Inspirasi Menu Sahur dan Berbuka Selama Bulan Ramadan

Inspirasi Menu Sahur dan Berbuka Selama Bulan Ramadan

Bulan Ramadan selalu jadi bulan yang ditunggu-tunggu. Mungkin karena punya nuansa yang berbeda dari bulan-bulan lainnya. Bukan hanya karena di bulan ini, orang-orang berpuasa dan salat tarawih saja. Namun, ada banyak nuansa-nuansa lainnya yang bisa kita lihat dan rasakan.

Selama bulan Ramadan, ada banyak kuliner spesial yang hanya ada di bulan ini saja. Makanan-makanan khas juga mulai bermunculan. Sebagai pecinta kuliner, aku suka banget beli berbagai aneka camilan dan minuman segar untuk disantap saat berbuka. Alasannya karena aku suka sama hal-hal simpel. Tinggal beli, jadi engga perlu repot-repot buat camilan lagi.

Eits, tapi ini engga berlaku untuk menu makanan sahur dan berbuka. Khusus sahur dan berbuka, aku masak sendiri nih. Pastinya lebih hemat ya, apalagi kalau dimasak untuk satu keluarga di rumah. 

Rutinitas yang padat tak lantas membuat aku lupa akan tugasku yaitu memasak. Ditambah lagi, to do list selama Ramadan yaitu fokus beribadah bikin aku harus pintar-pintar membagi waktu antara pekerjaan, ibadah, dan memasak. Menu masakan simpel selalu jadi andalanku.

Sebulan berpuasa memang bukan waktu yang sebentar, jadi kita harus jago mix and match resep-resep masakan biar keluarga juga engga bosan. Sebelum Ramadan tiba, aku sudah mikir nih, mau masak apa saja ya selama 30 hari di bulan Ramadan?

Akhirnya aku kepikiran untuk cari 'Inspirasi Menu Sahur dan Berbuka Selama Bulan Ramadan', dan tadaaa... Aku menemukan sebuah website yang memberikan referensi Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadan.

Ada banyak kreasi hidangan untuk berbuka dan sahur yang bisa kita temukan pada menu Ramadan 2022, mulai dari tumisan, bakar, kuah, goreng, bahkan menu panggang. Jangan khawatir untuk soal gizi karena bahan masakan yang diolah itu berprotein, seperti daging, hidangan laut, ayam, ikan, dan sayur-mayur. Wah-wah, hidangan masakan jadi bervariasi dan lezat yah. 

Satu hal yang bikin aku sangat tertarik untuk nyobain semua inspirasi menu ini yaitu bukan hanya karena rasa masakannya yang enak, tapi juga karena hidangan yang direkomendasikan sangat praktis untuk dibuat. Pastinya jadi mudah untuk di-recook di rumah ya kan, Bun.

Zaman semakin modern ya, Bun. Apa-apa jadi serba mudah. Kita bisa dengan mudah menemukan berbagai macam resep di sana. Selain itu, kita juga diberitahu bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, proses memasaknya, hingga penyajiannya loh, bun.

Bahkan, yang lebih kerennya lagi. Kita bisa men-download dan mencetak menu masakan yang kita mau. Jadi semakin mudah karena engga perlu repot nyatet-nyatet bahan yang diperlukan untuk belanja dan print-annya bisa dipajang di dapur juga ya, Bun. Kalau begini, engga jadi pusing dan bingung lagi deh mikirin menu apa saja yang bisa dibuat selama 30 hari Ramadan.


Memasak Olahan Tempe

Nah, kali ini aku mau recook salah satu menunya yaitu tempe kriuk. Sebagai masyarakat Indonesia yang terkenal dengan masakan olahan tempe, aku juga sangat suka dengan menu tempe kriuk ini. Bunda-bunda pasti sudah pada tahu kan kalau tempe merupakan sumber protein nabati dan sudah diakui sebagai salah satu makanan yang sehat di dunia. 

Inspirasi Menu Sahur dan Berbuka Selama Bulan Ramadan

Jadi, engga salah ya kalau aku sangat menggemari tempe goreng ini, terutama untuk menu hidangan sehari-hari. Selain karena rasanya yang cocok ke lidah, tentunya karena proses memasaknya juga simpel dan mudah. Bahkan, untuk orang-orang yang baru memulai belajar memasak sekalipun. 

Kali ini, aku mau coba masak tempe pakai Kobe Tepung Tempe Kriuk untuk menghasilkan cita rasa tempe yang gurihnya pas dan bumbu yang meresap. Alasan aku pilih Kobe Tepung Tempe Kriuk ini juga karena bahannya terbuat dari bumbu alami yang berkualitas dengan campuran ketumbar, bawang putih, garam, dan bahan lainnya, sehingga mampu menghasilkan adonan yang pas untuk menjadikannya tempe yang enak.


Tepung Bumbu Kobe

Siapa di sini yang mengira kalau KOBE dalah brand Jepang? Kalau iya, acungkan tangan! Yang samaan ngira ini brand asal Jepang, kita samaan, hehe. Awal denger nama KOBE ini aku ngira kalau namanya berasal dari Bahasa Jepang. Yang aku tahu bahwa Bahasa Jepang Koube berarti kepala. Aku juga menerka bahwa KOBE berasal dari Jepang lantaran namanya sama dengan ibu kota Prefektur Hyogo, Jepang. Tapi, ternyata semua itu salah.

Nama KOBE ini sendiri merupakan singkatan dari "Kata Orang Banyak Enak" dan memiliki tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu! 

Kobe adalah perusahaan asli Indonesia yang memulai perjalanannya sebagai industri rumahan di Semarang. Kobe terus berkembang pesat dan terus berinovasi sejak 1979 dengan meluncurkan produk-produk unggulan seperti Tepung Bumbu Kobe. 

Produk pertama Kobe adalah Tepung Bumbu yang kemudian menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia. Pengalamannya dalam hal tepung bumbu tentu tidak perlu diragukan lagi ya, Bun. Pantesan rasa tepungnya se-enak dan se-lezat itu. 


Varian Tepung Kobe

Ada beberapa varian Tepung Kobe yang bisa bunda coba untuk bahan masakan menu goreng, diantaranya:

1. Kobe Tepung Tempe Kriuk

Formulasi untuk gorengan tempe dengan ketumbar asli sehingga menghasilkan rasa gurih dan renyah.

2. Kobe Tebung Kentucky SuperCrispy

Formulasi untuk ayam kentucky super crispy tahan hingga 8 jam.

3. Kobe Tepung Bumbu Putih

Formulasi untuk membuat gorengan renyah bertekstur kristal.

4. Kobe Tepung Serbaguna

Formulasi untuk membuat aneka gorengan renyah berempah.

5. Kobe Tepung Bakwan & Perkedel

Formulasi untuk membuat bakwan & perkedel lembut di dalam dan renyah di luar.

6. Kobe Tepung Pisang Goreng Crispy

Formulasi untuk membuat pisang goreng dan aneka kue.


Kobe Tepung Tempe Kriuk

Kobe Tepung Tempe Kriuk adalah tepung yang diracik secara khusus untuk menghasilkan Tempe Goreng Tepung yang sempurna kelezatannya. Hasil gorengan Tempe menjadi terbalur dengan lapisan tepung crunchy dengan perpaduan rasa rempah yang pas dan lezat. 

Kobe Tepung Tempe kriuk ini diciptakan khusus untuk diolah dengan bahan tempe yang kaya akan gizi dan nutrisi. Tempe mengandung protein yang penting untuk menjaga dan meningkatkan imunitas. Tempe juga kaya akan zat besi, vitamin B6, magnesium dan calcium. Selain itu, tempe mengandung antioxidant isoflavon yang menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Keunggulan:

  • Diracik khusus untuk menghasilkan tempe goreng sempurna, yang kriuk dan pas berbumbu
  • Menjadikan gorengan tempe renyahnya tahan lama
  • Gurih & lezat karena mengandung ketumbar asli
  • Diproses menggunakan teknologi modern
  • Tanpa bahan pengawet
  • Tanpa pewarna buatan


Resep Keripik Tempe Kriuk Simpel dan Lezat

Bahan-bahan:

  • 1/2 Papan Tempe
  • 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk (70gr)
  • 125 ml air
  • 3 lembar daun jeruk, iris halus
  • 500 ml Minyak goreng
Cara membuat:
  • Iris tipis tempe, lalu goreng sampai matang dan kering, tiriskan.
  • Campurkan 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk dengan air, aduk hingga larut
  • Tambahkan irisan daun jeruk dan aduk rata
  • Masukkan tempe yang sudah digoreng ke dalam adonan basah
  • Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan.
  • Angkat dan biarkan dingin, setelah dingin simpan dalam toples.

Tips agar bunda bisa mendapatkan hasil tempe yang super kriuk yaitu dengan mengiris tempe setipis mungkin, sehingga bisa menghasilkan tempe goreng yang kriuknya sempurna. Bunda juga bisa menambahkan daun bawang atau daun kucai sesuai selera biar rasanya lebih maknyuss lagi. Tapi, kalau engga ada juga tidak apa-apa ya bun. Di sini saya juga tidak pakai karena kebetulan bikinnya buru-buru. Ya, sesuai sama temanya hari ini yaitu bikin masakan berbuka yang simpel-simpel saja.

Pokoknya, bunda-bunda di rumah harus cobain resep-resep ini. Bahan-bahannya mudah dicari, pengolahannya simple, dan hasilnya tidak mengecawakan. Rasanya bikin nagih. Jadi engga sabar nunggu besok untuk cobain menu masakan yang lainnya. So Yummy, Bun!

Nah, itu dia hasil recook masakan tempe goreng kriuk yang aku lihat dari Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadan untuk menu berbukaku. Memasak menu sahur dan berbuka jadi se-simple itu dengan produk dari Tepung Bumbu Kobe. Soal rasa memang engga perlu diragukan lagi karena rasanya bener-bener kriuk, gurih, dan enak! Sekarang bunda-bunda engga usah bingung lagi mau masak apa buat besok. Langsung cek aja resep menunya di Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadan. Aku juga sudah punya daftar menu makanan sahur dan berbuka buat besok dan seterusnya bun. Semua berkat Kobe. 

Inspirasi Menu Sahur dan Berbuka Selama Bulan Ramadan

Selamat mencoba bunda-bunda semua. Kita jadi engga bingung-bingung lagi nih buat nentuin menu sahur dan berbuka besok. Thank You, Kobe!


Penulis: Tri Ayu Andani Nasution

Berlangganan update artikel terbaru via email:

11 Responses to "Inspirasi Menu Sahur dan Berbuka Selama Bulan Ramadan"

  1. Salah satu menu sarapan kalau mau yang cepet. Olahan tempe dan tepung selalu jadi andalan ya kak, apalagi tepungnya kobe. 😉

    BalasHapus
  2. Masya Allah baru tahu kalau tepung bumbu KOBE bukan dari Jepang. Belum lagi banyak variasi tepungnya sesuai kegunaan.

    Keren Kak, biasanya Ibu Teddy gunakan Tepung merek lain untuk gorengan dan ayam. Jadi ada referensi lain untuk tepung bumbu masakan.

    Terima Kasih Kak.

    BalasHapus
  3. Tempe adalah makanan favoritku sejak kecil, apalagi jika diolah dengan tepung bumbu kobe pas mantab lah pokoknya.. tulisan nya juga sangat informatif apalagi ada reep makanannya.. joss

    BalasHapus
  4. Rasanya kalau pakai Kobe emang beda deh Bun dan kemarin aku pun mencobanya nambah terus di piring hahha

    BalasHapus
  5. Namanya unik euy, jujur sih, waktu pertama kali baca KOBE, saya juga ngiranya dari Jepang, rupanya itu akronim..

    BalasHapus
  6. Tempe ditepungin Kobe emang ngga pernah fail ya kak rasanya. Mau dipake takjil maupun lauk buat buka puasa ayo ajaaaa

    BalasHapus
  7. Kobe Tepung Tempe kriuk ini andalan di rumah saya kalau mau bikin tempe goreng. Rasanya enak, gurih dan kriuknya terasa bangeet

    BalasHapus
  8. Herijo Said:
    Tepung bumbu Kobe emang beda Ama yang Laen. Saya suka karena istri sering menyajikan menu ini. Gak cuma di bulan Ramadhan.

    BalasHapus
  9. Tepung kobe ini racikannya pas buatku. Biasanya aku pake yang serbaguna. Ini ada varian baru berarti ya. Next mau coba pakai ini deh

    BalasHapus
  10. wah cocok buat tempe goreng sama pisang goreng nih? enak buat camilan habis terawih hehe...

    BalasHapus
  11. Aku baru tahu kalau tepung kobe banyak sekali varian dan rasanya. Bisa jadi rekomendasi kalau buat makanan yg di goreng tepung agar lebih enak dan siap santap hihi

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel