Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menerbitkan Buku di Penerbit Guepedia


Ada yang sudah tahu penerbit Guepedia? penerbit ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga para calon penulis. Buat kamu, calon penulis yang akan menerbitkan karyanya di penerbit ini silakan baca tulisan ini ya. Pojokata akan menjelaskan Cara Menerbitkan Buku di Penerbit Guepedia. Selain itu, Pojokata juga akan meceritakan sedikit pengalaman salah satu redaktur Pojokata selama menerbitkan buku di Guepedia.

Guepedia.com adalah perusahaan yang bergerak di bidang penerbit online atau On Publishing. Guepedia.com merupakan tempat yang tepat untuk mempertemukan penulis dengan pembaca guna menyediakan apa yang mereka butuhkan, yaitu sebagai penulis yang membutuhkan wadah menerbitkan buku dengan cara yang lebih mudah dan ekonomis, sedangkan pembaca membutuhkan buku-buku berkualitas dan mudah terjangkau. Di sinilah kami berperan untuk menjembatani kebutuhan penulis dan pembaca.

Guepedia.com menjawab keresahan para penulis atas sekelumit masalah yang kerap terjadi kepada penulis-penulis di Indonesia.

Buku hasil menerbitkan di Guepedia.com

Buku Kata Tentangmu, Antologi Puisi Karya Mahasiswa Ilmu Komunikasi UINSU

Silakan dibaca ya sobat, Pojokata. Semoga bisa menjadi referensi kamu sebelum menerbitkan naskah kamu ke Guepedia. Selamat membaca!

Cara Menerbitkan Buku di Penerbit Guepedia

1. Buka website penerbit Guepedia di www.guepedia.com atau klik di sini

Setelah website terbuka, akan muncul home atau halaman utama penerbit.

2. Klik log in

Nanti akan muncul tampilan log in akun dan di bawahnya ada pertanyaan,

Belum Punnya Akun Guepedia ? Daftar.

Silakan klik daftar. Isi email kamu yang aktif. Isi juga password dan ulangi pasword yang sama.

3. Klik Daftar

Klik daftar, dan secara otomatis anda sudah terdaftar di penerbit Guepedia. Artinya, anda sudah punya akun penulis.

4. Buka email kamu

Silakan buka email yang sudah didaftarkan di Penerbit Guepedia. Guepedia sudah mengirimkan pesan ke inbox email kamu. Isinya tentang file perjanjian penulis. Kamu juga dikirimkan file PDF yang berisi perjanjian antara penulis dan Guepedia. Silakan baca baik-baik ketentuannya ya. Pahami baik-baik apa yang disampaikan oleh penerbit. 

Ada 8 poin dan masing-masing poin terdiri dari berbagai sub. Selain itu, terdapat pasal-pasal perjanjian antara kamu dan penerbit. Semua ketentuan ada di perjanjian. Benar-benar sangat lengkap dan poin-poinnya cukup banyak. Usahakan baca per poin, pahami satu-persatu. Tidak perlu terburu-buru karena apa yang disampaikan oleh penerbit benar-benar sangat penting dan menjawab semua pertanyaan kamu seputar penerbitan.

5. Konfirmasi akun

Jika sudah, silahkan konfirmasi akun penulis anda dengan cara "klik konfirmasi akun anda di sini."

Masih di pesan masuk yang ada di inbox email kamu. Setelah membaca file perjanjian tadi, jika kamu sudah setuju silakan klik konfirmasi. Ketika sudah kamu klik, nanti kamu akan langsung terhubung ke akun penulis milikmu yang ada di Guepedia.com.

6. Buka kembali Guepedia.com

Jika kamu tidak langsung diarahkan pada halaman website Guepedia, silakan buka kembali website Guepedia.com dan lihat di atas ada banyak pilihan kolom, seperti kategori, cari buku, terbit gratis, cara beli buku, cara jadi penulis.

7. Klik terbit gratis

Silakan klik terbit gratis untuk mendaftarkan naskah kamu ke penerbit secara gratis. Setelah kamu klik, nanti akan muncul penjelasan mengenai syarat dan ketentuan penerbitan Guepedia secara gratis alias tidak berbayar.

8. Baca persyaratan, ketentuan, jenis naskah, dan catatan penting dari penerbit Guepedia

Silakan baca semua persyaratan, ketentuan, jenis naskah, dan catatan penting dari penerbit Guepedia secara perlahan. Baca satu-persatu poin penting yang disampaikan. Semua poinnya penting, jangan sampai kelewatan satu bagian pun ya, sobat Pojokata. Nah, ini informasinya.

Kabar Gembiraaaa...

Karena banyaknya antusias dari para penulis yang ingin menerbitkan bukunya di Guepedia, maka Guepedia membuka kesempatan para penulis menerbitkan buku secara GRATIS Sampai Tanggal 30 November 2020

Harap dibaca dan dipelajari tahap dan syaratnya yaa...

Penulis yang ingin mengirimkan naskahnya harus membuat akun penulis terlebih dahulu di https://www.guepedia.com/penulis/ setelah itu penulis dapat langsung meng-upload naskah dan cover (jika ada kalau tidak ada bisa dikosongkan) kemudian penulis dapat melihat status naskah apakah diterima atau tidak dari akun tersebut.

Naskah yang dikirim dengan persyaratan berikut:

1. Minimal 50 halaman A4, maksimal 300 halaman. naskah harus dalam bentuk file word.

2. Font Bookman Old Style, 10 pt.

3. Spasi 1.5

4. Margin 2 cm.

5. Daftar Pustaka bila buku umum atau pengetahuan.

6. Tidak mengandung SARA, Pornografi, LGBT, plagiat, dan hal-hal yang menimbulkan kontroversi publik.

7. Jika mempunyai cover buatan sendiri, silakan dibuat di photoshop dengan ukuran A4 dan resolusi gambar minimal 300 pixel dan upload ke akun penulis dengan format psd, bukan jpg/jpeg/png/rar, dsb.

8. Harus ada untuk semua jenis naskah:

9. Kata Pengantar.

10. Daftar Isi Tanpa Nomor Halaman.


Tentang Penulis:

1. Sinopsis sebanyak 150 - 250 kata

Sinopsis harus menggambarkan keseluruhan isi naskah secara jelas, bukan hanya penggalan dari isi naskah atau sekadar kata-kata yang tidak menceritakan isi naskah (Jika bagian-bagian di atas tidak ada, naskah tidak akan diproses)

2. Kata Pengantar,Daftar Isi,Tentang Penulis,Sinopsis dan Naskah dijadikan satu file (.docx) dan di upload di halaman penulis.


Yang Gratis dari Guepedia:

1. Desain, Layout editing, Guepedia yang buatkan.

2. Cover Guepedia yang buatkan.

3. ISBN dapat gratis.

4. Promosi Guepedia yang kerjakan..

5. Guepedia tidak memberikan buku gratis kepada penulis.

6. Penulis tinggal duduk santai, tiap bulan dapat Bagi Hasil 15%


NB (Catatan Penting):

Karena ini program gratis dan semuanya sudah gratis, penulis bisa membeli bukunya dengan diskon khusus penulis Guepedia.

Naskah yang masuk ada seleksi.

Semua genre naskah diterima, termasuk puisi, cerpen, sajak, buku agama, parenting, buku pengetahuan, fiksi populer, bisnis dan ekonomi, ilmiah populer, pendidikan, pengembangan diri, gaya hidup, ilmu sosial, dan lain-lainnya.

Guepedia berhak untuk menolak naskah yang akan diterbitkan dengan atau tanpa alasan penolakannya, biasanya kita terima kok..kita hargai semua jenis naskah

Penulis boleh mengirim / menerbitkan lebih dari satu naskah, tidak dibatasi

Naskah yang sudah pernah diterbitkan di penerbit lain, tidak bisa kami terbitkan, kecuali disertai surat pencabutan naskah dari penerbit sebelumnya.

Naskah yang sudah pernah diposting/upload di sosmed, aplikasi menulis, seperti wattpad, dll. masih dapat dikirim dan diterbitkan di Guepedia

Guepedia berhak mencabut naskah yang sudah diterbitkan jika di kemudian hari ditemukan pelanggaran yang tidak sesuai dengan ketentuan guepedia, misal: plagiat, SARA, melanggar hukum, dll.

Naskah diterima atau tidak akan kami kabari maksimal 10 hari kerja

Hak cipta naskah tetap menjadi milik penulis seutuhnya, namun Hak Terbit naskah ada di Guepedia

Untuk dapat melihat status naskah akan kami kabari via email dan dapat dilihat di akun penulis https://www.guepedia.com/penulis/

Jika ada pertanyaan lain silahkan tanyakan via email di guepedia@gmail.com atau WA di 081287602508


9. Buat akun penulis

Jika kamu sudah membaca semua informasi di atas, silakan klik kolom "cara jadi penulis" (kolom yang berada di sudut kanan atas. Atau klik https://www.guepedia.com/penulis/.

10. Baca Informasi Cara Menjadi Penulis Guepedia

Setelah sampai pada halaman ini, akan ada informasi Cara Menjadi Penulis Guepedia diantaranya penjelasan mengenai Cara Jadi Penulis, Cara Masuk Ke Halaman Penulis, Cara Upload Naskah, Cara Mengambil Bagi Hasil, dan Cara Lihat Laporan Penjualan.

Ada 4 langkah yang sudah dijelaskan di akun Guepedia. 2 langkah mengenai Cara Masuk Ke Halaman Penulis. 5 Langkah Upload Naskah. 4 langkah mengenai Cara Mengambil Bagi Hasil. Dan terakhir, 4 langkah mengenai Cara Lihat Laporan Penjualan.

Silakan baca pelan-pelan. Guepedia sudah menjelaskannya dengan sangat panjang dan jelas sekali. Kamu tidak akan kebingungan lagi setelah membacanya.


11. Daftar Akun Penulis

Sebelah kanan informasi Cara Menjadi Penulis Guepedia, ada informasi masuk ke akun. "Masukan Email dan Password anda untuk masuk ke akun penulis". Klik bagian "belum punya akun?".

12. Isikan form untuk bergabung menjadi penulis
Ada form yang berisi data-data pribadi penulis. Silakan kamu isi sesuai data pribadi kamu. 
Adapun beberapa hal yang perlu diisi:
1. Nama Lengkap 

2. Nama Pena
Kalau kamu tidak ingin memunculkan nama asli kamu, silakan isi nama pena kamu. Nama pena adalah nama samaran pena penulis. Nama pena ini yang menggantikan nama asli kamu di sebuah buku. Jadi, nanti nama kamu berganti dengan nama pena yang kamu cantumkan. Misal nama pena, "impresi kata", "cluffiy", "pojokata", dll.
Jika kamu tidak ingin karya kamu diketahui orang-orang terdekatmu, kamu bisa menggunakan nama samaran dengan mengisi nama pena ini. Jika kamu ingin membuat nama lengkap kamu namun ingin memberi gelar nama, silakan isi di nama pena.
Buat kamu yang lebih akrab disapa dengan nama pena daripada nama asli, kamu bisa mengisi nama pena ini ya. Nama lengkap tetap kamu isi dan nama pena juga. Tapi, jika kamu tidak mau menggunakan nama pena, silakan isi saja dengan nama lengkapmu.

3. Nomor Kontak

4. Alamat lengkap
Beberapa keterangan yang harus diisi yaitu:
Jalan, RT, RW, Nomor Rumah, Kelurahan/Desa, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi.

5. Email

6. Password

7. Ulangi Password

8. Akun Instagram

9. Akun Facebook

13. Klik Daftar

Jika kamu sudah benar-benar mengisi data sesuai identitas pribadi kamu, klik daftar.


14. Masuk ke Akun Penulis

Setelah daftar, halaman akun penulis langsung muncul di website Guepedia. Ada beberapa hal yang bisa kamu lihat:

1. My Profile

2. Upload Naskah

3. Review Naskah

4. Naskah Saya

5. Laporan Penjualan

6. Bagi Hasil


15. Klik Upload Naskah

Klik upload naskah. Nanti akan muncul ketentuan upload naskah di kiri layar website dan ada 6 ketentuan yang harus kamu penuhi sebelum mengupload naskahmu. 

Ketentuan Upload Naskah

  1. Kata Pengantar.
  2. Daftar Isi.
  3. Tentang Penulis.
  4. Sinopsis sebanyak 150 - 250 kata
  5. Sinopsis harus menggambarkan keseluruhan isi naskah secara jelas, bukan hanya penggalan dari isi naskah atau sekadar kata-kata yang tidak menceritakan isi naskah (Jika bagian-bagian di atas tidak ada, naskah tidak akan diproses)
  6. Kata Pengantar,Daftar isi,naskah dijadikan satu file (.docx) dan di upload di halaman penulis

Pastikan naskah yang Anda kirim sudah sesuai dengan template guepedia.


16. Download Template Naskah

Silakan download template naskah terlebih dahulu. Setelah selesai, buka file dan susun naskahmu ke dalam template yang sudah disediakan. Jika kamu belum punya naskah yang ingin kamu terbitkan di penerbit Guepedia, silakan tulis naskahmu di file template yang sudah kamu download tadi.

Isi apa yang perlu kamu isi. Seperti judul, nama penulis, kata pengantar, daftar isi, isi naskah, biodata narasi penulis, dan jangan lupa masukkan juga blurb atau halaman belakang buku dengan narasi. Narasi ini kamu tulis sesuai dengan isi naskahmu. Semua merangkum isi naskahmu.


17. Baca Ulang Naskah


18. Save Naskah yang Sudah Final


19. Buka Kembali Website Guepedia

Buka akun penulismu yang tadi sudah kamu buka. Bagian kanan website terdapat "upload naskah". Ada beberapa hal yang harus kamu isi, silakan diisi saja:

1. Judul Naskah

2. Nama Asli Penulis (Nama Orang / Bukan Nama Komunitas)

3. Nama Pena Penulis (Untuk Cover & ISBN)

Harap Di isi dengan Benar, Tidak Dapat Diubah !

4. Blurb (Wajib diisi! Untuk Bagian Belakang Cover)

5. Kategori

Agama, anak-anak, bisnis dan ekonomi, fiksi populer, finansial, gaya hidup, puisi, dll. Silakan pilih kategori naskahmu.

6. Upload File Naskah

Note : Naskah utama, Daftar Isi, Kata Pengantar, Sinopsis, Dijadikan satu Dan hanya Menerima Dalam bentuk Microsoft Word (.doc/.docx).

7. Upload File Cover Jika Ada

Note : Hanya file menerima dalam bentuk PSD

8. Tulisa Nama Pembuat Cover

9. Centang syarat dan ketentuan

Silakan centang bagian "Saya menyetujui dan mematuhi syarat dan ketentuan ( Perjanjian Guepedia dan Penulis ) dari guepedia.com"

Pemberitahuan Penting dari Penerbit Guepedia:

Saya menyetujui dan mematuhi syarat dan ketentuan ( Perjanjian Guepedia dan Penulis ) dari guepedia.com

Jika Anda sudah memberikan centang pada pernyataan di atas, kami anggap Anda sudah membaca dan memahami segala syarat dan ketentuan yang diberlakukan di guepedia.com, dan ini sebagai dokumen sah perjanjian antara Guepedia dan Penulis.


20. Klik Simpan Upload

Klik simpan upload. Naskah sudah siap dikirim ke penerbit. Silakan buka email, laporan naskah akan dikirim ke email. Buka juga website Guepedia dan lihat akun penulis kamu. Di san akan muncul status naskah. Apakah sedang dalam antrian, proses, atau sudah terbit.


Buat kamu yang sudah punya naskah dan ingin langsung menerbitkan naskahmu. Silakan coba penerbit Guepedia. Terbitkan naskahmu dengan mudah, cepat, gratis, dan anti ribet di penerbit Guepedia lewat Cara Menerbitkan Buku di Penerbit Guepedia yang telah Pojokata bagikan. Kalau masih ada yang belum kamu pahami, silakan tanyakan lewat kolom komentar di bawah ya. Jangan sungkan-sungkan. Oh iya, buat kamu yang sudah menerbitkan buku di Penerbit Guepedia, gimana nih cerita pengalamanmu? Sharing yuk.

Berikan komentarmu di bawah ya! Terima kasih sudah berkunjung. :)


Tri Ayu @triayunst
Tri Ayu @triayunst Hello, I am writer of the Pojokata site. My name is Tri Ayu (Instagram @triayunst). I am a writer who has produced 6 books such as scholarship books, poetry, and novels. I am also an SEO Writer who has experience in displaying dozens of articles on the main page of the Google search engine. I love photography, videography, product reviews, beauty & lifestyle, cooking, finance, technology, etc. I am also an Content Creator and Blogger with experience in creating content. You can collaborate with me by contacting my Instagram or email triayunst.id@gmail.com. Come on, build partnership and let's be friends with me!

1 komentar untuk "Cara Menerbitkan Buku di Penerbit Guepedia"