Pengalaman 6 Tahun Pakai Skincare Wardah

 

Pengalaman 6 Tahun Pakai Skincare Wardah
Foto Sebelum dan Setelah menggunakan Skincare Wardah

Setelah menulis review produk wardah di tahun lalu, saya dibanjiri berbagai pertanyaan dan permintaan dari para pembaca yang memita saya untuk melengkapi foto sebelum dan setelah menggunakan produk wardah. Dulu, saya jarang sekali foto sendiri. Kalaupun ada, beberapa foto masih belum menggunakan hijab jadi saya susah menemukan foto yang bisa saya bagikan di sini. Lalu, ketika saya membongkar file-file lama, saya menemukan foto sebelum menggunakan skinare dan hanya beberapa saja yang saya temukan saat saya foto sendirian.

Baik, kali ini saya akan mencantumkannya. Kedua foto sebelum pakai skincare wardah ini tidak menggunakan filter sama sekali. Kedua foto ini murni tanpa editan. Foto pertama dan foto kedua diambil sekitar tahun 2015. Nah, ini dia foto saya sebelum dan setelah memakai produk wardah.

BEFORE/SEBELUM (Pakai HP Oppo Neo 5; kira-kira)

BEFORE/SEBELUM (Pakai HP Smartfren C3)

Selanjutnya, foto di bawah ini merupakan foto saya sesudah menggunakan skincare wardah. Saya jarang sekali foto. Kebanyakan foto beramai-ramai. Saya baru beberapa kali foto sendiri mulai tahun 2018. Nah, ketiga foto ini saya ambil mulai tahun 2019-2021. Foto pertama diambil pada tahun 2019, foto kedua diambil pada tahun 2020 dan foto ketiga diambil pada tahun 2021. Ketiga foto ini tidak menggunakan filter. 

Ketiga foto di bawah memperlihatkan kondisi kulit saya. Saya tidak menggunakan bedak. Hanya menggunakan lipstik. Jadi, kamu bisa melihat wajah asli saya. Foto ini asli dan tidak ada diedit sama sekali. Kalau kamu mau lihat foto-foto saya dari dulu hingga sekarang, kamu bisa lihat di instagram saya dengan nama akun @triayunst. Kamu bisa lihat di feed, highlight story ataupun pada tag instagram saya. Nah, lihat fotonya di bawah ini ya, sobat Pojokata.

AFTER/SESUDAH (Pakai DSLR)

AFTER/SESUDAH (Pakai DSLR)

AFTER/SESUDAH (Pakai DSLR)


Pengalaman 6 Tahun Pakai Skincare Wardah

Buat kamu yang belum baca cerita sebelumnya, kamu bisa baca terlebih dahulu lewat artikel di bawah ini ya.

Review Wardah Lightening Night Cream Pemakaian Selama 5 Tahun

Review Wardah Lightening Day Cream Pemakaian Selama 5 Tahun

Sekarang sudah pertengahan tahun 2021, itu artinya saya sudah menggunakan produk skincare wardah selama lebih kurang 6 tahun. Wah, tidak terasa ternyata sudah lama juga, ya? Atau sobat Pojokata di sini ada yang sudah menggunakan skincare wardah lebih dari 6 tahun? Kalau ada, please banget komen di bawah ya. Saya ingin tahu apakah ada yang menggunakan skincare wardah lebih lama daripada saya? Semoga rasa penasaran saya ini bisa terjawab ya. Hehe

Tidak seperti cerita pada artikel sebelumnya yang ditulis lebih rinci lewat poin-poin. Kali ini, saya lebih menuliskannya dengan bercerita dalam bentuk paragraf. Dulu, saya menggunakan skincare wardah di tahun 2015 dan sekarang sudah tahun 2021. Ada banyak proses yang sudah saya lewati. Berbagai tantangan melawan wajah kusam dan berjerawat pernah saya jalani.

Mungkin sama seperti teman-teman pengguna skincare pada umumnya, saya juga termasuk orang yang malas pakai skincare. Apalagi sudah enam tahun. Rasa bosan dan jenuh pasti datang dan menghampiri. Cita-cita punya wajah bersih, sehat, cerah, mulus, dan terjaga tapi rasa malas masih menjiwa raga. Siapa orangnya? Oh, jelas... Pasti saya! Wkwk. 


Pengalaman Menggunakan Wardah Lightening Series Kemasan Baru

Awa-awal menggunakan skincare rajin banget. Tiap pagi, siang, dan malam selalu pakai. Lama-kelamaan, hemm jangan tanya deh malesnya kayak gimana. Bisa cuci muka saja rasanya sudah bersyukur banget. Ditambah lagi, paling suka makan gorengan, kacang, dan sejenisnya yang punya kandungan minyak. Sudah pola makan kurang dijaga ditambah lagi malas menggunakan skincare. Hwah, saya banget tuh!

Ada yang berubah dan saya tidak tahu salahnya di mana. Tidak lama ini Wardah Lightening Series mengganti kemasannya. Bahkan, saya lihat, ingredients-nya juga sudah berubah. Ada niacinamide nya. Niacinamide punya manfaat yakni bisa mengatasi bekas jerawat hingga mencegah kerutan dan garis halus di wajah. 

Tapi, saya heran sekali. Kenapa kemasan terbaru Wardah Lightening Series ini malah tidak cocok dengan kulit saya. Apakah kandungannya yang berubah sehingga tidak secocok dulu ketika dipakai ke wajah saya? Atau, apa ya? Saya sangat bingung. Berdasarkan pengalaman saya yang sudah menggunakan Wardah Lightening Series day cream, night cream, dan serumnya. Saya merasa wajah saya tidak selembab dulu saat menggunakan Wardah Lightening Series kemasan lama.

Dulu, saya juga terbilang malas-malasan kalau pakai skincare ini. Kadang, saya cuma pakai day cream saja, kadang cuma night cream saja, bahkan terkadang hanya pakai face washnya doang. Tapi, hebatnya wajah saya tetap lembap dan cerah. Bahkan, jerawat jarang sekali muncul. Kalaupun muncul satu jerawat, saya akan langsung pakai serumnya dan dalam waktu semalaman, biasanya jerawat langsung hilang. Bukan cuma itu, bekas jerawat cepat hilang. Hebat banget kan? Beruntung banget rasanya karena bisa cocok dengan produk ini.

Namun, sekarang yang saya herankan, saya masih dibilang malas menggunakan skincare. Ya, sekarang juga masih tetap sama. Tapi, kenapa wajah saya kusam, gelap, dan tidak lembap lagi ya? Bahkan, kalau pakai night crean, sering sekali paginya langsung muncul jerawat batu satu biji. Padahal, saya termasuk orang yang jarang sekali muncul jerawat batu di wajah. Saya lihat, tekstur krimnya juga berbeda dengan Wardah Lightening Series kemasan lama.  Ketika dipakaikan ke wajah juga rasanya berbeda, tidak seperti krim yang dulu.

Kalau ditanya tentang pola makan, tidur, minum air dan rutinitas lainnya tetap sama seperti dulu. Tidak ada yang berbeda. Tapi, kejadian ini bikin saya heran sekali. Mengapa bisa berubah ya? Di mana letak kesalahannya? Di mana letak ketidakcocokannya? Bagaimana solusinya? Saya benar-benar bingung. Kalau tempat membeli produknya juga masih sama yakni di offiial store wardah yang ada di Tokopedia. Sehingga, tidak ada perbedaan antara tempat saya membeli produk wardah yang dulu dengan saat ini.

Lalu, saya coba menggunakan Day Cream Wardah Lightening Series kemasan terbaru. Efek yang saya rasakan, wajah saya masih terlihat kusam tapi sedikit lembap. Kalau dibandingankan dengan kemasan yang lama, saya merasa lebih cocok menggunakan yang lama. Day Cream Wardah Lightening Series yang kemasan baru ini tidak membuat wajah saya sangat lembap dan lumayan cerah seperti dulu. Kira-kira kenapa ya? Saya juga heran. Tapi, syukurnya tidak ada jerawat yang muncul. Walaupun kulit wajah saya masih sedikit kering.

Saat jerawat muncul setelah menggunakan night cream, sayapun mengoleskan serum ke wajah saya tapi anehnya efeknya tidak sehebat Wardah Lightening Series Serum kemasan lama. Kalau kemasan lama, sebentar saja saya pakai, keesokan harinya langsung hilang. Tapi, serum dengan kemasan baru ini membuat jerawat saya tidak langsung hilang. Saya lihat, ada niacinamidenya juga di dalam ingredients-nya. Sama seperti wardah yang day cream dan night cream.

Akhirnya, saya memutuskan untuk mencoba produk skincare wardah yang lain. Saya pikir, mungkin formula krim pada Wardah Lightening Series kemasan terbaru dengan niacinamide ini kurang cocok di kulit saya. Dan sempat menerka-nerka juga, apa mungkin karena peralihan dari bahan-bahan yang lama dengan bahan-bahan terbaru? Jadi, mungkin kulit saya harus menyesuaikannya lagi dan harus menggunakannya lebih lama lagi serta lebih sering. Saya berpikir seperti itu. 

Sayapun memakai produk day cream dan night cream dengan rutin dan teratur. Namun, selama beberapa hari. Setiap kali saya memakai night creamnya, malah muncul jerawat. Sampai akhirnya, saya berenti menggunakan night cream wardah. Tapi, saya tetap menggunakan day cream wardah karena saya merasa lebih mendingan. Setelah menggunakan day cream wardah, tidak ada jerawat yang muncul seperti setelah menggunakan night cream-nya.


Pengalaman Menggunakan Wardah White Secret

Saya terus memikirkan produk wardah mana yang cocok. Sayapun beralih ke Wardah White Secret dengan rangkaian mulai dari face wash, day cream, night cream, dan serum. Saya juga pakai essencialnya. Saya sangat yakin dengan produk-produk ini, sehingga saya langsung membeli kemasan kotak. Langsung edisi yang banyak dan besar.

Tapi, setelah menggunakan produk-produk tersebut selama beberapa hari, efek yang saya rasakan, kulit saya malah tambah kering, tidak cerah, dan kusam. Saya menerka-nerka lagi, apa bahan yang ada pada produk wardah tersebut tidak cocok dengan jenis kulit wajah saya? Akhirnya, saya memutuskan untuk berhenti menggunakan produk tersebut.

Saya sudah sangat percaya dengan produk-produk wardah. Sehingga, semua skincare hingga kosmetik yang saya gunakan tetap dengan merk Wardah. Tidak ada keberanian sama sekali untuk mencoba menggunakan produk selain Wardah. Dulu, kulit saya sangat cocock dengan Wardah Lightening Series sehingga membuat saya secinta dan sepercaya itu dengan produk-produk Wardah. Namun, semenjak berganti kemasan dan ditambah dengan niacinamide, saya pikir wajah saya malah tidak cocok dengan formula tersebut. 

Saya takut bila berganti-ganti merk. Takut tambah membuat kulit saya semakin kusam dan saya sangat takut jerawatan. Hal inilah yang membuat saya tetap menggunakan produk wardah. Saya selalu berpikir bahwa saya harus teliti dengan produk lain. Jangan mudah tergiur dengan promosi yang mengklaim bahwa dengan memakai produk x, wajah dapat mulus. Saya takut kalau poduk dengan merk x tersebut tidak cocok dengan kulit saya. Saya berfikir untuk jangka panjang kedepannya. 


Pengalaman Menggunakan Wardah Nature Daily Seaweed Intensive Night Cream

Saya terus berpikir dan mencari-cari informasi produk wardah mana yang cocok dengan kulit saya. Lalu, saya coba menggunakan Wardah Nature Daily Seaweed Intensive Night Cream. Saya memiliki keyakinan yang kuat terhadap produk Wardah Nature Daily Seaweed Intensive Night Cream ini. Saya membeli versi kotak besar. Berharap bisa awet.

Sayapun menggunakan Wardah Nature Daily Seaweed Intensive Night Cream dengan rutin setiap malam. Ketika pagi, saya konsisten menggunakan wardah. Alhamdulillah, wajah saya lembap dan kenyal. Tapi, wajah saya masih tetap kusam dan tidak secerah dulu. Saya pikir, mungkin produk ini belum tepat di kulit saya. Sebab, saya masih mencari produk wardah yang bisa melembapkan, mencerahkan, dan membuat kulit saya kenyal seperti dulu. Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti menggunakan produk Wardah Nature Daily Seaweed Intensive Night Cream ini.


Pengalaman Menggunakan Wardah C Defense Serum

Saya tidak menyerah begitu saja, sayapun mencoba pakai Wardah C Defense Serum. Saya pakai sebelum menggunakan day cream dan sebelum tidur. Selama beberapa hari menggunakan Wardah C Defense Serum ini, alhamdulillah kulit saya lembap dan kenyal. Enak sekali ke kulit. Tidak ada muncul jerawat sama sekali. Tapi, tidak mencerahkan kulit saya. Hanya lembap dan kenyal saja. Bagi saya, harganya cukup menguras kantong. Tidak seperti Wardah Lightening Serum yang dulu biasa saya pakai. Akhirnya, saya hanya menggunakan serum ini sesekali saja. Hanya digunakan sebelum memakai day cream. Tapi, setelah saya kembali menggunakan produk Skincare Wardah Lightening Series, sayapun sudah jarang menggunakannya. Hanya sesekali saja.

Kembali Pakai Skincare Wardah Lightening Series

Setelah kebingungan mau ganti ke produk wardah yang mana, akhirnya saya kembali menggunakan produk Skincare Wardah Lightening Series kemasan baru lagi. Saya coba pakai day creamnya saja secara rutin. Seperti biasa, saya masih tetap menggunakan facial wash dan srubnya dengan rutin. Dari awal sampai sekarang tidak berhenti menggunakan kedua produk tersebut. Nah, setelah beberapa minggu konsistem menggunakan day creamnya, Alhamdulillah kulit saya lembap. Ya, walaupun tidak secerah yang dulu. Saya pikir, setidaknya wajah saya lembap dan tidak berjerawat. Untuk saat ini, saya bersyukur setidaknya wajah saya masih aman-aman saja. 

Bulan berikutnya, saya beranikan diri coba menggunakan Night Cream Wardah. Awal-awalnya muncul jerawat, tapi lama-kelamaan setelah berminggu-minggu saya gunakan, Alhamdulillah cocok. Saya juga heran kenapa bisa begitu. Wajah saya sedikit cerah tapi tidak secerah yang dulu saat menggunakan produk lightening series kemasan lama. 

Kalau dulu, ketika pakai night cream wardah, jerawat jarang sekali muncul kecuali saat menjelang menstruasi. Dan bakal cepat hilang. Jadi, saya sering tidak kuatir. Kalau sekarang, jerawat beberapa kali muncul. Syukurnya bukan jerawat batu. Hanya jerawat biasa. Tapi yang bikin sedih, jerawatnya lama hilang dan bekasnya juga lama sekali memudar. Saya bingung harus pakai produk wardah yang mana agar jerawat dan bekasnya bisa hilang dengan cepat.

Sekarang, saya benar-benar bingung harus bagaimana dan masih terus berfikir produk wardah yang mana lagi yang mau saya coba? Ada niat ingin menoba Wardah Hydra Rose tapi masih berpikir panjang karena harganya yang tidak sesuai dengan kantong saya. Hehe. Kalau ketemu solusi dan produknya, nanti akan saya share lagi di sini ya, Soba Pojokata. 

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan mengenai Pengalaman 6 Tahun Pakai Skincare Wardah ini. Ada yang mau kamu tanyakan seputar wardah, jenis kulit, atau tentang tulisan di atas? Yuk, tinggalkan juga tanggapanmu di kolom komentar biar kita sama-sama sharing. Pantengin terus Pojokata biar kamu tetap update dan tidak ketinggalan informasi seputar pengalaman menggunakan skincare ya.



Penulis: Tri Ayu Andani Nasution, S.I.Kom

(Penulis Buku Sakti Penembus Beasiswa, Buku Komunikator Wasiat Alam, Buku Sebab Luka Hanya Masa Lalu yang Takkan Lagi Bertamu, Buku Mahir Berkata Tapi Lupa Cara Berkaca, dan Buku Istri Kok Gitu?)



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengalaman 6 Tahun Pakai Skincare Wardah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel