi (Public Relation) yang sedang melaksanakan KKN DR UIN-SU, Kelompok 124

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wajib Diketahui Ini Cara Berkomunikasi dengan Baik dan Efektif!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel