Cara Mendaftar WhatsApp Terbaru dengan Mudah untuk Pemula

Cara Mendaftar WhatsApp Terbaru dengan Mudah untuk Pemula

Dokumentasi Pribadi


WhatsApp sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Kalau pergi ke mana-mana dan bertemu dengan kerabat atau orang yang baru dikenal, pasti akan ditanya nomor WhatsAppnya berapa? hal ini lah yang membuat Pojokata menulis Cara Mendaftar WhatsApp Terbaru dengan Mudah  untuk Pemula.

WhatsApp adalah sebuah aplikasi berbasis chatting untuk smartphone yang dirilis pada 3 Mei 2009. Aplikasi ini membuat pengguna bisa melakukan obrolan via teks, emoji, stiker, voice note, video, foto, call, video call ke sesama pengguna lainnya, maupun menggunakan stiker-stiker yang kamu buat sendiri dengan mengikuti Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di HP Secara Online pada artikel di Pojokata.

Siapa saja bisa bebas menggunakan WhatsApp tanpa takut pulsa habis karena aplikasi ini tidak berbayar alias gratis. Pengguna hanya membutuhkan paket data internet untuk membukanya. Aplikasi WhatsApp bisa diakses di Android maupun IOS. Bahkan, kamu juga bisa membukanya di PC atau Laptop. 

Aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi layanan pesan populer yang paling digemari banyak orang di dunia. Jumlah data pengguna WhatsApp menyentuh angka sebanyak 2 miliar di dunia. Sedangkan untuk penggunaan pesan, mencapai angka 100 miliar per-harinya.

Wow, bisa dibayangkan betapa populernya aplikasi ini, bukan? tentunya ada banyak alasan mengapa orang-orang memilih menggunakan aplikasi ini. Aplikasi dengan fitur yang banyak, stabil dan jarang eroor, pembaharuan yang terus dilakukan membuat aplikasi ini terus baru dan tidak membosankan.

Aplikasi yang ringan, tidak berat di penyimpanan, dan privasi yang terjaga membuat orang-orang berani mempercayakan isi chatting pengguna di WhatsApp. Percaya bahwa rahasia tidak akan terbongkar maupun disadap oleh orang lain. 

Indonesia sendiri masuk ke dalam top 3 atau 3 negara pengguna WhatsApp terbanyak di dunia. Lihat saja, mulai anak-anak hingga lansia turut ikut menggunakan Aplikasi modern ini. Anak SD saja sudah punya, apalagi orang dewasa. 

Jenis kebutuhannya pun beragam, mulai dari belajar daring, mempermudah komunikasi antar siswa dan guru untuk kebutuhan sekolah, keperluan komunikasi bagi mahasiswa, pekerja, keperluan bisnis, hingga keperluan komunikasi untuk anak dan cucu bagi orang tua.


Cara Mendaftar WhatsApp Terbaru dengan Mudah untuk Pemula

Kemudahan WhatsApp membuat orang-orang lebih memilih mengunduh aplikasi ini dibanding aplikasi chatting lainnya. Bahkan, ada yang menggunakan WhatsApp hingga dua akun. Pembaharuan yang terus dilakukan WhatsApp membuat sebagian orang bingung karena hanya mengingat cara lama mendaftar akun WhatsApp.

Masih ada juga yang belum mengetahui cara membuatnya. Hal ini karena baru saja mengetahui WhatsApp, beli HP baru untuk daftar WhatsApp, maupun untuk keperluan belajar dan bekerja. Atas dasar ini lah Pojokata akan membagikan kepada kamu Cara Mendaftar WhatsApp Terbaru dengan Mudah  untuk Pemula. 

Cara ini benar-benar mudah karena berdasarkan prinsip Pojokata bahwa kami akan selalu memberikan tutorial dengan cara yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Langkah-langkahnya pun dibuat dengan langkah yang paling terbaru dan mudah. Simak langkah-langkah mendaftar WhatsApp atau membuat akun WhatsApp berikut ini:

1. Download Aplikasi WhatsApp

Jika kamu pengguna android, silakan buka playstore yang ada di HP kamu dan download aplikasi WhatsApp. Jika kamu pengguna IOS, kamu bisa buka App Store dan mulai mengunduh aplikasi WhatsApp. Namun, jika kamu ingin membuka aplikasi WhatsApp di Laptop/PC, kamu harus daftar aplikasi WhatsApp terlebih dahulu di smartphone kamu.


2. Buka Aplikasi WhatsApp

Jika aplikasi WhatsApp sudah selesai diunduh, silakan buka aplikasinya di smartphone kamu.


3. Klik setuju dan lanjutkan

Akan muncul tampilan dengan ucapan "Selamat datang di WhatsApp" kemudian ada kotak hijau bertuliskan "setuju dan lanjutkan". Klik setuju dan lanjutkan.


4. Masukkan nomor telepon aktif

Negara kamu tinggal akan secara otomatis muncul. Namun, jika negara tidak sesuai, pilihlah negara tempat tinggalmu saat ini. Pilih negara Indonesia, kemudian isi nomor HP yang aktif. Kode antara negara Indonesia berbeda dengan negara lain. Sesuaikan dengan negara kamu.

Jika kamu tinggal di Indonesia, pilih kode "+62". Kemudian dilanjutkan dengan mengisi nomor telepon atau HP kamu yang masih aktif. Hal ini karena pihak WhatsApp akan mengirimkan kamu kode verifikasi. Untuk itu, kamu wajib menggunakan nomor aktif yang sudah terdaftar atau teregistrasi.


5. Klik lanjut

Jika sudah, klik lanjut.


6. Klik oke untuk verifikasi nomor telepon

Jika nomor HP yang kamu masukkan sudah benar, klik oke agar pihak WhatsApp bisa mengirimkan kode verifikasi ke nomor HP kamu melalui SMS. Namun, jika nomor masih ingin diperbaiki karen ada yang salah tulis, silakan klik edit dan ubah nomornya.


7. Masukkan kode verifikasi WhatsApp yang dikirim melalui SMS

Tunggu WhatsApp sampai mengirimkan kode verifikasi ke HP kamu. Periksa inbox SMS selama beberapa detik. Jika HP yang kamu gunakan untuk mendaftarkan WhatsApp berbeda, biasanya pesan akan masuk sedikit lama. Tunggu paling lama 1 menit 5 detik.

Jika kode sudah masuk, tulis kode tersebut di garis yang sudah disediakan. Namun, jika pesan belum juga masuk. Kamu bisa klik "kirim ulang SMS". Jika tidak bisa juga, kamu bisa klik "panggil saya". Biasanya jika tempat unduh WhatsApp dan nomor HP berada di smartphone yang sama, kode verifikasi akan secara otomatis masuk ke 6 digit yang sudah disediakan. Jadi, kamu tidak perlu memasukkan kode secara manual lagi.


8. Klik lanjut 

Biar WhatsApp bisa menemukan dan mmulihkan penyimpnan yang ada di HP kamu, klik "lanjut", untuk mengizinkan WhatsApp mengakses kontak, foto, media, dan file di perangkat kamu. Jadi, kamu nanti bisa langsung menemukan teman-teman kamu yang menggunakan WhatsApp secara otomatis jika kamu sudah menyimpan nomornya.

Selain itu, kamu bisa mengganti profil, mengirim gambar, file, maupun video yang tersimpan di galeri HP kamu melalui WhatsApp. Untuk itu, klik lanjut saja agar mempermudah kamu dalam menggunakan WhatsApp.


9. Klik izinkan

Agar kamu bisa menemukan kontak orang-orang yang juga menggunakan WhatsApp, silakan klik izinkan.


10. Klik izinkan sekali lagi

WhatsApp akan bertanya sekali lagi, apakah kamu mengizinkan aplikasi ini untuk mengakses foto, media, dan file yang ada di HP kamu. Klik "izinkan" agar memudahkan kamu mengirim file-file yang ada di galeri atau HP kamu ke orang lain melalui WhatsApp.


11. Isi nama WhatsApp dan pilih foto profil WhatsApp

Tulis nama kamu di kolom yang sudah disediakan. Boleh nama lengkap, nama singkatan, nama pena, nama usaha, nama siapa saja yang ingin kamu jadikan nama WhatsApp. Contohnya, di sini Pojokata memilih menggunakan nama asli penulis seperti, Tri Ayu A. Nasution.

Kemudian, pilih foto di galeri HP, dan ganti foto profil kamu agar bisa dilihat orang-orang yang kamu kirimkan pesan nantinya. Kamu bebas menaruh foto apa saja di sana. Foto profil ini sebagai penanda pada orang-orang yang ingin memberikan pesan ke WhatsApp kamu. Hal ini tentu menjadi pengenal untuk kamu.


12. Klik lanjut

Jika sudah sesuai dengan nama dan foto profil yang kamu inginkan, silakan klik lanjut.


13. Tunggu inisialisasi sebentar

Proses loading beberapa detik. Kamu diminta untuk menunggu inisialisasi sebentar. Jangan keluarlan WhatsApp kamu, tunggu saja sampai proses inisialisasi selesai.


14. WhatsApp selesai dibuat

Akun WhatsApp sudah selesai didaftarkan. Kamu sudah punya akun WhatsApp. Kamu juga sudah bisa langsung chat teman-temanmu. Caranya cukup mudah. 


Simak langkah-langkah memulai chat di WhatsApp berikut ini:

  • Klik tanda mulai chat
  • Cari kontak WhatsApp mana yang ingin kamu chat
  • Atau jika ingin mudah, langsung tulis saja nama kontak orang tersebut di "cari".
  • Jika kamu sudah menemukan namanya, langsung klik saja di kontak tersebut
  • Obrolan akan langsung terbuka dan kamu sudah siap memulai obrolan
  • Tulisa kata-kata yang ingin disampaikan, misalnya "haloooo" dan kirim pesan tersebut
  • Jika ingin telepon dan video call, klik tanda telepon di sebelah nama orang yang kamu chat atau klik tanda video call di sebelah call tersebut

Jika kamu ingin melihat nomor kontak WhatsApp milikmu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan Pojokata bagikan berikut ini.


Cara melihat nama dan nomor kontak WhatsApp sendiri:

  • Buka WhatsApp
  • Klik titik tiga di sudut kanan atas WhatsApp
  • Klik setelan
  • Tampak nama pengguna di sana
  • Klik nama pengguna kamu
  • Akan muncul keterangan nama, info, dan nomor telepon WhatsApp
Jika ada teman atau kerabat yang bertanya apa nama, nomor, atau pun WhatsApp (WA) punyamu, jawab dengan menunjukkan, menyebutkan, atau mengirimkan nomor telepon WhatsApp kamu seperti yang Pojokata jelaskan di atas pada bagian, "Cara melihat nama dan nomor kontak WhatsApp sendiri".

Kamu juga bisa mengganti info WhatsApp dengan klik info dan pilih info mana yang akan kamu gunakan. Ebtah itu, "ada, sibuk, di sekolah, di bioskop, di kantor, baterai hampir habis, dan lain-lain." Kamu juga bisa mengubah info sesuai dengan kata-kata yang kamu mau. Caranya juga sangat mudah, simak langkah-langkah yang akan Pojokata bagikan.


Cara mengubah info WhatsApp sesuai dengan kata-kata yang diinginkan:

  • Ikuti langkah-langkah pada "Cara melihat nama dan nomor kontak WhatsApp sendiri" di atas
  • Klik info 
  • Klik icon pensil atau pena
  • Akan muncul tambah info
  • Tulis nama info yang ingin kamu tampilkan, misal "www.pojokata.com", atau "Aktif hanya pada pukul 06.00-22.00 WIB", dan lain sebagainya.
  • Klik simpan
  • Klik tanda kembali yang ada di sebelah "info"
  • Kamu sudah bisa melihat bahwa info di WhatsApp sudah terganti

Nama kontak orang lain pada profil mereka tidak akan terlihat oleh kamu. Kamu hanya bisa melihat namanya sesuai dengan nama yang kamu simpan di HP kamu. Tapi jika kamu masih ingin melihatnya, cara cukup mudah, simak langkah-langkah berikut ini ya.

Cara Melihat Nama Asli di Profil WhatsApp Orang Lain pada HP Kita

  • Chat orang yang ingin kamu ketahui nama aslinya di WhatsApp, bebas mau kata apa saja
  • Jika sudah terkirim pesannya, hapus nomor WhatsApp kontak orang tersebut
  • Buka profil WhatsApp orang tersebut dengan cara klik pada namanya di WhatsApp
  • Lihat foto profilnya dan di dekat foto tersebut kamu akan melihat nama asli dari kontak orang yang ingin kamu ketahui namanya tersebut (bukan nama yang kamu save di kontak pada HP kamu).
  • Kamu sudah langsung tahu namanya

Selain mengetahui nama kontak asli orang lain, kamu juga bisa mengetahui nama kontak kamu di HP orang lain. Nama kontak yang dimaksud di sini bukan lah nama asli yang kamu buat di profil WhatsAppmu, tapi nama yang orang lain berikan untuk kamu di HP mereka. Ingin tahu caranya? kamu bisa baca Cara Mengetahui Nama Kita di Kontak WA Orang Lain berikut.

Demikian Cara Mendaftar WhatsApp Terbaru dengan Mudah untuk Pemula yang bisa Pojokata bagikan. Kalau kamu masih ingin tahu informasi seputar WhatsApp, kamu bisa berikan pertanyaanmu di kolom komentar. InsyaAllah akan Pojokata ulas pada artikel selanjutnya.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mendaftar WhatsApp Terbaru dengan Mudah untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel