Cara Mendapatkan Uang dari Internet melalui Sahabat Telkomsel

Situasi pandemi Covid-19 telah memberikan dampak di berbagai sektor, salah satunya sektor ekonomi. Ada banyak pengusaha yang gulung tikar, penurunan omzet, karyawan yang di PHK, sulitnya mencari lapangan pekerjaan, dan berbagai tantangan lainnya di bidang ekonomi. Hal tersebut bukan berarti membuat kita berhenti untuk menambah penghasilan. Kali ini, Pojokata akan membagikan informasi seputar cara mendapatkan uang dari internet melalui Sahabat Telkomsel.

Sahabat Telkomsel adalah sebuah wadah yang menampung para content creator agar terhubung dengan orang-orang untuk mendapatkan berbagai kesempatan dalam mengembangkan karir. Sahabat Telkomsel menjadi tempat terbaik untuk membangun karir profesional sebagai konten kreator berkualitas di Indonesia. Sama seperti namanya, Sahabat Telkomsel ini diwadahi dan difasilitasi oleh Telkomsel.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet melalui Sahabat Telkomsel

Sebelum bergabung menjadi bagian dari Sahabat Telkomsel, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa sih Sahabat Telkomsel itu? Bagaimana program-programnya? Benefit apa saja yang bisa didapatkan? Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan jika menjadi bagian dari Sahabat Telkomsel? Nah, sebelum bergabung, ada baiknya kamu membaca informasi di bawah ini terlebih dahulu ya, Sobat Pojokata!

1. Tentang Sahabat Telkomsel

Sahabat Telkomsel menyediakan kesempatan-kesempatan bagi para content creator untuk menciptakan konten marketing yang berkualitas tinggi, sesuai dengan tujuan dan sasaran campaign yang sedang dibuat.

Sahabat Telkomsel merupakan Komunitas Digital Buzzer yang diwadahi dan difasilitasi oleh Telkomsel dengan cara mencari bakat-bakat baru yang memiliki passion dan keinginan di dunia digital. Telkomsel juga akan menyediakan beberapa runutan program selama periode Sahabat Telkomsel berjalan, seperti quiz dan challenge seputar digital.

Bukan hanya itu, kamu juga berkesempatan untuk belajar langsung tentang media sosial dan bagaimana menjadi buzzer yang sukses bersama ahlinya dan berkesempatan untuk menangkan hadiah total ratusan juta rupiah.

Punya instagram tapi tidak menghasilkan apa-apa? Wah-wah, sayang sekali ya jika instagram kamu hanya diisi oleh postingan-postingan foto atau video kamu saja. Zaman sudah modern begini, uang bisa datang dari mana saja, termasuk dari program endorsment di Sahabat Telkomsel.

Baca juga: Trik Jitu Menghemat Pengeluaran selama Masa Pandemi Covid-19

Followers sedikit tapi pengen jadi influencers atau content creator dan menghasilkan uang? Jangan khawatir ya Sobat Pojokata karena program-program yang ditawarkan oleh Sahabat Telkomsel seperti program endorsment tidak membutuhkan minimal followers, loh. 

Berapapun followers kamu, kamu tetap bisa menghasilkan uang. Asal mau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Tentunya, semakin banyak jumlah followers kamu maka semakin banyak uang yang bisa kamu hasilkan. Hemm, cukup menarik kan? Kalau kamu tertarik, kamu bisa baca tulisan ini sampai selesai ya, Sobat Pojokata.

2. Alasan Bergabung dengan Sahabat Telkomsel

a. Prioritas Utama Bergabung di Campaign Telkomsel

Sahabat Telkomsel memungkinkan kamu yang masih baru akan atau sudah menjadi content creator untuk mengikuti campaign yang berjalan.

b. Sistem yang Jelas untuk Approval & Keuntungan

Seiring jenuh menunggu approval kontent atau keuntungan? Di sini semua diatur rapi!

c. Menumbuhkan Kreativitas di Social Media

Sebagai Content Creator Harus berinovasi bikin konten yang pas untuk target audiens yang berbeda!

3. Program-program Sahabat Telkomsel

a. Program Sahabat Telkomsel

Followers media social kamu kurang dari 5.000? Kamu tetap bisa gabung dan mendapatkan kesempatan menjadi content creator profesional!

b. Program Sahabat Telkomsel Gold

Untuk kamu dengan followers lebih dari 5.000 di media sosial, yuk kembangkan portofolio kalian dan raih kesempatan mendapat kerjaan dari Telkomsel sebagai content creator profesional!

4. Fungsi dan Tujuan Sahabat Telkomsel

Website Sahabat Telkomsel berfungsi sebagai sebuah platform online yang menghubungkan Telkomsel dan Penyedia Jasa dengan tujuan melakukan transaksi (menerima dan memberikan layanan). sahabattelkomsel.id sendiri bukan merupakan seorang Penyedia Jasa atau Pengguna Jasa.

5. Cara Daftar Sahabat Telkomsel

Untuk pendaftaran bisa dilakukan di www.sahabattelkomsel.id. Masukkan data diri kamu.

6. Siapa saja yg boleh mengikuti program Sahabat Telkomsel?

Sahabat Telkomsel diperuntukkan bagi semua pengguna Telkomsel yang memiliki passion dan keingintahuan yang tinggi tentang dunia digital dan buzzer. Member diwajibkan memiliki akun sosial media aktif seperti Instagram/Facebook/ Twitter/Tiktok.

7. Syarat-syarat audisi/pendaftaran Sahabat Telkomsel

1) Menggunakan kartu Telkomsel

2) Mengisi data sosial media dengan benar

3) Aktif di sosial media

4) Memiliki komitmen untuk menjadi Sahabat Telkomsel selama periode

8. Hadiah yang Bisa Dimenangkan Setelah menjadi Sahabat Telkomsel

Hadiah Total Ratusan Juta Rupiah, Smartphone Samsung, Laptop dan masih banyak hadiah lain.

9. Keuntungan Jika Menjadi Sahabat Telkomsel

Kamu bisa belajar tentang media sosial secara menyeluruh dari profesional buzzer yang ada di Indonesia dan langsung bisa kamu aplikasikan dengan menjadi buzzer Sahabat Telkomsel. Bukan hanya itu, kalau kamu mengumpulkan poin tertinggi banyak hadiah seru menanti kamu. Terus, profile kamu akan kita ulas di sosial media Telkomsel kalau kamu memenangkan setiap kompetisi yang kita adakan.

10. Pengalaman Bergabung dan Mengikuti Program Sahabat Telkomsel

Kali ini, penulis akan membagikan pengalaman selama bergabung di Sahabat Telkomsel. Awal mulanya, penulis sudah bergabung di Partipost Indonesia. Partipost Indonesia adalah wadah berkumpulnya para Influencer Indonesia. Di sana ada banyak campaign yang bisa para influencer apply. Salah satunya dari Sahabat Telkomsel ini.

Setelah aku apply, aku langsung join grup telegram lewat link yang diberikan pada saat mendaftar. Nah, di dalam grup itu ada banyak anggota Sahabat Telkomsel. Awalnya saat aku baru bergabung, ada sekitar 400 orang. Namun, setelah bergabung selama kurang lebih sebulan, sekarang anggotanya sudah mencapai 1400 orang.

a. Benefit

Ada banyak benefit ketika bergabung di Sahabat Telkomsel, diantaranya:

1. Menjadi prioritas utama dalam Campaign Telkomsel

2. Memperluas jaringan dan bertemu dengan orang-orang bertalenta

3. Mendapatkan ilmu dari orang-orang yang ahli di bidangnya

4. Mengasah kreativitas dan keep update dalam dunia content creator

5. Mendapatkan rewards secara langsung dan berbagai hadiah menarik dan berbagai doorprize dalam setiap aktivitas komunitas


Ada banyak program yang ditawarkan. Beberapa program yang pernah aku ikuti yaitu Kringkring, ilmu pedia-joox, berbagi kita, dan PARSEL.

b. Rate Card

Rate card adalah informasi harga yang biasa digunakan oleh influencers untuk memberikan informasi kepada brand. Bisa juga sebaliknya. Nah, di sini ratecardnya sudah ditentukan langsung oleh pihak brand. Misal, untuk program PARSEL punya rate card tersendiri. Dalam satu program telkomsel "PARSEL", influencers diberi tugas/job desk dengan membagikan flyer PARSEL ke instagram (repost) dan akan diberikan poin sebesar 50.000 untuk followers yang kurang dari 1000, 70.000 untuk influencers yang followers instagramnya sekitar 1001-2500 orang, dan 90.000 untuk influencers yang memiliki followers lebih dari 2501 orang.

Sedangkan, untuk job desk membagikan photo di feed instagram, influencers akan diberikan poin sebesar 70.000 untuk influencers yang memiliki followers kurang dari 1000, dan 110.000 untuk influencers yang memiliki followers sekitar 1001-2500 orang, serta influencers akan diberikan poin sebesar 150.000 kepada influencers yang memiliki followers lebih dari 2501 orang.

Adapun untuk job desk membagikan video endorsment ke akun instagram, influencers akan diberikan poin sebesar 150.000 kepada influencers yang memiliki followers kurang dari 1000, 200.000 kepada influencers yang memiliki followers sekitar 1001-2500 orang, dan 250.000 kepada influencers yang memiliki followers lebih dari 2501 orang.

Terakhir, jika influencers bisa mengundang atau mengajak teman untuk bergabung mengikuti berbagai kegiatan, event, ataupun bergabung menjadi influencer Sahabat Telkomsel, maka ia akan mendapatkan 20.000 tanpa minimal followers.

Rate card ini memiliki ketentuan yang berbeda-beda di setiap programnya. Bisa dilihat seperti pada gambar pertama di bawah ini, rate card program ilmu pedia-joox, berbagi kita, dan PARSEL memiliki poin yang lebih besar dari pada rate card di program Kringkring.

rate card poin endorse sahabat telkomsel
Rate Card Program ilmu pedia-joox, berbagi kita, dan PARSEL

rate card poin endorse sahabat telkomsel
Rate Card Program Kringkring

Sistem pemerolehannya bergantung pada usaha influencers. Jadi, kalau influencers mengerjakan tugas dengan tipe program "repost" saja, maka ia akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan apa yang ia kerjakan. Kalau influencers mengerjakan tugas "repost" dan membagikan "foto ke feed instagram", maka ia akan mendapatkan poin sesuai tipe program dan jumlah followers instagramnya.

Begitupun halnya jika influencers mengerjakan tugas "repost", membagikan "foto ke feed instagram", dan membagikan "video ke feed instagram" maka influencers akan mendapatkan poin sesuai dengan tipe program yang ia kerjakan dan disesuaikan dengan jumlah followersnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk influencers yang bisa mengerjakan semua job desk yang diberikan. Masih sama dengan sistem yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa poin yang didapatkan disesuaikan dengan jumlah followers instagram yang dimiliki influencers tersebut.

Jadi, semakin rajin influencers mengerjakan tugas yang diberikan, maka penghasilan influencers juga semakin besar. Semakin banyak jumlah followers instagram influencers, maka semakin besar pula pendapatannya. 

c. Sumber Bahan Konten

Pengen menghasilkan uang dari internet melalui Sahabat Telkomsel tapi masih bingung sumber bahan kontennya dari mana? Engga perlu bingung ya, Sobat Pojokata. Di sini, aku akan jelasin satu-persatu bahan kontennya. Baca penjelasan sumber bahan kontennya di bawah ini ya:

1. Repost

Kalau kamu sudah atau bergabung di Sahabat Telkomsel, nanti kamu akan dikirimkan tawaran program endorsmen lewat akun Sahabat Telkomsel kamu. Kalau kamu menyetujuinya, maka kamu bisa terima dan setuju atas tawaran endorsment tersebut. Selanjutnya, kamu akan dikirimkan materi atau bahan berupa flyer atau gambar dan caption untuk kamu repost di instagram. 

2. Photo/Feed

Kamu diminta untum membagikan foto di feed instagram. Foto yang dimaksud adalah foto sesuai tugas yang diminta. Misalnya, kamu diminta untuk upload foto dengan menunjukkan identitas program. Misalnya, foto memegang handphone yang menunjukkan aplikasi Telkomsel pada layar handphone. Atau bisa juga membagikan foto kamu menggunakan pakaian berwarna merah dengan background seperti flyer pada materi bahan yang dibagikan oleh Sahabat Telkomsel.

3. Video

Sama seperti materi foto, materi video juga dibuat sendiri oleh influencers. Biasanya, video dibuat berdasarkan job desk yang diminta. Misalnya, kamu diminta untuk membuat video cara melakukan pembelian Paket Ramadhan Telkomsel lewat ponsel kamu. Maka, kamu bisa membuatnya seperti video tutorial. 

Contoh lainnya, misalnya kamu diminta untuk membuat video ajakan kepada para followers kamu agar tertarik untuk membeli beragam paket di joox atau disney + hotstar. Buatlah video ajakan tersebut dengan semenarik mungkin. Namun, jangan khawatir jika kamu masih pemula. Selagi kamu berusaha untuk membuat videonya, kemungkinan video kamu diterima juga semakin besar. Asalkan sudah sesuai dengan job desk yang diminta.

Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan saat membagikan postingan endorsment di atas, jangan sampai kamu lupa untuk memberikan caption, hashtag, dan tag sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh Sahabat Telkomsel ya, Sobat Pojokata. Kalau kamu masih bingung, kamu bisa cek Contoh Video Endorsment Sahabat Telkomsel di sini.

4. Ajak Teman

Ketika kamu sudah masuk grup telegram Sahabat Telkomsel, nanti akan ada informasi mengenai tata cara dan link google form untuk diisi. Kamu diminta untuk memberikan informasi nama kamu, nama teman yang diajak, nama akun instagram kamu, dan informasi lainnya. Jika tugas-tugas sudah kamu selesaikan, pihak Sahabat Telkomsel akan segera mengkurasi "ajak teman" dan kamu akan segera mendapatkan poin di akun Sahabat Telkomsel milikmu.

Selain itu, jika kamu membagikan link cashback maka kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan poin tambahan. Kemudian, ada juga beragam produk-produk yang ada di Website Sahabat Telkomsel. Produk tersebut memiliki link. Nantinya, jika kamu membagikan link tersebut ke teman kamu dan mereka membeli produk tersebut, maka kamu juga bisa mendapatkan bonus poinnya.


Syarat dan Ketentuan Program-program Sahabat Telkomsel:

1. Untuk 'Ajak Teman' maksimal 30 orang (atau maksimal 600.000 poin)

2. Program Share Cashback LinkAja maksimal 100 orang (atau maksimal 250.000 poin). Deadline 21 Mei 2021

3. Deadline pendaftaran TURNAMEN ONLINE (Logo, Jingle, Sticker) di tanggal 21 Mei 2021 

#TurnamenOnlineSahabatTelkomsel

#TurnamenLogoSahabatTelkomsel

#TurnamenStikerSahabatTelkomsel

#TurnamenJingleSahabatTelkomsel

4. Deadline pengumpulan karya TURNAMEN ONLINE di tanggal 26 Mei 2021

5. Pengumpulan data terkait TURNAMEN ONLINE harap dikirimkan ke EMAIL juga & post di IG

6. Penukaran poin (Redeem 19 Mei 2021) pastikan pilih kategori yang ada tanggal 19 Mei 2021

7. Bagi pengguna Kartu HALO, redeem berupa Pulsa/Paket Data akan di proses untuk pengembalian POIN PULSA /PAKET DATANYA SAJA

8. Untuk Endorsement #BerbagiKita & #BerbagiParsel yang belum dikurasi, mohon ditunggu untuk Poinnya dan jangan khawatir REDEEM POIN berikutnya akan diadakan kembali pada tanggal : 30 & 31 Mei 2021


Ketentuan ajak teman:

Kamu bisa ikuti step di bawah ini kalau kamu sudah mengajak teman kamu. Silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya. Adapun kewajiban yang diajak: 

#AkuDiajakSahabat @username

1. Mention nama teman (username ig) yang ngajakin kamu di caption postingan halaman komunitas 

2. Post link profile IG (cantumkan username IG)

Contoh : #AkuDiajakSahabat @mimin https://www.instagram.com/sahabattelkomsel.id/ @sahabattelkomsel.id

Kewajiban yang ngajak :

1. isi ini ya https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeXvc8I0gXLm5ixF9KkQ07v2hGAgElvga9mvbLPiaB-qpQ_tQ/viewform?usp=pp_url

d. Program Lainnya

Bukan hanya program endorsment saja yang ditawarkan oleh Sahabat Telkomsel, ada juga berbagai webinar, lomba, dan turnamen. 

Cara Mengikuti Program-program Sahabat Telkomsel:

1. Daftar

2. Log in

3. Cek disini setelah log in : https://ilmupedia.co.id/sahabattelkomsel/dashboard

4. Tawaran endorsment lewat pesan di website Sahabat Telkomsel


e. Cara Tukar Poin Sahabat Telkomsel

Syarat & Ketentuan Tukar Poin :

Poin <500.000

1. Kamu bisa menukarkan poinmu dengan Merchandise, Pulsa 75K, LinkAja 25K, dan Paket Data 50 Ribu.

2. Untuk Merchandise, kamu bisa pilih semua item masing-masing 1 pc per item

(contoh: goodibag 1 pc, pouch 1 pc, Kaos 1pc, dll).

3. Penukaran hanya berlaku di tanggal yang sudah ditentukan setiap bulannya. Jika tukar poin diluar tanggal tersebut, maka poin hangus secara otomatis dan tidak bisa dikembalikan.

4. Pengiriman Merchandise diproses 1 - 2 minggu.

5. Semua poin akan hangus di akhir program Sahabat Telkomsel


Poin >500.000

1. Tukar poinmu dengan kuota paket 200K (100Rb LinkAja + 100 Rb Pulsa) atau Paket Data 14GB sesuai kuota yang tersedia dan pastikan kamu sudah memenuhi syarat penukaran poin. (Pilih salah satu)

2. Jika penukaran terjadi lebih dari SATU KALI, maka poin HANGUS secara otomatis dan tidak bisa dikembalikan.

3. Nomor hp harus sesuai dengan nomor yang terdaftar di @sahabattelkomsel.id

4. Selain tukar poin dengan Paket 200K, kamu bisa tukarkan dengan Merchandise.

5. Untuk Merchandise, kamu bisa pilih semua item masing-masing 1 pc per item (contoh: goodibag 1 pc, pouch 1 pc, Kaos 1pc, dll)

6. Penukaran hanya berlaku di tanggal 30 April 2021 (satu hari). Jika tukar poin diluar tanggal tersebut, maka poin hangus secara otomatis dan tidak bisa dikembalikan.

7. Pengiriman Merchandise, Saldo LinkAja, dan Pulsa diproses 1 - 2 minggu.

8. Semua poin akan hangus di akhir program Sahabat Telkomsel.

Nah, buat kamu yang sudah dapat poin dan ingin mendapat tambahan poin, kamu bisa terima program endorsement Joox dan bisa mendapatkan poin hingga 125.000. Bukan hanya poin saja yang bakal kamu dapatkan, ada tambahan saldo LinkAja dengan total 3 Juta Rupiah untuk Top Post dan Konten Terbaik.

Cara ikut program-program Sahabat Telkomsel:

1. Daftar di https://sahabattelkomsel.id dulu

2. Member yang sudah join di #SahabatTelkomsel akan dapatkan penawaran langsung dan ekslusif dari brand partner untuk promoin produknya lewat kolom pesan di halaman utama akunmu.

3. Detail S&K silahkan masuk laman komunitas dan follow Programnya ya!

4. Yang belum join, yuk join sekarang, biar bisa jadi Konten Kreator Profesional yang dibayar!

5. Semakin kreatif semakin besar bayarannya! 

Materi video harus memperlihatkan:

a. Saat kamu beli paket ilmupedia x joox

b. Saat kamu playlist ilmupedia di joox

6. Join sekarang klik link di bio!


Program ini biasanya diadakan satu tahun sekali oleh Sahabat Telkomsel menjelang hari ulang tahunnya. Untuk itu, kamu bisa mempelajari syarat dan ketentuannya mulai dari sekarang agar kamu tidak kebingungan ketika nanti programnya sudah mulai dilaksanakan. Lumayan banget nih untuk tambahan penghasilan terutama di kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Semoga informasi cara mendapatkan uang dari internet melalui Sahabat Telkomsel ini bermanfaat buat kamu ya.



Penulis: Tri Ayu Andani Nasution S.I.Kom (Instagram: @triayunst)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

19 Responses to "Cara Mendapatkan Uang dari Internet melalui Sahabat Telkomsel"

  1. sayangnya blog tidak termasuk dalam kategori sahabat Telkomsel ya. padahal blog itu punya jejak digital tanpa batasan waktu lho.

    BalasHapus
  2. Wih bisa juga ya dapat uang dari internet melalui sahabat telkomsel... Saya baru tau min.... Nice review admin pojokata.com...

    BalasHapus
  3. Baru tau saya kalau dari sahabat Telkomsel bisa dapat duit dari Internet makasih ya admin udah tambah wawasan buat saya

    BalasHapus
  4. Keren juga promonya..Telkomsel. Dengan pelanggan yang besar, pasti banyak yang ikut program ini.

    BalasHapus
  5. Lah saya baru tau info seperti ini. Asik juga ya dapet cuan akhir-akhir ini

    BalasHapus
  6. Eh baru tau ada program Sahabat Telkomsel gini, padahal make Telkomsel juga udah lama banget bukan itungan 1 atau 2 tahun. Menarik banget nih programnya dan kayaknya asik juga untuk join, karena bener nih kata admin Pojokata, sayang kalo tidak dimanfaatkan social medianya

    BalasHapus
  7. Boleh di coba nih, baru tahu juga kalau telkomsel punya program kayak begini. padahal sudah jadi pelanggan setia telkomsel selama bertahun-tahun

    BalasHapus
  8. Sayangnya saya bukan pengguna telkomsel, atau ini pertanda saya harus beralih provider kali, ya

    BalasHapus
  9. Sejak 2015, Mila pakai telkomsel. TapibBaru tau saya kalau dari sahabat Telkomsel bisa dapat duit . Makasih ya admin udah tambah wawasan buat Mila

    BalasHapus
  10. Wah banyak banget yah benefitnya menjadi sahabat telkomsel. Selain bisa memperluas jaringan ternyata juga bisa update dalam dunia content creator juga. Menarique.

    BalasHapus
  11. Heri Joko Write: di era digital seperti ini banyak manuver yang dilakukan oleh Telkomsel, salah satunya ini. Sy juga hunting di sosmed jika ada peluang seperti ini. makasih infonya.

    BalasHapus
  12. Saya pengguna setia banget telkomsel tapi baru tau dengan program ini. Makasih infonya yaa

    BalasHapus
  13. Menariik niih, daripada instagram saya nganggur gak pernah diupdate fotonya mending ikutan ini aja ya. Gak ada minimal followers nya lagi :D

    BalasHapus
  14. Nice info nih kak. Lumayan dapet cuan buat pengguna Telkomsel. Baru tau aku hehehe

    BalasHapus
  15. Enak banget nie ada info begini, jadi sebagai pengguna telkomsel merasa terbantu sekali dengan adanya program ini.

    By the way, ini tahunnya beneran 2021?apa 2022? untuk penukaran poinnya?

    BalasHapus
  16. Pwngguna telkomsel hadir mba. Bermanfaat artikelnya

    BalasHapus
  17. Waw menarique nih buat IRT seperti ku.Bisa buat nabung-nabung lah

    BalasHapus
  18. Wah menarik sekali informasinya, cuss langsung merapat ke sahabattelkomsel.id, makasih banyak loh udah berbagi. Bismillah bisa jadi pembuka jalan rejeki bagi yang sedang dihimpit kesulitan.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel