Tren Komunikasi Mayarakat Masa Kini


Oleh : Anggy Ayu Wandari

Dunia saat ini telah memasuki era digitalisasi dimana segala hal akan selalu berhubungan dengan kecanggihan teknologi. Tak dapat dihindari, kecanggihan teknologi sangat membantu masyarakat dalam melakukan segala kegiatan. Menyelesaikan pekerjaan kantor, menyelesaikan tugas kampus, melakukan transaksi online termasuk dalam urusan berkomunikasi.

Zaman dahulu, alat komunikasi memang sudah ada. Namun, bentuk dan cara penggunaannya jelas sangat jauh berbeda. Dari segi waktu pengiriman dan penerimaan pesan, jangkauan masyarakat yang dapat menerima pesan sangatlah jauh berbeda dengan masa kini. Penggunaan surat, lonceng, telegraf merupakan alat komunikasi pada zaman dahulu.

Kini komunikasi masyarakat telah berubah jauh lebih pesat. Penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell telah membawa perubahan yang sangat jelas dalam kehidupan masyarakat. Dahulu masyarakat hanya bisa menggunakan surat yang dikirimkan melalui petugas pos dan dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk menerima balasannya.

Namun sekarang, tak butuh waktu lama jawaban dari pesan yang kamu kirimkan bisa langsung di dapatkan dari sebuah benda bernama Smartphone. Berkat perkembangan teknologi, perkembangan smarthphone telah mengubah cara manusia dalam berkomunikasi. Perkembangan teknologi terkhusus dibidang komunikasi telah membuka cerita baru bagi kehidupan manusia. Bahkan, komunikasi masa kini tak lagi hanya sebatas suara atau via teks saja. Masyarakat bisa berkomunikasi dengan fitur video call secara langsung.

Ditambah dengan aplikasi pendukung komunikasi seperti Twitter, Facebook, Line, Whatsapp yang juga telah mengubah cara masyarakat dalam berkomunikasi. Kebutuhan hiburan dan informasi pun bisa didapatkan. Sekarang, masyarakat bahkan bisa memperluas jaringan pertemanan hanya dari sebuah pertukaran pesan melalui aplikasi tersebut. Masyarakat bisa saling bertukar pesan dari belahan dunia manapun dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Hal itu menyebabkan cara berkomunikasi masa kini menjadi lebih mudah tanpa harus melakukan pertemuan secara langsung terlebih dahulu.

Kini, smartphone bukan hanya menjadi pendukung dalam kehidupan masyarakat tetapi telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup yang sangat penting. Masyarakat semakin bergantung dengan kecanggihan alat komunikasi tersebut. Dengan adanya smarthphone, masyarakat tak perlu lagi bertemu hanya untuk menyampaikan pesan singkat. Ketika tidak bisa bertemu dengan keluarga, fitur-fitur yang disediakan pada smartphone menjadi pilihan untuk bertegur sapa.

Bahkan, beberapa orang beranggapan ketinggalan dompet tak masalah dibanding harus ketinggalan smartphone. Persepsi tersebut bisa muncul disebabkan fitur yang terdapat dalam smartphone memang sangatlah lengkap. Sekarang, masyarakat tak perlu lagi terlalu banyak membawa uang tunai sebab sebagian besar pusat perbelanjaan telah menerima pembayaran secara online. Di masa sekarang ini pembayaran secara online dengan memanfaatkan aplikasi Dana dan Ovo sangat digandrungi oleh masyarakat terkhusus generasi millenial.

Bentuk dari smarthphone yang cukup digenggaman membuat masyarakat lebih mudah membawanya kemana-mana. Tak jarang kita lihat masyarakat yang lihai memainkan smartphone bahkan saat berkendara walaupun hanya untuk mengirim pesan ataupun mengakses internet.

Tak heran jika banyak brand-brand Smartphone mengeluarkan produk terbaru dengan fitur-fitur yang lebih canggih lagi demi memuaskan para konsumen. Dengan berbagai keuntungan yang disediakan, tak bisa diragukan lagi jika penggunaan smartphone sangat digandrungi di kalangan masyarakat dari berbagai batas usia.

Menurut riset terbaru yang dikeluarkan oleh layanan manajemen konten HootSuite dan agensi pemasaran media sosial We Are Social dalam laporan yang bertajuk “Digital 2020” bahwa hampir seluruh masyarakat di Indonesia menggunakan akses internet melalui smartphone. Dan sebagian besar pengguna smartphone mengakses internet untuk berselancar di media sosial.

Terlepas dari banyaknya keuntungan yang didapatkan dari penggunaan smartphone, tentunya terdapat pula sisi negatif dari penggunaan benda tersebut tergantung pada pemanfaatannya. Masyarakat pada era saat ini seolah mempunyai tuntutan untuk bergantung pada media komunikasi dan teknologi informasi jika ingin tetap eksis. Istilah ketinggalan zaman pun akan dilontarkan jika seseorang tidak mengetahui hal-hal terbaru yang dibagikan lewat jejaring sosial di smartphone.

Belum lagi, lahirnya alat komunikasi serba efisien ini mengakibatkan munculnya manusia-manusia individual. Contoh kecilnya saja bisa kita lihat disebuah perkumpulan, pastinya ada satu waktu di mana setiap orang yang terlibat di dalam perkumpulan tersebut sibuk dengan smartphonenya. Begitupun di lingkup keluarga, interaksi sosial semakin minim dilakukan disebabkan setiap anggota keluarga sibuk dengan smartphonenya masing-masing.

Memang, lahirnya teknologi terkhusus di bidang komunikasi memungkinkan untuk saling bertemu dan menciptakan dunia baru secara virtual tapi penting untuk diingat bahwa komunikasi virtual tidak bisa menggantikan komunikasi secara langsung dengan orang-orang di setiap kehidupan kita. Interaksi yang dilakukan pada komunikasi virtual memang sangat praktis tetapi terkadang mampu menimbulkan kesalahpahaman dalam memahami pesan yang dikirimkan. Komunikasi secara virtual memang sangat efisien namun untuk menciptakan kehidupan sosial yang sehat dan seimbang berkomunikasi secara face to face merupakan pilihan yang tepat.

*Penulis merupakan mahasiswi program studi Ilmu Komunikasi yang sedang melaksanakan KKN DR UIN-SU, Kelompok 101

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tren Komunikasi Mayarakat Masa Kini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel