Ucapan dan Quotes Selamat Hari Guru Nasional Terbaru, Cocok untuk Caption


Hari guru nasional ditetapkan pada 25 November. Hari guru selalu diperingati setiap tahunnya. Peringatan itu ditandai dengan acara, lomba, dan penghargaan untuk para guru. Kemeriahan hari guru juga bisa dilihat dari ucapan dalam bentuk quotes, caption, maupun puisi yang bertebaran di media sosial. Beberapa Ucapan dan Quotes Selamat Hari Guru Nasional Terbaru, Cocok untuk Caption.

Ucapan dan quotes tentang hari guru yang tertuju pada guru-guru tentu akan membuat para guru makin semangat dalam mengajar. Pasalnya, kata-kata mutiara hari guru akan memberikan kesan yang cukup mendalam. Artinya, ada banyak orang yang mengingat sosok guru lewat caption yang dibagikan ke media sosial.

Semakin banyak yang memberikan ucapan dan quotes lewat caption di hari guru, maka semakin banyak guru-guru yang akan tersenyum dan bahagia. Membahagiakan orang lain adalah suatu kebaikan. Yuk, ramaikan hari guru dengan menulis ucapan dan quotes selamat hari guru di caption WhatsApp, Instagram, Twitter, Telegram, Facebook, Youtube, dan Medsos lainnya.

Pengertian Hari Guru

Sebelum melihat apa saja bentuk ucapan dan quotesnya, Pojokata akan menjelaskan terlebih dahulu tentang hari guru. Apasih hari guru itu? hari guru adalah hari penting bagi para guru untuk menunjukkan rasa syukur dan bangga terhadap guru lewat acara, lomba, dan penghargaan. Hari guru di setiap negara tentu berbeda-beda.

Di Indonesia, hari guru selalu diperingati setiap tahun pada tanggal 25 November. Setiap hari guru, biasa para siswa akan mempersiapkan ucapan dan quotes untuk guru. Quotes ini akan ditempelkan pada dinding-dinding kelas. 

Selain itu, untuk memeriahkan hari guru, biasanya akan diadakan lomba makan kerupuk, tari balon, memasukkan belut ke botol, tari-tarian, menyanyi, pidato, dan beragam jenis lomba yang diikuti oleh guru. Tapi, di situasi pandemi Covid-19 saat ini tidak memungkinkan untuk diadakan perlombaan seperti tahun-tahun sebelumnya.


Desain Flyer Ucapan Hari Guru untuk WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram, Telegram, dan Media Sosial

Pojokata sudah membuat Desain ucapan Selamat Hari Guru Nasional yang bisa kamu bagikan ke media sosial kamu. Semua tertuju kepada para guru Indonesia. Semoga bisa kamu bagikan ke medsos kamu. Bisa kamu jadikan referensi juga.
Desain Ucapan dan Quotes Selamat Hari Guru Nasional Terbaru, Cocok untuk Caption


Peringatan Hari Guru Nasional di Tengah Pandemi

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memeriahkan peringatan hari guru nasional di tanah air, diantaranya:

1. Penghargaan untuk guru berprestasi

Penghargaan perlu diberikan agar guru makin semangat dalam berprestasi. Semakin berprestasi, tentu para siswa akan kecipratan prestasi lewat pengajaran yang diberikan guru. Berikan penghargaan pada guru yang punya segudang prestasi bukan hanya di sekolah saja namun juga luar sekolah. Sehingga, guru yang diberi penghargaan makin semangat dan guru lain pun akan semakin termotivasi untuk berprestasi terus.


2. Penghargaan untuk guru ter-rajin

Penghargaan perlu diberikan agar guru makin rajin mengajar. Pilih guru paling rajin masuk kelas atau mengajar lewat absen guru. Lihat juga lama mengajar di kelas dan cara guru memberikan perhatian pada murid-muridnya dalam mengajar. Semakin loyal tentu semakin patut dipertimbangkan. Guru yang diberi penghargaan makin semangat dan guru lain pun akan semakin termotivasi untuk rajin mengajar terus.


3. Penghargaan untuk guru terfavorit

Pemilihan guru terfavorit berdasarkan jumlah murid yang memilih guru tersebut sebagau guru terfavorit. Buatlah google formulir yang bisa diakses secara online untuk mengisi data dan pilihan guru terfavorit. Usahakan rahasia pemilih tetap terjaga. Sehingga, murid atau siswa tetap mau dan berani menyuarakan pilihannya.

Penghargaan untuk guru terfavorit ini tentu punya bergam aspek pertimbangan dari para siswa. Ada yang memilih guru tersebut karena humble, asik, gokil, akrab, bagus cara mengajarnya, rajin, membuat siswa senang, dan aspek-aspek lainnya. 

Semua bebas pilih mana yang menjadi guru terfavorit. Tidak boleh ada intimidasi, pemaksaan, atau unsur lainnya. Semua harus murni pilihan dari individu siswa. Jangan sampai ada yang ikut-ikutan. Kerahasiaan nama pemilih tentu bisa jadi pertimbangan siswa agar jujur dalam memilih sesuai hati dan kehendaknya.


4. Penghargaan untuk wali kelas dan kepala sekolah

Selama ini guru hanya identik dengan pengajar mata pelajaran di kelas. Padahal, ada banyak tenaga kependidikan yang ikut membantu menyukseskan belajar-mengajar di sekolah ataupun daring seperti sekarang ini. Ada peran dari wali kelas dan kepala sekolah

Menjadi wali kelas dan kepala sekolah tentu tidaklah mudah. Banyak hal yang mesti dipertimbangkan dan aturan yang bisa mencerdaskan murid juga memajukan sekolah. Wali kelas perlu mendapatkan penghargaan setiap hari guru karena ia telah memegang kendali seluruh siswa di kelas. Semua permasalahan terkait kelas harus diselesaikannya.

Begitupun dengan kepala sekolah yang harus menangani seluruh kegiatan sekolah. Berilah penghargaan pada kepala sekolah tiap tahunnya agar makin semangat memimpin sekolah dan terus bertanggung jawab terhadap kemajuan sekolah, yang tentunya beriringan dengan kemajuan para siswa.

Wali kelas dan kepala sekolah juga punya peranan yang besar. Tidak ada salahnya memberikan penghargaan agar lebih semangat lagi dalam mengemban amanahnya. Meskipun di situasi pandemi seperti sekarang ini, tak akan menjadi hambatan untuk memberikan penghargaan.

Ada banyak bentuk penghargaan yang diberikan, mulai dari pemberian piagam, plakat, bingkisan, hadiah, dan beragam penghargaan lainnya. Sederhana tapi bisa jadi luar biasa karena penghargaan yang sesungguhnya adalah penghargaan yang diberikan sebagai pemberian bahwa keberadaannya sudah cukup diingat dan dihargai.


5. Twibbon untuk Memeriahkan Hari Guru

Belakangan ini Twibbon mulai digandrungi oleh orang-orang yang ingin meramaikan acara atau kegiatan besar di media sosial, salah satunya hari guru. Twibbon ini berfungsi untuk memperkenalkan nama sekolah juga. Untuk itu, penting sekali membuat Twibbon di hari guru nasional seperti sekarang ini.

Caranya, buat desain twibbon. Desain ini biasanya dibuat oleh satu orang yang mengerti cara membuat twibbon. Lalu, bagikan desainnya ke seluruh kepala sekolah, siswa dan guru di sekolah. Nantinya, para kepala sekolah, guru, dan siswa akan memasukkan foto pribadinya yang sedang memakai baju seragam ke twibbon.

Twibbon selalu didesain dengan lingkaran atau petak di tengah bagian twibbon. Fungsinya untuk meletakkan foto. Jadi, satu desain twibbon bisa digunakan oleh semua orang. Yang jadi pembeda hanya foto yang dimasukkan masing-masing orang ke dalam bentuk lingkaran atau petak pada pertengahan desain twibbon tersebut.

Kalau kamu belum tahu apa itu Twibbon, kamu wajib banget baca ini, Tutorial Lengkap dan Mudah Memasukkan Foto ke Dalam Lingkaran Twibbon

Dan, buat kamu yang sudah tahu twibbon kamu juga bisa klik artikel tersebut. Kamu juga wajib baca artikel ini, Cara Pasang Foto ke Twibbon Pakai Aplikasi Canva

Buat kamu yang belum tahu twibbon dan buat yang belum tahu apa itu twibbon, kamu wajib banget baca ini 50 Referensi Kata-kata dalam Twibbon.

Baca juga:

Gimana nih sobat Pojokata? Sudah paham bukan maksud twibbon, cara membuat twibbon, dan cara memasang foto ke dalam twibbon? Penjelasan yang Pojokata bagikan sudah sangat lengkap dan terperinci, semoga kamu bisa menerapkannya ya.

Karena, bagian ini sangat penting untuk memeriahkan hari guru. Twibbon lah yang paling memeriahkan hari guru, meskipun sangat sederhana. Jangan lupa upload, sertakan caption, tag guru, dan nama atau akun sekolahmu juga ya. Biar makin meriah!


6. Lomba Menulis Ucapen, Quotes, atau Puisi untuk Guru dan Siswa

Jika penghargaan-penghargaan di atas telah diberikan untuk guru. Tak ada salahnya juga mengikut-sertakan peran siswa agar peringatan hari guru semakin meriah. Buatlah lomba menulis quotes untuk guru dan siswa. Buat saja dua kategori. Jadi, guru dan siswa tidak perlu bersaing.

Guru diminta membuat quotes, ucapan, atau puisi spesial bertema hari guru. Murid juga seperti itu. Semua bebas berekspresi seputar hari guru. Nantinya, quotes, ucapan, atau puisi tersebut harus di-upload ke media sosial peserta lomba. Jangan lupa juga sediakan formulir pendaftaran.

Media sosial adalah wadah tempat meramaikan hari-hari besar, salah satunya hari guru. Ada beragam manfaat yang bisa diperoleh terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Selain memeriahkan sekolah, orang lain akan melihat sekolah kamu sebagai sekolah yang kompak, seru, ramai, asik, dan menarik.

Hal-hal tersebut tentu akan menarik perhatian orang-orang di luar sana untuk menjadi bagian para siswa di sekolah kamu. Bisa jadi, mereka akan kagum dan merasa ingin juga menjadi bagian yang turut memeriahkan hari guru. Tentu, sisi branding ada di sini.

Pendidik (guru), tenaga pendidik, maupun para siswa akan mendapatkan personal branding yang baik dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Selain itu, nama sekolah juga bisa naik dan dikenal luas oleh masyarakat. Karena secara tidak langsung, caption pada quotes menunjukkan nama sekolah dan keseruan menjadi guru serta siswa di sana.

Kegiatan-kegiatan di atas bertujuan untuk memeriahkan, meramaikan, dan menunjukkan antusias besar terhadap hari guru nasional. Selain itu sebagai pembangkit semangat para guru dan siswa dalam mengajar dan belajar.

Untuk itu, hari guru sangat perlu dirayakan setiap tahunnya di sekolah-sekolah. Artinya, kita sebagai generasi bangsa menghargai para pendidik dan tenaga pendidikan yang telah mendidik generasi emas Indonesia. Nah, buat kamu yang mau ikutan memeriahkan hari guru, kamu bisa menggunakan quotes, ucapan, atau puisi di bawah untuk caption media sosial kamu.


Ucapan dan Quotes Selamat Hari Guru Nasional Terbaru, Cocok untuk Caption

Beberapa ucapan, quotes, puisi, di bawah ini cocok untuk kamu jadikan caption untuk memeriahkan hari guru. Bisa juga dijadikan bahan untuk lomba pada hari guru dengan mengambil seluruh atau sebagian kata-kata yang kamu perlukan.

Kata-kata yang Pojokata buat ini bebas kamu pakai. Seluruh ucapan, quotes, puisi, adalah rangkaian yang dibuat oleh Pojokata. Untu itu, kamu tidak perlu takut untuk mengutipnya karena Pojokata tidak akan menuntut kamu. Kamu bebas memakainya.

Yuk, simak ucapan, quotes, dan puisi Selamat Hari Guru Nasional Terbaru yang Pojokata buat. Cocok untuk caption memperingati hari guru nasional. Kamu bisa menambahkan kata

Selamat Hari Guru Nasional untuk seluruh pendidik dan tenaga pendidikan

di sela quotes atau ucapan yang Pojokata bagikan. Nah, ini rangkain kata-katanya:


1. Semua orang bisa berbagi ilmu, tapi tak semua orang bisa menjadi guru.

Selamat Hari Guru Nasional, 25 November 2020.


2. Siapapun orang yang telah menginspirasi patut disebut guru


3. Apa jadinya kita tanpa peran guru? mungkin kita kebingungan dan tak tahu apa-apa. Sebab guru adalah sosok pemberi arti.


4. Jadikan setiap manusia yang bermanfaat sebagai guru.


5. Makna terbesar seorang guru adalah ia yang membagikan ilmunya pada orang banyak walau tanpa mengajar di kelas sekalipun.


6. Semua orang ingin menjadi orang hebat, tapi tidak semua orang mau menjadi guru. Sebab, mengajar tidak semudah yang kita pikirkan. Hanya orang-orang yang sabar dan ikhlaslah yang bisa melakukannya.


7. Ada satu amal yang akan dibawa sampai akhir hayat, ialah amal jariyah yang didapat dari ilmu seorang guru.


8. Semua orang bisa belajar dengan mandiri dan otodidak. Tapi belajar dengan guru mampu menuntun pembelajar untuk menemukan arahnya.


9. Marah tanda sayang. Guru memarahimu bukan karena benci. Namun, karena rasa sayang dan kekhawatiran dengan memarahimu. Manfaatnya bukan dinikmati hari ini, namun untuk hari esok. Kamu akan menemukan jawabannya di masa depanmu yang cerah. 


10. Guru adalah pendidik bagi seluruh murid. Membagikan seluruh ilmu yang dimiliki, tanpa takut tersaingi. Mengajarkan bukan hanya pengetahuan, sesekali tentang kehidupan. Menegur agar pandai, menuntun sampai selesai. Semua dilakukan agar kamu menjadi orang sukses melebihi guru yang telah mendidikmu.


11. Semua guru menginginkan seluruh muridnya berhasil dan sukses melebihi apa yang telah didapatkannya kini. 


12. Selamat Hari Guru untuk seluruh pendidik dan tenaga kependidikan. Teruslah mengajar tanpa lelah, memberi tanpa berharap kembali, merangkul tanpa terasa memikul. Sebab, guru adalah role model bagi generasi emas. Untuk hari ini, esok, dan seterusnya.


13. Semua guru itu baik. Yang membedakannya hanya ciri khas dan cara mengajarnya.


14. Selagi ada, seraplah ilmu dari guru sebanyak-banyaknya. Sebab, di pelosok desa bahkan ada yang ingin belajar tapi sulit mendapatkan guru. Manfaatkan yang ada, jangan cari yang tak ada. 


15. Dear guru, terima kasih sudah mengajarkan kami seperti sekarang. Tahu dan mengerti banyak hal. Tanpamu, mungkin mengeja saja terasa sulit. Berkatmu semua yang tertulis mampu kami baca. Semua yang bermakna, mampu kami pahami. Selamat hari guru nasional untuk seluruh guru di Indonesia. 


16. Ilmu dari seorang guru ibarat lentera yang menerangi jalan anak-anak Indonesia. Menuntun ke arah yang lebih luas lagi. Membuka pikiran di luasnya pengetahuan. Tanpa jasa seorang guru, kami bukanlah apa-apa.


17. Guru bukan Google yang bisa tahu segala hal, tapi guru tetap akan terus belajar agar terus bisa mencerahkan masa depan anak-anak bangsa.


18. Semua orang hebat adalah orang-orang yang diajarkan oleh guru.


19. Tak semua orang bisa membimbing banyak orang di waktu bersamaan, tapi seorang guru mampu membimbing puluhan siswa sekaligus.


20. Hakikat Seorang Guru

Mengajar artinya terus belajar. Seorang guru akan terus belajar demi mengajarkan para siswanya. Membaca sebelum akhirnya menerangkan seluruh ilmu yang telah didapat semalaman. Sebab, sebagian murid beranggapan seluruh pertanyaannya bisa didapat dari guru.

Meski guru bukan seperti Google yang tahu segala hal. Guru akan tetap menjawab segala pertanyaan. Baginya, membuatmu pulang ke rumah tanpa pengetahuan apa-apa rasanya jauh lebih mengecewakan. Ia seperti punya tanggung jawab yang besar atas ilmu yang diajarkan.

Sampai ketika guru bertanya, "ada lagi yang mau ditanyakan? atau ada lagi yang belum paham?". Jika semua murid berkata sudah cukup, bahkan ia pun akan bertanya lebih spesifik lagi pada murid-murid yang ia tunjuk karena dirasa belum dicukupkan.

Ketika kata "yakin" sudah dirasa, lega menjadi miliknya. Maka saat itu juga ia pun akan mengakhiri pertemuan dalam pembelajaran. Itulah hakikat seorang guru. Mengajarkanmu tanpa kamu harus tahu segala perjuangan guru dalam mempersiapkan materinya.

Kamu cukup mendengar, menyimak, menulis, menguraikan, menyalin, atau bertanya tentang materi dari seorang guru. Tanpa perlu tahu, "sesekali guru juga bisa lupa, bisa tidak tahu, atau sedang dalam masalah sekali pun".

Sebab bagaimana pun, guru tetap harus mengajar. Meskipun hujan badai. Agar kelak, murid-muridnya bisa pandai. Itulah hakikat seorang guru. Berbagi semua hal yang diketahui tanpa pamrih dan tanpa pilih-pilih.


21. "Selamat Hari Guru Nasional untuk seluruh pendidik dan tenaga pendidikan yang ada di Indonesia". Teruslah menginspirasi, memberi arti, mengajar tanpa pamrih, memberi tanpa pilah-pilih, mengarahkan tanpa pernah letih, dan menjunjung tinggi keilmuan.

Terima kasih untuk keihlasan yang selalu diberi. Semoga Allah akan menggantikannya dengan keberkahan yang berlipat ganda. Ilmu yang diberikan akan jadi Amal Jariyah yang akan terus mengalir pada guru-guru. Sekali lagi, selamat hari guru. Untuk guru terhebat di Negeriku!"


Sekali lagi, Pojokata ucapkan, "Selamat Hari Guru Nasional untuk seluruh pendidik dan tenaga pendidikan yang ada di Indonesia". Teruslah menginspirasi, memberi arti, mengajar tanpa pamrih, memberi tanpa pilah-pilih, mengarahkan tanpa pernah letih, dan menjunjung tinggi keilmuan. Terima kasih untuk keihlasan yang selalu diberi.

Semoga Allah akan menggantikannya dengan keberkahan yang berlipat ganda. Ilmu yang diberikan akan jadi Amal Jariyah yang akan terus mengalir pada guru-guru. Sekali lagi, selamat hari guru. Untuk guru terhebat di Negeriku!"

Sekian artikel Ucapan dan Quotes Selamat Hari Guru Nasional Terbaru, Cocok untuk Caption. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari-cari informasi terkait. Yuk, berikan tanggapanmu tentang guru di kolom komentar. Biar kita semua saling mengenal dan mengapresiasi sosok guru.

Apa arti seorang guru bagi kamu?






Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ucapan dan Quotes Selamat Hari Guru Nasional Terbaru, Cocok untuk Caption"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel