Cara Buat Twibbon Hari Pahlawan Terbaru

Cara Buat Twibbon Hari Pahlawan Terbaru

Hari pahlawan mengingatkan bangsa Indonesia akan perjuangan para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hal ini pun diperingati setiap tanggal 10 November. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengingatkan kita pada jasa-jasa pahlawan yang telah gugur di medan juang, salah satunya dengan ikut meramaikan jagat media sosial dengan membagikan desain twibbon. 

Situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini jangan sampai mengurangi semangat kita untuk memperingati hari pahlawan. Bahkan, seharusnya kita malah lebih semangat dari tahun-tahun sebelumnya. Mengingat di zaman modern seperti sekarang ini membuat kita semakin mudah melakukan apa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Membagikan desain twibbon ke media sosial memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Pasalnya, orang-orang yang mungkin lupa dengan tanggal bersejarah ini bisa mengingat kembali hari penting pahlawan lewat desain-desain seputar twibbon pahlawan yang dibagikan di media sosial. Bahkan, hal ini bisa memancing orang-orang yang melihat desain twibbon yang dibagikan ke media sosial untuk ikutan juga.

Tak ada patokan atau kaidah dalam membagikan twibbon ini. Namun hal yang pasti, kamu akan menemukan satu template twibbon yang sama di media sosial yang dibagikan oleh banyak orang. Hanya fotonya saja yang berbeda. Kalau kamu masih bingung mau desain twibbon untuk hari pahlawan, kamu bisa ikuti Cara Buat Twibbon Hari Pahlawan Terbaru di bawah ini ya, Sobat Pojokata.

Cara Buat Twibbon Hari Pahlawan Terbaru

Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, Pojokata ingin memberi tahu kamu kalau cara membuat twibbon hari pahlawan yang Pojokata bagikan ini sangat simple. Jika kamu ingin melihat cara-cara lainnya secara detail, kamu bisa baca artikel Cara Pasang Foto ke Twibbon Pakai Aplikasi Canva. Yuk, simak cara-caranya di bawah ini:

1. Buka Aplikasi Canva dari HP atau PC

Aplikasi Canva bisa dibuka di mana saja. Kamu bisa membukanya di HP maupun PC. Jika kamu sudah mengunduh aplikasi Canva di HP, kamu bisa langsung membukanya. Namun, jika belum punya. Kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu. Untuk PC, kamu bisa langsung membukanya di website Canva. Jangan lupa untuk log in terlebih dahulu ya, Sobat Pojokata! Nah, seperti ini tampilan halaman awalnya.

Buka Aplikasi Canva dari HP atau PC

2. Pilih "Kiriman Instagram" pada Canva

Kamu bisa memilih ukuran twibbon yang akan kamu buat. Kalau kamu mau meng-upload twibbonnya ke feed instagram, kamu bisa pilih template yang "kiriman instagram". Atau, jika kamu mau upload twibbon di story instagram, kamu bisa pilih "cerita instagram". Namun, jika kamu ingin meng-uploadnya ke facebook, kamu bisa pilih "kiriman facebook".

Ada berbagai pilihan ukuran yang bisa kamu gunakan. Pilih saja template yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kali ini Pojokata akan memberikan contoh template Canva untuk ukuran 1080 px X 1080 px. Jadi, langsung saja pilih "kiriman instagram". Nanti akan muncul beragam pilihan template yang bisa kamu edit.

Pilih "Kiriman Instagram" pada Canva



3. Cari Kata Kunci "Pahlawan" pada Kolom Pencarian

Gunakan cara sederhana untuk menyeleksi template mana yang akan digunakan. Pilih kata kunci yang sesuai dengan ide desain twibbonmu. Misalnya, "pahlawan", "hari pahlawan", selamat hari pahlawan", dan lain sebagainya. Silakan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Ada kolom pencarian berwarna putih seperti pada gambar di bawah ini. Tulis kata kunci "pahlawan" untuk menemukan berbagai desain template twibbon dengan pilihan menarik. Kamu bisa cek sendiri desain mana yang menurutmu paling bagus dan bisa memudahkan kamu untuk lanjut ke tahap desain selanjutnya. 

Nah, kalau Pojokata pilih desain "Hari Raya Kemerdekaan" nih sobat Pojokata. Kamu bebas pilih yang mana saja. Kalau mau ikutan sesuai pilihan Pojokata juga boleh kok.

Cari Kata Kunci "Pahlawan" pada Kolom Pencarian

4. Pilih Template "Hari Raya Kemerdekaan"

Silakan langsung klik saja template yang kamu sukai. Secara otomatis akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Di sini, Pojokata hanya akan mengambil desain backgroundnya saja. 

Pilih Template "Hari Raya Kemerdekaan"

5. Hapus Element Grup Icon, Sisakan Icon Bayangan Kaki, dan Klik Tanda Tambah

Kalau kamu ingin menggunakan elemen-elemn yang ada pada template, kamu tidak perlu menghapusnya. Cukup ubah teksnya saja. Namun, jika kamu ingin mengganti elemen-elemennya, silakan hapus bagian mana yang ingin kamu hilangkan.

Pojokata hanya mengambil elemen background, elemen bayangan, dan bunga saja. Selebihnya, elemennya akan Pojokata hapus. Caranya, klik elemen yang ingin kamu hapus, lalu klik delete atau hapus. Nah, tampilannya kira-kira seperti di bawah ini.

Jika kamu ingin menggantinya dengan elemen lain, silakan klik ikon tambah yang ada pada pojok kiri bawah seperti pada gambar yang diberi lingkaran merah di bawah ini. 

Hapus Element Grup Icon dan Sisakan Icon Bayangan Kaki


6. Masukkan Bingkai Foto dan Tambahkan Icon Lingkaran Berwarna Kuning

Ada banyak pilihan elemen yang bisa kamu gunakan. Akan muncul berbagai bentuk, ukuran, dan pilihan yang beragam. Mulai bagan, bingkai, kisi, dan lain sebagainya. Untuk memudahkan desain twibbon, sebagai langkah awal desain, kamu bisa langsung memilih bingkai untuk foto dalam twibbon. Kamu bisa gunakan bentuk bingkai "lingkaran", "segiempat", "segilima", "kotak", dan lain sebagainya. Di sini Pojokata akan menggunakan bingkai yang berbentuk "lingkaran".

Masukkan Bingkai Foto

7. Pilih Element "Lingkaran Berwarna Kuning"

Setelah itu, tambahkan ikon lingkaran berwarna kuning sebagai tampilan luar di sekeliling bingkai. Hal ini agar desain tidak terlihat monoton dan kaku. Caranya sama seperti pada langkah sebelumnya. Klik ikon tambah, kemudian akan muncul kolom seperti di bawah ini.

Silakan tulis kata kunci yang ingin kamu cari. Misalnya kata kunci, "garis dan bentuk". Atau bisa juga dengan kata kunci, "lingkaran". Akan muncul berbagai pilihan ikon lingkaran dengan berbagai bentuk dan warna. Pojokata memilih ikon lingkaran berwarna kuning agar sesuai dengan warna background yang akan dijadikan twibbon.

Pilih Element "Lingkaran Berwarna Kuning"

8. Cari Kata Kunci "Bendera Indonesia" pada Kolom Pencarian

Tambahkan ikon pahlawan pada desain twibbon kamu. Kalu kamu bingung menemukan kata kunci "pahlawan", kamu bisa mencarinya dengan menggunakan kata kunci "bendera Indonesia". Nanti akan muncul berbagai pilihan ikon. Kali ini, Pojokata pilih ikon seorang laki-laki yang sedang memegang bendera Indonesia seperti pada gambar di bawah ini.

Cari Kata Kunci "Bendera Indonesia" pada Kolom Pencarian


9. Tambahkan Teks dengan Klik Tanda Tambah

Seperti ini tampilan desain yang sudah ditambahkan dengan ikon bingkai, lingkaran, pahlawan, dengan background sesuai template yang Pojokata pilih. Tnetunya, desain twibbon masih terasa belum sempurna karena teksnya belum ada. Silakan tambahkan teks dengan cara klik ikon tambah.

Tambahkan Teks dengan Klik Tanda Tambah

10. Klik Kolom "Tambahkan Teks"

Klik "teks" dan nanti akan diberikan beberapa referensi bentuk teks. Kamu bisa pilih yang bagian "tambahkan judul" untuk ukuran teks yang lumayan besar. Namun, jika kamu ingin membuat tulisan dengan ukuran sedang, kamu bisa pilih "tambahkan subjudul", atau jika ingin membuat teks yang kecil, kamu bisa pilih "tambahkan sedikit teks isi".

Klik Kolom "Tambahkan Teks"

11. Atur Jenis Font, Ukuran Font, dan Pilih Warna Font

Tulis kalimat yang ingin kamu gunakan dalam twibbon pahlawan. Misalnya dengan menuliskan kata-kata "Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021". Kamu juga bisa mengubah jenis tulisan (font), ukuran font, warna, maupun format font. 

Ada banyak pilihan yang bisa kamu coba untuk melihat font mana yang sesuai dengan desain twibbon kamu. Atur ukuran dan jenis font sesuai selera kamu. Kamu juga bisa mengubah posisi teks dengan cara klik teks dan geser teks sesuai posisi yang kamu inginkan. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

Atur Jenis Font, Ukuran Font, dan Pilih Warna Font


12. Tambahkan Icon Bendera dan Atur Posisi Icon Bunga

Setelah menambahkan teks dan melihat desain secara keseluruhan, rasanya masih ada yang kurang karena twibbon kelihatan kosong terutama di bagian sebelah kirinya. Kamu bisa mengisi ruang kosong tersebut dengan menambahkan ikon lain, misalnya ikon "bendera merah putih".
Tambahkan Icon Bendera dan Atur Posisi Icon Bunga


13. Masukkan Foto Kamu ke Dalam Lingkaran

Belum lengkap rasanya jika twibbon tidak diisi dengan foto pribadi untuk meramaikan suasana hari pahlawan. Unggah foto kamu ke dalam bingkai kosong yang ada pada twibbon, Silakan klik ikon bertanda tambah
.
Masukkan Foto Kamu ke Dalam Lingkaran

14. Klik Unggah Media

Desain twibbon sudah selesai dibuat. Kalau kamu mau langsung coba desain twibbon yang sudah Pojokata buat, kamu bisa unduh filemya di sini ya sobat Pojokata.


Nah, selanjutnya klik unggah media.
Klik Unggah Media

15. Pilih Foto dari Galeri

Ambil fotomu dari galeri HP atau PC dengan cara klik gambar dan pilih foto mana yang ingin kamu masukkan ke dalam bingkai twibbon. 

Pilih Foto dari Galeri

16. Klik Foto yang Akan Dijadikan Foto Twibbon

Foto akan secara otomatis di-upload pada galeri Canva. Silakan klik fotomu dan nanti akan muncul di halaman desain yang sedang kamu edit.

Klik Foto yang Akan Dijadikan Foto Twibbon

17. Seret Foto ke Dalam Lingkaran Template Twibbon

Biasanya, foto tidak akan langsung masuk ke dalam bingkai twibbon. Cara memasukkan fotonya sangat mudah. Silakan klik foto kamu dan sereta foto ke dalam bingkai. Foto akan secara otomatis menyesuaikan. 

Atur arah foto yang kamu mau. Klik dua kali pada foto, lalu geser ke arah kiri, kanan, atas, ataupun bahwah menyesuaikan posisi yang kamu inginkan. Jika sudah itu artinya desain twibbon yang kamu buat telah selesai di-edit.

Klik Foto yang Akan Dijadikan Foto Twibbon

18. Simpan Foto

Lankah selanjutnya, simpan desain twibbon kamu dengan cara klik "simpan sebagai" seperti pada gambar di bawah ini.

19. Ubah Format Foto

Ubah jenis file twibbon dengan cara klik jenis file "video MP4" seperti pada gambar yang diberi tanda lingkaran merah di bawah ini.
Ubah Format Foto


20. Pilih Format PNG

Kamu bisa menyimpan gambar dengan berbagai format, seperti PNG, JPG, dan lain sebagainya. Pojokata menggunakan format PNG. Langsung klik saja format PNG.

Pilih Format PNG


21. Klik Unduh

Jika format file sudah dipilih, nanti akan muncul seperti tampilan di bawah ini. Langkah terakhir, klik unduh dan twibbon kamu akan muncul pada galeri HP atau PC kamu.

Klik Unduh

Desain twibbon sudah selesai dibuat. Kamu sudah bisa langsung meng-upload twibbon ke media sosial yang kamu inginkan. Gimana nih dengan tutorial Cara Buat Twibbon Hari Pahlawan Terbaru di atas, sobat Pojokata? Mudah kan? Kalau kamu masih kesulitan dengan cara-cara di atas, silakan berikan tanggapanmu di kolom komentar ya. Nanti akan Pojokata tanggapi satu-persatu. 







Berlangganan update artikel terbaru via email:

10 Responses to "Cara Buat Twibbon Hari Pahlawan Terbaru"

  1. Kalau keliatannya gampang ya dibuat tpi pas dicoba gk bisa, kok bisa gitu?? 😂😂

    BalasHapus
  2. twibbon memang keren untuk digunakan terutama di acara atau event tertentu karena emang pas untuk di share ke medsos

    BalasHapus
  3. twibbon memang keren untuk digunakan terutama di acara atau event tertentu karena emang pas untuk di share ke medsos salam dari Leantoro

    BalasHapus
  4. Wah, Ilmu yang sangat bermanfaat Gan. Membuat Twibbon begini apalagi untuk mengenang Hari Pahlawan, memang keren.

    Terima Kasih Gan.

    BalasHapus
  5. Tutorial yang sangat bermanfaat sekali gan... terimakasih saya mau coba terapkan cara buat twibbon hari pahlawan terbaru...

    BalasHapus
  6. Baru tahu ternyata bisa yaa buat Twibbon dengan Canva. Aplikasi serba bisa memang ini.

    BalasHapus
  7. selama ini saya tinggal buka web twibbon terus kalau mau nyari-nyari buat peringatan tertentu, rupanya bisa juga dari canva yaak.. ntar coba2 sendiri deh, hehe

    BalasHapus
  8. Selama ini yang saya tahu pakai Photoshop, ternyata pakai canva bisa dan lebih mudah dioperasikan.

    BalasHapus
  9. Oh pakai canva ya.. Perluu untuk di coba nig

    BalasHapus
  10. bisa juga ya pakai canva. saya biasanya pake paint.net krn kebiasaan dari kuliah. ternyata canva lebih simpel karena punya katalog icon ya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel