Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tantangan dan Strategi Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Hafsah Adelia

Saat ini, berbagai negara di dunia sedang dilanda kecemasan terhadap kasus Covid-19. Virus yang berkembang biak di Tiongkok ini sekarang telah menjadi wabah besar yang melanda dunia dan memakan banyak korban jiwa. Kondisi ini mendorong kecemasan dalam tatanan pemerintahan, ekonomi, kemasyarakatan, dan perpolitikan dunia. Masing-masing negara mencoba berbagai strategi untuk mengatasi dampak dari Covid-19 ini mengingat dampak yang ditimbulkan bukan hanya secara fisik pada perseorangan, tetapi juga berdampak akan kelangsungan tata pemerintahan negara.

Bagaimana tidak Covid-19 ini dapat mempengaruhi tata pemerintahan negara, ini dibuktikan dengan ketidak siapan suatu negara dalam mengatasi kemungkinan dan dampak Covid-19 ini sehingga menyebabkan pengaruh secara langsung dan signifikan terhadap keseluruhannya. Maka dari itu banyak aktivitas masyarakat terganggu akibat ini, karena banyaknya penutupan tempat tempat berkumpulnya orang, seperti pusat perbelanjaan, taman hiburan bahkan  sekolah sekolah maupun kampus.

Maka dari itu, pemerintah mengambil keputusan agar tetap terjalanannya  aktivitas yang ada dikampus dengan menlalui daring online, disini mahasiswa di sarankan untuk belajar melalui daring agar tetap melaksanakan kegiatan proses belajar seperti biasannya, contohnya pada mahasiswa mahasiswi komunikasi yang melakukan proses pembelajaran ini begitu banyak kendala yang mereka alami, seperti kendala di kuota internet, gangguan jaringan bahkan ketidak efisienan suatu pembelajaran yang terjadi. Khususnya pada mahasiswa Mahasiswi yang berada di perkampungan lebih banyak megalami ganguan yang terjadi pada saat mereka melakukan perkuliahan melalui daring di kampung masing masing. Bahkan banyak mahasiswa mahasiswi yang kurang paham saat proses pembelajaran itu terjadi. Sehingga banyak mahasiswa yang kurang menguasi materi yang dipelajari sehingga menimbulkan permasalahan dalam ujian tengah semester (UTS) maupun ujian akhir semester (UAS).

Solusi yang harus dilakukan oleh Instansi Negara yaitu dengan cara melakukan kegiatan secara normal dengan mengikuti arahan  protokol kesehatan yang dilaksanakan. Sehingga proses belajar-mengajar pada perkuliahan dapat terlaksanakan kembali. Maka dari itu mahasiswa dapat kembali melakukan kegiatannya masing-masing dan dapat belajar dengan baik lagi, sehingga tidak ada lagi gangguan jaringan yang mereka rasakan dan proses pembelajaran menjadi efisien kembali.

*Penulis merupakan mahasiswi program studi Ilmu Komunikasi yang sedang melaksanakan KKN DR UIN-SU, Kelompok 114
Tri Ayu @triayunst
Tri Ayu @triayunst Hello, I am writer of the Pojokata site. My name is Tri Ayu (Instagram @triayunst). I am a writer who has produced 6 books such as scholarship books, poetry, and novels. I am also an SEO Writer who has experience in displaying dozens of articles on the main page of the Google search engine. I love photography, videography, product reviews, beauty & lifestyle, cooking, finance, technology, etc. I am also an Content Creator and Blogger with experience in creating content. You can collaborate with me by contacting my Instagram or email triayunst.id@gmail.com. Come on, build partnership and let's be friends with me!

Posting Komentar untuk "Tantangan dan Strategi Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19"