Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahasiswa KKN Unimal Bersama Perangkat Desa Air Genting Beri Penyuluhan Covid-19



Pojokata.com - Mahasiswa KKN Kelompok 28 Universitas Malikussaleh (UNIMAL) tahun 2020 bersama perangkat Desa Air Genting, Asahan memberikan penyuluhan Corona (Covid-19) dari rumah kerumah sebagai salah satu upaya pencegahan Virus Corona kepada masyarakat Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan pada Senin (4/5/2020).

Kegiatan yang dilakukan oleh empat mahasiswa KKN diantaranya Aditya Pratama Hasibuan (Agribisnis), Putri Octapia Saragih (Ilmu Komunikasi), Syahnia Rezkia Rangkuti (Teknik Industri), dan Devi Sari Dewi (Akuakultur) ini juga merupakan upaya dalam meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap Covid-19.

Penyuluhan dilakukan dengan cara menyebarkan dan menempelkan selebaran ke setiap rumah warga, tempat berjualan, rumah ibadah, dan sekolah yang ada di Desa Air Genting.  Selebaran tersebut berisikan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghindari Covid-19 seperti himbauan untuk mencuci tangan dengan baik menggunakan sabun, menggunakan masker saat keluar rumah, menghindari  keramaian dan menaati anjuran yang dibuat oleh pemerintah untuk tetap berada di rumah saja. Selebaran juga berisikan peraturan Kepala Desa dalam menerima tamu, pemakaman, termasuk kegiatan keamanan dan lingkungan.

Sesuai amanat dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Sri Haryanto, bahwa ada lima tugas khusus perangkat desa dalam menanggulangi Covid-19 diantaranya, perangkat desa harus mampu mengelola kendali informasi terkait Covid-19, perangkat desa dapat membuat pranata sosial baru yang sesuai dengan kebutuhan desa, dan yang juga penting adalah bagaimana agar perangkat desa bisa memberikan informasi terkait Covid-19 setiap hari.

Djaroddi SE selaku Kepala Desa Air Genting mengatakan kegiatan tersebut dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara pencegahan Covid-19. "Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat tahu cara pencegahannya. Jika merasa memiliki gejala seperti pilek, sakit tenggorokan, batuk, demam serta sesak nafas diharapkan segera melapor ke puskesmas atau posko Gugus Tugas Covid-19 Desa Air Genting," ungkap Djaroddi.

Selain dengan menyebar dan menempelkan selebaran, perangkat desa juga membuat spanduk berisi informasi mengenai himbauan terkait penyebaran Covid-19 di beberapa tempat seperti, posko Gugus Tugas Covid-19, puskesmas, kantor kepala desa, dan di tugu masuk desa Air Genting," demikian Djaroddi menandaskan.

Dosen Pembimbing lapangan (DPL) K28 KKN Unimal Deassy Siska., S.Si., M.Sc berharap agar masyarakat dapat menerapkan anjuran dan himbauan yang disampaikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Semoga dengan adanya penyuluhan yang sifatnya rumah ke rumah ini masyarakat di Desa Air Genting dapat memahami maksud dan tujuan penyuluhan yang di berikan oleh Satgas dan Tim KKN Unimal, sehingga mereka dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat menyampaikan kepada orang tua, saudara serta tetangga dekat sehingga bisa sama-sama menjaga, jangan sampai terinfeksi Virus Corona atau Covid 19,” tuturnya.
Tri Ayu @triayunst
Tri Ayu @triayunst Hello, I am writer of the Pojokata site. My name is Tri Ayu (Instagram @triayunst). I am a writer who has produced 6 books such as scholarship books, poetry, and novels. I am also an SEO Writer who has experience in displaying dozens of articles on the main page of the Google search engine. I love photography, videography, product reviews, beauty & lifestyle, cooking, finance, technology, etc. I am also an Content Creator and Blogger with experience in creating content. You can collaborate with me by contacting my Instagram or email triayunst.id@gmail.com. Come on, build partnership and let's be friends with me!

Posting Komentar untuk "Mahasiswa KKN Unimal Bersama Perangkat Desa Air Genting Beri Penyuluhan Covid-19"