Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Agar Orang Bisa Nyaman Bicara Denganmu

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Agar Orang Bisa Nyaman Bicara Denganmu

Sumber foto : pixabay.com

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia pasti melakukan interaksi terhadap sesama. Manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda dan kita tidak bisa menyamaratakan semuanya.

Bisa membuat orang lain nyaman denganmu adalah salah satu keahlian yang tidak semua orang bisa lakukan. Seseorang akan merasa dekat denganmu jika memiliki ikatan khusus dalam arti dia nyaman untuk bertukar fikiran dengannmu. Meski tak semudah yang dibayangkan, namun coba lakukan 5 hal di bawah ini agar orang lain bisa nyaman bicara denganmu. Penasaran? Yuk simak!

1. Berikan dia keleluasaan untuk bicara senyaman mungkin

Saat sedang berbicara dengan orang lain, mulailah terlebih dahulu dengan topik-topik ringan dan mengundang tawa. Itu sangat efektif untuk mencairkan suasana.

Saat ia sedang berbicara padamu, jangan pernah sekalipun memotong pembicaraannya. Buktikan bahwa kamu tertarik dengan ceritanya. Saat ia sudah leluasa bicara denganmu, maka rasa nyaman pun perlahan akan datang dan obrolan pun akan semakin menarik.

2. Berikan ekspresi wajah yang sesuai dengan ceritanya

Hal penting lainnya adalah tunjukkan bahwa kamu tertarik dengan apa yang ia bicarakan. Buat ekspresi penasaran akan ceritanya dan responlah sesekali.

Jangan lakukan hal lain saat ia sedang fokus bicara padamu. Hal itu sangat efektif untuk membuat orang lain nyaman bicara denganmu. Hal itu berkaitan dengan sifat alami manusia yaitu senang dihargai dan dianggap.

3. Tertawa bersamanya bukan menertawakannya

Jangan pernah melepaskan kata-kata yang menyinggung perasaannya. Saat ia sedang asik bercerita padamu, maka kamu sebisa mungkin memperhatikannya.

Tunjukkan empatimu pada ceritanya, maka lawan bicaramu akan nyaman denganmu karena dia merasa bahwa kalian adalah tipikal orang yang sama dan cocok untuk menjadi teman bercerita.

4. Jangan pernah membandingkan lawan bicaramu dengan orang lain

Saat pembicaraan sudah semakin asik, sebisa mungkin usahakan jangan pernah membandingkan pengalamannya dengan orang lain karena hal ini bisa membuat suasana jadi canggung dan kenikmatan berbicara yang sedari tadi dibangun akan runtuh.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah meyakinkannya bahwa ceritanya itu menarik dan kamu ingin terus mendengarkannya. Dengan demikian, akan terjadi ikatan yang kuat antara kamu dan lawan bicaramu.

5. Berikan masukan yang realistis dan tidak berlebihan saat ia bertanya tentang pendapatmu

Sebisa mungkin berilah respon yang sesuai dengan apa yang dialaminya. Saat dia menanyakan pendapatmu maka berilah pendapat yang realistis dan tidak berlebihan.

Realistis artinya memberikan saran yang tak menyinggung dan sesuai dengan apa yang ia alami. Jangan pernah katakan hal yang bisa membuatnya tersinggung jika kalian Belum cukup akrab.

Itulah 5 hal sederhana yang bisa membuat orang lain nyaman bicara denganmu. Saling menghargai adalah kunci dalam interaksi yang baik. Semakin nyaman seseorang bicara denganmu maka kalian akan semakin akrab. 


Penulis: Siti Nurhaliza

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Agar Orang Bisa Nyaman Bicara Denganmu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel