Beasiswa Turki Full Scholarship untuk SMA/S1/S2/S3

Beasiswa Turki Full Scholarship untuk SMA/S1/S2/S3

Mengutip dari berbagai sumber dari para mahasiswa Indonesia yang sudah lolos Beasiswa Turki, Pojokata akan membagikan berbagai informasi seputar Beasiswa Pemerintah Turki (YTB) mulai dari fasilitas yang didapatkan, lama studi, pilihan universitas, tahapan seleksi administrasi hingga wawancara. Kalau kamu tertarik untuk mengikuti Beasiswa Turki Full Scholarship untuk SMA/S1/S2/S3, silakan baca informasi di bawah ini ya.

Beasiswa Turkiye Burslari (YTB) adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah turki. Untuk biaya kuliahnya semua dibiayai oleh pemerintah turki. Siapa saja boleh mendaftar beasiswa ini untuk jenjang S1, S2, dan S3. Seleksi ini bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga di berbagai negara yang ada di dunia.

Fasilitas yang Didapatkan Jika Diterima Beasiswa YTB:

1. Biaya kuliah gratis

2. Diberikan dorm atau asrama

3. Asuransi

4. Gratis biaya kelas bahasa atau tomer selama 1 tahun

5. Gratis makan pagi dan malam di asrama

6. Uang bulanan

Lama Kuliah:

1. S1 selama 5 tahun karena 1 tahun kelas bahasa atau tomer dan 4 tahun lagi, lama studi.

2. S2 selama 3 tahun karena 1 tahun kelas bahasa atau tomer dan 2 tahun lagi, lama studi.

3. S3 selama 2 tahun karena 1 tahun kelas bahasa atau tomer dan 1 tahun lagi, lama studi.

Pilihan Universitas:

Ada sekitar 100 lebih universitas yang bisa kamu apply dan untuk jurusannya juga bermacam-macam. Pastinya, semua jurusan yang sudah terdaftar di "100 universitas yang ada di YTB". 

Cek universitas tedaftar di YTB di sini.

Cek website YTB di sini.

Cek ranking universitas di sini:

1. www.timeshighereducation.com/

2. https://www.topuniversities.com/

Tahapan Seleksi:

1. Seleksi Administrasi

Semua pendaftaran via online di sini:

Pembuatan akun seleksi

Caranya sama seperti beasiswa LPDP. Kamu diminta untuk membuat akun dan tinggal masukkan berkas saja. Nanti, jika kamu lolos tahap administrasi, kamu bakalan mendapat email untuk lanjut ke tahap selanjutnya yaitu wawancara. Untuk lokasi wawancara, kamu bisa pilih 2 kota sebagai tempat lokasi wawancara yaitu Jakarta dan Aceh. Silakan pilih lokasi terdekat dari tempat tinggalmu. Jika kamu sudah lolos wawancara, itu artinya kamu sudah diterima dan berhasil menjadi awardee beasiswa YTB.

1. Buka website

2. Buat account

3. Isi menu

Jika sudah masuk, akan muncul berbagai tampilan menu yang harus diisi.

a. Personal information

Masukkan nama, jenis kelamin, tanggal lahir, kewarganegaraan, scan KTP/Passport, dan upload foto.

b. Family information

Masukkan nama orang tua, jumlah saudara, penghasilan tiap bulan.

c. Contact Information

Masukkan alamat, nomor HP, nomor telepon rumah.

d. Education Information

Kamu wajib memasukkan ijazah dan transkip nilai mulai dari SMP, SMA, S1/S2 (translated). Ijazah dan transkip nilai ini wajib di-translate ke bahasa inggris. Kamu bisa minta ke bagian kampus atau sekolah karena biasanya pihak tersebut sudah memiliki formatnya.

Atau kamu juga bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Untuk kisaran biaya di tahun 2018 sekitar Rp.75.000 per lembar. Berdasarkan sumber yang Pojokata dapat, penerima beasiswa YTB tersebut hanya men-translate ijazah dan transkip nilai yang S1 saja. Sedangkan, untuk SMP dan SMA tidak ditranslate.

e. Language Details

Masukkan data tentang skill bahasa yang kamu miliki seperti TOEFL/IELTS/Turki/Arab/Prancis, dan lain sebagainya. Lalu, jika kamu bisa berbahasa Turki maka kamu bisa klik "yes" atau jika tidak maka kamu bisa klik "no". Kalau kamu punya sertifikat atau skill di bahasa inggris, bahasa belanda, bahasa jerman, bahasa prancis, dan lain-lain maka kamu bisa memasukkannya untuk menjadi nilai tambah.

f. Work Experience

Jika kamu punya pengalaman kerja atau saat ini sedang bekerja maka kamu bisa input datanya berupa kerja di mana, perusahaan apa, sebagai apa, atau jika kamu pernah magang maka kamu bisa mencantumkannya. Misalnya, kamu pernah menjadi asisten penelitian dosen atau asisten dosen. Selain itu, kamu juga harus memasukkan CV/Resumenya. CVnya bisa berupa satu lembar, ditulis secara detail, namun yang dijelaskan hanya bagian-bagian yang terpenting saja.

g. Academic Qualification

Form ini tidak wajib diisi. Kalau ada, kamu bisa mengisi form tersebut. Namun, jika tidak ada, maka kamu tidak perlu mengisinya karena di sini kamu bisa menginput GMAT/GRE/ALES/SAT. Hal itu wajib diisi kalau misalnya universitas yang dituju meminta untuk kamu input berkas ini. 

Misalnya seperti di MBA, rata-rata mereka minta GMAT untuk diinput. Tapi, kalau tidak maka kamu diperbolehkan untuk tidak mengisinya. Namun, jika ada maka kamu bisa mengisinya sebagai tambahan poin untuk kamu.

h. Social Activities

Kamu bisa memasukkan awards, sertifikat, projek, dan aktivitas volunteer. Kamu bebas mau memasukkan berapa saja karena tidak ada batasan mengenai hal tersebut. Berdasarkan pengalaman awardee beasiswa YTB, beliau hanya memasukkan 6 saja (5 sertifikat kegiatan sebagai participant atau speaker dan 1 lagi sertifikat internship). Hanya 6 karena beliau memasukkan sertifikat terbaru saja dan memiliki nilai skala yang lumayan. 

Namun, jika kamu ingin memasukkan sertifikat dari SMA dalam jumlah yang banyak juga tidak apa-apa. Walaupun tidak ada batasannya berapa, sebisa mungkin form ini tetap diisi ya Sobat Pojokata. Jangan sampai kosong dibiarkan kosong. Untuk kegiatan volunteer, kamu bisa masukkan juga nama kegiatannya apa dan bidangnya apa. 

Kalau kamu belum pernah bergabung di kegiatan volunteer, sebelum beasiswa YTB ini buka kamu masih punya kesempatan untuk bergabung dalam kegiatan volunteer agar menambah poin di bagian seleksi ini. Kedepannya YTB ingin mencari atau ingin mencetak pemimpin-pemimpin baru di masa depan sehingga pihak YTB akan mencari orang-orang yang bukan hanya pintar secara akademis tetapi juga mencari orang-orang yang punya manfaat dan berpengaruh di masyarakat. Untuk itu, silakan coba untuk melakukan beberapa kegiatan volunteer.

i. Information of Hobbies

Walaupun keglihatannya hal ini seperti tidak penting. Namun, jangan sampai kamu tidak mengisi kolom ini ya Sobat Pojokata. Tulis apa hobimu dan jelaskan mengapa kamu suka dengan hobi tersebut.

j. Turkiye Experience

Buat kamu yang sudah pernah ke turki atau belum pernah, silakan diisi. Pertanyaan yang diajukan dalam form seperti sudah pernah ke turki atau belum, punya kerabat di turki atau tidak, dan lain sebagainya. Silakan diisi saja ya Sobat Pojokata. 

4. Form My Aplication

Form yang paling penting dalam aplikasi adalah form "my aplication". Form ini menjadi salah satu penentu apakah kamu diterima dalam beasiswa ini atau tidak. Jadi, silakan dipersiapkan dengan matang.

a. Recommendation Letter

Kamu bisa meminta surat rekomendasi ini ke siapapun, minimal ke satu orang. Tujuan surat rekomendasi yaitu untuk meyakinkan para pemberi beasiswa bahwa kamu layak menerima beasiswa ini. Pihak tersebut membutuhkan orang yang bisa menilai kamu dari luar sehingga mereka membutuhkan surat rekomendasi. 

Berdasarkan pengalaman penerima beasiswa, ia memasukkan dua surat rekomendasi dari dua bidang yang berbeda yaitu dari pihak akademis (dari intra kampus), dan yang kedua dari ekstra kampus karena ia bermaksud untuk menunjukkan bahwa kehidupan calon awardee itu balance. Artinya, bukan hanya fokus ke akademis saja tetapi tetap berkontribusi di luar kampus. 

Jadi, jika kamu tertarik maka kamu juga bisa mengikuti cara beliau. Untuk surat rekomendasi yang dari intra kampus, beliau memintanya ke Kepala Prodi namun ditandatangani juga oleh Wakil Dekan. Untuk ekstra kampus, beliau memintanya ke Ketua Umum HIPMI Jawa Barat. Jadi, buat kamu yang punya organisasi luar, bisa dimanfaatkan juga untuk surat rekomendasi.

Nah, untuk pemberi surat rekomendasi tidak harus memiliki jabatan yang tinggi ya Sobat Pojokata. Intinya, pemberi surat rekomendasi beasiswa adalah pihak yang benar-benar mengenal kamu agar surat rekomendasinya itu jelas. Namun, jika kamu meminta surat rekomendasi kepada orang-orang yang memiliki jabatan tinggi, maka itu lebih baik karena orang-orang tersebut dianggap memiliki kredibilitas yang tinggi. Sehingga, mereka tentu akan lebih dipercaya pihak penyeleksi beasiswa.

b. Universities

Pada bagian pemilihan universitas, kamu dibebaskan untuk memilih maksimal 12 universitas yang ada di Turki. Ada 100 lebih daftar universitas dan kamu diminta untuk memilih 12 jurusan dan universitas. Namun, jika kamu hanya memilih satu, dua atau tiga universitas juga tidak masalah. 

Adapun cara memilihnya yaitu pilihlah berdasarkan urutan universitas. Pertama, pilihlan jurusan dan universitas yang benar-benar kamu inginkan dan pilihan terakhir merupakan jurusan dan universitas yang kurang kamu inginkan. 

Semoga informasi di atas bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri sebelum mencoba Beasiswa Turki Full Scholarship untuk SMA/S1/S2/S3. Kalau kamu butuh tips-tips seputar beasiswa, kamu bisa baca buku "Mahasiswa Wajib Baca! Buku Sakti Penembus Beasiswa". Punya pertanyaan seputar beasiswa? Yuk, tuliskan di kolom komentar.









Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beasiswa Turki Full Scholarship untuk SMA/S1/S2/S3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel