Kiat Sukses Berpidato dengan Mudah

Berpidato adalah kegiatan berbicara di depan banyak orang dan bertujuan untuk menyampaikan pikiran dengan maksud tertentu. Tujuan tersebut menjadi penentu sukses atau tidaknya apa yang disampaikan sehingga ketika akan memulai berpidato, orang yang menyampaikan pidato sudah harus memahami apa-apa saja yang akan disampaikan dalam pidatonya. 

Bagi sebagian orang, berpidato sangatlah sulit. Padahal, jika sudah mengetahui kiat-kiatnya, siapa saja bisa dengan mudah berpidato. Bahkan, berpidato menjadi hal yang sangat menyenangkan. Kalau kamu mau berpidato, kamu wajib simak kiat sukses berpidato dengan mudah di bawah ini.

Sebelum berpidato, kamu sudah harus mengetahui tujuan berpidato. Beberapa tujuan berpidato diantaranya:

1. Memberikan informasi

Berpidato memiliki tujuan utama yakni memberikan informasi atau penjelasan kepada orang lain lewat keterangan. Apa jadinya jika kamu berpidato tapi tidak ada informasi penting yang kamu sampaikan? Tentu saja, orang-orang akan meninggalkanmu atau bisa saja menjauhimu dari sumber suara. Artinya, ketika kamu menyampaikan pidato secara langsung atau tidak langsung melalui microfon, daring, atau lewat video bisa jadi orang-orang akan menjauh dari sumber suara tersebut. 

Jika sudah begini, apa yang kamu harapkan pada pendengarmu? Hmm, bisa-bisa kalau kamu mau pidato lagi, mereka langsung tutup kuping tuh... Waduh, jangan sampai begitu ya, Sobat Pojokata. Kalau kamu tidak mau hal itu terjadi, kamu harus melengkapi syarat pada poin pertama ini. Dengan inormasi penting yang kamu sampaikan, harapannya pendengar bisa memahami dan mempraktikkan isi pidato yang kamu sampaikan. Itu artinya, pidato kamu terlaksana dengan sukses.


2. Meyakinkan

Salah satu tujuan utama berpidato yaitu mampu meyakinkan pendengar untuk mempercayai hal-hal yang kamu sampaikan. Salah satu ciri pidato yang baik adalah pidato yang mampu meyakinkan pendengar bahwa isi pidato baik dan bermanfaat. Jadi, semakin orang-orang peraya pada apa yang kamu sampaikan, itu artinya pidato kamu sukses tersampaikan.


3. Menghibur

Bukan hanya stand up comedy saja yang mampu menyisipkan humor, tapi berpidato juga begitu. Kamu dapat menghibur pendengar dengan berpidato. Berpidato dengan tujuan menghibur bisa dilakukan dengan menyisipkan humor. Ketika menyampaikan informasi lewat pidato, sisipkan humor sedikit demi sedikit agar pendengar tidak bosan saat mendengar pidatomu. Hal ini juga bisa menarik perhatian pendengar agar mau mendengarkan isi pidato-pidatomu selanjutnya.


4. Menggerakkan

Orang yang berpidato mampu menggerakkan emosi, pikiran, dan tindakan para pendengarnya. Efek yang terjadi, biasanya kalau pidato yang disampaikan bertema semangat perjuangan maka para pendengar bisa meluapkan emosinya dengan tetesan air mata atau malah memiliki semangat yang berapi-api untuk bangkit. 

Jika pidato yang disampaikan mengenai refleksi masa lalu seperti kesalahan pada orang tua, sahabat, dan lain sebagainya, maka efek yang ditimbulkan biasanya para pendengar akan menangis. Bahkan, dalam pidato yang disampaikan oleh Bung Karno dan Bung Tomo, orang-orang secara langsung memiliki semangat yang berapi-api.

Hal ini karena pidato yang disampaikan oleh beliau memiliki nilai semangat juang yang tinggi dan disampaikan dengan penuh semangat. Tentunya, naskah pidato juga harus dibuat dengan sebaik mungkin agar para pendengar mampu tergerak sesuai dengan apa yang kamu harapakan.


Kiat Sukses Berpidato dengan Mudah

1. Niat

Sebelum menyampaikan pidato, tanamkan pada dirimu bahwa kamu benar-benar berniat untuk menyampaikan pidato dengan tujuan yang baik sebagai pembicara. Persiapan batin mampu mendukung niat pembicara pidato secara penuh. Niat yang kuat akan menghasilkan persiapan yang baik dan matang. Mulailah dengan persiapan untuk diri sendiri lewat beberapa pertanyaan, misalnya:

1) Saya pasti berani berpidato
2) Saya pasti mampu berpidato
3)Pidato saya ini pasti akan sukses
4) Para pendengar akan suka mendengar pidato saya
5) Saya pasti bisa melakukan pidato dengan baik

Pernyataan-pernyataan di atas akan membangkitkan rasa percaya diri dalam berpidato. Jika percaya diri sudah mucul, maka setiap tahapan akan terlaksana dengan baik. Jangan hanurkan rasa percaya dirimu dengan keraguan dan ketakutan. Tutuplah rasa itu dengan niat yang tulus dari hati, bahwa pidato yang akan kamu sampaikan berisi informasi penting yang harus disampaikan kepada para pendengar.

2. Persiapan Materi

Persiapkan materi yang akan disampaikan dalam pidato. Persiapan menjadi salah satu kunci kesuksesan berpidato. Siapkan materi jauh-jauh hari sebelum kamu berpidato. Jangan sampai kamu terburu-buru dan materi yang disampaikan belum lengkap. Hal ini akan menurunkan performa kamu di hadapan pendengar. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan beberapa materi pidato seperti mengumpulkan bahan-bahan pidato, menyusun dan membuat pidato hingga sempurna.

Jika naskah pidato sudah selesai dibuat, silakan proo reading atau baca ulang naskah yang sudah kamu susun. Kalau perlu, mintalah orang lain untuk mengoreksi naskah yang sudah kamu tulis. Koreksian dari orang lain bisa membantu kamu menyiapkan naskah yang bagus.

3. Latihan

Pembicara harus latihan berpidato sebelum tampil di depan pendengar. Kamu bisa cari tempat yang tenang, nyaman, sepi, dan jauh dari kebisingan. Kamu juga bisa berlatih di depan cermin agar bisa melihat secara nyata gerakan-gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan gaya saat berpidato. Latihlah dirimu sesering mungkin agar terbiasa dalam menyampaikan pidato.

Hafal naskah yang sudah kamu buat. Tujuannya agar kamu tidak selalu terpaku pada naskah. Sebab, kamu bukan menyampaikan pidato untuk dirimu sendiri tapi juga untuk orang banyak. Artinya, kamu harus bisa memposisikan dirimu sebagai pembicara sekaligus pendengar. Sehingga, komunikasi yang dihasilkan bisa lebih efektif. 

Kalau kamu merasa sudah siap dengan persiapan latihan, kamu bisa meminta kerabat kamu untuk mendengar pidato kamu secara langsung. Hal ini bertujuan untuk melatih mental kamu saat berbicara di depan orang lain. Dengan begitu, kamu bisa tampil dengan rasa percaya diri yang tinggi. Bila dirasa ada yang kurang sesuai, teman kamu juga bisa mengoreksi bagian yang salah dari gerak, postur, hingga gaya bicaramu. Jangan takut dikoreksi karena orang yang tidak mau dikoreksi adalah orang yang tidak akan mencapai keberhasilan.

Jadi, jangan malu karena dikoreksi tapi malu lah jika kekurangan yang kamu tutup-tutupi di depan orang banyak tapi orang-orang yang sudah tahu malah memilih diam. Diam tidak akan membuatmu menjadi pembelajar yang baik. Tapi, jika kamu berani dikoreksi, itu artinya kamu sudah siap menjadi pembicara sukses.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat berpidato, diantaranya:

a. Lihatlah situasi sebelum berpidato

b. Cek dan periksa alat yang digunakan sebagai pendukung berpidato

c. Sapa pendengar dengan sopan dan jangan lupa tersenyum

d. Ciptakan suasana lingkungan berpidato yang kondusi

e. Rileks dan cari posisi yang nyaman untuk berpidato

f. Hindari rasa kaku dan monoton

g. Atur tempo saat berbiara sehingga pendengar bisa menghayati isi pidato dan jangan tergesa-gesa

h. Tatap mata pendengar secara bergantian, jangan hanya satu arah saja

i. Gerakkan tangan sesuai dengan pesan dan isi pidato seperti melambaikan dan mengepal tangan

j. Berikan humor di waktu yang tepat

k. Mengambil perhatian pendengar secara penuh lewat gesture, mimik, dan gaya berbicara

l. Buat suasana antara pembicara dengan pendengar terasa sangat dekat

m. Berikan penegasan dari jawaban pendengar. Jangan lupa, berikan pujian atas kerja sama tersebut.

n. Hindari penggunaan bahasa yang sulit dipahami pendengar

o. Berikan kalimat penutup pidato yang berkesan pada pendengar, seperti dengan humor atau kalimat penutup lainnya.


Kiat sukses berpidato dengan mudah di atas bisa membantu kamu yang ingin berpidato. Semoga kamu bisa menjadi pembicara pidato yang sukses ya, Sobat Pojokata. Oh ya, ada pertanyaan seputar cara berpidato? Kalau ada, jangan sungkan bertanya pada kami ya. Yuk, tuliskan pertanyaan maupun tanggapan kamu di kolom komentar!



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kiat Sukses Berpidato dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel