Cara Memperbaiki Tombol Volume HP yang Rusak

Cara Memperbaiki Tombol Volume HP yang Rusak
Foto by Freepik

Bila membeli HP Android, awalnya pasti tombol volume HP baik-baik saja. Tidak ada kendala sama sekali. Tapi, sering digunakan membuat kita sering menekan tombol volume berkali-kali. Akibatnya, setelah bertahun-tahun HP berada di tangan, tombol volume HP mengalami kendala seperti sulit mengeluarkan volume seperti biasanya, tombol terasa makin keras, ataupun tombol HP rusak. Kamu tidak perlu khawatir. Simak ulasan mengenai Cara Memperbaiki Tombol Volume HP yang Rusak di bawah ini.

Jika tombol volume HP rusak atau sulit sekali muncul, jangan buru-buru diperbaiki atau dijual. Kamu masih bisa mengantisipasinya dengan cara-cara yang akan Pojokata bagikan. Cara Memperbaiki Tombol Volume HP yang Rusak ini bisa menjadi alternatif ketika kamu benar-benar memerlukan tombol volumenya agar bisa hidup tapi kamu terkendala waktu karena tidak bisa memperbaiki HP ke toko. 

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan tombol volume HP rusak. Bisa saja karena HP sering terjatuh, sering terkena air, terlalu sering tekan tombol volume HP, menekan tombol volume HP terlalu kuat, dan penyebab lain yang bisa membuat tombol volume HP  kamu rusak atau mulai mengalami tanda-tanda kerusakan.

Bercerita mengenai pengalaman, admin sudah menggunakan HP android yang admin punya selama dua tahun. Belakangan ini, tombol volumenya mengalami kendala yakni sulit sekali menaikkan dan menurunkan volume. Alhasil, admin sering tekan tombolnya kuat-kuat dan ternyata hal ini semakin memperburuk kondisi HP sehingga lama-kelamaan tombolnya tidak bisa berfungsi lagi.

Sempat terbengkalai tanpa volume atau suara dari HP dan membiarkannya begitu saja. Lalu, admin disarankan oleh saudara untuk memperbaikinya di toko service HP namun situasi pandemi seperti sekarang ini dan lokasi yang cukup jauh membuat admin berpikir panjang untuk membawanya ke counter HP. Kata saudara admin yang pernah memperbaikinya, satu tombol yang diperbaiki hanya dikenakan biaya kurang dari Rp. 30.000. Ternyata cukup terjangkau, tapi tetap saja admin masih mager untuk membawanya ke counter HP.

Buat kamu yang punya waktu, kamu bisa coba bawa ke toko service HP untuk memperbaiki tombol volume atau suara HP kamu. Tapi, jika kamu seperti admin yang mager dan belum mau keluar rumah untuk memperbaikinya, kamu bisa coba cara-cara yang akan admin bagikan berikut ini. Caranya cukup mudah dan bekerja sesuai fungsi tombol HP. Simak cara-caranya berikut ini ya!

Cara Memperbaiki Tombol Volume HP yang Rusak

Ada tiga cara mudah yang bisa kamu gunakan agar tombol HP kamu berfungsi kembali. Jangan buru-buru dibawa ke toko sevice HP karena cara ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin volume HP bisa berfungsi normal kembali. Caranya juga mudah dan tidak ribet. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka playstore di HP
Buka playstore yang ada di Handphone kamu.

2. Cari volume control
Cari "volume control" di playstore dan nanti akan muncul aplikasi dengan logo volume berwarna biru dari soft developer. Admin merekomendasikan aplikasi ini karena aplikasi sangat ringan, hanya 1,6 MB. Tidak terlalu membuat penyimpanan HP kamu penuh. 


3. Instal aplikasinya
Klik instal dan aplikasi akan terinstal secara otomatis. Ketika kamu sudah membuka aplikasinya, pilihan volume akan muncul di layar atas HP kamu. Sehingga, ketika ingin menaikkan atau menurunkan suara atau volume HP, kamu tidak perlu repot-repot buka tutup kembali aplikasi tersebut. Cukup atur dari layar atas, kamu bisa atur volume sesukamu dengan cepat. Setelah aplikasi muncul dan sudah kamu buka di HP, ada tiga pilihan yakni:
  • Nada dering dipulihkan ke normal
Nada dering punya 5 pilihan pengaturan yaitu media, untuk mengatur volume kuat atau tidaknya suara HP. Alarm untuk mengatur volume alarm. Notification untuk mengatur volume pemberitahuan HP. Ringtone dan call untuk mengatur suara panggilan HP. Kamu bisa atur kekuatan volume HP sesuai yang kamu inginkan.
  • Nada dering untuk panggilan dan notifikasi diheningkan
Kamu bisa klik tombol kedua dari kiri (tombol tengah di aplikasi volume control) untuk mematikan suara secara keseluruhan dengan cepat. Sekali klik, semua suara akan langsung hening atau silent.
  • Matikan notifikasi
Tombol paling kanan di aplikasi adalah tombol yang berfungsi mematikan notifikasi. Bila kamu klik tombolnya, maka notifikasi tidak akan muncul.

Cara-cara di atas sangat mudah dilakukan. Tidak perlu jauh-jauh ke toko service untuk mengeluarkan uang demi memperbaiki tombol volume HP kamu. Cara ini bisa digunakan untuk antisipasi awal ketika tombol HP kamu sudah mulai mengalami kendala. Tapi, tidak masalah untuk kamu yang ingin menjaga tombol HP kamu agar tetap bagus.

Silakan instal aplikasinya biar tombol HP kamu tetap bagus dan awet terus. Tombol HP kamu tidak akan rusak! kecuali kalau HP kamu sering terbanting atau terkena air ataupun kendala-kendala lain yang bisa menyebabkan tombol volume HP kamu mengalami kendala maupun rusak. Silakan coba cara-cara di atas ya. Yuk ikuti instagram Pojokata untuk informasi terbaru seputar teknologi. Semoga bermanfaat!

Yuk, sharing pengalamanmu seputar cara mengantisipasi volume HP yang rusak lewat kolom komentar di bawah. Kita sharing-sharing yuk biar makin berkah pengetahuannya! :)




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperbaiki Tombol Volume HP yang Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel