Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di HP Secara Online


Orang Indonesia rata-rata menggunakan aplikasi WA (WhatsApp) sebagai komunikasi jarak jauh melalui chatting. Stiker WA pun digunakan sebagai alternatif ketika malas mengetik teks dari keyboard HP. Hal ini membuat banyak orang memilih menggunakan stiker saja daripada menuliskannya lagi ataupun mendiamkannya saja, "cuma diread" kalau bahasa anak jaman sekarang. Sehingga, akan ada banyak orang yang membutuhkan stiker. Tapi tenang saja, Pojokata sudah menyusun cara membuat stiker WA (WhatsApp) di HP secara online dengan langkah-langkah yang mudah.

Stiker WhatsApp biasanya digunakan dalam beberapa hal yakni ketika tak ingin terlihat sombong atau cuek dengan mendiamkan pesan alias cuma diread, saat sibuk sehingga tak sempat menuliskan teks pada chat, pas lagi "badmood" malas mengetik pesan atau menuliskan teks chatting, ataupun sebagai ajang meramaikan chatting pribadi maupun grup. Biasanya ini terjadi pada kondisi tertentu.

Pada saat akan ada acara tertentu orang-orang sudah mulai mengirim stiker. Seperti stiker lebaran idul fitri, lebaran idul adha, tahun baru, selamat hari kemerdekaan, dan hari-hari besar lainnya. Misalnya ketika hari raya idul fitri tiba, orang-orang akan mengirimkan stiker selamat hari raya idul fitri, stiker mohon maaf lahir dan batin, maupun stiker candaan dan ledekan lainnya. Nah, biasanya ada banyak stiker-stiker lucu yang bertebaran bukan hanya pada hari besar saja.

Stiker lucu ini digunakan sebagai bahan candaan atau meledek teman. Bahkan, stiker menyindir orang-orang di grup juga ada. Hihihi. Belakangan, stiker ini juga semakin berkembang dalam hal fungsinya. Mulai digunakan sebagai media marketing dan promosi usaha. Stiker yang dibuat dengan gambar dan kata-kata penjualan maupun merk. Jika merasa lucu, orang-orang akan menyimpannya dan membagikan stiker tersebut pada teman-teman lainnya.

Secara tidak langsung, ini akan menjadi metode berantai. Satu pemilik usaha yang membuat stiker kemudian membagikan stiker tersebut pada temannya, lalu temannya itu membagikan stiker tersebut kepada orang lain. Hal ini tentu membuat brand maupun produk pemilik usaha semakin tersebar luas dan dikenal masyarakat. Setidaknya, promosi tersebar kepada orang-orang yang mendapat stiker tersebut. Masih banyak manfaat lainnya dari stiker WA ini, nanti kita bahas lagi di tutorial selanjutnya ya, sobat Pojokata.

Memori HP kamu tinggal sedikit tapi mau membuat stiker WA? tenanggg!!! bisa kok. Cara-cara yang akan Pojokata bagikan mampu memudahkan kamu dalam membuat stiker. Tak perlu membutuhkan banyak penyimpanan memori karena Pojokata mengulas cara-caranya melalui Google. Kamu tidak perlu download banyak aplikasi. Kamu hanya butuh Google dan 1 aplikasi saja!

Biasanya, stiker yang paling banyak dibuat perorangan atau individu berasal dari foto pibadi. Sehingga, Pojokata akan menjelaskan cara membuat stiker WA (WhatsApp) di HP secara online menggunakan cara-cara yang mudah seperti dari website pada google dan menggunakan foto pribadi. Tak perlu mendownload banyak aplikasi, kamu hanya butuh satu aplikasi wajib yang memang harus digunakan sebagai syarat dari pihak WA itu sendiri. Selebihnya, kamu tak perlu repot mendownload aplikasi. 


Persiapan sebelum Membuat Stiker WA di HP

Sebelum membuat stiker, kamu harus mengetahui terlebih dahulu segala persiapannya. Ada beberapa persiapan yang harus kamu penuhi sebelum membuat stiker. Hal ini akan membuat kamu semakin cepat dalam membuat stikernya karena tidak perlu mengulang berkali-kali jika terjadi kesalahan pada saat mencoba membuat stikernya. Perhatikan poin-poin berikut ini ya:

1. Siapkan minimal 3 foto

Siapkan minimal 3 foto karena pihak WhatsApp mewajibkan siapa saja yang membuat stiker menambahkan sedikitnya 3 stiker. Jadi, minimal 3 foto yang kamu siapkan ini nantinya akan dibuat menjadi stiker.


2. Usahakan ukuran foto kualitas HD

Usahakan ukuran foto yang akan kamu buat menjadi stiker dalam kualitas HD (resolusi minimal 600 x 600 piksel) dengan ukuran tidak melebihi 1 MB.

3. Pikirkan desain stiker seperti apa yang akan kamu buat

Pikirkan desain stiker seperti apa yang mau kamu buat. Misal, stiker dengan foto kamu lagi nunjuk dengan ekspresi lucu. Lalu, nantinya kamu akan menambahkan stiker love sebagai pelengkap dan penyesuai stiker nantinya.

4. Siapkan kata-kata yang akan kamu tambahkan dalam stiker.

Pikirkan kata-kata apa yang akan kamu buat di stiker nantinya. Misal, "kamu jomblo ya?" atau "ah, kamu gombal!" dan berbagai pilihan kata lainnya. Usahakan kata yang kamu buat sesuai dengan foto yang kamu gunakan ya sobat Pojokata.


Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di HP Secara Online

Sebagian orang ingin membuat stiker WA dengan mudah tanpa aplikasi karena mungkin memori HP yang sudah penuh atau mungkin karena ingin membuat stiker WA tapi HP sedang lambat. Bisa juga karena RAM yang tidak sanggup lagi untuk mendownload aplikasi. Tenangggg! Gak perlu khawatir! Kamu tetap bisa membuat stiker WA (WhatsApp) kok.

Cara pertama yang akan Pojokata bagikan ini bisa kamu ikuti melalui laptop atau PC kamu. Pojokata menyarankan kamu menggunakan PC atau Laptop karena akan lebih cepat. Namun, kamu juga bisa membuatnya dari HP (Cara Membuat stiker WhatsApp di HP Tanpa Aplikasi dan Secara Online). Jika kamu ingin menggunakan aplikasi, kamu bisa langsung coba cara kedua ya. Berikut ini Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di HP Secara Online:

1. Buka website pixlr.com di Google

Pertama, buka Google. Bisa buka dari Laptop/PC kamu. Kamu juga bisa buka dari HP-mu. Buka website pixlr.com. Atau kamu bisa klik di sini. Kamu akan secara otomatis sampai pada halaman utama pada website pixl.com.


2. Pilih menu REMOVE BG untuk menghapus background foto

Ada banyak menu yang ditampilkan. Pilih menu REMOVE BG. Atau jika kamu malas mengetik langkah 1, kamu bisa langsung ke langkah 2 dengan menuliskan link di bawah ini.

https://pixlr.com/remove-background/

REMOVE BG berfungsi untuk menghapus menghapus latar belakang foto dan mengubah format JPG jadi PNG. Pihak WhatsApp mengharuskan kamu membuat stiker dengan format PNG. Sehingga REMOVE BG memang sangat dibutuhkan dalam membuat stiker WA.

Terkadang, background tidak terhapus secara bersih. Tapi kamu masih bisa melakukan erase dari aplikasi Pixlr tersebut. Namun, kamu juga bisa menambah referensi cara menghapus background lewat cara lainnya. Jika kamu ingin menghapus background foto kamu dengan cara lain, kamu bisa menggunakan Cara Edit Background Foto di HP Secara Online ini.


3. Open Image dan pilih foto mana yang mau diedit background-nya

  • Pilih Open Image, lalu pilih foto yang ingin diedit background-nya.
  • Klik ok.
  • Ada 3 pilihan size yang diminta yakni original, full HD, dan web. Pilih ukuran web. Tunggu beberapa detik, foto akan secara otomatis dihapus backgroundnya. Tanda foto sudah selesai yakni background foto akan berubah menjadi transparan.

Di sini Pojokata menggunakan laptop, kalau kamu buka dari HP. Buka kembali home atau halaman utama website Pixlr, kemudian scroll terus ke bawah. Nanti akan muncul Pixlr X dan Pixlr E. Pilih Pixlr X ya sobat Pojokata. Langsung saja klik dan pilih open image.


4. Download foto

Download foto yang sudah terhapus background-nya. Foto akan secara otomatis tersimpan di HP-mu.


5. Pilih menu Pixl X

Pilih menu Pixl X yang ada di website pixl.com tadi. Kamu tak perlu bolak-balik pindah website. Pojokata sudah memberikan cara yang mudah hanya dengan satu website. Jadi, langsung buka saja ya menu Pixl X-nya.


6. Klik open image lalu pilih foto yang sudah diedit background-nya

  • Klik open image
  • Lalu pilih foto yang sudah diedit background-nya tadi.
  • Kemudian, klik Ok.
  • Akan muncul 3 pilihan yakni Original, full HD, dan Web. Pilih ukuran web.


7. Tambahkan teks

  • Tambahkan teks pada gambar agar telihat lebih menarik. Tulis teks sesuai seleramu. Di sini, Pojokata akan menuliskan kata, "Mager Kali..." artinya malas gerak banget. Kali adalah kata 'banget' yang sering digunakan sebagai bahasa sehari-hari orang Medan.
  • Ganti font, Pilih font sesuai seleramu. Pojokata pilih font laudya bloods. 
  • Pilih colour, pilih warna teks yang kamu suka.
  • Ubah size, ubah ukuran font sesukamu. 
  • Ubah color text, ubah warna teks sesuai seleramu.
  • Atur letter spacing, kalau ingin berjarak per-hurufnya misal Mager Kali... Masing-msing huruf akan berjarak. Semakin ke kanan semakin berjarak, semakin ke kiri semakin dekat dan tidak berjarak. 
  • Pilih background, kalau kamu mau background font-nya full atau penuh. Tapi Pojokata tidak mau menggunakannya.
  • Pilih outline. Pojokata di sini memakai outline agar terlihat lebih terbaca kata-kata yang akan dibuat.
  • Atur size outline-nya. Atur ukuran outline-nya sesukamu. Kalau ingin semakin besar, tarik ukuran font ke kanan.


8. Klik Add Element

  • Klik add element.
  • Lalu akan ada 4 element pilihan yakni overlape, border, shape, dan sticker. Kalau Pojokata pilih element sticker. Pilih stiker mana yang kamu gunakan sebagai tambahan biar foto tidak terlalu kosong. Kamu bisa menambahkan segitiga, segiempat, garis, ataupun lengkung. Bebas. Sesuai kreasimu saja.


9. Klik save

  • Klik save, lalu ubah file name untuk memudahkan kamu dalam mencari nama file nantinya.
  • Pilih file type PNG.
  • Lalu, klik download. Stiker akan secara otomatis tersimpan di Laptop atau HP kamu.
Jangan lupa, buat 3 buah stiker ya. WhatsApp mewajibkan minimal 3 stiker agar kamu bisa menambahkan stikernya ke WhatsApp.


10. Download Aplikasi Stiker Pribadi untuk WhatsApp

  • Download aplikasi Stiker Pribadi untuk WhatsApp yang dibuat oleh Stukalov. Kamu tidak bisa langsung mengunduh stiker yang sudah kamu buat tadi tanpa download aplikasi tambahan seperti Aplikasi Stiker Pribadi untuk WhatsApp karena pihak WhatsApp telah mewajibkan para pembuat stiker untuk download aplikasinya terlebih dahulu agar bisa menambahkan stiker yang sudah kamu buat dari website Pixlr.com tadi.
  • Setelah selesai didownload, buka aplikasi tersebut. Pojokata sarankan menggunakan aplikasi ini karena aplikasinya cukup ringan yaitu 1,9 MB. Jadi, kamu tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan.
  • Pilih tanda tambah kemudian tulis nama paket stiker yang ingin kamu buat. Misalnya dengan nama mager. Lalu isi author atau nama pembuatnya. Misalnya, triayunst. Ketuk ikon stiker yang telah kamu buat tadi. 
  • Tambahkan minimal 3 stiker. WhatsApp mewajibkan kamu untuk membuat sedikitnya 3 stiker sebelum akhirnya stiker berhasil ditambahkan.
  • Klik ceklis. Stiker berhasil ditambahkan.


11. Buka Stiker di Aplikasi WhatsApp

  • Buka WhatsApp kamu. Coba buka chattingan teman kamu.
  • Stiker secara otomatis tersimpan di WhatsApp kamu sehingga kamu bisa langsung chattingan menggunakan stiker tersebut.
  • Gunakan stiker WhatsApp untuk chattingan.

Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di HP Hanya dengan Satu Aplikasi

Ada beberapa orang 

1. Download Aplikasi Sticker.ly

  • Download Aplikasi Sticker.ly di Handphone kamu. 
  • Buka aplikasi tersebut.

2. Klik tanda tambah

  • Klik tanda tambahkan yang ada di tengah (berwarna biru)
  • Akan muncul banyak pilihan foto di bawah. Foto-foto ini berasal dari HP kamu.

3. Tambahkan foto yang ingin kamu jadikan stiker

Pilih satu foto yang ingin kamu jadikan stiker. Entah itu foto pribadi, foto produk, dan lain-lain. Sesuaikan ekspresi dengan ide tulisan teks yang akan kamu buat nantinya. Misalnya seperti ini, kalau kamu mau membuat teks "Tapi, Aku Sukanya Baca Buku". Maka, kamu bisa menyesuaikan foto dengan wajah suka dengan posisi memeluk buku. Ini akan membuat ekspresi dan teks bisa relevan.

4. Klik otomatis

  • Klik otomatis, foto akan secara langsung terhapus backgroundnya. Aplikasi Sticker.ly akan secara otomatis mendeteksi bagian background yang perlu dihapus. 
  • Jika ada yang belum sesuai atau ada yang belum terhapus backgroundnya, kamu bisa klik tanda hapus dan arahkan lalu usap bagian mana saja yang mau dihapus. Jika bagian yang kamu inginkan malah terhapus, kamu bisa klik pulihkan dan arahkan lalu usap bagian mana saja yang tidak ingin dihapus.

5. Tambahkan teks

  • Ketik sesuatu untuk kamu jadikan teks sebagai keterangan foto. Jika kamu tidak ingin menggunakan teks juga tidak masalah.
  • Atur font, pilih jenis huruf mana yang kamu inginkan.
  • Klik tanda A, jika kamu ingin memberi garis tepi pada teks. Jika tidak mau, kamu tidak perlu klik tanda A tersebut.
  • Jika kamu ingin menambahkan emoji, kamu bisa menggunakannya.

6. Klik Berikutnya

Klik berikutnya, stikermu akan muncul.

7. Tambahkan label dan Pak

  • Tambahkan label yang kamu inginkan. Misal, buku, baca, mager, dan lain-lain. Sesuaikan dengan tema stiker yang sudah kamu buat. Hal ini agar memudahkan kamu dan orang-orang lain dalam menemukan serta mencari stiker mana yang diinginkan. Sehingga, akan banyak orang yang bisa menggunakan stiker buatanmu.
  • Pak ini semacam nama folder. Silakan isi sesuai keinginanmu. Usahakan sesuai dengan tema stikermu. Jika label semacam judul dan hashtag, maka Pak ini semacam judul foldernya. Jadi, dalam satu Pak ada banyak stiker.

8. Klik Simpan

  • Klik simpan untuk menyimpan stikermu
  • Stiker sudah siap dibuat
  • Stiker secara otomatis tersimpan di WhatsApp pribadimu

9. Stiker siap digunakan

  • Stiker sudah siap digunakan
  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Buka chat teman atau grup
  • Pilih stiker yang sudah kamu buat 
  • Gunakan stiker untuk membalas chat

Stiker yang kamu buat sudah selesai dan bisa langsung dibagikan ke WhatsApp teman-temanmu. Stiker yang kamu kirimkan bisa disimpan oleh temanmu dan mereka pun juga bisa membagikannya ke teman-teman lainnya. Chattingan WhatsAppmu akan semakin seru dan asyik dengan adanya stiker WhatsApp ini. Cara membuat Stiker WA (WhatsApp) di HP secara Online di atas benar-benar mudah.

Pojokata sudah merangkum cara membuat stiker WA dengan dua cara. Cara pertama di atas adalah Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di HP Secara Online dan cara kedua di atas adalah Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di HP Hanya dengan Satu Aplikasi. Hasil stikernya kamu bisa lihat pada foto di atas. Bagian kiri adalah gambar hasil chattingan dengan stiker. Bagian kanan atas adalah cara membuat stiker WA pada cara pertama. Pada bagian kanan bawah adalah cara membuat stiker WA dengan cara kedua. Kamu bisa menggunakan cara yang mana saja menurut kamu paling mudah dan cocok. Selamat mencoba!



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di HP Secara Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel